You are on page 1of 5

LABORATORIUM TEKNIK PERAWATAN

SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015

MODUL

: Pelayanan Perawatan

PEMBIMBING

: Ir. In Jumanda Kasdadi, MT.

Praktikum
Penyerahan
Laporan

: 10 Oktober 2014
: 17 Oktober 2014

Oleh :
Kelompok

:X

Nama

:

Kelas

1. Rinaldi Adiwiguna

NIM, 121424028

2. Santi Sri Rahayu

NIM, 121424029

3. Sarah Eka Putri

NIM, 121424030

: 3A

PROGRAM STUDI D4 TEKNIK KIMIA PRODUKSI BERSIH
JURUSAN TEKNIK KIMIA
POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
2014

sehingga benda / barang tersebut mempunyai nilai seni dan daya tarik yang lebih tinggi dibanding sebelum dilakukan pengecatan. Fungsi Pelindung (Protective) Pengecatan bertujuan melindungi permukaan bahan/material yang dicat. Secara umum pengecatan sering digunakan untuk pengerjaan akhir (finishing) produk-produk dari logam. . Tujuan Dekorasi (Aesthetic) Pengecatan bertujuan untuk memperindah benda / barang yang dicat. TUJUAN PRAKTIKUM 1. b. Mengetahui pelayanan dan perawatan dalam proses pengecatan 2. plastik. dan lain-lain. Proses pengecatan merupakan salah satu bentuk pelapisan suatu benda dimana bahan pelapis yang dipakai biasanya memiliki warna tertentu. Adapun tujuan utama dari proses pengecatan bahan logam ataupun non logam sebagai berikut : a. sehingga dapat memperpanjang usia logam tersebut dari korosi/karat. B. terutama pada bahan-bahan logam.PELAYANAN PERAWATAN PENGECATAN BESI (COATING) A. Melapisi besi yang sudah berkarat (Coating) LANDASAN TEORI Sejak dahulu kala cat telah dikenal. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi akibat pengaruh cuaca/lingkungan sekitar. kayu. bahkan cat banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Diantaranya. Metal coating digunakan untuk meningkatkan sifat fungsional dari komponen logam. seng. Bahan ini digunakan untuk memberikan penampilan yang indah pada permukaan media yang berbahan dasar logam.c. b. METODOLOGI a. C. dll. Meningkatkan daya tahan dan juga melindungi logam tersebut dari pengaruh buruk cuaca ataupun faktor lain yang dapat merusak tampilan logam. menjaga komponen logam dari temperature atau suhu udara yang tidak menentu. Alat dan Bahan - Cat - Kuas - Thinner Cara Kerja  Persiapan Bahan Kerja Campurkan cat putih dengan Thinner hingga encer Aduk campuran tersebut hingga merata Bahan kerja siap digunakan . Fungsi Khusus Pengecatan yang digunakan untuk tujuan-tujuan khusus antara lain :  Pemantulan cahaya  Isolasi  Penghantar listrik  Peredam suara Metal coating adalah lapisan film yang digunakan dalam proses finishing pada bahan-bahan yang terbuat dari logam. dll. alumunium. meningkatkan daya tahan logam terhadap abrasi.

aluminium. Tujuan coating adalah untuk meningkatkan sifat permukaan substrat. Korosi pada logam dapat menyebabkan kerusakan struktur dan permukaan. seperti penampilan. Coating bisa diaplikasikan dalam bentuk cair. tahan aus. Pelapisan bisa diterapkan pada substrat yang berbeda. Metode ini dilakukan dengan cara menempelkan cat pada permukaan besi dengan menggunakan kuas secara merata dan usahakan semua permukaan besi tertutupi cat. dan bahan sintetis. Proses perwatan besi dengan cat merupakan salah satu aplikasi dari proses coating. PEMBAHASAN Coating adalah pelapisan yang diterapkan pada permukaan suatu benda atau substrat. Pengecatan secara manual adalah metode yang dilakukan dalam perawatan besi dari korosi akibat lingkungan. kayu. dan dengan adanya cat tersebut diharapkan besi tersebut tidak dapat terkorosi. tahan air. seperti: besi. Proses Pengecatan Celupkan kuas pada bahan kerja yang telah disiapkan Cat seluruh permukaan Besi menggunakan kuas D. tahan korosi. Metode ini merupakan metode paling sederhana dari proses pengecatan lainnya. batu. akan tetapi jika besi yang telah terkorosi seharusnya dibersihkan terlebih dahulu agar proses coating . baja. Setelah dilakukan proses coating permukaan besi menjadi tertutup oleh cat. teknik tersebut menggunakan cat sebagai bahan dasar pelapis dan kuas sebagai alat yang digunakan untuk mengaplikasikan cat. gas atau padat. salah satunya adalah dengan cara manual. agar proses coating maksimal. Berdasarkan teori dari teknik pengendalian korosi terdapat beberapa jenis teknik pengecatan. proses pelaksanaan coating manual yakni dengan menggunakan sikat yang digerakan tangan. dan tahan gores.

Sebelum melakukan pelapisan pada benda kerja. hal ini akan mempersulit proses pengecatan dan permukaan teralis menjadi tidak bagus. serta untuk memperindah penampilan dari benda tersebut. Jurusan Teknik Kimia. Sehingga hasil coating lebih maksimal. Politeknik Negeri Bandung . Dwi Nur. b. cat yang digunakan menjadi lebih banyak dan boros. Jika pada besi yang dicat telah terdapat karat/korosi. Pelayanan dan perawatan dalam proses pengecatan benda kerja dilakukan untuk melindungi benda kerja dari korosi akibat lingkungan. KESIMPULAN a. DAFTAR PUSTAKA Nirwantoro.sempurna dan permukaan besi menjadi bagus. Jobsheet Teknik Perawat Modul Sarana Penunjang Proses. perlu dilakukan pembersihan terlebih dahulu agar tidak ada kerak atau kotoran yang menempel pada benda kerja. Sehingga cost yang dibutuhkan semakin besar. E. Jika masih terdapat korosi pada logam maka korosi pada logam tersebut dapat semakin parah dan merusak struktur dari logam itu sendiri. Selain itu.