You are on page 1of 5

LAPORAN KEGIATAN

UPAYA KESEHATAN LINGKUNGAN
“RUMAH SEHAT”
DI POSYANDU TAMBAHAN, DESA CILEMPUYANG, KECAMATAN CIMANGGU
(F2)

Pendamping:
dr. Yani Amaroh

Disusun oleh:
dr. Lusiana Wulandari

PUSKESMAS CIMANGGU 1
KABUPATEN CILACAP
2014

Rumah pada dasarnya merupakan tempat hunian yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang. dimana kecenderungannya semakin meningkat akhir-akhir ini. Sanitasi rumah adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengawasan terhadap struktur fisik dimana orang menggunakannya untuk tempat tinggal dan berlindung yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia. rohani maupun sosial. Latar Belakang Perumahan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. KECAMATAN CIMANGGU (F2) A.LAPORAN KEGIATAN UPAYA KESEHATAN LINGKUNGAN “RUMAH SEHAT” DI POSYANDU TAMBAHAN. namun didalamnya terkandung arti yang penting sebagai tempat untuk membangun kehidupan keluarga sehat dan sejahtera. WC dan kamar mandi. Keadaan tersebut mengindikasikan masih rendahnya cakupan dan kualitas intervensi kesehatan lingkungan Rumah yang sehat dan layak huni tidak harus berwujud rumah mewah dan besar namun rumah yang sederhana dapat juga menjadi rumah yang sehat dan layak dihuni. penyakit-penyakit berbasis lingkungan menyumbangkan lebih 80% dari penyakit yang diderita oleh bayi dan balita. keamanan dan kesehatan guna mendukung penghuninya agar dapat bekerja dengan produktif. Rumah yang sehat merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum. Rumah sehat adalah tempat berlindung atau bernaung dan tempat untuk beristirahat sehingga menimbulkan kehidupan yang sempurna baik fisik. Penyakit-penyakit berbasis lingkungan masih merupakan penyebab utama kematian di Indonesia. Secara umum rumah sehat mempunyai cukup ventilasi dan pencahayaan. Rumah yang tidak memenuhi syarat kesehatan akan terkait erat dengan penyakit berbasis lingkungan. Rumah juga merupakan salah satu bangunan tempat tinggal yang harus memenuhi kriteria kenyamanan. sumber air bersih yang . Nama Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Lingkungan “Rumah Sehat” B. Untuk memperoleh rumah yang sehat ditentukan oleh tersedianya sarana sanitasi perumahan. DESA CILEMPUYANG. Rumah tidak sekedar sebagai tempat untuk melepas lelah setelah bekerja seharian. Bahkan pada kelompok bayi dan balita. cukup ruangan yang sesuai dengan jumlah penghuni.

Tujuan Khusus Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan peserta penyuluhan mampu : a. 3. C. Bentuk Kegiatan Penyuluhan mengenai materi rumah sehat.Keb H. E. 2. dr. tempat pembuangan sampah. Mengetahui dan memahami upaya yang dilakukan agar rumah menjadi sehat. jika kondisi tidak sehat bukan hanya pada satu rumah tetapi pada kumpulan rumah permasalahan kesehatan (lingkungan pemukiman). Tujuan Umum Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan peserta mampu memahami dan mengerti tentang rumah sehat. serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. tanggal 16 April 2014 . b. Tujuan Kegiatan 1. c. Waktu Kegiatan Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Rabu. Syarat syarat rumah sehat. Mengetahui dan memahami mengenai manfaat rumah sehat. Mengetahui dan memahami syarat-syarat rumah sehat. D. Peserta Kegiatan . 4. limbah dan tinja. Rumah tidak sehat ini dapat menjadi reservoir penyakit bagi seluruh lingkungan. Definisi rumah sehat. d. Timbulnya di lingkungan pemukiman ini pada dasarnya disebabkan rendahnya tingkat kemampuan ekonomi dan tingkat pengetahuan masyarakat. Maria Ambarsari. Tempat Kegiatan Kegiatan telah dilaksanakan di Posyandu tambahan. yang meliputi: 1. Manfaat rumah sehat. Pelaksana Kegiatan 1. Memahami definisi rumah sehat. Upaya yang dilakukan agar rumah menjadi sehat.memenuhi syarat kesehatan. G. Desa Cilempuyang. Masyarakat harus mengetahui informasi tentang syarat syarat rumah sehat untuk menumbuhkan pemahaman dasar tentang perlunya mewujudkan rumah dan pemukiman yang sehat. Lusiana Wulandari (Penyuluh) 2. sehingga dapat tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimum. F. Kecamatan Cimanggu. 2. Rumah yang tidak sehat merupakan penyebab dari rendahnya taraf kesehatan jasmani dan rohani yang memudahkan terjangkitnya penyakit dan mengurangi daya kerja atau daya produktif seseorang. Amd.

seperti leaflet dan proyektor/LCD. Hasil Kegiatan Kegiatan penyuluhan tentang “Rumah Sehat” dilakukan dalam rangkaian kegiatan Posyandu. Kecamatan Cimanggu. sementara penyuluhan dilakukan di ruang terbuka. b. b. 2. b. Tidak tersedianya pengeras suara. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu Posyandu tambahan. Halaman parkir rumah kader yang digunakan sebagai tempat penyuluhan kurang kondusif. Desa Cilempuyang. Peluang a. c. bahkan beberapa meninggalkan tempat penyuluhan sebelum acara penyuluhan selesai karena anak-anak balitanya rewel setelah mendapatkan imunisasi. sehingga peserta yang berada paling jauh dengan penyuluh tidak mendengar dengan jelas materi yang disampaikan. Ancaman a. berkaitan dengan kebisingan lalu lintas jalan raya sehingga peserta kurang dapat memfokuskan perhatian pada penyuluhan. Penyuluhan dilakukan di halaman parkir rumah kader. Penyampaian materi diselingi tanya jawab dengan ibuibu peserta posyandu. I. Evaluasi Kegiatan 1.Ibu-ibu peserta posyandu tambahan. Kelebihan Koordinasi yang baik antar petugas kesehatan (tim pelaksana kegiatan). Penyuluhan yang dilaksanakan bersama dengan kegiatan pelayanan menyebabkan penyuluhan kurang optimal karena beberapa peserta harus mengikuti dua kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Desa Cilempuyang. Beberapa peserta kurang memperhatikan materi yang disampaikan selama penyuluhan. Teknik penyuluhan yang sederhana dengan hanya menggunakan tulisan dan gambar yang dicetak di kertas lebar membuat penyuluhan kurang menarik perhatian peserta posyandu. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah menggunakan media sederhana berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas. Kader Posyandu memfasilitasi sarana tempat untuk penyuluhan. 3. Kekurangan a. Kurangnya media penyuluhan. . Rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua. 4. yaitu penyuluhan dan pelayanan. Kecamatan Cimanggu. J. Para kader turut membantu berjalannya kegiatan.

Cimanggu.008 . Lusiana Wulandari dr.2. 21 Juli 2014 Dokter Internship Dokter Pendamping dr.200604. Yani Amaroh 19740129.