You are on page 1of 4

ASUHAN KEPERAWATAN PADA TN.

A DENGAN GANGGUAN SENSORIPERSEPSI ‘’ HALUSINASI’’
PENDENGARAN DI RUANG ELANG RUMAH SAKIT JIWA JAWA BARAT

Ruangan Rawat
I.

II.

III.

IV.

: R. Elang

Identitas Klien
Nama
Umur
Jenis Kelamin
Tanggal Pengkajian
No RM
Pendidikan
Agama

:
:
:
:
:
:
:

Nama Penanggung Jawab
Umur
Jenis Kelamin
Pekerjaan
Alamat
Agama

:
:
:
:
:
:

Alasan Masuk dan Faktor Presipitasi
Data diperoleh dari pasien klien mengatakan bahwa klien melihat bayangan putih dan
mendengar ancaman selain itu klien mengatakan klien sering di olok-olok oleh teman – teman
klien mengatakan dirumah sering marah – marah pada ibunya dan bapaknya dirumah. Sering
mengeluh klien mengtakan mandi dan sikat gigi 2x / hari berobat medis tidak mengetahui.
Menurut keluarga klien , klien marah – marah , merusak barang, bingung, klien senyum dan
ketawa sendiri , merusak barang , makan susah.
Klien merokok , diduga ada masalah di perkuliahan klien merasa sering dikerjain oleh teman –
temannya.
Faktor Predisposisi
Menurut keluarga klien sakit sejak tahun 2012, biasa berobat ke dr. susi spkj secara teratur ,
sebelum di bawa kerumah saat marah – marah tidak ada hubungan keluarga yang mengalami
sakit yang sama.
Fisik
Tanda vital
TD : 110/80
N : 84
S :
R :
TB :
BB :

Perkembangan klien dari massa bayi s/d sekolah normal. Psikososial 1. Peran Klien berperan sebagai anak dank lien mengatakan bahwa klien anak k 1 dari 2 bersaudara d. Hubungan social  Kegiatan dimasyarakat yang di ikuti klien menjadi remaja masjid dan mengatakan suka suka kerja bakti . Gambaran diri Klien menyukai semua bagian tubuhnnya. Genogram Klien Mengatakan bahwa klien anak pertama dari 2 bersaudara . Harga diri klien mengatakan tidak senang jika ada orang yang suka mengolok mengolok klien mengatakan kesal jika di olok olok. dan klien mengatakan seseorang mahasiswa teknik mesir . Konsep diri a. klien tinggal dengan kedua orang tuannya. Identitas diri Klien seorang laki. c.Gangguan Konsep diri : Harga Diri Rendah 3.Resiko Perilaku Kekerasan . terutama tangan b. Ideal diri Klien mengatakan ingin cepet pulang dan sehat dan kumpul dengan keluarga e.V. 2. klien belum menikah .laki dank lien anak ke 1 dari 2 bersaudara. klien mengatakan merasa malu tidak bias melanjutkan kuliah Masalah Keperawatan : .

terkadang masih marah. Tingkat kesadaran .Taka da masalah VI. Aktivitas motorik Klien dapat beraktifitas dengan baik . terkadang ekspresi mata terlihat kesal. Persepsi Pada saat klien di kaji mengtakan melihat bayangan putih ada suara yang mengancam . Spiritual  Nilai dan keyakinan . klien mengatakan semua temen menyuruh mengarjakan tugas . senang tapi pasien ingin cepat pulang 5. klien tampak lesu . klien mengatakan sangat dekat dengan ibunya  Klien keliahatan sering menyendri. Pembicaraan Saat dikaji klien menjawab dengan suara yang kecil dan bicara kurang jelas Masalah keperwatan : tidak ada masalah 3. Intraksi selama wawancara Saat di kaji pasien kooperatif . terlihat bingung . Proses pikir Klien menjawab pertanyaan dengan suara yang pelan 9. Isi piker Pada saat pengkajian klien tampak curiga . Masalah keperawatan : Gangguan persepsi sensori Halusinasi 8. menatap muka perawat terkadang muka terlihat kesal Masalah Keperawatan : tidak ada masalah 7. Hambatan dalam hubungan dengan orang lain . Alam persaan Klien mengungkapkan perasaannya. Masalah Kepetrawatan : . klien mengatakan bahwa klien beragama islam  Kegiatan ibadah : klien terlihat menjalankan shalat Masalah keperawatan : . terkadang tidak / urang semangat . Afek Saat di kaji tanda afek datar. Masalah keperawatan : Resiko perilaku kekerasan 6. Status mental 1.tak ada masalah 4. klien mengatakan ada ancaman Masalah keperawatan : waham curiga 10. Penampilan Saat dikaji penampilan klien bersih dan rapih Masalah keperawatan : tidak ada masalah 2. sering merunduk . klien tampak tegang Masalah keperawatan : tidak ada masalah 4.

tidak memerlukan bantuan perawat. . tanpa bantuan dari perawat 4. 12. VIII.11. VII. Mandi Klien mandi 2x/hari setiap pagi dan sore hari. Klien terlihat curiga bingung : klien tidak dis orientasi pasien mengetahui waktu tenmpat dan orang. 2 – 3 x / hari. 14. BAB dan BAK Klien mampu BAB dan BAK dengan mandiri Masalah keperawatan : tidak ada masalah 3. 6. Makan Klien makan dengan mandiri. 13. Berpakayan dan berhias 5. Makanan yang disukai klien : sayur Masalah keperawatan : tdk ada masalah 2. Memori Klien masih mengingat masalalunya Masalah kepewerawatan : tidak ada masalah Tingkat Konsentrasi Konsentrasi klien cukup baik terbukti mampu menghitung dengan baik. Masalah keperawatan: Tidak ada masalah Kebutuhan persiapan pulang 1. Kemampuan Penilaian Klien mampu untuk mengambil keputusan Daya Tilik Diri Klien menyadari bahwa pada saat ini lagi berada di rumah sakit jiwa.