Cara Membuat blog .

Pada umumnya setiap orang menggunakan internet, untuk mencari informasi dengan memanfaatkan mesin pencari misalnya saja google search. Agar lebih mudah dalam mencari informasi kita bisa mensetting browser kita agar langsung menampilkan mesin pencari google search pada tampilan pertama browsernya. Sebenarnya melalui internet kita tidak hanya bisa mencari informasi dari orang lain di internet, tapi kita juga bisa memberi informasi kepada orang lain di seluruh dunia, sehingga terjadi saling tukar informasi. Melalui internet kita bisa mengekspresikan gagasan-gagasan, ide-ide, baik berupa tulisan, maupun gambar-gambar atau bahkan foto-foto dan film vedio bagi kepentingan organisasi, profesi atau orang lain. Melalui tehnologi tersebut dapat dilakukan ekplorasi berbagai hal yang lain berupa informasi dari berbagai sumber lain yang suatu saat mungkin dibutuhkan. Selain itu dapat juga memberikan tanggapan / komentar pada tulisan yang ada dalam internet, atau menyampaikan pemikiran, artikel, ringkasan hasil penelitian, dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang ini ada bermacam-macam layanan blog di internet. beberapa diantaranya : a. www.wordpress.com b. www.wordpress.org c. www.blogsome.com d. www.blogdrive.com e. www.blogger.com f. www.typepad.com g. www.movabletype.comm Agar tidak perlu mengeluarkan uang sebaiknya membuat blog pada domain yang menyediakan fasilitas blog gratis, misalnya wordpress.com. Sebenarnya ada banyak domain yang menyediakan blog gratis yang bisa anda manfaatkan antara lain, blogger.com, jurnalspace.com, blogspot.com, dan lain-lain. Pemilihan penyedia, akan sangat bergantung kenyamanan anda dalam menggunakannya terutama fasilitas dan kestabilan server penyedianya. Untuk menilai dan menjajagi kelebihan dan kekurangan masing-masing domain, anda dapat membuat blog di setiap domain tersebut secara mudah, dan coba merasakan bedanya. Yang perlu kita jadikan catatan bahwa wordpress.com cukup handal dengan fasilitas yang cukup memadai, dan yang paling penting melalui domain ini anda akan diberi lokasi server secara gratis. Membuat blog sebenarnya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat e-mail gratis. Bagaimana langkahlangkahnya ? Langkah-langkah dalam membuat Blok adalah : Syarat mutlak membuat Blog. Syarat mutlak untuk membuat sebuah blog adalah Anda harus mempunyai alamat email yang masih aktif, jika belum punya harus membuat terlebih dulu. Membuat alamat e-mail boleh dimana saja.

Misalnya saja membuat email di Yahoo, maka alamatnya : ”Nama anda @yahoo.com”. Alamat e-mail, ini sangat penting untuk proses selanjutnya. 2. Memilih/membuka browser. Jika sudah punya alamat e-mail, selanjutnya teruskan dengan membuka browser (Internet Explorer atau Mozila fire fox), pilih mana saja dan dalam contoh ini kita masuk ke wordpress.com, caranya dengan mengetikan http://wordpress.com dikotak alamat tujuan 3. Memilih bahasa dan mendaftar atau ”Sign Up” Setelah kita masuk di wordpress.com, pertama pada halaman pertama bagian atas wordpress.com, terdapat pilihan bahasa. Kita dapat memilih berbagai bahasa sesuai yang kita suka. Jika ingin mengunakan bahasa Indonesia maka kita dapat melakukan pilihan melalui kotak preferred language kemudian kita klik Bahasa Indonesia. Maka halaman tersebut Kemudian coba lihat selanjutnya pada kotak dibawahnya terdapat tulisan “Daftar Sekarang” (Sign Up Now), Nah anda bisa langsung membuat blog/website, dengan mengklik saja tulisan (Sign Up Now) tersebut anda akan disodorkan blangko isian. Tetapi bisa juga untuk melihat fasilitas apa yang ada disana kita bisa juga klik terlebih dahulu fasilitas gratis apa saja yang disediakan wordpress.com. Untuk tahap awal sebaiknya daftar saja dulu, karena tentang fasilitas gratis lainnya bisa kita pelajari belakangan. Nah untuk itu sekarang Klik saja tulisan “Daftar Sekarang !” atau “Sign Up Now !” Cara mengganti template pada blog Jika kita ingin mengganti template pada blog kita pertama-tama adalah masuk ke layout, lalu template. Pilih template yang telah disediakan. klik save. Untuk mengganti template pada blog, kita juga dapat menggunakan template orang lain dengan cara masuk ke www.btemplates.com . Setelah itu pilih template yang diinginkan lalu download. setelah didownload, hasil download-an akan membentuk winrar, lalu kita extract here. Setelah itu, masuk kembali ke blog dan ke layout, lalu pilih edit html, pada kotak dialog pertama, pilih browse. setelah browse bentuk html pada template yang telah di extrac lalu upload. setelah itu adakotak dialog expand widget, beri tanda ceklis dan save setting. template anda telah berubah. Periksa perubahan template anda, lihat blog. Cara memposting artikel dalam blog Hal yang pertama dilakukan adalahmasu ke dashboard dan pilih new entry. Tuliskan hal yang ingin dipublikasikan dalam blog anda, jangan lupa tulis judul pada kotak dialog yang paling atas. Jika ingin menambahkan foto pilih toolbar foto, pilih foto yang ingin dimasukkan dan insert. Jika ingin menambahkan link pada tulisan kita, pilih toolbar link. masukkan alamat situs yang menjadi acuan tulisan tersebut. klik save. Cara membuat Read more atau Baca selengkapnya

READ MORE atau Baca Selengkapnya atau Baca Selanjutnya di blogger beta / baru (untuk tutorial buat read more di blogspot / blogger template lama atau classic lihat di sini) dan sudah saya beritahu alamatnya. Tapi tampaknya sebagian agak kesulitan dg tutorial bahasa Inggris. Untuk Anda yg termasuk golongan ini, saya persilahkan mengikuti panduan berikut. Ada dua cara untuk membuat read more di blogger / blogspot baru (tanda Blogger Baru adalah di admin memakai layout / tata letak dan page element / elemen halaman). Cara Pertama: 1. Buka template -> Edit HTML -> Kasih tanda tik pada menu “expand widget tempate” (lihat gambar 1) 2. Letakkan kode berikut persis di atasnya kode </head> (lihat gambar 2) <style> <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> span.fullpost {display:inline;} <b:else/> span.fullpost {display:none;} </b:if> </style> 3. Letakkan kode berikut di bawah kode <p><data:post.body/></p> (lihat gambar 3) <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'> <a expr:href='data:post.url'> Read More..</a> </b:if> 4. Klik Simpan. Selesai. 5. Klik SETTINGS atau Pengaturan, terus klik FORMATTING atau Format. Di paling bawah ada kotak kosong di samping menu TEMPLATE POSTING. Isi kotak kosong tsb dg kode berikut: <span class="fullpost"> </span> Jangan lupa klik SIMPAN PENGATURAN. Gambar 1:

Gambar 2:

Gambar 3:

Cara Memposting Ketika memposting, klik EDIT HTML (bukan COMPOSE). Maka, secara otomatis akan tampak kode <span class="fullpost"> </span> Letakkan posting yg akan ditampilkan di halaman muka di atas kode sementara sisanya (yakni keseluruhan entry/artikel), letakkan di antara kode <span class="fullpost"> dan </span> Masalah yang Sering Dihadapi 1. Saat mengklik “Simpan Perubahan” kita sering mendapat pesan demikian: XML error message: The element type “style” must be terminated by the matching end-tag “”. Jangan panik. Itu artinya tanda petik / kutip buka tutup (quote/unquote) yakni tanda ‘ dalam kode tidak cocok dengan font template. Yang perlu dilakukan adalah buang tanda kutip ['] itu dan kasih tanda kutip yang baru di tempat yang sama. Dan coba klik lagi SIMPAN. 2. Anda sudah berhasil memasang seluruh kode di atas, tetapi ‘read more’ gak berhasil; posting tetap panjang? Dan tulisan ‘read more’ nongol di bagian bawah artikel? Tenang. Ikuti solusi berikut: klik “Pengaturan” -> klik “Format” -> buang/delete semua tanda kutip buka/tutup (quote/unquote) di “fullpost” dan ganti dengan tanda kutip yang baru. Jangan lupa klik “Simpan”. Selesai. Selamat ngeblog di blogger / blogspot dengan READ MORE.

Apabila Anda berhasil melakukan cara bikin READ MORE di atas tak perlu lagi mencoba cara di bawah. Cara di bawah cuma sebagai alternatif dan agak lebih rumit di banding cara yang di atas. Cara Kedua: 1. Buka template –> edit HTML 2. Kasih tanda tik/cek menu “expand widget template” 3. Cari kode berikut di TEMPLATE blog Anda: <div class='post-header-line-1'/> <div class='post-body'> 4. Kalau sudah ketemu, letakkan kode berikut DI BAWAH kode html di atas: <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> <style>.fullpost{display:inline;}</style> <p><data:post.body/></p> <b:else/> <style>.fullpost{display:none;}</style> 5. Di Bawah kode di atas ada kode html sbb: <p><data:post.body/></p> <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats --> </div> 6. Nah, di antara kode <p><data:post.body/></p> dan kode <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats --> </div> pasang kode html ini: <a expr:href='data:post.url'>Read More .. </a> </b:if> 7. Jadi, susunan kode html di template setelah ditambah dg kode READ MORE akan menjadi seperti ini (yg warna biru adalah kode tambahan untuk READ MORE, sedang kode warna hitam adalah kode asli template): <div class='post-header-line-1'/><div class='post-body'> <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> <style>.fullpost{display:inline;}</style> <p><data:post.body/></p> <b:else/> <style>.fullpost{display:none;}</style> <p><data:post.body/></p> <a expr:href='data:post.url'>Read More......</a> </b:if> <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats --> </div> Klik Simpan Template. Selesai.

8. Klik SETTINGS atau Pengaturan, terus klik FORMATTING atau Format. Di paling bawah ada kotak kosong di samping menu TEMPLATE POSTING. Isi kotak kosong tsb dg kode berikut: <span class="fullpost"> </span> Jangan lupa klik SIMPAN PENGATURAN. Cara Memposting Ketika memposting, klik EDIT HTML. Maka, secara otomatis akan tampak kode <span class="fullpost"> </span> Letakkan posting yg akan ditampilkan di halaman muka di atas kode sementara sisanya (yakni keseluruhan entry), letakkan di antara kode <span class="fullpost"> dan </span> Catatan Penting: (A) Artikel yg diposting sebelum pemasangan kode READ MORE di atas akan tetap tampil penuh di halaman muka, Anda bisa mengeditnya dg cara sbb: 1. Klik menu EDIT POSTS 2. Klik EDIT di artikel yg akan diedit. 3. Pasang kode <span class="fullpost"> di bawah paragraf yg akan ditampilkan. Dan pasang kode </span> di akhir artikel. Ingat hanya ada SATU kode <span class="fullpost"> dan </span> . Apabila terdapat lebih dari satu, dan biasanya numpuk di bagian paling bawah artikel, maka dibuang saja. Masalah yang Sering Dihadapi 1. Saat mengklik “Simpan Perubahan” kita sering mendapat pesan demikian: XML error message: The element type “style” must be terminated by the matching end-tag “”. Jangan panik. Itu artinya tanda petik / kutip buka tutup (quote/unquote) yakni tanda ‘ dalam kode tidak cocok dengan font template. Yang perlu dilakukan adalah buang tanda kutip ['] itu dan kasih tanda kutip yang baru di tempat yang sama. Dan coba klik lagi SIMPAN. 2. Anda sudah berhasil memasang seluruh kode di atas, tetapi ‘read more’ gak berhasil; posting tetap panjang? Solusi: klik “Pengaturan” -> klik

“Format” -> buang semua tanda kutip buka/tutup di “fullpost” dan ganti dengan tanda kutip yang baru. Jangan lupa klik “Simpan”.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful