You are on page 1of 11

MAKALAH SOSIOLOGI BISNIS

UANG DALAM PERSPEKTIF
SOSIOLOGI

Di susun oleh :
1.

Izdihar Farah F

170610130017

2.

Andy N J Hosang

170610130069

3.

Tabita Izadhora

170610130071

4.

Iman Bagus R

170610130077

5.

Antonius Xerxes C

170610130101

Program Studi Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Padjadjaran

3 TUJUAN ......................3 Pengertian Uang ....................................... 6 2..................................................................................................................................................................................................... Konsep Dimensi Uang dari Perspektif Sosial-Budaya ........................... 3 1.................................................. 9 DAFTAR PUSTAKA .....................................2 RUMUSAN MASALAH ...................................... 1 KATA PENGANTAR .........................4 Fungsi Uang .. 8 BAB III PENUTUP 3........................................................................................................... 7 B................................. 3 BAB IIPEMBAHASAN 2......................................1 LATAR BELAKANG ............................. 6 A....... 2 BAB I PENDAHULUAN 1......................................................................................... 10 1 ...... 4 2.........................1 Sejarah Uang .................................................................... Konsep dimensi Uang dari Perspektif Politik ...............................3 Syarat Uang ................................. 5 2..................................... 3 1................................................... 4 2................................................................................................................................................................................................................................................................DAFTAR ISI DAFTAR ISI .................................................................5 Uang dalam perpektif sosiologi ......................................1 KESIMPULAN ..........

November 2014 Para Penulis 2 . Jatinangor. Para penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian. Dalam penyusunan makalah ini. penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga para penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. para penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Makalah ini membahas tentang uang dalam perspektif sosiologi. Oleh karena itu. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Uang memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kehidupan seseorang. Mengetahui apa itu uang dalam perspektif sosiologi 3 . bahkan dapat berguna juga dalam dunia politik. seperti sebagai alat sosial.1 LATAR BELAKANG Saat ini uang merupakan alat pertukaran utama yang digunakan oleh hampir seluruh manusia di muka bumi. Uang juga memiliki peranan penting dalam suatu kehidupan masyarakat. meskipun kenyataanya tidak demikian. Bagaimana perspektif sosiologi terhadap uang? 1. Apa itu uang? 2. Apa saja fungsi dari uang? 4. pemenuhan kesejahteraan.2 RUMUSAN MASALAH 1. Apa saja syarat uang? 3. Bahkan banyak yang berfikiran segala sesuatu bisa dibeli asal memiliki uang. Bagaimana sejarah dari uang? 5. Selain itu uang juga sangat identik dengan kekayaan serta kekuasaan. 1. Mengetahui fungsi dari penggunaan uang 3.2 TUJUAN 1.BAB I PENDAHULUAN 1. Memahami apa itu uang 2.

Munculnya Uang Seiring dengan berkembangnya zaman sistem barter mulai ditinggalkan karena banyak merugikan serta kurang praktis. Agar kebutuhan hidup mereka terpenuhi manusia umumnya tidak melakukan pembelian melainkan dengan melakukan barter. Semenjak saat itu pertukaran semakin mudah dengan menggunakan uang.2 Pengertian Uang  Pengertian Secara Umum: Secara umum uang merupakan alat tukar yang diterima serta mempermudah proses tukar menukar. pada masa itu masih belum ada uang. Adapun logam-logam yang digunakan adalah emas dan perak.  Pengertian Berdasarkan Fungsi: Berdasarkan fungsinya uang merupakan benda yang berfungsi sebagai alat pembayaran. 4 . Akhirnya manusia mulai menggunakan benda-benda tertentu sebagai alat tukar seperti garam. dan beternak. kulit kerang. Karena kehidupan masih sederhana manusia memenuhi kebutuhan hanya dengan bercocok tanam. Pada abad ke-17 M sejarah uang pun berubah dan semakin berkembang. 2. Seiring berjalanya waktu penggunaan uang logam dari emas dan perak mulai digantikan dengan uang kertas. tembaga. Alat tukar yang digunakan pun mulai menggunakan logam. Ada yang bertukar hasil bumi dengan hasil buruan maupun kebutuhan lainya.1 Sejarah Uang Sistem Barter Zaman dulu kehidupan manusia masih sangat sederhana.  Pengertian Berdasarkan Hukum: Berdasarkan hukum uang adalah benda yang telah ditetapkan oleh undang-undang sebagai alat pembayaran yang sah. berburu.BAB II PEMBAHASAN 2. dan bendabenda lainya. manik-manik.

C. uang adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah. uang adalah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. ia mengatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa. standar uang.  Menurut Ensiklopedi Indonesia. Berikut ini syarat-syarat uang. uang adalah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi. ia mendefinisikan uang sebagai suatu kekayaan yang dimiliki untuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula. Secara fungsional uang adalah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.  Menurut A. uang adalah segala sesuatu yang biasanya digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai.  Menurut H. yaitu standar daya beli. ia menyebutkan uang sebagai segala sesuatu yang umum diterima bagi pembayaran utang.  Menurut hukum. Bila dilihat dari nilainya.3 Syarat Uang Ada beberapa syarat agar uang dapat digunakan sebagai alat tukar dalam perekonomian. Berikut ini beberapa pengertian uang yang dikutip dari pendapat beberapa ahli:  Menurut Albert Gailort Hart: Dalam bukunya yang berjudul Money Debt and Economic Activity. Dengan kata lain. ia menyebutkan bahwa uang adalah segala sesuatu yang tersedia dan umumnya diterima umum sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa. Artinya. uang adalah satuan hitung untuk menyatakan nilai. Sayers: Dalam bukunya Modern Banking.  Menurut R.  Menurut Rollin G. 5 .fungsi yang lain. Robertson: Dalam bukunya yang berjudul Money. 2. dan garansi menanggung utang. Pigou: Dalam bukunya yang berjudul The Veil of Money.  Menurut Walker: Ia mendefinisikan uang dengan mengatakan: “Money is what money does”. Baik secara teknis maupun secara psikologis. ia mengatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat tukar. Thomas: Dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System. S. Pengertian Berdasarkan Nilai: Pengertian uang berdasarkan nilai memiliki pengertian bahwa uang adalah satuan hitung yang dapat digunakan untuk menyatakan nilai. serta untuk pelunasan utang.

dan menghitung besar kecilnya pinjaman.4 Fungsi Uang Dalam ekonomi modern ada 3 fungsi utama uang yaitu sebagai alat tukar (medium of exchange). maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang dan jasa di masa mendatang. Sehingga kendala-kendala dalam barter bisa diatasi dengan adanya uang.  Stability of value artinya memiliki nilai tetap. Acceptability artinya diterima oleh semua kalangan. uang mempunyai pecahan dan nilainya tidak berkurang. Dengan uang pertukaran tidak lagi harus menggunakan barang pula melainkan digantikan dengan uang.  Kontinuitas adanya kelangsungan pemakaian. Ketika seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang dan jasa yang dijualnya. 2.  Durability artinya tahan lama yaitu tidak mudah rudak . maka ketika melakukan transaksi sekecil apa pun. memerintah para bijak6 . dan sebagai penyimpan nilai(valuta). 2.  Portability artinya uang itu bersifat fleksiber praktis mudah dibawa ke mana-mana.5 Uang dalam Perspektif Sosiologi Makna Sosiologi dari Uang Barang siapa memiliki uang satu sen maka ia berdaulat atas seluruh manusia.  Divisibility artinya uang mudah untuk dibagi.  Sebagai satuan hitung (unit of account) disini uang berfungsi sebagai penentu nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan.  Sebagai alat tukar (medium of exchange) artinya dengan adanya uang akan mempermudah pertukaran. memerintah para juru masak agar menyajikan santapan baginya. Sehingga ketika pemilik melakukan transaksi besar tidak mengalami kesulitan. menunjukkan besarnya kekayaan.  Sebagai alat penyimpan nilai (valuta) disini uang berfungsi sebagai pengalih daya beli dari masa sekarang ke masa yang akan datang. yang dimaksudkan yaitu nilai uang di masa ini memiliki nilai sama di masa mendatang sehingga masyarakat percaya menyimpan uang tidak akan dirugikan. sebagai satuan hitung (unit of account).

1985). 1990. Sartor Resartus-On Heroes and Hero Worship. Konsepsi sosiolog tentang uang tidak seperti ekonom yang berpikir bahwa ekonomi bagian dari masyarakat. Uang dapat terbagi menjadi beberapa subjek. pembayaran. Weber (1922/1978) juga menegaskan pengendalian dan kekuatan dari tindakan ekonomi: “Money-Price”. Pada dunia nyata pelaku ekonomi tidak otonom. terlebih tindakan ekonomi melekat pada struktur social (Granovetter. Para sosiolog mengenali kegunaan uang yang lebih luas yaitu uang sebagai kekuatan. White. dan permintaan deposit. 1992. pasar uang yang independen. Everyman‟s library) Uang dari perspektif sosiologi dilihat sebagai subjek utama daripada topik-topik yang terkait dengannya. 1983. 1990). Parsons dan Smelser (1956) sebagai contoh pada catatan “uang mewakili kekuatan pembelanjaan untuk mengendalikan keputusan dalam penukaran suatu barang… dan itu merupakan symbol dari kegiatan. Sebenarnya. Uang adalah kekuasaan (penggunaan). mata uang. Meskipun demikian ada beberapa kriteria dari para sosiolog tentang “uang” dimana tidak terdapat dalam kriteria “uang” para ekonom. tidak bebas. salah satu contoh nya adalah point dibawah ini. Baker & Iyer.cendekia untuk memberinya pelajaran. memerintah para raja untuk menjaganya . Dia berpendapat “Apakah produk dari 7 . surat berharga. Uang (aktivitas ekonomi) tidak otonom. 2. Konsep Dimensi Uang dari Perspektif Sosial-Budaya Dalam point pertama ini. ekonom dan ahli sosiologi ekonomi yang memberikan gambaran secara eksplisit konsepsi uang dari sosiologi. (Thomas Carlyle. 3. penyimpanan. dan di bawah masyarakat. 1.sejauh satu sen. Sedangkan para ekonom mendefinisikan uang lebih luas (aset financial sebagai persetujuan pembelanjaan kembali. Sosiolog menolak ide bahwa ekonomi dapat berjalan secara otomatis. obligasi. 1984. Pasar contohnya dianggap sebagai institusi social (Baker. Burt. Kebanyakan sosiolog mendefinisikan uang sebagai sesuatu yang tidak lebih dari uang tunai. dst. dijelaskan bagaimana sosiologi memandang “uang” dengan membandingkan konsepsi uang dari dua kelompok professional antara kelompok ekonomi dan sosiologi/budaya. Uang sebagai alat pertukaran. White (1988) mengatakan “Aktivitas pasar adalah sangat sosial seperti jaringan atau feudal tentara”. A. Dengan mempertimbangangkan sejarah sosial. 1988. 1981). Contohnya status sosial sebagai funsi pengganti uang (Coleman. sampai financial masa depan).

8 . Orang yang berkuasa adalah mereka yang memiliki. dan memindahkan uang untuk tujuan tertentu . untuk setiap pilihan kebijakan. Uang terlebih lagi merupakan senjata utama untuk berjuang. Konsep dimensi Uang dari Perspektif Politik Dari Segi Kekuasaan dan Politik 1. pertama sebagai Kekuasaan (konkret) adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk mempengaruhi orang lain (A à B). Kedua uang sebagai Kekuasaan (abstrak) adalah hubungan relasional yang beroperasi dan membentuk subjek (A ßà B). 1986). B. Uang dalam kekuasaan dapat dimaknai menjadi dua hal. Uang adalah kekuasaan jika semua berkeyakinan bahwa uang adalah segalanya dan tunduk pada prosedur/metode. meminjamkan. ada beberapa aktor yang lebih suka terhadap kebijakan tersebut. Artinya. Zelizer (1989) analisis uang domestic contohnya menjelaskan bagaimana pendapatan laki-laki dan simpanan wanita (yang disebut uang pin) yang didefinisikan dan diperlakukan berbeda (lihat juga Ayers dan Lambertz. Uang adalah Kekuasaan Uang dimaknai sebagai sesuatu yang lain ketika mereka yang memiliki uang dapat mempengaruhi itu menggunakan kekuatan uang untuk memajukan kepentingan mereka.pertentangan bunga dan setuju bahwa merupakan hasil dari kumpulan kekuatan. 2. Kekuasaan bukan pada „uang‟ tapi makna dan prosedur „uang‟ . Uang menjelaskan banyak definisi dan digunakan dalam banyak bidang social. Uang adalah Politik Setiap pilihan tentang uang mencerminkan hasil dari sebuah kontes politik.

dan untuk pembayaran hutang. juga telah ditetapkan oleh undang-undang yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian barang. Uang menjadi sebentuk daya reifikasi yang sepenuhnya mewarnai relasi-relasi kemanusiaan. Uang memiliki arti yang dalam dimana banyak aspek yang dapat dipengaruhi oleh uang. karena itu uang tidak dapat hanya dilihat dari satu sudut pandang saja. Uang bisa memberi harga objektif bagi aneka barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.BAB III PENUTUP 3. 9 . Tetapi kekuatan uang sebagai instrumen pertukaran bisa menggerus jalinan interaksi yang terjadi pada manusia. Benar bahwa uang adalah alat pertukaran. Mekanisme jual-beli makin mudah dilakukan dengan medium bernama uang. karena itu ilmu sosiologi disini memberitahukan nilainilai tak terlihat yang dimiliki oleh uang.1 Kesimpulan Uang dapat diartikan sebagai suatu benda atau barang yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat. jasa.

html#_ http://04locker.html http://genius.html 10 .php/1/ANIMASI/ekonomi%20dan%20Sosial/Uang%20dan%20Lembaga%20 Keuangan/materi2.DAFTAR PUSTAKA http://www.com/2013/08/pengertian-uang-menurut-para-ahli.sch.blogspot.com/pengertian-fungsi-dan-sejarah-uang.pengertianahli.com/2011/03/konsep-dimensi-uang-dari-perspektif.html http://www.id/file.smpn1mgl.likethisya.