You are on page 1of 15

MAKALAH MANAJEMEN FARMASI

“PEMBUKUAN ADMINISTRASI DIAPOTEK”

Dosen Pembimbing:
Leni Marlina,S.Si.,Apt

Disusun Oleh :
Nama: Septiana Rahma
Nim : 1250103

Local B1

AKADEMI FARMASI AL-FATAH BENGKULU
Jl. Indragiri Gg. 3 Serangkai Padang Harapan
Bengkulu
2014

yang karena bimbingannyalah maka penulis bisa menyelesaikan makalah ini yang berjudul “ Pembukuan Administrasi di Apotek” Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan karya yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. 04 Juli 2014 Penulis . dan semoga makalah ini bisa memberikan sumbangsih positif bagi kita semua. merupakan satu kata yang sangat pantas penulis ucakan kepada Allah STW. Bengkulu.KATA PENGANTAR Syukur alhamdulillah. Oleh karna itu saya mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini. Penulis menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini.Terima kasih. Penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini.

............... 2............................................................................................................................................................................................... 3................................... 2....................................... BAB I PENDAHULUAN ...............2 saran ..........................................3 pembukuan administrasi di apotek ..............................................................................................................................................................DAFTAR ISI Cover ............................3 Rumusan Masalah ............................................................................................1 pengertian ..2 Tujuan .................................. 2....... BAB III PENUTUP ..................1 Kesimpulan ................................5 contoh format pembukuan addministrasi ......................................... BAB II PEMBAHASAN ........... 3................................................................................ 1............................. 1.......... Daftar isi ......2 administrasi apotek ....................................................... 2............................................................... 2.....................................4 tujuan menejemen keuangan ................................................................................................................................ 1.............................................. DAFTAR PUSTAKA ................................................................. ........................................................................1 Latar Belakang ............................................................................ Kata pengantar .................

Dampak positif yang dapat dilihat disini bahwa perusahaan tidak lagi harus menghabiskan banyak waktu hanya sekedar untuk membuat laporan keuangan. apotek dan Toko Obat membutuhkan manajemen khusus karena diferensiasi serta spesifikasi produk yang kuat pada produknya.1 Latar Belakang Perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat disegala bidang memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap bisnis dan ekonomi. Dengan demikian disarankan setiap perusahaan memiliki sistem informasi akuntansi yang baik untuk menjaga aktiva yang dimilikinya. khususnya obat dan Perbenkes. Perusahaan harus melakukan pengurangan sumber daya manusia untuk mengurangi pengeluaran yang sia-sia. . Penyajian informasi perusahaan yang dahulu dibuat secara manual kini dikerjakan dengan bantuan komputer. produk kesehatan. Dengan sistem informasi akuntansi yang sudah berkembang pesat penyajian laporan keuangan dapat dilakukan dengan sangat cepat ddengan minimnya resiko kesalahan penyajian yang immaterial. mengikhtisarkan. Secara teknis bisnis. Sistem informasi akuntansi digunakan sebagai pengendalian intenal terhadap aktiva dan melindungi aktiva dari penyalahgunaan. Dan ini memberikan dampak positif maupun negatif terhadap lingkungan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan yang berkembang sekarang lebih mengutamakan sistem informasi akuntansi yang baik ketimbang memperbanyak sumber daya manusia. dan melaporkan informasi mengenai keuangan dan operasi usaha.mengklasifikasikan. Namun dampak negatif yang terjadi pada perusahaan pun juga tidak sedikit. Sistem informasi akuntansi dimaksudkan disini adalah metode atau prosedur untuk mengumpulkan. serta memastikan bahwa informasi yang dibuat akurat. Bisnis apotek dan Toko Obat dapat dibandingkan dengan skala ritel umum atau franchise Mart yang marak mengepung masyarakat.BAB I PENDAHULUAN 1.

2 Tujuan 1. sedangkan profesi apoteker sebagai penanggungjawabnya adalah bentuk pelayanan kesehatan. Mahasiswa mengetahui tentang pengertian apotek 2. Manajemen pembelian 4.Apotek dan Toko Obat adalah bisnis. Manajemen Apotek. melainkan pengantar atau keluarga. yaitu 1. Ini adalah kesan pertama yang menjadi sentuhan awal ( first touch) yang memberikan efek psikologis “lebih” dibandingkan dengan suasana yang terkesan kaku dan formal. bagaimana mewujudkan sinergi yang baik dari segi bisnis dan pelayanan ? Ya. Manajemen Khusus 1. leluasa. serta tata ruang apotek sehingga pengunjung. leluasa. dan nyaman ini adalah sebuah personifikasi dari tata letak. Sekecil napaun suatu apotek. Lalu.menjadi betah dan merasa “diterima” dengan baik. Manajemen Pemasaran 5. Manajemen keuangan 2. Manajemen Persediaan Barang 3. serta ramah dengan pasien atau konsumen. adalah manajemen farmasi yang diterapkan di apotek. Mahasiswa mengetahui tentang pembukuan administrasi di apotek 4. apotek dan Toko Obat harus menjadi tempat yang nyaman. Mahasiswa mengetahui tentang contoh format pembukuan addministrasi diapotek . Ramah. Manajemen penjualan 6. pencahayaan. Mahasiswa mengetahui tentang tujuan menejemen keuangan 5.yang bisa saja bukan pasien atau konsumen. Mahasiswa mengetahui tentang administrasi apotek 3. sistem manajemennya akan terdiri atas setidaknya beberapa tipe manajemen.

Seperti apa contoh format pembukuan addministrasi diapotek ? .3 Rumusan Masalah 1. Apakah tujuan dari menejemen keuangan ? 5. Apakah yang dimaksud dengan pembukuan administrasi di apotek ? 4. Apakah yang dimaksud dengan administrasi apotek ? 3.1. Apakah yang dimaksud dengan apotek ? 2.

tagihan listrik dan air.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. dan biaya lainnya seperti gaji karyawan. dan biaya operasional lainnya. pembayaran dilakukan sebulan sekali dengan membawa faktur penagihan dan dilengkapi dengan bukti-bukti yang diperlukan untuk penagihan tersebut.2 Administrasi Apotek a) Uang Masuk Uang masuk berasal dari penjualan obat dengan resep dokter. Selain itu. yaitu : .1332/Menkes/SK/X/2002 Apotek merupakan suatu tempat tertentu untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran obat kepada masyarakat. penjualan bebas dan penjualan kepada Apotik lain. Untuk penjualan kredit.1 Pengertian Menurut Keputusan Menkes RI No.Contoh beberapa pajak yang harus dibayar Apotik Jati Jaya. Apotek merupakan suatu tempatatau terminal distribusi obat perbekalan farmasi yang dikelola oleh apoteker sesuai standar dan etika kefarmasian. pembayaran hutang. Uang hasil penjualan tersebut dicatat dalam buku penjualan harian yang dibedakan antar buku penjualan dengan resep dokter dan penjualan obat bebas. kemudian dijumlahkan dan dicocokkan dengan uang yang tersedia setelah dikurangi dengan pengeluaran. 2. fungsinya mengetahui dan memperoleh dalam mengontrol jalannya proses kegiatan agar sesuai dengan tujuan dan rencana yang telah ditetapkan. pengeluaran rutin dilakukan untuk pembayaran pajakpajak. Pembukuan adalah salah satu rangkaian kegiatan pencatatan semua transaksi keuangan dalam suatu badan instansi. Definisi apotek menurut PP 51 Tahun 2009. pajak. telepon. b) Uang Keluar Pengeluaran uang di Apotik Jati jaya digunakan untuk pembelian obat-obatan.

3 Pembukuan Administrasi Di Apotek Administrasi pembukuan diperlukan untuk menampung seluruh kegiatan dan mencatat transaksi-transaksi yang telah dilaksanakan. ada surat pesanan. Kreditur akan menyerahkan faktur asli disertai dengan foto copy faktur yang telah ditanda tangani oleh petugas dan tanda terima faktur. pajak iklan. 2. Pembukuan-pembukuan tersebut adalah:  Buku Pesanan Barang Merupakan buku yang digunakan untuk mencatat pesanan barang. Pembayaran faktur pembelian barang dilakukan sesuai dengan tanggal jatuh tempo fakturnya.  Pajak yang dipungut pemerintah pusat seperti bea materai. pajak gaji karyawan yang dipungut langsung dari gaji pokok karyawan.  Buku Pembelian Barang . pajak surat izin usaha perusahaan (SIUP) dan pajak parkir. benar tidaknya perhitungan serta hal-hal lain oleh Apoteker Pengelola Apotik. tanda terima petugas beserta stempel Apotek. Sebelum pembayaran perlu diteliti kebenaran faktur tersebut. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pajak yang dipungut oleh Pemerintah Kota Padang. Surat tanda terima faktur diambil kembali oleh distributor setelah ditandatangani oleh petugas Apotik dan harus disrahkan kembali oleh distributor saat pengambilan uang. pajak surat izin tempat usaha (SITU). dividend dan royalty. pajak bunga. Pajak penghasilan perusahaan yang dihitung dari laba perusahaan dan pajak pertambahan nilai (PPN) yang dihitung dari selisih pajak pemasukan dan pajak pengeluaran. Pembayaran faktur dagang dilakukan sekali seminggu atau sekali sebulan tergantung tanggal jatuh tempo yang ditetapkan oleh PBF masing-masing. berupa pajak reklame. pajak papan nama. Pajak Perseroan.

 Buku Daftar Harga Merupakan buku untuk mencatat harga-harga barang yang ada di apotek  Buku Harian Merupakan buku yang digunakan pemasukan dan pengeluaran setiap hari. nama barang. haerga satuan. dapat juga digunakan untuk mengecek barang yang diterima. dan jumlah harga faktur. jumlah harga dan keterangan. Selanjutnya yang dituliskan dalam buku penjualan hanya nama debitur.  Buku Penjualan Barang Buku Penjualan. faktur penjualan barang-barang dengan kredit. Dengan demikian. angka-angka di dalam buku penjualan pun dijumlahkan pada tiap. dilakukan pembukuan tiap hari menurut tertib waktu faktur-faktur pembelian. Dalam buku pembelian ini hanya dicatat pembelian-pembelian yang tidak dibayar dengan tunai. nama penjual. Faktur penjualan disebut jugs faktur keluar. tempat tinggal.  Buku Penjualan Resep Merupakan buku yang digunakan untuk mencatat penjualan resep setiap hari. Sebagaimana halnya dengan angka¬angka di dalam buku pembelian. akhir bulan.Buku Pembelian. dari buku penjualan kita dapat mengetahui berapa besar jumlah penjualan barang-barang dengan kredit dalam tiap bulan.  Buku Bulanan untuk mencatat . buku ini mempunyai lajur tanggal. pada buku penjualan dicatat salinansalinan.  Buku Penerimaan Barang Buku ini digunakan untuk mencatat barang yang masuk dan diterima dan PBF. Dalam buku pembelian.

Semua faktur pembelian. bahwa perhitungan harga faktur itu benar. kita beri nomor urut dipinggirnya dan disimpan di dalam sebuah map atau ordner tersendiri.  Buku Kas Buku Kas adalah buku pencatatan semua transaksi uang tunai. bahwa banyaknya atau beratnya barang-barang sesuai dengan yang tercantum dalam faktur 3. bahwa barang-barang itu sesuai dengan pesanan 2.  Buku pencatat hutang / buku faktur Buku faktur adalah buku yang digunakan untuk mencatat hutang Apotek sehingga dapat memperoleh mengetahui berapa besar hutang yang ditanggung Apotek dicatat Iangsung pada buku faktur yang telah dipindahkan sesuai dengan PBF masingmasing. Berfungsi untuk mencatat pemasukan atau keperluan lain dan yang dibayarkan melalui cek yang didasarkan bila ada rekening Apotek di Bank.  Buku Pemakaian Obat Narkotika Merupakan buku pemakaian obat narkotik. baik itu penerimaan maupun pengeluaran.  Buku Bank Buku bank adalah buku pencatatan segala transaksi yang dilakukan melalui bank. yang digunakan untuk mencatat . Berfungsi untuk mencatat jumlah atau besar kecilnya pendapatan tiap bulannya. kita terima dan setelah pemeriksaan yang menyatakan kebenarannya yaitu: 1. Pencatatan dilakukan setiap akhir bulan. Pembukuan faktur.Merupakan buku yang digunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari. dilakukan setelah barang-barang yang tercantum di dalamnya.

 Buku Pemakaian Obat Psikotropika Merupakan buku yang digunakan untuk mencatat digunakan untuk mencatat pemakaian obat psikotropika  Buku Pemakaian Obat Generik Merupakan buku yang pemakaian obat narkotik. b. Pebayaran biaya disertai oleh pembuktian yang syah dan control serta fiat oleh pimpinan. Bendahara mengontrol dan menerima setoran dari kasir di bagian muka apotek mengenai hasil penjualan tunai dan dari administrasi piutang hasil tagihan piutang. Sebaiknya bendahara tidak terlalu banyak menyimpan uang di brankas. tetapi lebih baik disimpan di bank. tugasnya adalah menerima dan mencatat uang yang masuk. bendahara dibantu administrasi mengontrol tagihan piutang dan dari penjualan tunai harian. Control pemasukan uang. Bendahara tidak berhak mengeluarkan uang tanpa ada persetujuan dari atasan. Pembayaran biaya yang lain berupa biaya rutin . listrik dan lain-lain. b. 2. pengontrolan dapat menggunakan alat kas register. . sederhana dan reliable terhadap masalah keuangan. seperti telepon. Mengetahui posisi keuangan.Pembayaran selain dapat berupa uang kontan dapat pua melalui bank dengan mengeluarkan cheque. dilakukan oleh administrasi pembelian dan control oleh administrasi gudang. Pembayaran hutang dagang. Pengeluaran uang dapat berupa : a. Pembayaran gaji dilakukan oleh administrasi kepegawaian. Data keuangan tersebut diperlukan oleh pimpinan apotek untuk : a. perlu adanya system control dan pembagian tugas.4 Tujuan Manajemen Keuangan Keuangan merupakan factor penentu. Mengadakan evaluasi hasil penjualan dan pencatatan dilakukan secara efektif dan efisien tetapi mudah. Merencanakan manajemen dan pengembangan apotek.

1 Contoh Format Pembukuan Administrasi Di Apotek a. 2. Faktur Nama Barang Satuan Harga Satuan Jumlah . Buku Faktur PBF No Tgl PBF No. Mengevaluasi perkembanan apotek.c.Buku Laporan Penjualan Harian No Tgl No resep TP TP resep tunai sisa Ket Uang Uang keluar masuk b.

c. Buku Kas Tgl Keterangan  Saldo  Penjualan  Lembur karyawan  Jumlah Debet Kredit Saldo .

 Administrasi pembukuan diperlukan untuk menampung seluruh kegiatan dan mencatat transaksi-transaksi yang telah dilaksanakan. Buku Penjualan Resep 6. Buku Bank 12.2 Saran Makalah ini masih banyak kekurangan . Buku Pemakaian Obat Narkotika.  Pembukuan adalah salah satu rangkaian kegiatan pencatatan semua transaksi keuangan dalam suatu badan instansi. Buku Pemakaian Obat Generik 3. Pembukuanpembukuan tersebut adalah: 1. Buku Daftar Harga 7. Buku pencatat hutang / buku faktur 10. Buku Pemakaian Obat Psikotropika 14. Buku Harian 8.Kritik dan saran sangat dinantikan.1 Kesimpulan  Apotek merupakan suatu tempatatau terminal distribusi obat perbekalan farmasi yang dikelola oleh apoteker sesuai standar dan etika kefarmasian. . Buku Kas 11. Buku Bulanan 9. Buku Penerimaan Barang 4. Buku Penjualan Barang 5. Buku Pesanan Barang 2. fungsinya mengetahui dan memperoleh dalam mengontrol jalannya proses kegiatan agar sesuai dengan tujuan dan rencana yang telah ditetapkan. Buku Pembelian Barang 3.\ 13.BAB III PENUTUP 3.

com/doc/62427844/administrasi-apotek . Jilid III.I. 2007. Cetakan ke-1.. Administrasi Farmasi.  http://www. Adi. K3S SMF. 2004. DKI Jakarta.DAFTAR PUSTAKA  Departemen Kesehatan R. Undang-Undang Kesehatan.scribd. Jakarta : Depkes  Darmansyah.