You are on page 1of 33

MICROSOFT EXCEL

Rumus-Rumus

Presented by
KIF 2008

KEMPLUD AL-DAL-DULY

Page 1 of 33

MICROSOFT EXCEL

DAFTAR ISI……………………………..……………………………………... 1
PENDAHULUAN………………………………………………………………. 2
1. Pengantar………………………………………………………………..

2

2. Bentuk-Bentuk Symbol dalam Microsoft Excel………………………

2

3. Definisi-Definisi Penting………………………………………………..

3

RUMUS-RUMUS DALAM MICROSOFT EXCEL…………………………

4

1. Pembulatan……………………………………………………………...

4

2. Perhitungan 1…………………………………………………………...

5

3. Perhitungan 2…………………………………………………………...

6

4. Convert……………………………………………………………….....

9

5. Logika…………………………………………………………………… 12
6. Pencarian………………………………………………………………..

14

7. Time dan Date…………………………………………………………..

16

8. Text………………………………………………………………………

18

9. Pertanyaan………………………………………………………………

19

10. Error…………………………………………………………………….. 21
11. Tampilan dan Pembacaan……………………………………………... 21
12. Shortcut dalam Microsoft Excel 1……………………………………..

22

13. Shortcut dalam Microsoft Excel 2……………………………………..

25

14. Shortcut dalam Microsoft Excel 3……………………………………..

26

CONTOH APLIKATIF………………………………………………………... 27
1. Arah Qiblat……………………………………………………………...

27

2. Konfersi Masehi Hijriyah……………………………………………… 29
PENYIMPANAN DAN PENGAMANAN…………………………………….

30

PENUTUP………………………………………………………………………. 31
PROFIL SINGKAT…………………………………………………………….

KEMPLUD AL-DAL-DULY

32

Page 2 of 33

MICROSOFT EXCEL

PENDAHULUAN
1. Pengantar
Puji Syukur kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Esa dan tak pernah
menyia-nyiakan hamba-NYA. Shalawat beserta salam semoga tercurah limpahkan
kepada kekasih kita semua, Nabi besar Muhammad SAW, kekasih yang selalu
mencintai ummatnya.
Seiring kemajuan zaman, kebutahan manusiapun semakin banyak, sedangkan
waktu tak pernah berubah dari dulu sampai sekarang. Oleh krenanya, manusia
menciptakan alat-alat untuk membantu pekerjaan mereka. Begitupun dengan alat
bantu hitung manusia yang terus berkembang. Dari hanya menggunakan biji-bijian
sampai penggunaan komputer. Salah satu alat hitung dalam komputer adalah
Microsoft Excel.
Tulisan ini berusah mengulas sedikit mengenai rumus-rumus dalam
menggunakan fungsi Microsoft Excel sebagai alat bantu hitung yang mudah dan
praktis. Sebenarnya, masih banyak rumus-rumus perhitungan yang ada dalam
Microsoft Excel. Akan tetapi penulis sengaja, karena keterbatasan kemampuan dan
waktu, hanya menampikan sebagian karena yang sebagian inilah yang sering
digunakan dalam perhitungan oleh objek pasar (sasaran penyebaran tulisan) dan
penulis sendiri.
Jika pembaca masih berminat atau merasa bingung, silahkan langsung melihat
pada referensi penulis, Excel Help, atau bertanya langsung pada penulis.
2. Bentuk-bentuk Symbol dalam Microsoft Excel
a. Bentuk

“+” tebal hitam : tampil dipojok kanan bawah sel berfungsi untuk

mencopy formula dari sel yang dicopy dengan cara mendragnya kebawah maupun
kesamping kanan. Bentuk selnya seperti

dan bertempat di kotak hitam kecil

tebal dipojok kanan bawah.
b. Bentuk “+” besar putih: berada disekitar sel berfungsi untuk memblok sel.
c. Bentuk

dengan tanda panah menuju 4 arah: berfungsi memindah sel dengan

mendrag, dan men-cut sel.

KEMPLUD AL-DAL-DULY

Page 3 of 33

Range : susunan dari sejumlah data (cell). KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 4 of 33 .d. Berbeda dengan range.g.b. dimohon untuk langsung konfirmasi kepada penulis. Namun terkadang bisa diisi lebih dari satu cell. Number : bilangan.179. j. tekan CTRL+SPACEBAR sebanyak 1 atau 2x. dan workbook yang sedang dipilih atau digunakan. i. C sampai XFD atau berjumlah 16.c.869. Definisi-definisi penting:1 a. h. 3. Jumlah cell dalam Microsoft Excel adalah 17. Workbook: buku kerja tempat worksheet. Ribbon : bagian worksheet paling atas yang berisi kumpulan icon. worksheet. yaitu 1.c. sehingga jika ada dirasa kurang pas.h. Cell. tanpa sumber. angka.d. maupun huruf).i. e.{f.j}.workbook aktif : cell. Array : kumpulan dari sejumlah data (baik cell. d. Artinya.384.j} maupun yang terpisah seperti {a. Range tidak bisa digantikan dengan angka dan harus tersusun. worksheet. Rows (Baris): kumpulan cell yang tersusun dari atas sampai bawah dan diberi nama dengan angka. sampai 1048576.e}. 2 Untuk mengetahui jumlah cell pada worksheet.h.i. g. 2. c.MICROSOFT EXCEL 3.a6:a10 dan bisa berebentuk angka yang tersusun seperti {a. Worksheet: lembar kerja tempat.g.f. susunan cell dalam array bisa terpisah seperti a1:a5.e. tempat cell dan data.184. 1 Definisi-definisi ini asli dari penulis. B. Column (Kolom): kumpulan cell yang tersusun dari kiri sampai kanan dan diberi nama dengan abjad seperti A. Cell : kotak-kotak kecil yang ada dalam Microsoft Excel yang berfungsi untuk menyimpan dan mengolah data. susunan cell tidak boleh terpisah atau berurutan seperti a1:b10.b.2 b. biasanya bisa diisi langsung berupa angka atau satu cell. f.

[number_digits]4)}: lengkapnya truncates (memotong) berfungsi untuk menhilangkan beberapa angka desimal. c. Mround {=mround(number. maka angka yang dihasilkan angka yang lebih kecil. artinya. Pembulatan a. Isi number dengan angka atau sel yang akan dihilangkan angka desimalnya. e. Trunc {=trunc(number. f. Jika number_digits tidak diisi. Caranya. Banyaknya angka yang tersisa tergantung angka yang dimasukkan pada rumus bagian kedua. Caranya sama dengan trunc. yaitu 20. yaitu pembulatan angka kepada kelipatan angka tertentu yang nilainya mendekati angka pada number. dan isi multiple dengan angka yang akan menjadi terget pembulatan number.multiple)}: lengkapnya multiple round (pembulatan dengan kelipatan). Ceiling {=ceiling(number. Artinya. Int {=int(number)}: lengkapnya Integer (bilangan bulat/utuh): berfungsi untuk menghilangkan angka desimal. Caranya isi number dengan 3 4 Jika angka yang dihilangkan angka desimalnya adalah bilangan negatif.MICROSOFT EXCEL RUMUS-RUMUS DALAM MICROSOFT EXCEL 1. Banyaknya angka yang tersisa tergantung angka yang dimasukkan pada rumus bagian kedua ([number_digits]). jika tidak diisipun rumus akan berjalan walaupun dengan konsekuensi berbeda. Caranya sama dengan trunc. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 5 of 33 . d.[number_digits])}: pembulatan angka desimal ke angka yang lebih dekat.[number_digits]): pembulatan angka desimal keangka yang lebih kecil. Tapi pada beberapa rumus seperti dalam Index. Tanda [] dalam beberapa formula (rumus) berarti bisa diabaikan. Misal =mround(21. pembulatan angka 21 ke angka kelipatan 5 yang nilainya mendekati angka 21.5). Caranya. g. isi number dengan angka / sel yang nilainya akan dibulatkan.[number_digits]}: pembulatan angka desimal keangka yang lebih besar.significance)}: sama dengan mround tetapi pembulatannya menuju pada angka yang lebih besar.3 b. Rounddown {=rounddown(number. lambang ini tidak berarti bisa diabaikan alias harus difunsikan sebagaimana mestinya. Caranya. Round {=round(number. Caranya sama dengan trunc. isi number dengan angka/ sel yang akan dihilangkan angka desimalnya dan isi [number_digits] dengan angka yang fungsinya adalah untuk menentukan jumlah angka desimal yang akan ditampilkan. Roundup {=roundup(number. maka dianggap tidak ada angka desimal atau sama dengan Int.

KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 6 of 33 . artinya pembulatan angka 21 menjadi angka kelipatan 5 yang lebih besar dari 21. h. sehingga penulisannya hanya akan menambah halaman tanpa menambah manfaat. yaitu 20.significance)}: kebalikan dari ceiling. Floor {=floor(number. Coloumn Row 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 2. j. Misalnya =ceiling(21.b1) =floor(a1.23 21. Isodd (=isodd(number)}: penilaian ganjil terhadap angka. k. Iseven {=iseven(number)}: penilaian genap terhadap angka. m. Jika angkanya ganjil maka “TRUE” dan jika angkanya genap maka “FALSE”.3) =roundup(a2. i.2367 B 5 =int(a2) =trunc(a2.b1) =ceiling(a1. Contoh aplikasi: tulislah tabel berikut pada Microsoft Excel. Misalnya =floor(21. yaitu pembulatannya menuju pada angka yang lebih kecil.2) =mround(a1.MICROSOFT EXCEL angka / sel yang nilainya akan dibulatkan dan isi significance dengan angka yang akan menjadi target pembulatan number.23 20 25 20 22 FALSE 5 TRUE Perhitungan 1 Penjelasan pada bagian ini langsung menggunakan contoh karena secara definitif sudah sangat jelas dan diketahui umum.5). Jika angkanya genap maka “TRUE” dan jika angkanya ganjil maka “FALSE”.1) =rounddown(a2.b1) =even(a1) =iseven(a1) =odd(b1) =isodd(b1) Hasil 21 21. artinya pembulatan angka 21 menjadi angka kelipatan 5 yang lebih kecil dari 21. l.5).3 21. A 21 21. Odd {=odd(number)}: round up ke angka ganjil terdekat.237 21.2) =round(a2. yaitu 25. Even {=even(number)}: round up ke angka genap terdekat.

[number2]. dan seterusnya yang akan dijumlahkan. Maksud number1. Sumifs {=sumifs(sum_range. sedangkan y_num diisi dengan angka / sel yang posisinya menjadi titik y.b1) C5 hasil =sin(radians(a1)) =cos(radians(a1)) =tan(radians(a1)) =degrees(asin(b8)) = degrees(acos(b9)) = degrees(atan(b10)) =degrees(atan(1/b10) - 30 50 -10 600 0. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 7 of 33 .[sum_range])}: menjumlahkan data pada range dengan syarat atau pada kondisi tertentu.6666667 900 5.. Coloumn B adalah cara 1 dan coloumn C adalah cara 2.93969262 0. b. x_num diisi dengan angka/sel yang posisinya menjadi titik x. Ini artinya hanya menjumlahkan angka-angka pada range a1 sampai a10 yang sejajar dengan angka-angka pada range c1 sampai c10 yang nilainya lebih besar dari 16.criteria1.criteria_range1.criteria. adalah data I. Jika rumus tadi ditulis dalam kata-kata.”>16”. atan2 sama dengan =atan(x/y).a1:a10)..….”>16”).982793723 Perhitungan 2 a.)}: menjumlahkan suatu range tertentu hanya pada kondisi-kondisi atau pada syarat-syarat tertentu dimana keondisi atau syaratnya lebih dari satu. A 20 B 30 =A1+B1 =A1-B1 =A1*B1 =A1/B1 =B1^2 =SQRT(B1) =SIN(A1*PI()/180) =COS(A1*PI()/180) =TAN(A1*PI()/180) =ASIN(B8)*180/PI() =ACOS(B9)*180/PI() =ATAN(B10)*180/PI() =ATAN(1/B10)*180/PI() =atan2(a1. Fungsi tadi akan berbeda jika [sum_range] mempunyai nilai atau diisi.34202014 0.MICROSOFT EXCEL Colomn Row 1 Penjumlahan 2 Penguranga 3 Perkalian 4 Pembagian 5 Pangkat 6 Akar 7 Sin α 8 Cos α 9 Tan α 10 Arc sin α 11 Arc cos α 12 Arc tan α 13 Arc cotan α 14 Atan26 15 3.[number2]. maka kurang lebih: “jumlahkan angka-angka pada range b2 5 6 Untuk trigonometri. criteria2. data II. Misalkan =sumif(a1:b10.”>3%”.b3:e3.36397023 20 20 20 70 0. Sum {=sum(number1. hanya menjumlahkan sel-sel yang berada pada range a1 sampai b10 yang angkanya lebih besar dari 16.b4:e4. Misalkan =sumifs(b2:e2. Sumif {=sumif(range. Misalkan =sumif(c1:c10.criteria_range2. Atan2 (=atan2(x_num. Ini artinya.y_num) : berfungsi menghitung sudut yang dibuat dari 2 titik koordinat x dan y. c.477225575 0.….)}: berfungsi menjumlahkan suatu bilangan.”>=2%”).

Average {=average(number1. Sumx2py2 {=sumx2py2(array_x.d1:4).….[array3]. Misal =sumqs(a1:a3.6).[number2]. range2 dan range3 dimana yang dihitung adalah range1 sedangkan range2 dan range3 adalah syarat untuk menjalankan fungsi sum pada range1. j.Misalkan =sumx2my2(c1:c4.[criteria_ range2]. Sumx2my2 {=sumx2my2(array_x. Misalkan =sumx2my2(c1:c4.array_y)} : menjumlahkan angka-angka pada range dengan mengikuti rumus “ (𝑥 2 + 𝑦 2 ) “.[average_range])}: rata-rata terhadap bagian tertentu dengan 1 kriteria. m. g.8. Misal =sumproduct(a1:a4.…. Praktiknya sama dengan sumifs. artinya mencari bilangan yang bisa membagi angka 4.…)}: mencari pembagi yang nilainya paling besar pada suatu bilangan. Sumproduct {=sumproduct(array1.[array2].d1:4).[number2]. h.. e. dimana angka-angka pada range b3 sampai e3-nya lebih besar dari 3% dan angka-angka pada range b4 sampai e4-nya lebih dari sama dengan 2%”. i. Sumsq {=sumsq(number1. Misalnya =gcd(4. Prinsip kerjanya sama dengan sumif. l. Artinya ada hubungan antara range1. Log {=log(number. Gcd {=gcd(number1. Averageif {=averageif(range.MICROSOFT EXCEL sampai e2. artinya (c1-d1)2+(c2-d2)2+(c3-d3)2+(c4-d4)2. Misalkan =sumxmy2(c1:c4. kemudian base tidak KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 8 of 33 . akan tetapi yang dicari adalah averagenya..b1:b3).d1:4). k.[criteria2])}: mencari nilai rata-rata dari suatu range tertentu hanya pada kondisi-kondisi atau syarat-syarat tertentu. artinya a1*b1+a2*b2+a3*b3+a4*b4. Caranya masukkan angka yang ingin dicari nilai logaritmanya pada bagian number.criteria_range1.array_y)} : menjumlahkan angka-angka pada range dengan mengikuti rumus (𝑥 2 − 𝑦 2 ) “ “.)}: penjumlahan angkaangka setelah angka-angka itu dipangkatkan. artinya a12+a22+a32+b12+b22+b32.[number3].[number2].criteria1.b1:b4). akan tetapi nilai yang dihasilkan adalah nilai rata-rata. f.criteria. d. artinya (c12+d12)+(c22+d22)+(c32+d32)+(c42+d42). Averageifs {=averageifs(average_range. Artinya (c12-d12)+(c22-d22)+(c32-d32)+(c42-d42).)}: perkalian beruntun dalam beberapa bagian.[base])}: mencari nilai logaritma. 8 dan 6.…)}: mencari nilai rata-rata dari suatu number.array_y)}: menjumlahkan angka-angka pada array dengan mengikuti rumus “ (𝑥 − 𝑦)2 “. Sumxmy2 {=sumxmy2(array_x.

4). Masing-masing number bisa diisi angka. Mod {=mod(number.d8. Misal =quotient(19. Sign {=sign(number)}: berfungsi mengembalikan nilai pada sel menjadi bentuk lambang.c7:c9) d3.[number2]) : rumus ini digunakan untuk perkalian beruntun. artinya 7 dibagi 2 sisanya 1. Hasil ini akan sama dengan menggunakan rumus =int(19/3) o.b4:d4. Misal =product(a1:a10). n. Misal =power(5.c7:c9) ≥2 5 <3 6 7 Hasil 350000 350000 275000 275000 47 106 Page 9 of 33 . Misal =mod(7.b3: =sumproduct(a7:a9. r. dan 0 jika nol.2).…sampai a10.”>50000”) =sumif(b3:d3. artinya 19 dibagi 3 = 6. Caranya masukkan pembilang pada bagian numerator dan penyebut pada bagian denominator.divisor)} : rumus ini berfungsi untuk mencari sisa pembagian. artinya 5 pangkat 4. p. Caranya isi bagian number dengan angka atau cell yang telah diisi angka dan masukkan angka pembagi pada bagian divisor.d8) =sumsq(a7:a9. maka perhitungannya adalah a1*a2*a3*a4. yaitu 1 jika positif.power)}: rumus ini digunakan untuk mencari pangkat.denominator)}: menemukan hasil bagi tanpa koma. -1 jika negatif. Product (=product(number1. q.b2:d2) =sumifs(b2:d2.d9.MICROSOFT EXCEL perlu diisi karena hasilnya sama dengan log10 yang digunakan pada tabel logaritma pada umumnya. Quotient {=quotient(numerator. bahkan range. Power {=number. Contoh aplikatif: Nama Sum Sumif Sumif Sumifs Sumprod Sumsq uct Coloumn Rows 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 KEMPLUD AL-DAL-DULY A B C D Harga 2010 2011 2012 2013 Baju 75000 2% 3% 1% Celana 225000 3% -1% 2% Topi 50000 5% -2% -1% 2 3 4 3 4 5 4 5 6 >16 >2% <1% >2 4 =sum(b2:d2) =sumif(b2:d2. s.3). 1 sel.

a11. from_unit dengan satuan asal dari number.7781 35125 1 9 1440 -1 4. Convert yang akan dibahas disini adalah convert measurement (konversi ukuran) dan convert time (konversi waktu).5 6 1 0. Convert {=convert(number. isi number dengan angka yang akan dikonversi.d11) =log(c12) =quotient(d12.to_unit): berfungsi untuk menkorversi nilai.MICROSOFT EXCEL Sumxmy Sumx2m 2 Sumx2py y2 Average 2 Averageif Averageif Gcd s Log Quotient Mod Power Product Sign 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 =sumxmy2(a7:c7.a9:c9) =averageifs(a9:c9.c7:c9) =average(a7:c9) =averageif(a7:c7. Perhatikan bahasa yang digunakan Microsooft Excel dalam proses konversi berikut ini: i.a7:c7.a7) =power(b7. Caranya.a7) =product(a7:b9) =sign(d4) 3 27 127 4 5.a11 =gcd(c7:c9) .from_unit. dan to_unit dengan satuan hasil. Konversi jarak Distance From_unit or to_unit Meter "m" Statute mile "mi" Nautical mile "Nmi" Inch "in" Foot "ft" Yard "yd" KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 10 of 33 . Berat dan Massa Weight and mass From_unit or to_unit Gram "g" Slug "sg" Pound mass (avoirdupois) "lbm" U (atomic mass unit) "u" Ounce mass (avoirdupois) "ozm" ii.a8:c8.a8:c8) =sumx2py2(b7:b9.a8:c8) =sumx2my2(a9:c9.a7) =mod(d12.

Konversi gaya Force From_unit or to_unit Newton "N" Dyne "dyn" (or "dy") Pound force "lbf" vi.) "Pica" iii. Konversi power Power KEMPLUD AL-DAL-DULY From_unit or to_unit Page 11 of 33 . Konversi waktu Time From_unit or to_unit Year "yr" Day "day" Hour "hr" Minute "mn" Second "sec" iv. Konversi Energi Energy From_unit or to_unit Joule "J" Erg "e" Thermodynamic calorie "c" IT calorie "cal" Electron volt "eV" (or "ev") Horsepower-hour "HPh" (or "hh") Watt-hour "Wh" (or "wh") Foot-pound "flb" BTU "BTU" (or "btu") vii. Konversi tekanan Pressure From_unit or to_unit Pascal "Pa" (or "p") Atmosphere "atm" (or "at") mm of Mercury "mmHg" v.MICROSOFT EXCEL Angstrom "ang" Pica (1/72 in.

pint "uk_pt" Quart "qt" Gallon "gal" Liter "l" (or "lt") xi.K. pint "pt" (or "us_pt") U. Konversi temperatur Temperature From_unit or to_unit Degree Celsius "C" (or "cel") Degree Fahrenheit "F" (or "fah") Kelvin "K" (or "kel") x. Konversi magnetic Magnetism From_unit or to_unit Tesla "T" Gauss "ga" ix.S.MICROSOFT EXCEL Horsepower "HP" (or "h") Watt "W" (or "w") viii. Konversi awalan Prefix Multiplier Abbreviation Exa 1E+18 "E" peta 1E+15 "P" Tera 1E+12 "T" Giga 1E+09 "G" mega 1E+06 "M" Kilo 1E+03 "k" hecto 1E+02 "h" dekao 1E+01 "e" KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 12 of 33 . Konversi zat cair Liquid measure From_unit or to_unit Teaspoon "tsp" Tablespoon "tbs" Fluid ounce "oz" Cup "cup" U.

Misalnya =if(a1<b1. maka nilainya adalah FALSE. If {=if(logical_test.b3 lebih kecil dari b4 atau b3 lebih besar dari b5.”m”) 15.[logikal2]. Logika a.…): mengecek argumen atau logika yang dipilih. Sedangkan jika b1 lebih besar dari b2.”sec”) 978285600 2 50 =convert(a2.)}: sama dengan “and”. Sedangkan KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 13 of 33 .b3 lebih kecil dari b4 dan b3 lebih besar dari b5.”fah”) 122 4 70 =convert(a4. Or {=or(logikal1. maka nilainya adalah TRUE. b3 lebih besar dari b4 atau b3 lebih kecil dari b5.24 3 100 =convert(a3.MICROSOFT EXCEL deci 1E-01 "d" centi 1E-02 "c" milli 1E-03 "m" micro 1E-06 "u" nano 1E-09 "n" pico 1E-12 "p" femto 1E-15 "f" atto 1E-18 "a" xii. maka nilainya “TRUE”.b3<b4.6639716 5.b3>b5). Jika salah satu argumen atau logika sesuai. maka nilainya “TRUE”. value_if_true. maka tulis kata “betul”.b3>b5).”cup”. dan jika b2 tidak lebih kecil dari b3 (b2 lebih besar dari atau sama dengan b3). And {=and(logikal1. maka nilainya adalah TRUE. maka nilaianya “FALSE”.”ft”. dan jika ada salah satu argumen atau logika yang tidak sesuai. Misalnya =and(b1<b2. dan jika tidak ada yang sesuai maka nilainya “FALSE”. Artinya:”jika b1 lebih kecil dari b2. b.b2). Jika semuanya sesuai. bedanya terletak pada nilai logika yang diberikan. Misalnya =and(b1<b2. Artinya:”jika b1 lebih kecil dari b2. maka lihat atau gunakan nilai pada b4”.”yr”.”lt”) 23. c.”cel”. A B Hasil 1 31 =convert(a1. value_if_false)}: berguna untuk melakukan beberapa perhitungan sekaligus dengan berbagai kemungkinan. Contoh aplikatif No.[logikal2].”betul”.b3<b4. Artinya :”jika b2 lebih kecil dari b3.….

dan seterusnya).[form])}: bentuk romawi dari angka arab (angka yang biasa digunakan seperti 1. Misalnya =roman(499.MICROSOFT EXCEL jika b1 lebih besar dari b2. Form 0 adalah bentuk angka romawi classic yang biasa dipakai. Caranya bagian number diisi angka yang ingin dikonversi. Sedangkan yang lainyya hanya bentuk sederhana dari bentuk klasik. h. coba =randbetween(100. maka nilainya adalah FALSE. artinya angka 499 dalam bentuk angka romawi classic. Caranya. artinya menggunakan form null. Sedangkan bagian value_if_error diisi kata-kata atau apapun yang dikehendaki jika nilai dari sel yang maksud bernilai salah atau terjadi error. Randbetween{=randbetween(bottom. d. sedangkan top adalah batas atas. Iferror {=iferror(value.”betul”. Bagian bottom adalah batas bawah. dan form adalah bentuk dari roman yang diinginkan. Contoh aplikatif Nama If And Or Iferror Rand Randbetween roman KEMPLUD AL-DAL-DULY Coloumn Rows 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B 2 3 Salah 5 =if(a1<b1. coba 923 neh MMMCMXCIX Page 14 of 33 . f. 3. Roman {=roman(number.”ono sing =rand() salah iku dull. b3 lebih besar dari b4 dan b3 lebih kecil dari b5. 2.top)}: menggunakan nomor secara acak antara bilangan tertentu. =Rand()*100 berarti angka acak dari 0 .a2) =a1/a2 =and(a1<b1. Misal =ran() berati bilangan acak dari 0-1.0).0) Hasil Betul TRUE TRUE ono sing salah 0. Rand {=ran()}: menggunakan nomor secara acak.1000) neh”) =roman(3999. jika form tidak diisi.783929 iku dull. Form roman dalam Microsoft Excel ada 4. isi bagian value dengan sel yang akan dicek atau diberi tanda error.100.b1<b2) =or(a1<b1. dan batas maksimalnya adalah 3999. g.b1>b2) =iferror(b3. e.value_if_error)}: pemberitahuan adanya eror.

hanya saja bagian col_index_num tidak digunakan.col_index_num. Caranya. Sedangkan =lookup(lookup_value.array) atau =lookup(lookup_value .table_array. artinya pencarian sesuatu secara horizontal atau pencarian ke arah samping. artinya pencarian sesuatu secara vertikal atau atas bawah.array) berfungsi mencari nilai pada column terakhir dari array. Dengan kata lain. result_vector)} : =lookup(lookup_value. b. tentukan tempat angka dan pencariannya pada bagian table_array. tempat (array baik column maupun rows) dimana angka tersebut berada pada bagian lookup_vector dan tempat hasil dari nilai yang akan dicari pada bagian result_value. dan tentukan kolom pencarian dari angka tersebut pada bagian index_num. sedangkan FALSE berfungsi mengakhiri proses dengan memunculkan tulisan #N/A. row_num dengan urutan baris dan column_num dengan urutan column yang ingin diketahui nilainya. [area_num]). Lookup {=lookup(lookup_value.[range_lookup] )}: lengkapnya vertical look up. kata yang didahului angka atau kata yang huruf awalnya berbeda. pada prinsipnya 7 Nilai dari yang dicari sebaiknya tidak berupa kata yang 2 huruf awalnya mempunyai kesamaan dan tidak berurutan. Fungsi [rang_lookup] adalah menambah fungsi jika nilai pada bagian lookup_value tidak ditemukan pada table_array. Caranya masukkan angka yang akan dicari pada bagian lookup_value. Hlookup {=hlookup(hlookup_value.[area_num])}: pencarian nilai berdasarkan rows dan colomn. result_vector)} berfungsi mencari nilai pada column tertentu.lookup_vector.table_array.row_num. Pencarian7 a. tentukan angka atau huruf yang akan dicari pada bagian lookup_value. sebaiknya berupa angka. Cara menggunakan rumus {=index(array. Caranya dan ketentuannya sama dengan vlookup.row_ num. [column_num].col_index_num. Bagian [range_lookup] hanya bisa diisi dengan kata TRUE atau FALSE dan bisa diisi atau tidak.MICROSOFT EXCEL 6.[column_num]. d. c. Vlookup{=vlookup(lookup_value. Sedangkan untuk menggunakan =index(reference. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 15 of 33 . TRUE berarti mencari angka yang lebih kecil dari angka awal.lookup_vector.[column_num]) adalah isi array dengan sejumlah cell yang akan dijadikan rujukan atau basic data.row_num.[range_ lookup]}: lengkapnya horizontal look up. Index {=index(array. akan tetapi sistem pencariannya menggunakan systim menyamping.row_num. Caranya sama dengan vlookup dan hlookup.[column_num])atau=index(reference.

a6.…)} : berfungsi mencari nilai pada cell (value1.MICROSOFT EXCEL sama dengan =index (array.[match_type])}: menentukan posisi suatu nilai pada suatu Array. sedangkan -1 berarti data pada array harus berurutan dari yang terbesar (Z-A.c6) C D 3 4 5 6 7 3 Hasil 4 5 6 7 8 4 4 4 5 3&4 4 Page 16 of 33 .value2.value1. Match {=match(lookup_value.dst) berdasarkan urutan tertentu pada index_num.a1:d5. Caranya.lookup_array.b6.a1:a5) B 2 3 4 5 6 2 =index(a1:b5.0. Choose {=choose(index_num. Jika match_type tidak diisi. h. isi bagian number_num dengan angka sebagai acuan pencarian dan isi value1. ref diisi dengan array atau referance tempat number berada. …. sedangkan order diisi dengan angka 1 atau 0.[value2]. Contoh aplikatif Coloumn Rows 1 2 3 4 5 6 Lookup 7 Vlookup 8 Hlookup 9 Index 10 Match 11 Nama KEMPLUD AL-DAL-DULY A 1 2 3 4 5 1 =lookup(a6. Angka 1 berati urutan rangking dilakukan berdasarkan nilai.4) =hlookup(a6. sedangkan 0 berarti urutan rangking dilakukan berdasarkan posisi suatu nilai dalam sebuah range dari yang Z-A setelah nilai tersebut diurutkan baik sistem A-Z maupun Z-A. Caranya number diisi dengan nilai yang akan dicari rangkingnya.5) =index(a1:d5. Value2. Rank {=rank(number.row_num. isi bagian lookup_value dengan nilai yang akan dicari.-1.a1:d5) =vlookup(a6. tentukan posisi pencarian dimana lookup_value termasuk didalamnya. 0 berarti susunan data pada array boleh acak.[order]}: mencari urutan keberapa suatu nilai dalam rangking (tingkatan).c1:d5. f.….1.c6) =match(d6. maka dianggap null (0). g. kemudian tentukan match_type-nya.2. Caranya. 1 berarti data pada array harus berurutan dari nilai yang terkecil(A-Z atau 1.a1:d5.). akan tetapi pada bagian ini terdapat beberapa array.b6. dan seterusnya dengan cell-cell yang menjadi tempat pencarian nilai pada number-Value.…).ref. [column_num]). e. Kemudian bagian [area_num] diisi dibagian berapa index diberlakukan.

sedangkan bulan berbentuk text). h. g. Timevalue {=timevalue(“time_text”)} : mengetahui nilai angka dari text berbentuk time.MICROSOFT EXCEL Rank Choose 12 13 =rank(c6. 8 Rumus-rumus ini penting jika kita ingin menggunakan data dati cell berbentuk / berformat date atau time karena format tersebut tidak bisa digunakan untuk perhitugan secara langsung. Jika datevalue yang ingin diketahui (date_text) berupa data dalam cell. Tahun dimulai dari 1900.month. sedangkan rumus yang digunakan dalam penentuan tanggal ini adalah (jam+menit/60+detik/3600)/24.d3) 1 3 7. 9 Format tanggal dan waktu ini bisa dirubah dengan merubah format tanggalnya.minute. jika data yang dimaksud berada pada cell b3. e.b1. Now {=now()} : menampilkan waktu dari computer atau laptop dengan format bulan/tanggal/tahun jam:menit.1) =choose(b6. sehingga jika tahun diisi 1 maka tahun yang dimaksud adalah 1901. Time dan Date8 a.d1. d. Today {=today()} : menampilkan tanggal dari computer atau laptop dengan format bulan/tanggal/tahun. Jika cell berformat date digunakan. Format “time_text” –nya adalah “jam:menit:detik”.day)}: menampilkan data dalam bentuk date (tanggal) dengan susunan bulan/hari/tahun (bentuk standar).9 c. kemudian ok. Datevalue {=datevalue(“date_text”)} : mengetahui nilai angka dari text berbentuk tanggal.c1:c5. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 17 of 33 . tetapi menggunakan tanggal terakhir dari bulan yang dihasilkan. Penulisan date_text bisa berbentuk bulan/tanggal/tahun (angka semua) atau tanggal-bulan-tahun (tanggal dan tahun berbentuk angka. kemudian ganti format cellnya kedalam bentuk General.c1. maka nilainya menggunakan nilai dari tanggal (datevalue). Misalkan 5-January-1900. Caranya tekan ctrl+1. maka bisa menggunakan rumus =b3. Edate {=edate(start_date.d2. i. Time {=time(hour. pilih model yang diinginkan. pilih format cell. b. f. Eomonth : mengurangi atau menambah bulan dari tanggal tertentu (start_date). Jika yang ingin diketahui adalah data dalam cell. Date {=date(year. Day {=day(serial_number)} : hanya menampilkan urutan hari (day) atau tanggal dari cell berformat date. berarti nilainya adalah 5 karena nilai disini adalah jumlah hari dari 1 Januari 1900. maka bisa menggunakan rumus seperti pada datevalue. pilih date atau time .month)} : mengurangi atau menambah bulan (month) dari tanggal tertentu (start_date) dengan tanggal yang tetap.second)}: menampilkan data dalam bentuk time (waktu) dengan susunan jam:menit (bentuk standar).

c4) =eomonth(a3. ahad dan senin).[holidays])} : menampilkan hari kerja selama pada waktu tertentu (start_date sampai end_date) dengan hari libur pada sabtu.2) B 2010 2010 =date(b2. k. 2=ahad dan 3=senin. s. Networkdays {=networkdays(start_date. Weekday {=weekday(serial_number.days.d1) =time(b4. Second {=second(serial_number)} : hanya menampilkan jam (second) dari cell berbentuk atau berformat time.c4. q. Contoh aplikatif: Coloumn Rows 1 2 3 4 5 6 7 8 10 A =now() =today() =date(b1.c1. p. o.[holidays])}: menambahkan tanggal (start_day) dengan hari kerja tertentu (day) dikurangi hari libur tambahan [holidays]. Year {=year(serial_number)} : hanya menampilkan urutan bulan (year) dari cell berformat date l. Weeknum {=weeknum(serial_number.[return_type])}: menampilkan urutan minggu keberapa tanggal yang dimaksud (serial_number) dengan ketentuan (return_type) 1 jika setiap minggu dimulai hari Ahad atau 2 jika setiap minggu dimulai hari Senin.981759259 11/1/2010 1/31/2011 1 26 Hari libur ini adalah ketentuan dalam Microsoft Excel.[return_type])}: menampilkan jarak dari hari libur ke hari aktif dengan ketentuan (return_type) 1=sabtu. n. ahad dan senin 10 serta holidays (jika diisi dan diluar hari libur sabtu.MICROSOFT EXCEL j. Workday {=workday(start_day. Minute {=minute(serial_number)} : hanya menampilkan menit (minute) dari cell berbentuk atau berformat time. Month {=month(serial_number)} : hanya menampilkan urutan bulan (month) dari cell berformat date.end_date. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 18 of 33 .d2) 13 53 C 11 12 12 D Hasil 11 =a3+7 =d5+7 =d6+7 =d7+7 11/1/2010 13:12:11 44160 0. r. m.d4) =datevalue("11/25/2020") =timevalue("23:33:44") =edate(a3.c2. Hour {=hour(serial_number)} : hanya menampilkan jam (hour) dari cell berbentuk atau berformat time.

d.bilangan atau cell dan num_chars (bilangan character) dengan urutan karakter yang akan diambil. j. Code {=code(text)}: b. Proper {=proper(text)}: berfungsi mengkapitalkan huruf awal dalam text. Caranya.new_text)} : berfungsi mengganti text. start_num dengan angka yang menunjukan dari urutan keberapa text akan diambi. g. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 19 of 33 . Chart {=chart(number)}: c.1) =workday(a3. Rept {=rept(text. f.MICROSOFT EXCEL 9 10 11 12 13 14 15 16 17 =day(a3) =month(a3) =year(a3) =hour(a4) =minute(a4) =second(a4) =networkdays(a3.number_times)} : berfungsi melipatgandakan jumlah text. Mid{=mid(text.2) 8. num_chars dengan batas akhir urutan huruf yang akan diganti dan isi new_text dengan text pengganti. Text11 a. isi text dengan kata. atau cell. h. dan num-chars dengan angka yang menunjukan bilangan keberapa setelah start_num yang akan diambil.[start_num])} : berfungsi menentukan posisi text. 11 Perlu diingat bahwa setiap text harus diapit oleh tanda petik kecuali text tersebut berupa cell yang berisis text. isi start_num dengan awal urutan huruf yang akan diganti.start_num.num_chars)} : berfungsi mengambil text dari bagian paling kiri. Upper {=upper(text)}: berfungsi mengkapitalkan semua huruf dalam text i. Len {=len(text)}: berfungsi menghitung jumlah karakter dalam 1 cell. e.b3.b5. bilangan.within_text. Left {=left(text. k. Search {=search(find_text. isi find_text dengan text yang akan dicari posisinya.d5:d8) 1 11 2010 13 12 11 36 53 1/19/2011 =weeknum(b3. Caranya.num_chars)} : berfungsi mengambil text dari bagian paling kanan.start_num. Caranya. caranya sama dengan left. Replace {=replace(old_text.num_chars)} : berfungsi mengambil text dari bagian tengah.d5:d8) =weeknum(b3. Right {=left(text. Caranya isi Text dengan kata.num_chars. isi old_text dengan text atau cell yang akan diganti textnya.

3. Contoh aplikatif: Column Row 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 A B =code(b1) A =char(a1) 3 =left(c1. ISBLANK(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud berisi data atau tidak. Text {=text(value. 12 Jika bentuk cell sesuai. Jika kosong maka nilainya TRUE sedangkan apabila berisi data nilainya FALSE. m. old_text dengan text yang akan diganti dan new_text dengan text pengganti. tetapi yang diganti merupakan text langsung tanpa menggunakan urutan text.9877 =right(c1. Jika value adalah text maka hasinya adalah value itu sendiri sedangkan value bukan text.c2) =mid(c1. Substitute {=substitute(text. maka hasilnya berupa cell kosong." is =t(c1) the best") =text(b3."FALAK") =rept(b1.format_text)}: berfungsi merubah text kedalam ke format tertentu. l.old_text. Caranya.d2) =len(c1) =proper(c1) =upper(a7) =replace(c1.c3) =value(a14) C KIF2008 4 hh:mm:ss D 2 9. n. T {=t(value)} : seperti pertanyan apakah value berupa text atau bukan.[instance_num])}: sama dengan replace. isi text dengan text atau cell tempat proses substutusi dilakukan. time dan date. Pengecekan12 a."2008".b2) 23. maka nilainya TRUE dan jika tidak sesuai nilainya FALSE.1. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 20 of 33 . p.1) =substitute(c1.MICROSOFT EXCEL within_text dengan text atau cell tempat pencarian find_text dan isi start_num dengan batas awal pencarian.c2) =search("a".new_text.3.a9. o. Value {=Value(text)}: menentukan nilai dari text berupa angka dan berformat tertentu sepert percent.

e. ISREF(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud berupa referensi? j. Contoh aplikatif: Column Row 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 13 A =isblank(b1) =iserr(b3) =iserror(b2) =islogical(a3) =isna(b3) =isnontext(b4) =isnumber(b2) =istext(a1) =isref(c3) =delta(c1. Gestep(number1. ISNUMBER(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud adalah bentuk number? h.f1:f5) =if(f1<f2.c1) B =-time(12.MICROSOFT EXCEL b. c. ISNA(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud adalah jenis eror #N/A? f.2) =f6/f2 C 1 2 3 4 5 6 HASIL false false true true true true false false true 0 1 Nilai dari Delta dan Gestep menggunakan angka 1 jika benar dan angka 0 jika salah. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 21 of 33 . Delta(number1.34. ISERR(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud terjadi error atau tidak. e. Maksud logika disini adalah nilai TRUE atau FALSE. ISERROR(value): pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud mengalami error atau tidak. 13 k. ISTEXT(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud adalah text? i. d.2) =23^8672356751 =vlookup(2.number2): pengecekan mengenai apakah number1 sama dengan number2.32) =f1/0 =lookup(0. l.c2) =gestep(c2. ISNONTEXT(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud adalah bukan text atau text?. g. ISLOGICAL(value) : pengecekan mengenai apakah cell yang dimaksud adalah logika atau bukan?.number2) : pengecekan mengenai apakah number1 sama dengan atau lebih besar dari number2.f1:f4.

f1:f5) =if(f1<f2. #VALUE! : terjadi apabila argument atau operasi yang digunakan tidak sesuai sehingga nilai yang dihasilkan tidak ada (VALUE tidak ditemukan). klik kanan atau ctrl-1. #REF! : terjadi apabila cell yang dijadikan rujukan tidak sesuai dengan rumus. Derajat1 : Bagi angka yang dicari/dirubah kebentuk derajat dengan 24. Column Row 1 2 3 4 5 6 7 E =-time(12. h. b. #N/A : jika tahapan rumus tidak sesuai dengan rumus.e. vlookup dan sejenisnya. #DIV/0! : (DIVISOR/0)terjadi apabila nilai dibagi dengan angka 0. d. e. Derajat2 : Bagi angka yang dicari dengan 24. g. ##### : terjadi apabila ruang cell tidak cukup memuat tampilan data atau penggunaan data negative pada cell dengan format time atau date. Tampilan dan Pembacaan a. ada cell. pilih number.MICROSOFT EXCEL 10. #NULL! : terjadi apabila terjadi perpotongan cell yang digunakan dalam rumus.2) =f6/f2 F 1 2 3 4 5 yadi 11. c.2) =23^8672356751 =vlookup(2.32) =f1/0 =lookup(0. pilih custom. pilih model 37:30:55. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 22 of 33 . data tidak ada dalam logika. kemudian ganti dengan h omm’ss (lambang derajat bisa dicari pada simbol di Microsoft Word). #NAME? : terjadi apabila text yang digunakan tidak dikenali atau tidak sesuai dengan ketenatuan rumus sehingga perlu diperiksa ulang nama atau sebutan agar sebuah rumus bisa dijalankan. klik kanan atau ctrl-1. #NUM! : terjadi apabila number yang digunakan tidak sesuai dengan rumus atau tidak bisa ditampilkan karena terlalu besar atau terlalu kecil. pilih time. c.34.f1:f4. pilih number. & : berfungsi menggabungkan beberapa rumus berbeda dalam satu cell dengan tetap mempertahankan konsekuensi masing-masing rumus. b. Error a. atau data dalam rumus bernilai #N/A. f. pilih model [h]:mm:ss.

Ctrl+shift+~ Mengubah format cell ke bentuk General. Membuat Urutan: Unutk membuat urutan seperti January.45677. Kemudian akan muncul kotak dialog sort warning. F4 : berfungsi untuk mengunci cell ketika cell tersebut berada dalam sebuh fungsi atau rumus yang dicopy ke cell yang lain. klik view. Caranya. pilih cell yang akan di Freeze. Ctrl+shift_ Menghilangkan border dari cell. Derajat3 : Misalkan coloum E3 berisi angka 4. February. Caranya. i. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 23 of 33 . pilih sort A-Z (urutan a sampai z atau urutan dari yang terkecil kecil sampai yang terbesar) atau Z-A (kebalikan dari A-Z). Freeze Pane : Mengunci membekukan (freeze) tampilan beberapa cell sehingga ketika cell aktif dipindahkan. dan seterusnya dengan meng-copy-nya. Derajat4 : Misalkan E4 berisi 54. Ctrl+shift+& Memberi border pada cell. klik Office Button . klik atau tulis nama cell yang ingin dikunci. lalu tekan tombol F4 pada keyboard. kemudian klik ok. pilih model Freeze yang diinginkan. h. dan G3 berisi angka 56. klik add. Hasilnya akan berbentuk $C$3. F3 berisi angka 24.2)&"""". f. pilih expand the selection jika menginginkan effect sort meluas pada cell sekitarnya (kanan-kiri). 12. pilih Excel Options . Pada cell F5 isi rumus =int(E4)&"º"&int((E4-int(E4))*60)&"'"&round((((E4-INT(E4))*60)-int((E4int(E4))*60))*60. pilih Freeze Panes. pilih popular. pilih Edit Custom List. e. Ketik rumus = E3&"°"&F3&"'"&G3&"""" pada sel H3. Cara ini menyebabkan isi dalam sel menjadi tidak berfungsi untuk perhitungan.MICROSOFT EXCEL d. Mengurutkan data : caranya. g. Shorcut dalam Microsoft Excel 1 Shortcut Keterangan/Fungsi Ctrl+shift+( Menampakkan row yang disembunyikan. atau continue with the current selection jika menginginkan fungsi sort tidak berfungsi pada cell sekitarnya (kanan-kirinya). blok cell-cell yang akan diurutkan. klik kanan. misalnya =C3. ketik urutan yang dikehendaki pada kota List entris. Ctrl+shift+) Menampakkan column yang disembunyikan. cell yang dikunci tidak akan menghilang mengikuti perubahan cell aktif seperti sebuah kaca (Pane).

46E+05 Ctrl+shift+# Mengubah format cell ke bentuk Date Ctrl+shift+@ Mengubah format cell ke bentuk Time Ctrl+shift+! Mengubah format cell ke bentuk angka dengan pemisah (. Ctrl+1 Menampilkan Format Cells dialog box. Ctrl+2 Mengaktifkan atau menonaktifkan Bold (tebal).MICROSOFT EXCEL Ctrl+shift+$ Mengubah format cell kebentuk mata uang dollar dengan tambahan “00” dibelakang koma.) ketika ribuan dan 2 angka dibelakang koma. Ctrl+minus (-) menampilkan Delete dialog box untuk menghapus cell. Ctrl+shift+* Memilih (memblok) sekeliling cell yang berisi data. Memasukkan Date (=today() pada rumus sebelumnya). Ctrl+5 Mengaktifkan atau menonaktifkan Strikethrough (garis tengah). 14 Jika objek disembunyikan. Ctrl+6 Pilihan untuk menampilkan atau menyembunyikan Objek. Ctrl+shift+: Insert Time Ctrl+shift+" Mengcopy nilai (hasil yang tampak pada cell) yang berada diatas cell tempat paste nilai. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 24 of 33 .45600 menjado 3. Ctrl+` Pilihan untuk menampilkan Formula (rumus) atau hasil. Ctrl+3 Mengaktifkan atau menonaktifkan Italic (miring) Ctrl+4 Mengaktifkan atau menonaktifkan Underlining (garis bawah). 14 Ctrl+8 Menampilkan atau tidak outline symbol. maka salah satu contoh akibatnya adalah tidak bisa membuat table dan beberapa hal lain dalam Insert. Ctrl+shift+% Mengubah format cell ke bentuk Percent Ctrl+shift+^ Mengubah format cell ke bentuk Exponent (bentuk angka dengan 2 angka dibelakang koma dengan perkalian 10pangkat xxxx misalnya 3. Ctrl+. Ctrl+shift+plus(+) menampilkan Insert dialog box untuk menambah cell. Ctrl+' Mengcopy formula (rumus) yang berada diatas cell aktif.

Shift+f5 SHIFT+F4 menampilkan kembali text yang dicari sebelumnya. Ctrl+b Menebalkan atau tidak data dalam cell. Ctrl+t Menampilkan Create Table dialog box dan cell yang dipilih akan dikonversi menjadi statistic text. Ctrl+shift+o Memilih /memblock semua cell yang berisi comment. Ctrl+n Membuat workbook baru. Ctrl+k Menampilkan Insert Hyperlink. maka befungsi memblock sebagian cell dan yang keduakalinya berfungsi memblock semua cell. F5 Ctrl+h Menampilkan Replace disertai Find and Replace dialog box Ctrl+i Me-miring-kan atau tidak tulisan. Adapun bila yang pertama dilakukan pada cell aktif yang kosong. Ctrl+c Meng-copy data atau formula dalam cell. Ctrl+o Menampilkan Open dialog box untuk membuka dan menemukan file. Ctrl+s Menyimpan file. Ctrl+d Meng-copy cell diatasnya. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 25 of 33 . Ctrl+p Menampikan Print dialog box. Ctrl+f atau Menampilkan fungsi Find dengan Find and Replace dialog box. Ctrl+g atau Menampilkan Go To dialog box. maka langsung berfungsi memblock semua cell. Sedangkan CTRL+SHIFT+P berfungsi membuka Format Cells dialog box dan tab yang aktif adalah tab Font Ctrl+r Menc-copy 1 cell yang berada disebelah kiri.MICROSOFT EXCEL Ctrl+9 Menyembunyikan Row Ctrl+0 Menyembunyikan Column Ctrl+a Jika 1 kali dan cell yang aktif adalah cell yang berisi data.

. task pane dan zoom contol. Ctrl+y Mengulangi aksi yang telah dilakukan Ctrl+z Mengembalikan aksi kepada aksi sebelumnya. Ctrl+w Closes the selected workbook window. Ctrl+f5 Mengembalikan ukuran Windows Workbook. Ctrl+f1 Menampilkan Ribbon atau tidak. Ribbon. Shortcut dalam Microsoft Excel 2 Shortcut Keterangan/Fungsi F1 Menampilkan Microsoft Office Excel Help. Ctrl+x Meng-cut cell atau data.MICROSOFT EXCEL Ctrl+u Memberi atau menghilangkan garis bawah pada tulisa Ctrl+shift+u Melebarkan atau mempersempit Formula Bar Ctrl+v Menampilkan data yang di-copy atau di-cut.* Shift+f3 Menampilkan Insert Function dialog box. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 26 of 33 . Ctrl+f2 Menambahkan atau mengedit comment Shift+f2 Menampilkan Print Preview. F6 Pilihan mengaktifkan Worksheet. Alt+shift+f1 Insert Worksheet baru. Ctrl+shift+f Menampilkan Format Cell dialogue box dengan yang aktf adalah bagian huruf 13. F4 Sama dengan CTRL+Y Ctrl+f4 Mengeluarkan Workbook F5 Displays the Go To dialog box. Ctrl+f6 Mengganti Workbook yang aktif. F2 Mengaktifkan Formula Bar saat mengedit. F3 Menampilkan Paste Name dialog box.

performs the Move command on the workbook window when it is not maximized. Ctrl+arrow key Memindahkan cell aktif ke ujung range atau ujung worksheet (jika range tidak ada) Ctrl+shift+arrow key Memperluas cakupan /block cell sampai ujung range atau ujung worksheet. Shift+f7 Menampilkan fungsi icon reserch (kamus) F8 Memperluas cell. F12 Menampilkan Save As dialog box. Shift+f8 Menambah cell atau range yang dipilih atau diblock. Home Menuju Column pertama dalam 1 baris. 14. Shorcut dalam Microsoft Excel 3 Shortcut Keterangan/Fungsi Arrow keys Memindahkan cell aktif. Ctrl+home Memindahkan cell aktif ke cell awal (A1) KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 27 of 33 . F10 Sama dengan ALT. Alt+f11 Membuka Microsoft Basic Editor. or ESC to cancel. and when finished press ENTER. Alt+f8 Menampilkan Macro dialog box. Shift+f11 Insert worksheet baru. Use the arrow keys to move the window. Shift+f10 Menampilkan smart tag (sama dengan klik kanan mouse) Ctrl+f10 Maximize windows atau restore wondows. Ctrl+f9 Minimize workbook. Shift+arrow key : Mempeluas pemblokan cell sampai ke ujung range atau worksheet. F9 Calculate activate worksheet. F11 Membuat chart dari data.MICROSOFT EXCEL F7 Menampilkan Spelling dialog box mengecek spelling pada renge tertentu atau seluruh sheet yang aktif.

Arah Qiblat : i. Ctrl +page down Memindahkan sheet aktif ke sheet sebelah kiri (UP) atau ke sheet atau ctrl+page up sebelah kanan (DOWN). Enter Mengakhiri rumus atau pekerjaan dengan menekan ok. Spacebar Menghapus dan memulai aksi baru pada cell. tulis tabel rumus-rumus berikut dalam Microsoft Excel berdasarkan posisinya. cancel. Home Memindahkah cell aktif ke awal cell dalam 1 row dan halaman awal pada menu. dan lain lain.MICROSOFT EXCEL Ctrl+shift+home Memblock cell dari cell aktif sampai cell awal (A1) End+arrow Menuju akhir text. dan lain lain. Page down dan Memindahkan cell kehalaman sebelunya (DOWN) atau page up selanjutnya (UP) dalam satu column. Esc Membatalkan rumus yang sedang dikerjakan. Ctrl+end Menuju awal atau akhir cell yang berisi text. Shift+spacebar Memblock semua column dalam row. Ctrl+spacebar Memblock semua row dalam column. Posisi Rumus/Keterangan A2 Angka berapapun KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 28 of 33 . Alt+enter Menghapus isi cell dan memeberi warna cell dengan warna sebelumnya. CONTOH APLIKATIF a. Ctrl+shift+spacebar Memblock range atau worksheet (jika range tidak ada). keluar dari menu. Alt+page down dan Memindahkan cell kehalaman sebelunya (DOWN) atau alt+page up selanjutnya (UP) dalam satu rows. Tab Berpindah dari 1 opsi ke opsi lain dalam dialog box. submenu atau message windows. Alt+spacebar Menampilkan Control Menu untuk Microsoft Excel Window’s. Ctrl+shift+end Memblock sell sampai awal atau akhir cell yang berisi text.

H2.I1 “Lintang Tempat” G2.L1 “Bujur Tempat” J2. “Menit”.17/3600 B9 =VLOOKUP($A$2.56/3600 C3 =INT(B3)&"º "&INT((B3-INT(B3))*60)&"' "&ROUND((((B3- INT(B3))*60)-INT((B3-INT(B3))*60))*60.$E$2:$L$65536.$E$2:$F$65536.MICROSOFT EXCEL A3 “Arah Qiblat” A7 “Lintang Tempat” A8 “Lintang Makkah” A9 “Bujur Tempat” A10 “Bujur Makkah” B2 =VLOOKUP($A$2.6) B10 =39+49/60+34. “Detik” J3-akhir Nilai derajat dari kota K3-akhir Nilai menit dari kota L3-akhir Nilai detik dari kota KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 29 of 33 . F2 “Nama Tempat” F2-akhir Tulis nama-nama kota G1. “Detik” G3-akhir Nilai derajat dari kota H3-akhir Nilai menit dari kota I4-akhir Nilai detik dari kota J1.3) B8 =21+25/60+21.$E$2:$L$65536.H1.2) B3 =ATAN(TAN((B8)*PI()/180)*COS((B7+C7/60+D7/3600)*PI()/180)/SI N((ABS(B10-(B9+C9/60+D10)))*PI()/180)SIN((B7+C7/60+D7/3600)*PI()/180)/TAN((ABS(B10(B9+C9/60+D10))*PI()/180)))*180/PI() B7 =VLOOKUP($A$2.7) D7 =VLOOKUP($A$2.5) D9 =VLOOKUP($A$2.$E$2:$L$65536.2)&"""" C7 =VLOOKUP($A$2.$E$2:$L$65536.$E$2:$L$65536.H2 “Derajat”. “Menit”. dan seterusnya.K1.2.K2.3.$E$2:$L$65536.4) C9 =VLOOKUP($A$2.8) E2 “No” E3-akhir Tulis urutan nomor dari 1.L2 “Derajat”.

G7."Pon".2."Sabtu".H5-1."Pahing". Bagian 2 Coloumn F G =int(left( =int(mid(b3.k1:l1 =int(h2/4)*1461+mod(h2 =SUM(F3:H 2) .0.IF(G8=5.VLO =IF(I5-G6<=0.H5) =IF(I5- OKUP(H5.I5- 11.IF(G8=3.2)) 3 =f2 227016 4 =int(i3/10631) =mod(i3. jika A2 berubah.MICROSOFT EXCEL ii. Konversi Masehi-Hijriyah i.I5G6) 7 =g5+h5 =match(i6.G7+1) =IF(G8=1.2)) =int(right(b3.2008 =I7&" "&LOOKUP(H7+1.4)*365 3)-13- Row 2 H I b3."Kliwon")))) ii.354 ) 6 =IF(H5=0.4.M1:N G6<=0. maka semuanya akan berubah karena dalam A2 sudah tersisi atau terkoneksi pada hampir semua cell.01."Rabu".IF(G8=6. Artinya."Selasa". Variable-nya (nilai yang perlu dirubah) adalah A2.o1:o12)-1 =i6-lookup (h7+1. b. jika sudah selesai."Senin".P1:Q12)&" "&IF(I5- J5<=0.IF(H8=4 ."Legi"."Wage".10631) 5 =g4*30 =int(h4/354) =mod(h4.TRUE)) G6+355. Bagian 1 Colo umn B D Row 2 masehi Hijriyah 3 01.4))-1 =lookup(g2."Jum'at".IF(H8=2.n1:o13 KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 30 of 33 ."Ahad".IF(G8=2."Kamis"))))))&" "&IF(H8=1.IF(H8=3.IF(G8= 4 4.

PENYIMPANAN DAN PENGAMANAN 1. Untuk menampilkan kembali. block bagian yang akan di sembunyikan. pilih protect sheet. masukan ulang pasword. Caranya. klik pada bagian Review. ok. pilih Hide.). 2. pilih yang tidak ingin di protec. pada bagian Review pilih unprotect sheet. Hidden : menyembunyikan column atau rows. ok. Bagian 3 Coloumn K Row L M Dan O P Q 1 1 0 2 1 0 1 Muharram 2 2 31 5 2 30 2 Shafar 3 3 59 7 3 59 3 Rabiul Awal 4 4 90 10 4 89 4 Rabiul Akhir 5 5 120 13 5 118 5 Jumadil Awal 6 6 151 15 6 148 6 Jumadil Akhir 7 7 181 18 7 177 7 Rajab 8 8 212 21 8 207 8 Sya’ban 9 9 243 24 9 236 9 Ramadhan 10 10 273 26 10 266 10 Syawal 11 11 304 29 11 296 11 Dzulqa’dah 12 12 334 12 325 12 Dzulhijjah 13 354 13 iv. (lihat contoh diatas). KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 31 of 33 . letakkan cursor pada bagian column atau rows. klik kanan.5) iii. Bisa juga dengan menekan ctrl+0 untuk menyembunyikan column atau ctrl+9 untuk menyembunyikan row.7) 8 =mod(i3. masukkan password. masukkan tanggal. Keterangan : untuk menggunakannya. dan pilih Unhide. bulan. dan tahun dengan menggunakan angka dan pisahkan dengan tanda koma (. ok. block bagian yang disembunyikan. Caranya. Protect Sheet : melindungi sheet.MICROSOFT EXCEL ) =mid(i3. Untuk membuka protect sheet. masukkan password. klik kanan.

Penulis juga memohon maaf kepada pembaca jika masih banyak masalah atau rumus tentang Microsodt Officyang belum tercantum dalam tulisan ini. Pilih prepare. ok. KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 32 of 33 . klik Office Button . 5. ok. Catatan: perintah ini tidak berfungsi jika worksheet tidak dikunci. kemudian pilih Review. lewat hp. kemudian klik OK. pilih prepare. sehingga untuk membukanya sama seperti membuka Protect Sheet. masukkan password yang diinginkan. Allow users to edit range: sangat berguna untuk mengunci data atau rumus sementara variabel (input manual data) masih bisa dilakukan. Rafers to dengan cell yang akan di kunci (tidak usah diisi jika cell sudah diblock di awal). isi Title dengan nama range. Namun sedikit keterangan. Range Password dengan password yang diinginkan. pilih proses yang tidak ingin dikunci. bahwa semua contoh yang ada dalam tulisan ini sudah dicek dengan menggunakan Microsoft Excel dan hasil-hasil dalam tabel contoh adalah hasil-hasil dari Microft Excel. pilih Allow Users to Edit Ranges. klik New. Pembaca bisa langsung melihat pada Excel Help jika ada kata-kata atau contoh-contoh yang sulit difahami.. pilih dan klik Encrypt document. maupun Facebook. Selanjutnya pilih Protect Sheet. hapus password. PENUTUP Terima kasih penulis ucapkan kepada para pembaca yang telah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca tulisan ini. masukkan ulang password. Rumus-rumus dan berbagai penjelasan maupun keterangan yang ada pada tulisan ini. klik OK. masukkan password.MICROSOFT EXCEL 3. 4. Encrypt document: klik pada bagian office Button. tetapi harus digabung dengan Protect sheet. Caranya: pilih atau block cell yang akan dikunci. pilih dan klik Encrypt document. Untuk menghilangkan password. ok. hampir semuanya bersumber dari Excel Help dan pengetahun penulis dari pengalaman dan sedikit membaca buku-buku/ tulisan-tulisan tentang Microsoft Excel. Kritik dan Saran sangat penulis harapkan dari para pembaca demi “menambali” kekurangan-kekurangan yang ada. Kritik dan saran bisa secara langsung.

d. He……. Email/FB : m4c4n_put1h@yahoo. Gak Sembuh-Sembuh f. Angkatan : 2008 c. Asal : Kuningan.MICROSOFT EXCEL PROFIL SINGKAT a.id KEMPLUD AL-DAL-DULY Page 33 of 33 . Tips : Gak Perlu Menghafal Rumus.3x. Pesan : Hidup Itu Indah. Tapi Gunakanlah Rumus. Fak/Jurusan : Syari’ah.co. Nama : Yadi Setiadi b. al-Ahwal al-Syakhsiyah. h. Hp : 0853 250 966 94 j. g. i. Jangan Dibikin Susah. Jawa Barat e. Prodi Ilmu Falak. Kesan : Gila. Motto : Nyantai n Uenting.