You are on page 1of 10

Design and Implementation Stop Watch

Makalah
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia yang
diampu oleh Nur Salman
Kelompok 5:
1.
2.
3.
4.
5.

Dimas Triadi
Ferldy Verdina Yusuf
Intan Permatasari
Nurul Siti Nurjanah
Sifa Sajaatun Nisa

1304231
1301545
1300630
1303769
1303972

Kelas A

PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014

Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kata sempurna.Kata Pengantar Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas izin dan Rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini sebagai tugas Bahasa Indonesia. Bandung. banyak mengalami kesulitan. Harapan penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan serta dapat memberikan hal-hal yang positif bagi pembaca. makalah ini dapat terselesaikan walaupun masih banyak kekurangan. Oktober 2013 Penulis i . karena keterbatasan penulis pengetahuan penulis. Semoga Allah senantiasa memberikan balasan atas segala bantuan yang telah diberikan. masih banyak kekurangan serta keterbatasan kemampuan penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Namun berkat adanya bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak. Dalam penulisan makalah ini penulis.

.....................................................................................................................................................................2 Dampak dari peran serta internet.....................................................................................ii BAB 1 PENDAHULUAN..............................................1 1.....................................................................................................................................................................3 2...........................3 2..........2 Saran..............................4 Manfaat Penelitian.......................9 Daftar Pustaka...2 Rumusan Masalah..................3 Tujuan Penelitian.........................................9 3.............Daftar Isi Kata Pengantar...................................................1 1.......1 1....................1 Latar Belakang Masalah.....................................................................................................2 BAB 2 PEMBAHASAN..........................................................................1 Peran Internet dalam Dunia Pendidikan...............................1 Simpulan..............................9 3.2 1...............................................................................................................................................i Daftar Isi..............6 BAB 3 PENUTUP................................................................................................10 ii .......................................................................................

Bagaimana cara kerja stopwatch? 2.BAB 1 PENDAHULUAN 1. muncullah sebuah teknologi bernama Stopwatch. jam pasir. atau keadaan berada atau berlangsung. Waktu dapat diukur. Bagaimana Implementasinya di dalam sistem digital? 1. ini menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting.2Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari dalam makalah ini adalah : 1. Stopwatch adalah suatu alat untuk mengukur elapsed time dari saat tombol start ditekan sampai tombol pause ditekan. skala waktu merupakan interval antara 2 buah keadaan atau kejadian.1Latar Belakang Masalah Waktu menurut KBBI adalah seluruh rangkaian saat proses. pengukur waktu digital diciptakan untuk menjawab kompleksitas dari pengukur waktu mekanik dan sangat mudah untuk digunakan. contohnya jam matahari.4 Manfaat Penelitian 1 . penulis mengangkat 1. Maka dari itu. 1. Pengukur waktu adalah perangkat mekanik dan digunakan sebagai sarana untuk mengatur waktu dengan teratur. perbuatan. seperti ketika seorang atlet akan mengukur berapa banyak waktu yang dapat ditempuhnya dalam jarak tertentu. Untuk masalah tersebut tentu tidak efisien jika mengukur waktu dengan menggunakan jam. dan hingga sekarang jam analog. atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Oleh karena itu. Dengan begitu banyak tugas yang harus dilakukan menggunakan pengukuran waktu. Dalam hal ini. Oleh karena itu. Cara kerja stopwatch 2. Implementasi stopwatch di dalam sistem digital.3Tujuan Penelitian Adapun tujuan pembuatan makalah ini untuk mengetahui : 1. Didalam kehidupan sehari-hari pengukur waktu banyak digunakan. Manusia dari dahulu hingga sekarang telah mengukur waktu dengan berbagai macam alat.

Pencacah I digunakan untuk penunjukan bilangan detik dengan penunjukan maksimum 59 dan ketika hendak berubah ke 60. dimana pencacah yang paling ujung ( yang digunakan untuk penunjukan bilangan satuan dari “detik” ) masukan clocknya berasal dari sumber detak sedangkan 2 .1Cara Kerja Stopwatch Stopwatch sebenarnya cara kerjanya mirip dengan jam digital atau timer yang membedakan hanyalah stopwatch memiliki utilitas untuk mengehentikan pegukuran waktu dan juga memulai kembali pengukuran waktu dari titik nol. Dari perencanaan di atas dapat dilihat bahwa Stopwatch ini adalah sebuah rangkaian digital sederhana dengan memanfaatkan prinsip kerja dari pencacah naik yang bekerja secara asinkron. Menambah wawasan mengenai cara kerja stopwatch. Stopwatch pada dasarnya adalah sebuah pencacah naik yang bekerja secara asinkron. pencacah akan kembali menjadi 00 dan memicu pencacah II untuk memulai cacahannya. Adapun perencanaan perancangan adalah sebagai berikut : Sumber detak merupakan sebuah pembangkit pulsa yang menghasilkan detak 1 getaran per detik (1 Hz). BAB 2 PEMBAHASAN 2. menit sampai detik. Mampu memanfaatkan teknologi stopwatch. Stopwatch dirancang untuk penunjukkan waktu dengan ketelitian bilangan dari jam. 2. Pencacah II digunakan untuk penunjukkan bilangan menit dengan prinsip kerja yang sama dengan pencacah I.Adapun manfaat dari penulisan makalah ini : 1. Sedangkan pencacah III digunakan untuk penunjukan bilangan jam dengan penunjuk maksimum 9.

pencacah-pencacah selanjutnya dipicu oleh pencacah sebelumnya. jadi memakai seven segment (prinsip seven segment) -tabel kebenaran -design stopwatch (shape) 3 . -flowchar stopwatch 2.2Implementasi Stopwatch didalam Sistem Digital -karena stopwatch angka .

LM. HM.  COUNT_BLK (Counter Block) : 5 digit(H. HS. The top level design will contain five logic blocks (modules) and some of theses blocks will be consist of smaller sub-blocks.  COL (Control Output Logic) : Decodes CSL output to generate control signal for COUNT_BLK  CLK_DIV (Clock Divider) : Generates 1 second clock signal using 10Hz system clock. Brief description of each block is given below :  STOPWATCH : Top level component of the stop watch  PBI (Push Button Interface) : Synchronize push button signal with 10Hz clock  CSL (Control State Logic) : Sequential State machine for control. and LS) up/down counter  MSCNT (Mode Selectable up/down Counter) : Up/Down Counter with a mode select (Modulo 6 or Modulo 10) 4 .The stopwatch will be designed using hierarchical structures shown in Figure 2.

--desain rangkaian stopwatc 5 . it generates a 4-bit offset value to be added the 4-bit BCD input. MSINC (Mode Selectable incrementer/decrementer ) : increment/decrement 4-bit input by 1 and has a mode select (Modulo 6 or Modulo 10)  Adder_4 : 4-bit full adder  m6avg and m10avg : (modulo 6 add value generator and modulo 10 add value generator) : Takes on a 4-bit BCD input and up_down signal.  mux21_4 (4-bit 2-to-1 multiplexer) : Select between a pair of 4-bit inputs using a control signal.

BAB 3 PENUTUP 3.1 Simpulan 3.2 Saran 6 .

[23 Oktober 2013]. Fungsi Internet sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa [online]. 2013. 10 . D.wordpress.Daftar Pustaka Cahyani. Tersedia: http://desicahyani.com/2013/06/07/fungsiinternet-sebagai-media-pembelajaran-oleh-siswa-di-sekolah/.