You are on page 1of 18

SISTEM KENDALI

“PROSES PEMBUATAN BAN”
1.
2.

3.

Disusun Oleh :
Desi Indrayani
Desyta Ayu P.
Dwi Syukur J. N.
LT 3B

(04)
(05)
(06)

Seperti contohnya mobil. bis dan lain-lain. motor.Pendahuluan Saat ini sudah cukup banyak alat transportasi yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan akan kemudahan untuk berpindah-pindah. dalam hal ini akan dibahas lebih lanjut tentang proses pembuatan ban. Dari semua alat transportasi tersebut tentunya mempunyai komponen-komponen yang penting. kereta. . Salahnya adalah ban.

resin dan benang  Curatives -. atau polyester  Karet alam dan sintetis (terdapat ratusan jenis karet/polimer)  Campuran kimia .minyak. aramid fiber. silica. brass untuk kawat baja. tackifier. sulfur  Processing aids -.Karbon black.antioksidan.BAHAN DASAR PEMBUATAN BAN  Benang/kawat baja. resin  Anti-degradants . activators. nylon. peptizer. . ozonan.cobalt salt. parafin wax  Adhesion promoters -. fiberglass.cure accelerators. rayon.

Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban.Ban Bias Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt" . Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Ban Radial Untuk ban radial.

.

.BAN TUBELESS Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam.

.

Carcass (Cassing) Carcass merupakan rangka ban yang keras. Breaker Breaker adalah lapisan yang terletak diantara Carcass dengan Tread yang memperkuat daya rekat keduanya.1) 2) 3. Carcass terdiri dari ply (layer) dari tire cord (lembaran anyaman paralel dari bahan yang kuat) yang direkatkan menjadi satu dengan karet. Bead dilindungi dari kerusakan karena gesekan dengan pelek dengan jalan memberinya lapisan karet keras yang disebut chafer strip. 6. Sebagai bagian ban yang paling besar dan paling fleksibel. sisi bebas atau bagian samping ply dikelilingi oleh kawat baja yang disebut kawat bead. Sidewall Sidewall adalah lapisan karet yang menutup bagian samping ban dan melindungi Carcass terhadap kerusakan dari luar. Udara bertekanan di dalam ban mendorong bead keluar pada rim pelek dan tertahan kuat disana. Breaker meredam kejutan yang timbul dari permukaan jalan ke Carcass dan biasanya digunakan pada ban dengan bias-ply Belt (Rigid Breaker) Belt adalah tipe breaker yang digunakan pada Ban Radial-ply dan diletakkan seperti sarung mengelilingi ban diantara carcass dan karet tread. Bead Untuk mencegah robeknya ban dari rim oleh karena berbagai gaya yang bekerja. 4. Bagian ini berhubungan langsung dengan permukaan jalan dan menghasilkan tahanan gesek yang memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke permukaan jalan. untuk menahan Carcass dengan kuat. Tread Tread adalah lapisan karet luar yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan. sidewall secara terus menerus melentur di bawah beban yang dipikulnya selama berjalan. tetapi harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan. cukup kuat untuk menahan udara yang bertekanan tinggi. . 5.

.

PROSES PEMBUATAN BAN .

karbon hitam. hitam dan lembek ini diproses berulang-ulang kali. Masing-masing dari bahan ini menambahkan sifat tertentu dari campuran ini. akselerator dan berbagai zat tambahan lainnya dengan memerhatikan takarannya. zinc oksida (ZnO). Bahan campuran yang panas. pigmen. Semua bahan ini diaduk dalam blender raksasa yang dikenal sebagai mesin banburry mixer hingga dihasilkan bahan yang disebut compound. . Mesin ini bekerja dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi.Pencampuran Bahan (Mixing) Diawali dengan pencampuran bahan-bahan dasar karet seperti karet alam atau karet sintetis dengan oli proses.

Berbagai jenis benang dipakai. Sebagian besar dari ban untuk kendaraan penumpang . kemudian diproses menjadi lembaran-lembaran. rayon atau nilon. Rajutan ini datang dalam rol-rol yang besar. Kilang ini memasukkan karet tadi di antara pasangan penggulung (roller) berulang-ulang sehingga menjadi komponen-komponen ban. ataupun bagian-bagian lain dari ban.Pencetakan Ban Bahan yang telah dicampur didinginkan ke dalam beberapa bentuk. Ada jenis karet yang melapisi rajutan benang yang akan menjadi badan dari ban. komponen-komponen tersebut dibawa dengan conveyor dan dibentuk menjadi dinding samping. termasuk polyester. Setelah itu. telapak. Lembaranlembaran ini kemudian dibawa ke kilang pemisah.

Lapisanlapisan ini akan mengurung udara dan membuat ban . kemudian digulung dan diikat untuk selanjutnya disatukan dengan bagian ban lainnya.KAWAT PENGIKAT Salah satu komponen berbentuk gulungan yang disebut bead terbuat dari kawat baja high-tensile yang berfungsi untuk menjaga ban agar tetap berbentuk lingkaran dan juga untuk memperkuat jepitan ban ke pelek agar bisa terus terpasang sempurna. Ban-ban radial dibuat menggunakan satu atau dua mesin ban. Di bagian dalam dari ban ada dua lapis karet lembek sintetis yang disebut interliner. Kawat baja tersebut diselaraskan dengan pita yang dilapis dengan karet untuk pelekat.

Mesin perakit ban membentuk ban-ban radial menjadi bentuk yang mendekati bentuk akhir untuk memastikan bahwa semua komponen berada dalam posisi yang tepat sebelum ban masuk ke mesin . Kemudian. terdapat dua lapisan rajutan ply. Dua strip yang dinamakan apex membuat kaku area di atas bead.LAPISAN Selanjutnya. ditambahkan sepasang strip chafer yang berfungsi mencegah kerusakan yang diakibatkan pinggiran pelek ketika ban dipasang.

ban radial yang kini disebut green tire akan memasuki tahap pemeriksaan dan penyempurnaan. Setelah sebuah pemutar otomatis menjepit semua komponen sehingga menempel kuat satu dengan yang lain. .TAPAK BAN Tapak ban adalah bagian terakhir yang dipasang.

Begitu mesin cetak terbuka. ban-ban akan keluar dari cetakannya dan jatuh ke ban berjalan yang akan membawanya ke bagian akhir . Alat yang panas seperti setrika membentuk dan memvulkanisir ban. Banban dipanaskan dalam temperatur lebih dari 3000 C selama 12 hingga 25 menit. Cetakan ini digrafir dengan pola telapak dan dilakukan pencetakan nama merk. tergantung ukurannya.PENGADUKAN DAN PEMANASAN BAHAN Alat penekan curing memberi bentuk akhir ban serta pola telapaknya (tapak).

Pemeriksaan tidak hanya dilakukan di permukaan. pemeriksaan juga dilakukan dengan menggunakan mesin-mesin khusus. . Akan tetapi.PEMERIKSAAN Tahan akhir dari proses pembuatan ban adalah pemeriksaan terhadap ban yang telah jadi. tetapi juga diperiksa kerusakan internal dengan menggunakan X-Ray. Sebagian dari cacat dapat dideteksi hanya dengan mata dan tangan pemeriksa yang sudah terlatih. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya kecacatan pada ban tersebut.