You are on page 1of 4

TUGAS RESUME

BIOLOGI SELULER

Dosen : Dyah Kinasih Wuragil

Oleh :
Nama : Hendrian Novantiano
NIM : 115130100111009
Kelas : A / 2011

PENDIDIKAN KEDOKTERAN HEWAN
PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
2012

membran sel. Sel Prokariotik Kata prokariot (prokaryote) berasal dari bahasa Yunani. tetapi tidak ada membran yang memisahkan daerah nukleoid ini dengan bagian sel lainnya. badan mikro. 2. sentriol. ribosom. Struktur umum sel prokariotik yang diwakili oleh bakteri berturut-turut mulai dari luar ke dalam adalah dinding sel.5 -3 mm. Salah satu contoh sel prokariotik antara lain archaebacteria (bakteri purba) dan eubacteria (bakteri modern/bakteri sejati) yang beranggotakan bakteri. yaitu bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. mesosom. Ukuran sel prokariotik berkisar antara 0. Sel Eukariotik Sel eukariotik. sehingga sel tidak mudah pecah akibat masuknya air kedalam sel. mikrotubulus dan mikro filamen. hampir 90% komponen dinding selnya tersusun atas peptidoglikan. mitrokondria. lisosom. sedangkan pada bakteri garam negatif berkisar antara 5 – 20%. Sel eukariotik biasanya merupakan penyusun struktur makhluk hidup multi seluler.Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik 1. eu berarti “sebenarnya”dan karyon berarti nukleus. retikulum endoplasma. mikoplasma dan alga hijau-biru. dinding sel bakteri tersusun atas peptidoglikan atau mukopepetida yang dapat dipergunakan sebagai dasar penggolongan bakteri menjadi dua golongan . STRUKTUR Membran nukleus Membran plastida Nukleus Nukleolus Plastida Mitokondria Badan Golgi Kromosom DNA RNA Histon Pigmen PROKARIOTIK + ( tunggal ) + ( tanpa protein ) + + EUKARIOTIK + + + + +/+ + + ( ganda ) + ( dengan protein ) + + + . sitoplasma. pro yang berarti “sebelum” dan karyon yang artinya “kernel” atau juga disebut nukleus. Dinding sel bakteri berfungsi untuk menahan tekanan osmotic sitoplasma. Sel prokariotik tidak memiliki nukleus. Sel eukariotik tersusun atas membrane sel. komplek golgi. sitoplasma. nukleus. Organel-organel di dalam sel memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup sel tersebut. Materi genetiknya (DNA) terkonsentrasi pada suatu daerah yang disebut nukleoid. ribosom dan materi inti (DNA dan RNA). Pada bakteri garam positif. Eukariotik mengandung pengertian memiliki nukleus sesungguhnya yang dibungkus oleh selubung nukleus.

sehingga sel tumbuhan bersifat kokoh dan kaku / tidak lentur seperti sel hewan. Hal tersebut karena struktur satuan penyusun jaringan tubuhnya tidak kaku. Tumbuhan sama sekali tidak mampu melakukan pergerakan dan bersifat menetap serta kaku. dimana sel tumbuhan memiliki beberapa kekhususan yang tidak ditemukan pada sel hewan. baik invertebrata maupun vertebrata dapat melakukan pergerakan untuk berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnnya. dapat dibuktikan bahwa komponen sel tumbuhan berbeda dengan hewan. 5. 3. jumlahnya sepasang dan letaknya dekat membrane inti dalam posisi tegak lurus antar keduanya. sedangkan hewan sama sekali tidak mampu. Berikut ini merupakan beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan : 1. suatu polisakarida yang terdiri atas polimer glukan (polimer glukosa). Lisosom Lisosom merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. tepatnya pada tahap sitokinesis atau pembagian sitoplasma sel anak. Lisosom banyak ditemukan pada fagosit atau sel –sel yang berfungang masuk ke dalam jaringmasuk kedalam jaringan tubuh. Cincin Kontraktil Cincin kontraktil hanya ditemukan pada sel hewan. Cincin kontraktil terbentuk pada saat pembelahan sel. menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak melawan gravitasi bumi. tumbuhan mampu menghasilkan atau mensintesis makanan sendiri. Organel ini berisi enzim hidrolitik. sehingga tumbuhan digolongkan sebagai produsen karena kemampuannya dalam menghasilkan makanan sendiri. mempertahankan bentuknya serta mencegah kehilangan air secara berlebihan. Adanya dinding sel yang kuat. Kloroplas Kloroplas merupakan organel sel yang bermembran dan hanya ditemukan pada sel tumbuhan. misalnya lipase dan protease Organel ini berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler. Organel ini berukuran kecil . Organel ini mengandung pigmen fotosintesis yang mampu melangsungkan proses fotosintesis. Perbedaan ini jelas menggambarkan bahwa komponen penyusun sel pada tumbuhan berbeda dengan penyusun sel pada hewan.Pembelahan Amitosis Mitosis / meiosis Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki beberapa perbedaan. Dinding Sel Dinding sel hanya dapat ditemukan pada sel tumbuhan. Dengan adanya beberapa penjelasan diatas. Pada hewan. 2. Sentriol Sentriol merupakan organel tak bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. Dinding sel tumbuhan banyak tersusun atas selulosa. Dinding sel tumbuhan berfungsi untuk melindungi. Organel ini akan memisah satu sama lain untuk membentuk gelendong pembelahan pada saat terjadi pembelahan sel. 4. Pembagian sitoplasma berlangsung setelah pembagian materi inti .

Fungsi organel ini adalah sebagai tempat menyimpan air dan cadangan makanan pada sel tumbuhan. 6. Pada organisme bersel satu seperti paramaecium dan Amoeba juga ditemukan adanya organel ini. Plasmodesmata hanya terdapat pada tumbuhan. Plasmodesmata Plasmodesmata merupakan bentuk hubungan atau komunikasi antar sel satu dengan sel tetangganya yang terjalin karena adanya juluran membran retikulum endoplasma sel yang satu ke sel lainnya melalui suatu celah khusus yang terbentuk di antara kedua sel yang berhimpitan. Ribosom Tempat sintesis protein. Retikulum Endoplasma Kasar dan Halus Sebagai transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri . 3. Aparatus Golgi Berhubungan dengan fungsi ekskresi sel dan organel ini banyak dijumpai di ginjal karena fungsi ginjal yaitu melaksanakan fungsi ekskresi. Salah satu enzimnya yaitu lisozym 5. 2. Mitokondria Sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energy). 4. 6. Vakuola pada hewan dinamakan vakuola kontraktil dan vakuola makanan dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan. yaitu menerjemahkan mRNA untuk membentuk rantai polipeptida (protein) menggunakan asam amino yang dibawa oleh tRNA pada proses translasi. 7. Lisosom Penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler. setelah pembagian materi inti selesai maka dinding sel baru terbentuk tanpa adanya cincin kontraktil. berukuran besar yaitu hampir setengah dari volume sel. Vakuola Vakuola merupakan organel bermembran sel. Berikut ini merupakan tabel perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan : ORGAN PEMBEDA Dinding Sel Kloroplas Lisosom Sentriol Cincin Kontraktil Vakuola Plasmodesmata SEL HEWAN Tidak Ada Tidak Ada Ada Ada Ada Ada / kecil Tidak Ada SEL TUMBUHAN Ada Ada Tidak Ada Tidak Ada Tidak Ada Ada / besar Ada Berikut ini merupakan beberapa fungsi beberapa organ dalam sel : 1.(kriokinesis) selesai. karena di dalam nukleus terdapat kromosom yang berisi DNA yang mengatur sintesis protein. Pada sel tumbuhan. Nukleus Mengatur semua aktivitas/ kegiatan sel.