You are on page 1of 7

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA

Air Mancur didalam Aquarium

DISUSUN OLEH : M.SOLIHIN
Kelas
: XII IPA 3
Guru Pembimbing : Hj. Elida Hizrawati, S.Pd

Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir
SMAN 3 Unggulan Kayuagung
Tahun Ajaran 2011 /2012
Praktikum Fisika 2012

Page

k adalah jumlah konstan tekanan dan volume dari sistem tersebut. • Aliran air : Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah • Air mancur.Praktikum Fisika Air Mancur didalam Aquarium Dasar Teori • hukum boyle menyatakan bahwa volume udara berbanding terbalik dengan tekanannya pada ruang tertutup pada suhu tetap. hal ini menimbulkan udara dalam ruang berkurang sehingga naiklah udara dari konsentrasiyang lebih tinggi Tujuan • Menciptakan air mancur sederhana dengan bantuan tekanan udara Praktikum Fisika 2012 Page . Perbedaan tekanan udara dapat menimbulkan aliran air dari tempat rendah ke tempat tinggi Begitu juga halnya volume udara yang masuk seimbang dengan udara yang dikeluarkan. V berarti volume udara. • Persamaan matematis untuk Hukum Boyle adalah: pV=K p berarti sistem tekanan. udara masuk dan keluar melalui tekanan air yang disebabkan keluarnya udara dari ruangan tertutup.

3. 7. 6.5 cm (panjang dan pendek) Lem lilin Korek Api Ember air Bunga hiasan Pegangan cincin Alat pemompa air Cara Kerja 1. 8. Isi toples dengan air setengah volume toples. Masukkan pipa panjang ke tutup botol 5 cm kedalam toples. Masukkanlah kedalam yang satu pipa pendek sejauh 10 cm kedalam toples. 11. Bentuk lem lilin menjadi jarring silang silang empat pada pipa yang pendek dengan menggunakan lem lilin yang dibakar. 9. 5. 4. Letakkan bunga hiasan pada toples.Alirkan air dari ember ke toples persedian air menggunakan alat pemompa air(agar toples persedian air tidak kurang dan ember tidak penuh) Praktikum Fisika 2012 Page . 4. 3. 7. 8.Alat dan Bahan 1. 2.Air memancar keatas dari ujung pipa pendek dan air akan terjatuh pada ember yang ada dibawahnya. 2 toples 2 pipet/ pipa diameter 0. Buatlah dua lubang pada tutup toples. Letakkan toples pada pegangan cincin. 10. 5. 2. Balikkan toples dan masukkan pipa yang pendek kedalam toples persedian air yang penuh air dan pipa yang panjang arahkan pembuangan air dari pipa yang panjang ke ember. Semua hubungan dengan tutup toples ditutup rapat-rapat dengan lem lilin dan bunga hiasan dilem menggunakan lem lilin 6.

Gambar Alat dan Bahan Toples Pipa Bunga Hias Pegangan cincin Praktikum Fisika 2012 lem lilin Korek Api Alat pemompa air Page .

Buat dua lubang pada tutup toples Letakkan bunga hiasan pada toples masukkan pipa pendek ke toples persedian air dan pipa panjang arahkan ke ember pembuangan air Isi toples dengan air setengah volume toples Balikkan toples ke pegangan cincin Air mancurnya keren !!! Pipa panjang mengalirkan air ke ember pembuangan Praktikum Fisika 2012 Air mancur sederhana dengan bunga hiasan membuatnya menjadi menarik layaknya aquarium mini. Page ..Gambar cara kerja 1.

maka tekanan udaranya akan mengecil dan sebaliknya jika volume udara mengecil. Air memancar ke atas seperti Air mancur Kesimpulan dan Pembahasan Air akan memancar keatas layaknya air mancur didalam akuarium. maka tekanannya akan membesar.  Bagaimana volume udara di dalam toples dan apa akibat terhadap tekanan udaranya? Volume udara dalam toples menjadi besar dan tekanannya menjadi lebih kecil. air mengalir dari toples ke ember penampung ? Sifat Air adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah Oleh karena air mengalir dari toples ke ember penampung .  Mengapa air dapat memancar ke atas? Karena ada perbedaan tekanan udara antara tekanan udara dalam toples dengan tekanan udara luar di atas permukaaan air dalam toples persedian air.  Mengapa pada saat toples dibalik.  Bagaimana besar tekakan udara dalam toples dibanding dengan tekanana udara luar? Tekanan udara dalam toples lebih kecil dibanding tekanan udara luar. Air dari toples mengalir ke ember penampungan 2. air dari toples persediaan air naik ke atas dan air dari toples air terjatuh melalui pipa pembuangan ke ember. Peristiwa air mancur dari praktek ini terjadi karena jika dalam ruang tertutup volume udara bertambah. Praktikum Fisika 2012 Page .Hasil Pengamatan Inilah hasilnya… Air mancur didalam Aquarium hehehe!!! 1. Berikut adalah Konsep-konsep penting yang berkaitan dengan prinsip kerja air mancur berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh siswa melalui diskusi dengan panduan sebagai berikut. Hal ini sesuai dengan Hukum Boyle menyatakan bahwa volume udara berbanding terbalik dengan tekanannya pada ruang tertutup pada suhu tetap.

Praktikum Fisika 2012 Page .