You are on page 1of 49

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

BAB 1
PENGENALAN

1

Teknik Komputer Jaringan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan dan
rumah-rumah terdapat perangkat komputer untuk memperlancar meningkatkan
produktivitas kerja yang lebih tinggi perusahaan dan sarana pembelajaran tentunya
untuk yang berada di rumah.
Salah-satu fungsi dari sekian banyak fungsi computer atau PC tersebut sebagai sarana
pendukung untuk mendapatkan informasi yang lebih beragam dengan adanya internet.
Dimana internet mulai populer saat ini merupakan suatu jaringan komputer raksasa
yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal
ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat,
sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna komputer dan juga jaringan
komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya
yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga
memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data,
mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software
yang terhubung dengan jaringan.
Belajar memahami tentang troubleshooting dari perangkat keras yang telah dipasang
dan dirakit menjadi sebuah komputer atau PC memang sudah seharusnya dilakukan,
sehingga jika muncul masalah tersebut tidak terlalu bingung mengatasinya.
Troubleshooting adalah proses menemukan kesalahan umum yang sering terjadi pada
masing-masing perangkat keras yang digunakan pada saat merakit komputer dan
mencari penyelesaian atas permasalahan yang terjadi.
Beberapa contoh kasus tentang troubleshooting tersebut diantaranya :
1. Troubleshooting Casing dan Power Supply
2. Troubleshooting CD ROM Drive
3. Troubleshooting Disk Drive
4. Troubleshooting Hard disk
5. Troubleshooting Keyboard
6. Troubleshooting Memori
7. Troubleshooting Monitor
2

Teknik Komputer Jaringan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

8. Troubleshooting Motherboard
9. Troubleshooting Mouse
10. Troubleshooting Printer
11. Troubleshooting Prosesor
12. Troubleshooting Sound Card
13. Troubleshooting VGA Card
14. NTLDR is Missing

3

Teknik Komputer Jaringan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

BAB 2
CASING DAN POWER SUPPLY

4

Teknik Komputer Jaringan

maka permasalahan tersebut terletak pada beberapa komponen elektronik yang ada di sekitar power supply. Tetapi apabila setelah dibersihkan masih mengalami kondisi yang sama. Solusi: Kemungkinan tegangan listrik tidak stabil dan memerlukan UPS untuk menangani masalah tersebut. maka kemungkinan besar permasalahan terletak pada UPS. Apabila baterai sudah dalam keadaan penuh. Solusi: Kemungkinan besar permasalahan tersebut terletak pada kipas prosesor. Bersihkan debu yang menempel pada power supply tersebut menggunakan peralatan yang memang disiapkan untuk membersihkan debu. Kasus: Kipas yang ada di power supply tidak bekerja atau mengeluarkan suara yang berisik. Dalam kondisi yang bersih maka power supply tidak akan mengeluarkan suara yang berisik dan akan bekerja dengan baik. Bersihkan kipas prosesor tersebut. d. c. Solusi : Lepaskan power supply. tetapi permasalahan masih terjadi. diantaranya: a. Solusi : Kemungkinan UPS yang dimiliki. Segera beli UPS untuk menangani masalah 5 Teknik Komputer Jaringan . sebelum nantinya akan dipasang kembali. Segera isi ulang baterai tersebut supaya kapasitas dan kekuatannya menjadi penuh kembali.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada Casing dan Power Supply. Kasus : UPS tidak bisa mengatasi tegangan dengan baik. b. Kasus: Lampu penerangan suram dan kompufter booting ulang. baterainya dalam kondisi yang lemah. Kasus: Power supply mengeluarkan suara yang berderit-derit.

Untuk mengaktifkannya lakukan langkah-langkah berikut : a.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN tersebut. Klik Start b. kita harus mengecek konektor dari switch power ke konektor Power Switch yang ada di motherboard. Sangat sering terjadi. diantaranya adalah sebagai berikut:  Pastikan fasilitas Power Management sedang aktif. Kasus: Mode Power Saving atau Standby yang ada di Windows98 tidak bekerja dengan baik. Jika konektornya sudah terpasang dengan benar. f. Solusi: Ada beberapa komponen yang menyebabkan permasalahan diatas. Kasus: Ketika menghidupkan komputer. Solusi: Pastikan semua komponen terpasang dan terhubung pada power dan mendapatkan daya dari power supply tersebut. Segera ganti power supply tersebut dengan yang baru. tetapi power supply tidak mau hidup. 6 Teknik Komputer Jaringan . Jika kita menggunakna casing komputer dengan power supply yang bertipe ATX. konektor yang dipasang keliru dan terbalik sehingga menyebabkan PC tidak bisa menyala. maka permasalahannya terletak pada power supply yang jelek. Klik 2x icon Power Management untuk memastikan Power schemes dalam kondisi Always on dan aturlah waktu yang diinginkan untuk menampilkan aktivitas power Management pada monitor dan harddisk. e. Pilih Setting c. Pilih Control Panel d. karena apabila dibiarkan maka PC lama kelamaan akan rusak karena tegangan yang tidak stabil. tidak terjadi apa-apa. khususnya ketika memasang case komputer sengan sistem ATX.

Kalau ternyata ada masalah. misalnya USB dapat menyebabkan mode Power Saving/Stanby tidak bisa bekerja dengan baik. Screen saver tersebut misalnya 3D Flower Box. 7 Teknik Komputer Jaringan . 3D Fyling Objects.begitu software tersebut tertutup. Apabila screen saver ini sudah hilang maka fitur Power Saving/Stanby akan muncul. maka kemungkinan driver dari APM ada yang rusak atau corrupt. otomatis fasilitas Power Saving/Stanby akan muncul.  komponen Hardware dapat menyebabkan mode Power Saving/Stanby tidak bekerja dengan beberapa perangkat keras.  Screen Savers. Non-aktifkan screen saver.  Power Management Aktif/Tidak Aktif pada CMOS. Secara umum. 3D Maze and 3D Text. Ikuti instruksi yang ada pada Clean Boot untuk menutup semua software atau program yang sedang terbuka dan aktif.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Tutup semua aplikasi yang sedang terbuka dan aktif. komputer mempunyai kontrol Power Manangement dalam BIOS. Cek CMOS komputer untuk memastikan bahwa Power Management aktif pada CMOS.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 3 CD ROM DRIVE 8 Teknik Komputer Jaringan .

b. Supaya CD ROM berjalan dengan sempurna.  Setelah di restart. tetepi pada waktu digunakan CD ROM tidak bisa membaca inputan atau kasus lain Windows tidak mengenali CD ROM yang di pasang. diantaranya adalah sebagai berikut:  Buka kembali casing komputer. Pastikan kabel power dan kabel data sudah masuk ke slot yang ada di motherboard dan CD ROM. mencoba meng-Uninstall driver tetapi tidak bisa berjalan dengan baik. windows akan meng-install kembali dan mengenali CD/DVD ROM. Biasanya begitu CD ROM terpasang. Solusi: Ada beberapa komponen yang menyebabkan permasalahan diatas. Kasus: Memasang CD ROM pada komputer.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada CD ROM DRIVE.  Apabila CD ROM masih belum bisa membaca. Segera install driver yang menyertai CD ROM tersebut. Kasus: Kegagalan meng-Uninstall. maka Windows akan memberikan pesan menemukan perangkat keras baru yang terpasang. 9 Teknik Komputer Jaringan . Solusi: Ada beberapa komponen yang menyebabkan permasalahan diatas. jangan sampai terbalik. Jika ada yang belum dimasukan. Untuk membersihkannya bisa membeli CD Cleaner di toko-toko yang menjual VCD. diantaranya adalah sebagai berikut:  klik menu start» Klik kanan My komputer» Properties» pilih bagian Hardware» Device Manager» DVD/CD-ROM Driver tersebut dan pilih Uninstall dari manu yang ada. CD ROM tidak akan terbaca.  Cek pemasangan kabel. segera dimasukan. diantaranya: a. Restart Komputer.  Cek Driver dari CD ROM yang dipasang pada komputer. Karena kalau sampai terbalik. kemungkinan head atau optic yang ada di CD ROM tersebut kotor.

 Klik kanan dua kali CD ROM. Kasus: CD ROM tidak otomatis aktif ketika kita memasukan sebuah CD kedalamCD ROM tersebut.  Pilih OK sampai semua dialog Propeties ditutup. Solusi: Untuk mengaktifkan fitur “Audio insert notification”.  e. CD Room tidwak dapat membaca keeping cd  Bersihkan optic cd room dengan menggunakan disk cleaner  Anda juga dapat pelakukan pembersihan pada laser yang terganggu pada saat melakukan pembacaan.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN c. Kotak dialog System Propeties akan muncul. kemudian restart Windows untuk melihat perubahan yang terjadi.  Pilih tombol Properties.  Klik pada bagian Device Manager. Kotak dialog properties dari CD OM akan muncul. 10 Teknik Komputer Jaringan . kemudian pilih Properties. Sebuah daftar dari perangkat keras akan muncul. kemudian pilih CD ROM drive.  Pilih pada bagian Settings  Klik pilihan “Auto insert notification” untuk diaktifkan. d. yaitu dengan menggunakan semprotan udara bertekanan tinggi pada bagian dalam drive. langkahnya adalah sebagai berikut:  Klik kanan icon My Komputer pada dekstop.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 4 DISK DRIVE 11 Teknik Komputer Jaringan .

kemudian buka casing komputer.  Konflik dengan perangkat keras yang lain Pada waktu memasang perangkat keras baru dalam komputer seperti harddisk atau perangkat lain. pastikan floppy drive telah diatur atau disetup dengan baik dalam CMOS. Setup dari floppy drive adalah 3. sehingga disket bisa dibaca atau ditulis.  Tidak disetup dalam CMOS Tidak di setup dalam CMOS. Kalau disket lain bisa terbaca. Kasus: Permasalahan umum yang sering terjadi pada floppy disk drive yaitu Sebuah floppy drive mungkin tidak bisa bekerja dengan baik karena ada beberapa kondisi berikut ini:  Disket rusak Permasalahan ini sering terjadi pada para pengguna komputer.  Tidak terhubung dengan baik o Matikan Komputer. maka disket pertama yang rusak dan sudah tidak bisa digunakan lagi. Untuk membuka penutup disket. Selain itu. lepaskan dulu koneksi kabel data yang masuk ke floppy disk drive supaya dalam pemasangannya tidak terjadi konflik. Untuk mengatasi masalah tertebut. karena drive tidak akan mengenali. Setelah harddisk terpasang. baru sambungkan kembali floppy drive.5 inch atau 144MB.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada DISK DRIVE. Jika floppy drive yang dimiliki belum disetup dengan baik. kadang disket yang tidak bisa dikenali oleh drive karena disket tersebut di tutup atau proteksi. diantaranya: a. 12 Teknik Komputer Jaringan . coba ambil disket baru atau disket lain dan masukkan ke dalam FDD. geser penutup disket yang bentuknya menyerupai kotak kecil ke arah bawah. lepaskan seluruh kabel yang melekat pada casing komputer. maka waktu membaca atau menyimpan data dalam disket akan menemui kegagalan. Kadang floppy disk drive tidak bisa mengenali disket yang masuk. dikarenakan disket tersebut rusak atau kotor.

Do you want to format it now? atau A:\ is not accessible. lepas terlebih dahulu kemudian di hubungkan kembali kabel konektor tersebut. Kasus: Ada pesan kesalahan : The disk in drive A is not formatted. atau floppy drive rusak. Kalau belum. o Pastikan kabel power juga dihubungkan ke bagian belakang dari floppy drive. The device is not ready. 13 Teknik Komputer Jaringan . segera masukkan disket ke drive tersebut. Solusi: Pesan tersebut akan muncul ketika sistem tidak mampu untuk membaca floppy diskette. untuk mengatasi masalah tersebut: Cek FDD untuk memastikan apakah disket sudah dimasukan. tidka ada disket di drive. b. yang mungkin disebabkan karena disket rusak.  Perangkat yang rusak Lepaskan kabel data floppy data yang menghubungkan floppy drive ke motherboard atau port IO. o Pastikan kabel floppy berasal dari motherboard yang dihubungkan kebagian belakang dari floppy drive. Jika sudah terhubung.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN o Pastikan koneksi floppy sudah terhubung dengan baik ke konektor FDD pada motherboard.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 5 HARD DISK 14 Teknik Komputer Jaringan .

buka casing komputer dan lepaskan hard disk dari casing.  Cek semua kabel yang terpasang pada motherboard. Kasus : Komputer tidak mau booting. dengan terlebih dahulu melepaskan skrup yang terpasang pada hard disk.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada HARD DISK. Kasus : Pada DOS muncul pesan kesalahan “Disk Boot Failure”.Wizard ke drive A dan ketik A:XDM. “Non-System Disk” atau “No ROM Basic .  Pasang kembali hard disk dan Remount your drive in the computer dan tutup/pasang kembali tutup pada casing komputer.  Setelah program Disk Manager selesai dijalankan.  Masukkan disket bootable pada drive A dan hidupkan komputer. Solusi :  Matikan komputer. Kemudian tekan tombol ENTER.  Cek apakah hard disk terkena virus atau tidak. Jalankan program Disk Manager dengan cara masukkan disket Disc. booting kembali komputer. diantaranya: a. Setelah memasang hard disk yang baru. b. Solusi :  Install kembali file sistem DOS menggunakan utility DOS SYS.SYSTEM HALTED”. komputer tidak mau booting dan tidak ada pesan kesalahan yang muncul pada layar monitor.  Gunakan FDISK untuk melihat apakah partisi primer (biasanya diatur untuk hard disk dan digunakan untuk booting pertama kali) sudah aktif atau belum.  Ikuti instruksi yang ada di Disk Manager untuk meng-install dan memformat harddisk.  Pastikan jumper yang terpasang pada hard disk. posisinya sudah benar. 15 Teknik Komputer Jaringan . dengan menggunakan anti virus.

Solusi :  Cek koneksi semua kabel. d. Kasus : Pada FDISK muncul pesan kesalahan. Kasus : Ketika menghidupkan komputer. Solusi:  Pastikan daya power supply cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Solusi :  Amati dan perhatikan jumper pada harddisk sudah benar atau belum. Pastikan pin 1 pada drive dihubungkan ke pin 1 pada harddisk controller  Pastikan daya power suppy cukup dengan kebutuhan. 16 Teknik Komputer Jaringan . “No Fixed Disk Present’. di layar monitor muncul pesan kesalahan: “Drive not Ready”.  Cek isi dari drive pada waktu melakukan setup pertama kali. Kalau belum segera masukan sesuai dengan urutannya. Solusi :  Pastikan kabel monitor sudah terpasang di casing komputer dan power monitor sudah dihidupkan  Pastikan kabel dari VGA Card sudah terpasang di slot pada casing computer dengan benar dan masuk ke slot pada monitor dengan baik. f. Pada waktu menghidupkan komputer.  Restart kembali komputer. layer monitor tetap hitam dan tidak berubah.  Booting kembali computer.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN c. Kasus: Ketika menghidupkan komputer.  Cek apakah terjadi konflik pada alamat atau port I/O. e. Kasus : Pada sistem muncul pesan kesalahan: “HDD Controller failure”.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 17 Teknik Komputer Jaringan .

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 6 KEYBOARD 18 Teknik Komputer Jaringan .

Solusi :  Cabut keyboard dari port yang terpasang pada casing komputer. hilangkan tanda centang pada checkbox StickyKeys. kemudian pasang kembali dan hidupkan komputer. gunakan pinset untuk meluruskannya. 19 Teknik Komputer Jaringan . Kasus : Bagaimana untuk dapat membuang fitur tombol yang melekat (Sticky Keys).  Pengaturan pada tombol multimedia menghasilkan pesan kesalahan "operation illegal". Solusi :  Dengan menekan tombol Shift sebanyak 5 kali. Cabut keyboard dan lihat pin atau kaki.  Tombol keyboard untuk internet tidak berfungsi dengan baik.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada KEYBOARD.  Pesan di layar monitor tidak muncul ketika menekan tombol keyboard. hilangkan tanda centang pada checkbox Use Shortcut. apakah keyboard susah bisa dipergunakan kembali atau belum. Untuk menghapus driver yang lama masuk ke Add/Remove Programs (Start» Control Panel» Add/Remove Programs).  Klik tombol Setting. Kemudian pada pilihan yang tersedia pada menu Keyboard. klik tombol Settings. apabila kaki tersebut bengkok.  Tombol keyboard untuk multimedia tidak berfungsi dengan baik. Kunjungi situs yang menyediakan driver untuk penggunaan keyboard tersebut. diantaranya: a.  Matikan komputer. sebuah jendela pilihan akan muncul. Download software driver dan install pada windows. Kasus : Beberapa permasalahan umum:  Huruf yang muncul berbeda atau salah ketika mengetik. b. maka harus beli yang baru tentunya.  Jika menggunakan sebuah keyboard untuk multimedia.  Untuk membuang fitur Sticky Keys. Jika kaki keyboard patah. pastikan untuk menghapus software driver yang lama sebelum menginstall driver yang baru.  Coba update driver.

20 Teknik Komputer Jaringan . kemudian klik OK sebanyak 2 kali untuk keluar dari semua jendela yang terbuka.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Klik Apply. Kasus : Shortcut Keyboard untuk klik kanan. apakah tombol keyboard bias difungdikan sebagia klik kanan pada mouse! Solusi :  Tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian tekan tombol F10. c. dan untuk keyboard jenis baru mempunyai tombol khusus untuk fungsi ini. Posisinya terletak diantara tombol Windows disebelah kanan dan tombol CTRL.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 7 MEMORY 21 Teknik Komputer Jaringan .

Kasus : Laporan RAM. diantaranya: a. Memori tetap bisa terpasang tetapi efeknya bisa memperlambat kinerja komputer. semua RAM yang terpasang akan terdeteksi dengan baik. lebih dari 64 MB tidak akan terdeteksi. maka percuma saja menambah memori baru. karena DOS pada waktu dirancang hanya bisa mengenali RAM yang terpasang dengan kapasitas 64 MB. Apabila motherboard tidak mendukung penambahan memori dan hanya menerima kapasitas paling besar adalah 64 MB. b.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada MEMORY. Ada kapasitas dari RAM sebesar 128KB atau 384KB yang tidak pernah dilaporkan ketika melakukan proses booting. Solusi:  Langkah pertama adalah. Solusi :  Kondisi semacam itu wajar dan normal. Beberapa versi dari BIOS tidak akan menampilkan area dari memori yaitu memori konvensional dan memori ekstended. tetapi bisa terdeteksi oleh Windows. Menambah memori sebesar 256MB dan 128 ke komputer. Kasus : Sistem komputer menjadi lambat ketika ditambahkan beberapa memori. pastikan semua memori baru yang dipasang dikenali dengan baik oleh BIOS atau Windows. d. BIOS bisa mendeteksi RAM yang sudah ditambahkam tersebut tetapi Windows tidak berhasil mendeteksi bahkan tampilan di layar monitor menjadi biru. selama RAM yang dipasang dalam kondisi bagus dan tidak rusak. Berbeda dengan Windows. RAM tidak bisa terdeteksi oleh DOS. Solusi: 22 Teknik Komputer Jaringan . Kasus : Menambah memori tetapi Win XP Prof tidak bisa berjalan dengan lancar. Kasus : Memasang RAM pada komputer dengan kapasitas melebihi 64MB. Solusi :  Kondisi ini normal. c.

e. Ketika menghidupkan komputer. Yang paling umum adalah kerusakan terjadi pada memori. Kasus : Identifikasi memori yang rusak. Setelah dibersihkan pasang kembali pada slot nya. Apabila setelah dipasang. Segera ambil memori tersebut dari motherboard kemudian coba bersihkan memori dengan tisu atau atau kain yang bersih. Kalau RAM tersebut tidak cocok. hal yang sangat penting adalah memperhatikan tipe dan PC dari RAM tersebut. Sebelum memasang RAM. 23 Teknik Komputer Jaringan . terdengar bunyi beep dan komputer tidak mau booting.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Hal yang harus diperhatikan adalah RAM yang baru apakah cocok dan sesuai dengan motherboard dan jenis RAM yang lain yang sudah terpasang sebelumnya di motherboard. memorinya harus diganti dengan yang baru. Solusi :  Beep tersebut menandakan adanya perangkat keras yang melekat pada motherboard mengalami kerusakan. masih keluar bunyi beep. maka akan mempengaruhi kinerja sistem bahkan mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan baik.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 8 MONITOR 24 Teknik Komputer Jaringan .

pasang kembali monitor dan lakukan instalasi ulang.  Cabut kabel power monitor dan tunggu 20-30 detik. layar monitor berwarna hitam setelah komputer dihidupkan.  Coba hubungkan dengan kabel power monitor yang berbeda. pengaturan tampilan monitor tidak tepat. Kasus : Tampilan monitor. Hal ini bisa terjadi jika sistem mendeteksi secara otomatis driver yang dimasukkan untuk menginstall monitor tidak benar/salah.  Pilih driver untuk menginstall monitor dengan tepat. Solusi :  Pastikan kabel power monitor sudah dimasukkan ke power suppy pada casing komputer dan indikator lampu dari monitor sudah menyala. c. baru pasang kembali kabel power monitor tersebut.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada MONITOR. keyboard dan monitor. Kasus : Tampilan monitor berputar. diantaranya: a. Booting kembali komputer untuk melihat apa permasalahannya sudah terpecahkan. maka kabel power monitor yang semula perlu diganti dengan yang baru. dan jika dengan menggunakan kabel power monitor yang berbeda tersebut bisa menyala. Solusi : 25 Teknik Komputer Jaringan . Solusi :  Masalah ini biasanya muncul pada waktu monitor baru selesai dipasang. b. Kasus : Warna.  Cabut semua perangkat keras yang terpasang pada casing komputer kecuali mouse.  Setelah mendapat driver tersebut. Cara untuk mendapatkan driver adalah dengan mengunjungi situs dari manufaktur pembuat monitor tersebut atau bisa menanyakan ke toko Kasus: komputer terdekat.

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :  Pilih menu Start» Control Panel» Intel Extreme Graphics Applet» pilih pada bagian Rotation.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Hal ini bisa disebabkan oleh game yang menggunakan pengaturan Rotation pada monitor dan ditambah dengan fasilitas Graphics Controller. Kasus : Membersihkan layar monitor.  Hilangkan tanda centang pada kotak cek Enable Rotation. 26 Teknik Komputer Jaringan . Catatan : Langkah-langkah diatas tergantung dari VGA card yang dipasang. d. Gunakan kain yang lembut dengan dibasahi sedikit air hangat. kemudian klik OK.  Keluar dari Control Panel.  Klik pada bagian Rotation.  Pilih Apply dan keluar dari semua jendela. Untuk mengatur properti Rotation. Pilih Properties.  Klik pada bagian Settings.  Klik pada bagian Graphics card. Hilangkan tanda centang pada kolak cek Enable Rotation. Pilih tombol Graphics Properties. Untuk mengembalikan tampilan monitor ke kondisi awal.  Klik Apply. Pilih tombol Advanced. dapat melihat pada jendela Graphics Controller. Solusi :  Matikan terlebih dahulu komputer. Dan cara lain untuk menemukan pangaturan Rotation. adalah sebagai berikut :  Klik kanan ditempat yang kosong pada desktop. kemudian usap layar monitor dari atas ke bawah dan dari sisi kiri ke sisi kanan.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 9 MOTHERBOARD 27 Teknik Komputer Jaringan .

yaitu sebagai berikut:  Apakah semua peralatan yang terpasang pada motherboard sudah bekerja dengan masksimal atau belum. Solusi :  Kadang-kadang baterai bekerja dengan bagus. Solusi :  Ketika keluar dari pengaturan CMOS. Solusi : Ada beberapa hal yang harus dicek dan diperhatikan. Hal ini disebabkan karena baterai kehilangan tegangan dan koneksi yang buruk antara baterai dengan motherboard. Solusi :  Baterai mati atau habis. d. dan drive. Memilih Exit Without Saving akan menyebabkan segala pengaturan dan perubahan yang sudah dilakukan terhadap CMOS tidak akan disimpan. processor. maka sistem tidak akan bekerja dengan baik. Untuk mengati hal tersebut. diantaranya: a. Pengaturan. Kasus : Sistem kehilangan Waktu. kadang-kadang kita mendapatkan kesalahan pada baterai tersebut yaitu sistem tidak bisa mengenali waktu dengan baik. Kemudian. Jika ada salah satu yang tidak terpasang dengan benar. atau kesalahan pada bateraí. 28 Teknik Komputer Jaringan . b. c. Kasus : Mengganti pengaturan CMOS tetapi tidak muncul perubahannya. memory. maka langkah yang bisa diambil adalah mengganti baterai mati. Segera ganti yang baru. Kasus : Baterai hanya bekerja sementara waktu. pastikan memilih “Save and Exit” untuk menyimpan segala perubahan yang sudah dilakukan dan keluar dari setup tersebut. Kasus : Permasalahan umum yang sering terjadi pada motherboard.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada MOTHERBOARD. Komponen tersebut meliputi:motherboard. VGA Card.

Kasus : Motherboard pecah atau rusak.  Jika merasa tidak yakin dalam mengatur sebuah BIOS. apakah daya power supply yang ada sanggup memenuhi kebutuhan tersebut atau tidak? Daya power supply yang standar adalah berkisar 230 atau 250 watt. maka mau tidak mau harus membeli motherbaord yang baru. Jumper tersebut akan terkait dengan tipe. Solusi :  Kalau menghadapi kondisi tersebut. Tidak dapat memperbaiki motherboard yang rusak tersebut dan setelah membeli motherboard yang baru. berhati-hatilah dalam memasang suatu card ke motherboard. kecepatan bus. e. f.  Apakah pengaturan jumper sudah benar atau belum? Anda harus mengatur jumper untuk berbagai tipe perangkat keras yang terpasang. kecepatan. Jika pin tersebut sampai 29 Teknik Komputer Jaringan .  Apakah bentuk motherboard masih bagus ataukah ada yang cacat? Apakah ada kaki atau pin yang ada di motherbaord dalam keadaan patah atau tidak?  Apakah power supply yang dipasang mempunyai daya yang cukup atau tidak? Jika menambah beberapa komponen perangkat keras yang baru ke komputer. voltage.  Coba lepaskan segala komponen satu demi satu untuk mengetahui kesalahan yang terjadi. dan lain-lain. Solusi :  Kalau menjumpai pin yang bengkok pada motherboard.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Apakah semua kabel konektor sudah dihubungkan ke masing-masing komponen. berhati-hatilah untuk meluruskan kembali pin tersebut dan pastikan kabel power yang terpasang ke listrik sudah dimatikan dan dicopot. misalnya jumper untuk processor. aturlah dalam kondisi normal atau default. Kasus : Terdapat pin yang bengkok pada motherboard.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN patah. maka tidak bisa berbuat apa-apa dan harus membeli motherbaord yang baru. Kasus : Bagaimana bisa mendapatkan driver chipset untuk motherboard yang dimiliki. Update driver ini mempunyai fungsi yang sangat vital bagi kinerja suatu perangkat keras. 30 Teknik Komputer Jaringan . g. Biasanya pembuat atau manufaktur dari perangkat keras menyediakan situs yang berisi driver update yang bisa didownload kapan saja. Solusi :  Download driver tersebut pada situs yang tersedia.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 10 MOUSE 31 Teknik Komputer Jaringan .

Biasanya untuk membuka mouse sesuai dengan arah jarum jam.  Bersihkan mouse pad dan gantilah dengan yang baru jika dirasa mouse pad yang digunakan sudah kotor atau rusak.  Bersihkan bola dengan alkohol dengan kain yang bersih dan biarkan sampai kering. pastikan tidak ada pin yang patah atau putus. sebelum dipasang kembali. mouse tidak bisa berjalan dengan lancar dan jalannya tersendat-sendat dan sering macet.  Selain membersihkan bola. Sementara untuk tempat mouse/mouse pad harus diperhatikan yaitu:  Jagalah kebersihan dari tempat mouse tentunya.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada MOUSE. konektornya putus. keypad kotor dan yang sering terjadi adalah bagian dari mouse mengalami kerusakan atau kotor. Solusi : Ada beberapa kemungkinan permasalahan yang muncul dari mouse yang tidak lancar. Dan untuk menutupnya berlawanan dengan arah jarum jam.  Buka mouse sesuai petunjuk yang ada. bisa saja kabel yang menghubungkan mouse tersebut mengalami gangguan. Untuk membersihkan bola yang ada di Mouse:  Matikan komputer dan lepaskan mouse dari port yang menancap pada casing komputer.  Ketika melepaskan mouse dari port tersebut. 32 Teknik Komputer Jaringan . Setelah tutup mouse dibuka. Kasus : Pada waktu digunakan. diantaranya: a. bersihkan juga kotak penggulung dan daerah di dalam mouse dengan cotton buds. Bagian dari mouse yang kotor bias dibersihkan dengan cairan pembersih atau alkohol. ambil dan keluarkan bola yang ada di mouse.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 11 PRINTER 33 Teknik Komputer Jaringan .

Solusi :  Langkah pertama adalah cek kabel printer. Apakah waktunya diganti atau belum. Kasus : Printer tidak bisa hidup dan tidak bisa mencetak. apakah sudah dimasukkan ke port printer yang ada di casing komputer atau belum. toner atau tinta yang ada dalam printer.  Cek kertas.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada PRINTER. Perhatikan pengaturan pada printer. 34 Teknik Komputer Jaringan . Apakah sudah dihidupkan atau belum.  Cek dan pastikan printer dalam keadaan hidup atau online.  Cek kabel printer. diantaranya: a.  Cek power printer. Apakah instalasi printer sudah benar dan berhasil.  Cobalah untuk melakukan print test page.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 12 PROCESSOR 35 Teknik Komputer Jaringan .

tidak ada suara. Solusi :  Cek semua komponen perangkat keras yang terpasang. khususnya pada memori dan VGA Card. cek terlebih dahulu dengan peralatan elektronik dan kalau motherboard tersebut sudah tidak berfungsi. Kasus : Sistem mati. atau terkunci sebelum mulai proses booting. ganti dengan yang baru. kesalahan pada motherboard dan kesalahan pada memori. ganti dengan yang baru. cek arus yang ada di power supply dengan peralatan elektronik.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada PROCESSOR. b. Kondisi ini disebabkan oleh pemasangan VGA Card yang tidak benar atau slot untuk meletakkan VGA Card ada kerusakan. kipas berbunyi dan kursor tidak muncul pada layer monitor. Atur kembali dudukan komponen perangkat keras dan socket yang terpasang pada motherboard. apabila tidak ada arus yang mengalir pada power supply. tidak ada suara dan kipas tidak hidup. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh kabel pada power supply rusak atau putus. 36 Teknik Komputer Jaringan . Kondisi Ini kemungkinan disebakan oleh pemasangan komponen perangkat keras yang tidak benar. Cek slot VGA Card yang ada di motherboard dengan peralatan elektronik. Kasus : Sistem mengeluarkan bunyi beep pada waktu startup. Lepaskan power supply.  Lepaskan motherboard. Solusi :  Lepaskan kabel power dari casing komputer dan ganti dengan yang baru. Kasus : Sistem mati. tidak ada kursor. Solusi :  Lepaskan terlebih dahulu VGA card dari slotnya kemudian bersihkan slot VGA Card terlebih dahulu. diantaranya: a. c.

Segera lepaskan prosesor dan heatsink. kipas berbunyi dan tidak ada suara beep atau kursor tidak muncul pada layar monitor. Solusi :  Kemungkinan pemasangan prosesor tidak tepat pada dudukan atau slotnya. kemudian pasang kembali pada slot yang ada pada motherboard. Cek jumper tegangan pada motherboard. 37 Teknik Komputer Jaringan . e. Pengaturan kecepatan bus pada motherboard harus diganti. Kasus : Sistem lambat.  BIOS tidak mendukung prosesor yang baru. Kasus : Sistem Operasi tidak mau booting.  Motherboard tidak mendukung prosesor baru yang dipasang.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN d. Solusi :  Cek kipas pada prosesor. ganti dengan yang baru jika diperlukan. Update BIOS dari system atau motherboard yang disediakan oleh manufaktur BIOS tersebut. f. Kasus : Sistem tidak mau startup setelah prosesor baru dipasang pada motherboard. Segera lepaskan prosesor tersebut kemudian pasang kembali. Solusi :  Kondisi ini bisa disebabkan oleh pemasangan prosesor yang tidak tepat pada slot yang ada pada motherboard.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 13 SOUND CARD 38 Teknik Komputer Jaringan .

Untuk menangani masalah tersebut. Solusi :  Kemungkinan menggunakan fasilitas mono untuk speaker yang stereo. tetapi CD Audio tidak bisa terdengar. Untuk menangani masalah tersebut. Solusi :  Beberapa sound card tidak mendukung Windows 2000 atau tidak tersedianya driver sound card tersebut pada Windows 2000. b. diantaranya: a. Kasus : Mempunyai 4 speaker pada sound card tetapi yang bekerja hanya 2 speaker. jika driver dari sound card tidak tersedia pada file 39 Teknik Komputer Jaringan . Solusi :  Kemungkinan tidak ada kabel penghubung antara sound card dengan CDROM. Kasus : Meng-upgrade Windows 98 ke Windows 2000 tetapi sound card tidak bekerja dengan baik. Atau bisa juga terjadi driver yang di-install tidak berjalan dengan baik. masuk ke pengaturaan sound card dan aktifkan pengaturan dari 4 speaker tersebut. c.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada SOUND CARD. Serta pastikan volume dari CD AUDIO tidak diam. Kasus : Suara hanya keluar dari satu speaker. d. Solusi :  Pertama. pastikan kesalahan atau masalah tIdak terjadi pada speaker. Kasus : Bisa mendengar file WAV dan games dengan sangat baik. Buka casing komputer dan pastikan ada kabel yang menghubungkan ke AUDIO OUT yang ada di CDROM dan kabel yang menghubungkan ke CD in pada sound card. Pada beberapa sistem. hubungi pembuat sound card untuk meminta driver sound card yang sesuai dengan Windows 2000.

e. g.SYS. Solusi :  Port audio yang ada pada joystick mengalami konflik dengan port joystick yang lain pada sistem. cek koneksi kabel audio CD dari CD-ROM drive ke audio card.  Cek dan hubungkan headphones ke stereo phone jack pada CD-ROM yang terletak di bagian depan. Kasus : Tidak ada suara yang keluar dari audio/musik pada CD. Kasus : Port Joystick tidak bekerja dengan baik.DRV dan VJOYD. hanya memiliki satu sound yaitu sebelah kiri. Solusi : Beberapa kondisi bisa menyebabkan permasalahan ini. mungkin belum di-install. Solusi :  Ada perangkat keras yang konflik dengan perangkat lain yang ada di sistem. perhatikan hal-hal berikut:  Pilihan pada Microsoft Volume Control atau volume slider tidak berjalan dengan baik.VXD. Kasus : Komputer menjadi hang dan restart selama proses instalasi. Non-aktifkan port audio yang ada pada joystick dan gunakan port audio joystick yang ada di sistem. sesuaikan pengaturan volume pada drive tersebut Jika suara tetap tidak keluar ke headphones. f. 40 Teknik Komputer Jaringan . Jadi yang akan keluar suara mono.  Pastikan speaker sudah terhubung dengan baik pada konektor audio atau sound card.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN CONFIG.  Audio card tidak berada pada slot yang benar.  Driver joystick yaitu MSJSTICK.

kemudian pilih Settings dari menu Start.  Klik tombol Change Settings. Perangkat keras yang mengalami konflik akan ditandai dengan simbol lingkaran tanda seru.  Klik pada bagian Device Manager. i. Solusi : Untuk melakukan konfigurasi audio sound card secara manual pada Windows 95/98. sebuah tanda plus (+) akan menampilkan semua item yang tersedia. game controllers.  Pilih item yang konflik pada daftar “Resource Settings”.  Pilih tombol Properties. langkahnya adalah sebagai berikut :  Klik “Start” pada taskbar.  Klik bagian Resources. Kasus : Audio card tidak terdeteksi secara otomatis.  Pilih audio card.  Tentukan dan lihat konflik yang terjadi dengan melihat pada “Conflicting device list”.  Gunakan mouse untuk memilih pengaturan yang baru.  Klik dua kali Sound.  Pilih OK untuk menutup masing-masing jendela properti kemudian restart kembali komputernya.  Hilangkan tanda centang pada pilihan Use automatic settings. Daftar dari perangkat multimedia akan muncul.  Pilih Control Panel. Grup dari Control Panel akan muncul. Kasus : Memecahkan masalah konflik pada hardware. Solusi :  Klik kanan icon My Computer pada desktop. Kotak dialog System Properties akan muncul. Pada Device Manager.  Ubahlah “Settings based on:” jika pengaturan alterbnatif ini tersedia.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Perangkat yang menggunakan bus PCI bertentangan dengan aktivitas dari audio card. video. 41 Teknik Komputer Jaringan . kemudian pilih Properties. h.

42 Teknik Komputer Jaringan . Kotak dialog wizard Add New Hardware akan muncul.  Pilih Yes jika ingin Windows mencari perangkat keras yang baru dipasang.  Pilih Next untuk melanjutkan.  Pilih Next untuk melanjutkan. kemudian pilih Next. Kasus : Sound card tidak mengeluarkan suara dan tidak menemukan konflik yang terjadi. Cek volume speaker yang ada atau coba ganti dengan speaker yang lain.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Klik dua kali icon Add New Hardware. j.  Pilih Finish. dan biarkan sistem akan menyelesaikan instalasi perangkat keras yang baru tersebut. tanda P pada kotak un-muted tersebut dihilangkan dan volume suara jangan dibuat minimal. Solusi :  Cek pengaturan volume pada indikator sound card yang ada di taskbar. atau juga bisa dengan cara masuk ke Volume Setting dan pastikan semua pilihan yang ada tandanya diam (un-muted).

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BAB 14 VGA Card 43 Teknik Komputer Jaringan .

44 Teknik Komputer Jaringan . layar monitor gelap dan hitam.  Windows tidak bisa digunakan dalam mode normal. apakah powernya berjalan dengan normal atau tidak. bisa dengan men-download dari situs yang menyediakan driver dari VGA itu. segera ganti yang baru. Kasus : Gangguan pada VGA Card/Layar Monitor. Kasus : Pada waktu menghidupkan komputer.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Ada beberapa troubleshooting pada VGA CARD. kalau belum masukkan kabel tersebut sesuai dengan kaki-kaki yang tersedia.  Cobalah untuk mendownload versi terbaru versi terakhir software Direct-X dari situs Microsoft. Solusi :  Langkah pertama. Solusi :  Cek kabel VGA yang terhubung ke monitor dan ke casing komputer.  Cek konektor atau pin yang terdapat pada kabel VGA. Kalau ada yang patah atau putus. diantaranya: a.  Tidak dapat digunakan untuk menjalankan permainan tertentu. cek kabel VGA dan pastikan kabel VGA tersebut sudah masuk ke port VGA yang ada di casing komputer.  Coba booting ulang.  Ada titik-titik kecil di layar monitor. Masalah seperti tanda-tanda gangguan yang terjadi pada VGA Card di antaranya adalah :  Komputer menjadi macet atau hang ketika digunakan untuk bermain game 3D. b. Untuk mendapatkan driver VGA tersebut.  Cek indikator pada monitor.  Install kembali atau perbaharui driver dari VGA Card yang dipasang. apakah sudah menancap dengan benar atau belum.

pilih “Games. karena dapat dipastikan VGA card ada mengalami kerusakan.  Klik pilihan yang menggambarkan permasalahan yang dihadapi kemudian klik Next.  Pada kotak sebelah kiri. Kasus : Bagaimana mengetahui tipe dari VGA Card yang dimiliki. Di bawah perintah Pick a Help Topic. Pada Windows 95/98 dan Windows XP/NT 4.0.  Pada kotaksebelah kanan. Klik menu Start.  Buka casing komputer. Apabila pada waktu komputer dihidupkan. sound. Gunakan tombol Back untuk mengulangi langkah terakhir.0. Solusi :  Buka MS-DOS prompt. ganti VGA card dengan yang baru. kemudian pilih Programs. select “Games and Multimedia Troubleshooter”. Kasus : Pesan kesalahan pada layar monitor. dan klik menu MS-DOS Prompt atau Command Prompt yang tersedia.  Setelah jendela MS-DOS sudah terbuka. c. klik dua kali Main kemudian klik dua kali icon MS-DOS. ketik: Debug kemudian tekan tombol [Enter]. layar masih hitam dan belum muncul gambarnya. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai permasalahan bisa terpecahkan. d. cabut VGA card dari slotnya (PC/AGP) dari motherboard.x atau Windows NT versi sebelum 4. 45 Teknik Komputer Jaringan . and video problems”. pilih “Fixing a problem”. Apakah selalu menemui pesan kesalahan ketika memainkan suatu permainan atau games? Apakah VGA atau animasi tidak berjalan dengan normal? Atau layar berkedip secara terus menerus? Solusi :  Klik menu Start >> pilih Help and Support. Pada Windows 3. dan pasang kembali.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Kunjungi situs-situs yang menangani berbagai permasalahan tentang permainan atau games.

e. bisa melakukan cara-vara berikut ini:  Klik Menu Start  Klik Administrative Tools  Kemudian pilih Computer Management.  Ketik Exit kemudian tekan tombol [Enter] untuk kembali ke sistem. (Hal lain yang dapat dilakukan membuka casing komputer dan baca nama manufaktur yang tertera pada chipset atau IC yang ada pada VGA Card di motherboard). Solusi :  Harus melakukan update terhadap VGA Card yang dimiliki karena kemungkinan besar driver VGA card yang dimiliki banyak file yang hilang atau corrupt.  Ketik: Q kemudian tekan tombol [Enter] untuk keluar dari program Debug. Windows akan mencari 46 Teknik Komputer Jaringan . Untuk melakukan update bisa mengunjungi situs dari penyedia driver tersebut dan download versi terbaru. Di bawah kategori System Tools. Untuk mengetahui nama manufaktur pembuat VGA card. maka ketikkan: D C000: 0010 dan kemudian tekan tombol [Enter]. operasi/Windows. Klik tanda Plus (+) untuk menampilkan pilihan Display Adapter. klik Device Manager. bagaimana caranya supaya pengaturan terhadap resolusi layar monitor tidak berubah-ubah. Dari tampilan ini. Setiap saat login ke Windows XP. Kasus : Resolusi Layar monitor tidak stabil atau berubah-ubah.  Layar yang berisi angka hexadecimal akan muncul dengan format kode ASCII dan informasi yang muncul tersebut juga termasuk dari tipe dari VGA Card yang dimiliki.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Setelah layar dari perintah debug sudah terbuka dengan indikator kursor yang muncul. resolusi layar monitor kembali ke ukuran besar dan untuk merubahnya ke bentuk normal harus mengubah secara manual. Nah.

BAB 15 NTLDR IS MISSING 47 Teknik Komputer Jaringan .  Pada menu kanan tersebut pilih Update Driver. klik kanan display adapter. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :  Ketika Device Manager dan tampilan Display Adapter muncul.SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN driver yang sudah ter-update.  Kotak wizard Hardware Update akan muncul dan memberikan instruksi bagaimana cara untuk melakukan update driver.

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Apabila komputer kita mengalami seperti ini maka yang harus di lakukan adalah dengan cara sebagai berikut : a.COM dari direktori i386 ke drive induk/akar (root) C:\ b. tekan tombol R  Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai 48 Teknik Komputer Jaringan . Untuk partisi tipe NTFS  Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut  Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama. Untuk partisi tipe FAT langkah yang harus dilakukan dengan melakukan booting dari disket Win98 Anda dan salinlah file NTLDR atau NTDETECT.

COM C:\  Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT 49 Teknik Komputer Jaringan .SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  Biasanya #1  Masukkan password administrator jika diperlukan  Masukkan perintah berikut. dimana X: adalah alamat drive dari CD ROM  Tulis: COPY X:\i386\NTLDR C\:  Tulis: COPY X:\i386\NTDETECT.