You are on page 1of 21

Suatu sistem tempat terjadinya
proses penyaringan darah sehingga
darah bebas dari zat-zat yang tidak
dipergunakan oleh tubuh dan
menyerap zat-zat yang masih
dipergunakan oleh tubuh.
Zat-zat yang dipergunakan oleh
tubuh larutan dalam air dan
dikeluarkan berupa urine (air kemih).

Ginjal  Ureter  Vesika Urinaria  Uretra  .

.Glomerulus → kapsula Bowman → Tubulus convulatus proksimal → loop of Henle →tubulus convulatus distal → Tubulus koligen → tubulus collectives → kaliks minor → kaliks mayor → pelvis renalis → ureter → vesica urinaria → urethra.

Saluran sempit yang berpangkal pada kandung kemih yang berfungsi menyalurkan air kemih keluar. .

Ùretra pada laki-laki terdiri dari:    Uretra prostatia Uretra membranosa Uretra kevernosa .Uretra berjalan berkelok kelok melalui tengahtengah prostat -> menembus lapisan fibrosa yang menembus tulang fubis ke bagian penis panjangnya ± 20 cm.

› Lapisan uretra laki-laki terdiri lapisan mukosa (lapisan paling dalam). . dan lapisan submukosa. › Uretra mulai dari orifisium uretra interna di dalam vesika urinaria sampai orifisium eksterna. Pada penis panjangnya 17.5-20 cm.

Asal dari lempeng uretra dari dinding sinus kloaka dan urogenital. . Perkembangan uretra dimulai pada tahap 10mm (kira-kira pada minggu ke-4 perkembangan) ketika lempeng uretra dikenali sebagai penebalan dinding anterior dari kloaka endodermal.

maka akan terjadi hipospadia . pada tahap 50-mm (kira-kira pada minggu ke-11) dimana (Leydig) sel-sel interstisial dari testis meningkat jumlah. Melalui proses yang sama.Bila genital fold gagal bersatu di atas sinus urogenitalia. bagian proksimal uretra glanular terbentuk segera sesudahnya. Pada janin laki-laki. Sementara itu genital fold akan membentuk sisi-sisi dari sinus urogenitalia. yaitu membrana urogenitalia akan ruptur dan membentuk sinus. ukuran. dan fungsi. urethral folds mulai memadukan bagian ventral pada garis tengah untuk membentuk uretra.  Bagian anterior dari membrana kloaka.

“hypo” :di bawah & “spadon“ : keratan yang panjang. Hipospadia adalah kelainan kongenital dimana muara uretra eksterna (MUE) terletak di ventral penis dan lebih ke proximal dari tempat normalnya (ujung gland penis). .

Hormon tidak seimbang Genetika Lingkungan • hormon androgen yang mengatur organogenesis kelamin (pria). Atau biasa juga karena reseptor hormon androgennya sendiri di dalam tubuh yang kurang atau tidak ada • gagalnya sintesis androgen • adalah polutan dan zat yang bersifat teratogenik yang dapat mengakibatkan mutasi .

Glanular Scrotal Coronal Penoscrot al Subcoron al Distal Shaft Proksimal shaft Mid shaft .

Pada saat pemeriksaan fisik bayi Pada saat akan sirkumsisi Kesulitan untuk mengarahkan pancaran urin. . Chordee dapat menyebabkan batang penis melengkung ke depan sehingga menyulitkan melakukan hubungan seksual.

Pemeriksaan radiologis urografi (IVP. . sistouretrografi) untuk menilai gambaran saluran kemih secara keseluruhan dengan bantuan kontras.

Letak lubang kencing yang semakin ke arah pangkal penis Bentuk penis yang melengkung Gangguan fungsi berkemih berupa arah dan pancaran berkemih yang tidak normal Tidak dapat berkemih dalam posisi berdiri karena urin keluar merembes sehingga penderita akan lebih nyaman dalam posisi jongkok. Penderita akan mengalami masalah fungsi reproduksi berkenaan dengan bentuk penis yang melengkung saat ereksi Kesulitan penetrasi penis saat berhubungan badan dan gangguan pancaran ejakulasi. .

dari prepusium. Operasi pembuatan uretra ini memerlukan bahan kulit yang cukup banyak.Tujuan operasi hipospadia : membuang corde yang ada & membuat tambahan uretra sehingga muaranya berada di ujung glans penis. sehingga anak dengan cacat bawaan hipospadia tidak boleh disunat. .

•Sebelum usia 4 tahun seluruh tahapan operasi harus selesei. dengan syarat dilakukan tes endokrinologi anak (kadar hormon testosteron) terlebih dahulu karena pada hipospadia biasanya disertai dengan undescensus testis. bila normal maka operasi dapat ditunda 6 bulan lagi. karena bila tidak dapat menyebabkan gangguan psikis anak. . Uretroplasty •Dilakukan 6 bulan setelah chordectomy. untuk menempatkan OUE pada tempatnya.•Agar penis tidak melengkung ketika ereksi Operasi reseksi chorda (chordectomy atau release chorda) •Tahap pertama dilakukan pada usia 2 tahun (dapat ditunda). •Jika kadar hormon rendah sebaiknya segera dioperasi.

. (tidak boleh dilakukan sirkumsisi).Teknik operasi hipospadia membutuhkan kelebihan preputium penis untuk rekonstruksi saluran kencing baru.

dehisensi. yakni adalah uretroplasti menghubungkan meatus uretra lama dengan ujung proksimal neouretra di glans penis. Teknik ini lebih sulit dan tidak dianjurkan untuk jenis hipospadia yang lebih proksimal. Tekhnik 1 tahap • eksisi korde dan rekonstruksi neouretra dengan island flap dari prepusium dilakukan sekaligus. divertikel atau striktur uretra. Tahap kedua dilakukan 6 bulan kemudian. Kegagalan operasi dapat berupa fistel. .Tekhnik 2 tahap • melakukan eksisi korde (bisa dilakukan setelah umur 1 tahun) dan pentiapan bahan neouretra dengan bahan kulit prepusium yang dipindahkan ke ventral.

Perdarahan Chordee persisten Divertikula uretra Edema Komplikasi post oprasi Infeksi Urethrocutane us fistula Striktur urethra Stenosis meatus uretra .

Sapardan Subroto. Alih bahasa : Petrus. Bagian Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia : Jakarta. Buku Ajar Bedah. 13th Ed.html. . diakses tanggal 02/01/2012 http://pisaudokter. Lange : McGraw Hill.          De Jong W.blogspot. 1997. Current Diagnosis and Treatment Surgery.Gerard. Buku Ajar Ilmu Bedah. Timan. Anatomi dan fisiologi untuk paramedis – Jakarta : Gramedia Pustaka Utama http://sectiocadaveris.wordpress. David Sabiston. Penerbit EGC : Jakarta. Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah. Edisi 3.com/2011/02/anatomi-sistem-urinaria. Evelyn C. Penerbit EGC : Jakarta.com/artikel-kedokteran/anatomiginjal-dan-saluran-kemih/. Pears. diakses tanggal 02/01/2012 Sabiston. 2011. Doherty. 1994. Syamsuhidajat R.