You are on page 1of 40

GIZI DAUR HIDUP

:
Gizi Lansia/Manula
By
Suyatno, Ir., MKes.

Contact:
E-mail: suyatnofkmundip@gmail.com
Blog: suyatno.blog.undip.ac.id
Hp/Telp: 08122815730 / 024-70251915

Usia Lanjut/Lanjut Usia   

kejadian yang akan dialami oleh semua orang yang
dikaruniai usia panjang
tidak bisa dihindari oleh siapapun
manusia dapat berupaya untuk menghambat
kejadiannya.

Istilah untuk manusia Usia sudah lanjut :     

manusia usia lanjut (Manula),
manusia lanjut usia (Lansia),
golongan lanjut umur (Glamur),
usia lanjut (Usila)
warga negara senior (di Inggris)
GDHGDH-Suyatno

2

Kapan Umur orang disebut
berusia lanjut
Belum ada ketentuan yang pasti. 
Di Indonesia batasan tadi belum ada:  

usia

pensiun 55 tahun, atau 
60 tahun ke atas atau 
65 tahun ke atas (pensiun Hakim Agung 70
tahun).

GDHGDH-Suyatno

3

2 macam umur:
1.

2.

Umur kronologis adalah umur yang dicapai
seseorang dalam kehidupannya dihitung
dengan tahun almanak atau kalender
Umur Biologis, adalah usia yang sebenarnya:   

Pematangan jaringan yang biasanya dipakai
sebagai indeks umur biologis.
Dapat menerangkan, mengapa orang-orang
berumur kronologis sama mempunyai penampilan
fisik dan mental berbeda.
Untuk tampak awet muda, proses biologis ini yang
dicegah.
GDHGDH-Suyatno

4

Negara semakin maju:     akan terjadi pergeseran struktur penduduk proporsi orang berusia lanjut semakin meningkat proporsi golongan orang berusia muda semakin turun Penyebabnya:    tingkat kemakmuran. 1990) Kesehatan Manula ditentukan: oleh perilaku dan gizi pada usia-usia sebelumnya GDHGDH-Suyatno 5 . dan angka harapan hidup semakin tinggi. angka kematian bayi dan anak rendah serta angka kelahiran pun turun (Kartari. kesejahteraan.

Penuaan (Aging) GDHGDH-Suyatno 6 .

 sel-sel mengecil atau komposisi sel pembentukan jaringan ikat baru menggantikan sel-sel yang menghilang  timbul kemunduran fungsi organ-organ tubuh.Karakteristik Lansia terjadi kemunduran organ (proses degeneratif).  GDHGDH-Suyatno 7 .

1990)  Kulit :    Rambut :    Kulit berubah menjadi tipis.Contoh kemunduran organ: (Kartari. keriput dan tidak elastis lagi. kering. Otot :   Jumlah sel otot berkurang. ukurannya antrofi. menurun dan kekuatannya . kering dan tidak mengkilat. fungsinya GDH8 GDH-Suyatno berkurang. Fungsi kulit sebagai penyekat suhu lingkungan dan perisai terhadap masuknya kuman terganggu. Berkaitan dengan perubahan degeneratif kulit. jumlah jaringan ikat bertambah volume otot secara keseluruhan menyusut. Rontok. warna menjadi putih.

Pada proses menua kadar kapur (kalsium) dalam tulang menurun. Jantung dan pembuluh darah :     Tulang :    kekuatan mesin pompa jantung berkurang. diabetes mellitus. GDHGDH-Suyatno 9 . kadar kolesterol tinggi dan lain-lain yang memudahkan timbulnya penggumpalan darah dan trombosis. tulang menjadi kropos (osteoporosis) & mudah patah. pembuluh darah penting khusus yang di jantung dan otak mengalami kekakuan lapisan intim menjadi kasar akibat merokok. Seks :  Produksi hormon seks pada pria dan wanita menurun dengan bertambahnya umur. hipertensi.

GDHGDH-Suyatno 10 .

GDHGDH-Suyatno 11 .

GDHGDH-Suyatno 12 .

GDHGDH-Suyatno 13 .

GDHGDH-Suyatno 14 .

Upaya Hidup Sehat Lansia Beberapa hal yang perlu diperhatikan: 1. Olahraga 3. Gaya hidup GDHGDH-Suyatno 15 . Faktor Gizi 2.

Faktor Gizi Lansia GDHGDH-Suyatno 16 .

GDHGDH-Suyatno 17 .

GDHGDH-Suyatno 18 .

GDHGDH-Suyatno 19 .

GDHGDH-Suyatno 20 .

GDHGDH-Suyatno 21 .

GDHGDH-Suyatno 22 .

pembangun dan pengatur.Faktor Gizi Lansia  Buku Petunjuk Menyusun Menu bagi Usia Lanjut oleh Direktorat Bina Gizi Masyarakat Depkes RI (1991): 1. kacang-kacangan. GDHGDH-Suyatno 23 . Menu hendaknya mengandung zat gizi dari beraneka ragam bahan makanan yang terdiri dari zat tenaga. biji-bijian). 2. Jumlah kalori yang baik untuk dikonsumsi oleh usia lanjut adalah 50% dari KH yang bersumber dari KH kompleks (sayursayuran.

4. Jumlah lemak dalam makanan dibatasi. bayam atau sayuran hijau. seperti susu nonfat. seperti kacang-kacangan. yoghurt. ikan. 7.daging. Jumlah protein yang dikonsumsi sebaiknya 810% dari total kalori. hati. 5. GDHGDH-Suyatno 24 . 6.3. Makanan mengandung zat besi (Fe dalam jumlah besar. Makanan sebaiknya mengandung serat dalam jumlah besar yang bersumber pada buah. yang 25-30% dari total kalori. yang dikonsumsi dengan jumlah yang bertahap. sayur dan beraneka pati. Menggunakan bahan makanan yang tinggi kalsium.

sodium bikarbonat.Membatasi penggunaan garam. 8. seperti bahan makanan lembek. Bahan makanan sebagai sumber zat gizi sebaiknya dari bahan makanan yang segar dan mudah dicerna. Hindari bahan makanan yang mengandung alkohol dalam jumlah besar. GDHGDH-Suyatno 25 . sodium citrat. Perhatikan label makanan yang mengandung garam. 10. 9. 11. seperti adanya monosodium glutamat. Makanan sebaiknya yang mudah dikunyah.

contoh:   Studi di Norwegia menunjukkan bahwa Lansia yang rajin minum teh (salah satu sumber antioksidan) minimal secangkir sehari akan dapat menekan angka kematian.Antioksidan dan Lansia  Konsumsi antioksidan atau bahan makanan yang mengandung antioksidan dapat menghambat proses penuaan dan mencegah penyakit degeneratif. GDHGDH-Suyatno 26 . Penelitian lainnya dengan subyek manusia usia lanjut (manula) di Belanda menghasilkan temuan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung (terutama) menurun seiring dengan kebiasaan minum teh.

GDHGDH-Suyatno 27 .

GDHGDH-Suyatno 28 .

GDHGDH-Suyatno 29 .

GDHGDH-Suyatno 30 .

GDHGDH-Suyatno 31 .

GDHGDH-Suyatno 32 .Olahraga Untuk Lansia    Usia bertambah tingkat kesegaran jasmani akan turun. Penurunan kemampuan semakin terlihat setelah umur 40 tahun. sehingga saat usia lanjut kemampuan akan turun antara 30-50%. Bila para usia lanjut ingin berolahraga harus memilih sesuai dengan umur kelompoknya. dan kemungkinan adanya penyakit.

yaitu: jalan kaki. dengan segala bentuk permainan yang ada unsur jalan kaki. tidak kompetitif/bertanding. bersifat aerobik dan atau kalistenik. lintas alam. waktu relatif lama.   GDHGDH-Suyatno 33 . mendaki bukit. Contoh olahraga yang sesuai.Patokan Olahraga Lansia  Jenis olah raga:      beban ringan atau sedang.  olahraga yang bersifat rekreatif Dengan latihan otot manusia usia lanjut dapat menghambat laju perubahan degeneratif.  senam dengan faktor kesulitan kecil. misalnya golf.

Sebaiknya tidak merokok. Memeriksakan kesehatan secara teratur biarpun tidak sakit. (Kartari. kanker. 1990) GDHGDH-Suyatno 34 .Gaya Hidup Lansia yang Baik    Kerja ringan : tidak boleh kerja berat/bermalas-malasan dan istirahat/tidur yang cukup. seperti mempercepat menderita serangan jantung. paru-paru. karena orang merokok sangat berisiko mudah terkena serangan berbagai penyakit. dan cepat berobat bila sakit. TBC. tekanan darah tinggi.

Apabila lansia tiba-tiba bangun tidur. diam sejenak dan bergerak perlahan GDHGDH-Suyatno 35 .Hasil Pemantauan ECG     Meski pada siang hari didapatkan bahwa seorang lansia dalam keadaan normal. Tetapi pada malam hari. Tip bangun tidur jangan langsung beranjak. mendadak tensi darahnya jadi menurun. menyebabkan otak kekurangan darah dan dapat menyebabkan denyut jantungnya berhenti. biasanya kekurangan darah pada otot jantung.

sepanjang makanan alami yang dikonsumsinya sudah memenuhi kebutuhan gizi.Lansia & Suplemen Gizi    lansia tidak membutuhkan suplemen dan makanan sintetis. penggunaan suplemen sebaiknya di bawah rekomendasi seorang dokter atau ahli gizi agar terhindar dari efek negatif yang merugikan suplemen sampai megadosis (melebihi kecukupan yang dianjurkan) harus dihindari karena justru menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. GDHGDH-Suyatno 36 .

 Lansia tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah suplemen dalam dosis tinggi sebab akan menimbulkan efek yang berlawanan. serta ekskresi zat gizinya. suplemen multivitamin bagi mereka yang mesti menjalani diet kalori sangat rendah. suplemen antioksidan yang dikonsumsi dalam jumlah megadosis justru akan meningkatkan oksidasi di dalam tubuh. seseorang bisa saja membutuhkan suplemen. misalnya:    suplemen kalsium bagi perempuan menopause untuk menghindari kehilangan kalsium dalam tulang. seseorang yang terganggu kondisi penyerapan.   Misalnya. Dalam kondisi tertentu. pencernaan. GDHGDH-Suyatno 37 .

Tandanya: siklus haid akan berhenti Sebabnya:  faktor hormonal. GDHGDH-Suyatno 38 .  indung telur mengalami penurunan fungsi sehingga kadar hormon estrogen (hormon utama pada wanita) menjadi rendah.Lansia dan Menopause     Menopause adalah salah satu gejala yang akan terjadi pada masa tua seorang perempuan Masa menopause umumnya terjadi mulai usia 40 tahun.

dedangkan pada usia di atas 60 tahun. payudara kendur. 2. gangguan mood.Dampak Menopause: 1. Dalam jangka panjang. baik secara fisik maupun psikis. dan penurunan libido. depresi dan sakit kepala. • Data American Heart Association: satu dari sembilan orang berusia 45-60 tahun terkena penyakit jantung koroner. 3. satu dari tiga wanita terkena penyakit jantung koroner GDHGDH-Suyatno 39 . Rendahnya hormon estrogen dapat menyebabkan: kulit kering dan keriput. 4. seperti keluhan vasomotor (berhubungan dengan pembuluh darah). timbunan lemak (terutama pinggul). Muncul berbagai gejala. Rendahnya kadar hormon estrogen akan memberikan pengaruh nyata pada wanita. atrofi urogenital (penipisan mukosa vagina). menopause meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan osteoporosis.

3. serta jika berusia di atas 40 tahun. untuk melatih tulang tetap kuat. mendorong jantung bekerja optimal. 4. GDHGDH-Suyatno 40 . 2. dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi Berolahraga secara teratur agar tubuh tetap segar dan bugar. dianjurkan untuk melakukan senam aerobik dan senam osteoporosis Berfikir positif spy tidak memperburuk keadaan:  sering mengalami kegalauan dan kegelisahan.Anjuran pada Wanita Menopause: 1. merasa sudah tidak cantik dan menarik lagi sehingga takut ditinggalkan oleh suami dan sebagainya. Menjaga vitalitas tubuh. dan membantu menghilangkan antioksidan di dalam tubuh Jenis olahraga yang bisa dilakukan pada saat menopause yaitu jalan cepat dan senam.