Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah

Semester Gasal 2014-2015

LEMBAR KERJA
TUGAS I:
GAGASAN PENYELESAIAN MASALAH DI KAMPUS ITS
Deskripsi tugas:
Tugas ini bertujuan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mampu
memberikan gagasan menyelesaikan masalah di kampus ITS dengan menerapkan
prinsip pembangunan berkelanjutan. Dalam tugas ini, mahasiswa akan melakukan
observasi di lingkungan kampus ITS untuk menemukan permasalahan yang ada
khususnya terkait masalah lingkungan dan energi.
Tugas ini dikerjakan pada minggu pertama hingga minggu ketiga dengan luaran draft
karya tulis. Tugas dilakukan secara individu dan juga kelompok dengan tujuan untuk
mencapai kemampuan mengambil keputusan yang tepat dan mampu bekerja sama.
Selain itu juga agar mahasiswa memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi
terhadap masyarakat dan lingkungannya, menghargai keanekaragaman pandangan,
dan pendapat/temuan orisinal orang lain.
Tugas I :
“Gagasan Penyelesaian Masalah di Kampus ITS”, ini dikerjakan dalam waktu 6 minggu,
dengan tahapan sebagai berikut:
Minggu pertama:
I. Tugas kelompok:
1. Mahasiswa membentuk kelompok kerja yang terdiri atas 5-6 orang. Dalam
kelompok terdiri atas mahasiswa dari jurusan yang berbeda dan bila
memungkinkan dari semester yang berbeda.
2. Dalam kelompok yang terbentuk, sepakati problem di Kampus ITS yang akan
diangkat untuk diselesaikan. Problem tersebut terkait lingkungan dan energi.
II. Tugas individu dalam kelompok, dilakukan di luar kelas dengan luaran
PORTFOLIO 1:
1. Dari problem yang telah disepakati kelompok, lakukan observasi/pengamatan di
lingkungan kampus secara individu. Buatlah dokumentasi sebagai bukti
pengamatan seperti foto dan video. Catat tanggal, waktu dan lokasi Anda
mengamati. Setiap mahasiswa dalam kelompok, masing-masing melakukan
observasi pada daerah yang berbeda untuk objek observasi yang sama
2. Jawablah pertanyaan berikut:
a. Mengapa Anda memilih lokasi tersebut untuk dijadikan objek pengamatan?
b. Jadikan hasil pengamatan Anda menjadi data kualitatif dan kuantitatif (dengan
cara memprediksi)
c. Fenomena apa yang terjadi pada lokasi yang Anda pilih?

d. PORTFOLIO 2 berisi: 1. Gunakan format karya tulis yang telah disediaka n Dokumentasikan tugas ini dalam PORTFOLIO 1 Bawa PORTFOLIO 1 ini pada pertemuan kedua dikelas untuk sesi diskusi kelompok. Laporan studi literatur individu 4. 5. 3. Gunakan format penulisan karya tulis gagasan yang telah disediakan. Berdasarkan hasil observasi Anda. Laporan observasi individu 3. Draft penulisan karya tulis ilmiah gagasan penyelesaian masalah di kampus ITS Minggu ke tiga kulih tamu Minggu ke empat-ke enam: Pada minggu ke empat sampai minggu ke enam. Tulislah draft karya tulis INDIVIDU berdasarkan hasil observasi dan studi literatur. Notulen diskusi (lihat contoh) 2. Apakah fenomena tersebut memberikan dampak terhadap lingkungan di sekitarnya ? Jika “Ya”. Draft karya tulis individu Minggu kedua: 1. permasalahan atau persoalan apa yang terjadi pada lokasi tersebut? Lakukan studi literatur untuk “problem” yang telah disepakati dalam kelompok. Dalam berdiskusi masing-masing individu diharapkan untuk menggungkap gagasannya berdasarkan hasil pengamatan dan hasil studi literatur yang telah dilakukan. alternatif penyelesaian masalahnya. teori/konsep terkait objek yang diamati. 4. Form kelompok kelas 2. Tujuan dari diskusi kelompok ini adalah untuk mengambil SATU alternatif penyelesaian problem yang dipilih sebagai keputusan kelompok. Tugas individu: Memperbaiki draft karya tulis PORTFOLIO 1 berdasarkan pengetahuan yang Anda peroleh selama kuliah di minggu ke emapat sampai ke enam dan umpan balik dari .3. Lakukan pengambilan keputusan kelompok untuk memilih SATU penyelesaian problem. Dokumen diskusi (lihat contoh) 3. 2. Lakukan tugas ini dalam kelas selama 1x50 menit (setelah atau sebelum kuliah pembangunan berkelanjutan dan konservasi selama 2x50 menit). Tugas dengan luaran karya tulis kelompok ini dimasukkan dalam PORTFOLIO 2. Anda akan belajar tata tulis ilmiah dan teknik penulisan karya tulis ilmiah. 4. Bawa draft tersebut pada kuliah pertemuan ke empat. ekonomi dan sosial untuk skala penyelesaian di lingkup kampus ITS. Tulislah satu draft karya tulis gagasan untuk setiap kelompok. 5. Studi literatur ini meliputi terminologi. 6. Dalam mengambil keputusan kelompok tersebut pertimbangkan prinsip pembangunan berkelanjutan yang meliputi aspek lingkungan. PORTFOLIO 1 berisi: 1. sebutkan dampaknya bagi lingkungan sekitar! e.

Karya tulis yang telah diperbaiki dikumpulkan pada minggu ke tujuh ke asisten kelas. Deskipsi tugas Kegiatan mahasiswa di Kelas Kegiatan mahasiswa diluar kelas Waktu pekerjaan dan Pengumpulan 1 Form kelompok kelas (Dalam bentuk hardcopy) Diskusi dengan teman dan mengisi form 2 Laporan observasi (Dalam bentuk hardcopy) - 3 Laporan studi literatur (Dalam bentuk softcopy) - Melanjutkan 1 minggu kegiatan dikelas Dikumpulkan pada bila belum selesai pertemuan kedua ke dosen kelas/asisten Observasi di 1 minggu kampus ITS Laporan dikumpulkan pada pertemuan kedua ke dosen kelas/asisten Studi literatur 1. Tugas kelompok: Memperbaiki draft karya tulis PORTFOLIO 2 berdasarkan pengetahuan yang Anda peroleh selama kuliah di minggu ke empat sampai ke enam dan umpan balik dari dosen Bahasa Indonesia. Karya tulis ilmiah gagasan penyelesaian masalah di kampus ITS (individu dan kelompok) JADWAL KEGIATAN TUGAS I: No. Karya tulis yang telah diperbaiki dikumpulkan pada minggu ke tujuh ke asisten kelas.dosen Bahasa Indonesia. Dokumen proses perbaikan karya tulis individu dan kelompok 2. diluar kelas dibawa pada (tugas ini pertemuan dikembangkan kedua untuk terus hingga bahan diskusi minggu ke kelas kenam) 2. dibawa pada setiap pertemuan kelas . 1 minggu. 6 minggu. PORTFOLIO 3 berisi: 1.

KELOMPOK 5% PORTFOLIO 3: 1. 3= Baik. Dokumen perbaikan draft karya tulis KELOMPOK 10% 3. 2= Cukup. Dokumen perbaikan draft karya tulis INDIVIDU 10% 2. Dokumen diskusi 5% 3. INDIVIDU 5% PORTFOLIO 2: 1. Draft penulisan karya tulis ilmiah gagasan penyelesaian masalah di kampus ITS. Form kelompok kelas 5% 2. Final : Karya tulis kelompok 25 % Nilai Akhir (NA) Nilai Konversi (NA/4*100) *Skala Nilai: 1= Kurang. Hasil observasi individu 5% 3. Final: Karya tulis individu 25 % 4. 4= Baik Sekali Komentar . Draft penulisan karya tulis ilmiah gagasan penyelesaian masalah di kampus ITS.Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah Semester Gasal 2014-2015 FORM PENILAIAN TUGAS I GAGASAN PENYELESAIAN MASALAH DI KAMPUS ITS Kriteria: Bobot Skala Nilai* (1-4) PORTFOLIO 1: 1. Notulen diskusi 5% 2.