MOTOR INDUKSI 3 FASE

Motor induksi tiga fasa merupakan motor elektrik yang paling banyak digunakan
dalam dunia industri.

Salah satu kelemahan motor induksi yaitu memiliki beberapa

karakteristik parameter yang tidak linier, terutama resistansi rotor yang memiliki nilai yang
bervariasi untuk kondisi operasi yang berbeda, sehingga tidak dapat mempertahankan
kecepatannya secara konstan bila terjadi perubahan beban.

Oleh karena itu untuk

mendapatkan kecepatan yang konstan dan peformansi sistem yang lebih baik terhadap
perubahan beban dibutuhkan suatu pengontrol

Kecepatan medan putar atau kecepatan sinkron dari suatu motor dapat dicari dengan
menggunakan Equation (12-2).

dimana:
NS= kecepatan sinkron (rpm) NR= kecepatan rotor (rpm)
Kecepatan medan putar atau kecepatan sinkron dari suatu motor dapat dicari dengan
menggunakan Equation (12-2).
dimana:

Cara Kerja Motor Induksi 3 Fasa

Listrik yang masuk ke dalam lilitan motor akan menghasilkan fluks magnetic
sehingga membuat stator menjadi magnet, sehingga rotor berputar karena tarikan
dari magnet tersebut.
Medan Putar Motor Induksi 3 Fasa Sumber 3 fasa yang di hubungkan ke terminal motor
induksi 3 fasa , maka arus bolak-balik sinusoidal IR, IS, IT akan mengalir pada belitan stator.
Arus-arus ini akan menghasilkan ggm (gaya gerak magnet), yang mana pada kumparan akan
menghasilkan fluks magnetik yang berputar sehingga disebut juga dengan medan putar.
Untuk mengetahui bagaimana medan putar dibangkitkan. Sebagai contoh, perhatikan motor
induksi 3 fasa dengan jumlah kutub 2 berikut
Flux yang dihasilkan arus bolak-balik pada belitan stator adalah :

com/DjokerGarage/posts/202130476637789 Motor induksi 3 fasa adalah alat penggerak yang paling banyak digunakan dalam dunia industri. Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur – alur sebagai tempat meletakkan kumparan. 2. Keuntungan motor tiga phasa : 1. Hal ini dikarenakan motor induksi mempunyai konstruksi yang sederhana. sehingga motor induksi mulai menggeser penggunaan motor DC pada industri. tidak ada sikat sehingga rugi gesekan kecil. Rotor sangkar adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam. Kumparan dihubungkan bintang dibagian dalam dan ujung yang lain dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar. Kerugian Penggunaan Motor Induksi 1. sehingga rotor bekerja seperti rotor sangkar.facebook. Kumparan dapat dikembangkan menjadi pengaturan kecepatan putaran motor. Motor induksi merupakan motor yang paling banyak kita jumpai dalam industri.wordpress. Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga yang dihubungkan singkat pada ujungnya. Effesiensi relatif tinggi pada keadaan normal. Biaya pemeliharaan rendah karena pemeliharaan motor hampir tidak diperlukan. 4. Motor induksi . serta perawatannya yang mudah.com/2013/05/25/motor-induksi-3-phase/ Teori Dasar Motor Induksi Tiga Fasa. kokoh. Power faktor rendah pada beban ringan 3. Stator adalah bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar. harganya relatif murah.http://kaydier. Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan rotor sangkar. 3. Kecepatan tidak mudah dikontrol 2. Pada kerja normal slipring hubung singkat secara otomatis. Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang merubah energi listrik menjadi energi gerak dengan menggunakan gandengan medan listrik dan mempunyai slip antara medan stator dan medan rotor. Harganya relatif murah dan kehandalannya tinggi. Rotor kumparan ( wound rotor ). Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dari arus nominal https://www.

Salah satu kelemahan motor induksi yaitu memiliki beberapa karakteristik parameter yang tidak linier. terutama resistansi rotor. sehingga tidak dapat mempertahankan kecepatannya secara konstan bila terjadi perubahan beban. Oleh karena itu untuk mendapatkan kecepatan yang konstan dan peformansi sistem yang lebih baik terhadap perubahan beban dibutuhkan suatu pengontrol . Hal ini yang menyebabkan pengaturan pada motor induksi lebih rumit dibandingkan dengan motor DC. terutama resistansi rotor yang memiliki nilai yang bervariasi untuk kondisi operasi yang berbeda.memiliki beberapa parameter yang bersifat non-linier. yang memiliki nilai bervariasi untuk kondisi operasi yang berbeda.

Sudut antara kutub rotor dan stator disebut sudut torque . maka motor akan berhenti. rotor motor sinkron terkunci dengan medan putar dan harus terus beroperasi pada kecepatan sinkron untuk semua keadaan beban. garis tengah kutub medan putar dan kutub medan dc berada dalam satu garis (gambar dibawah bagian a). Motor dc saat ini berfungsi sebagai generator dc dan memberikan eksitasi medan dc kepada rotor. Torque yang diperlukan untuk menarik motor hingga mencapai sinkronisasi disebut pull-in torque.4. . arus AC diberikan kepada belitan stator. Motor sinkron seringkali dinyalakan dengan menggunakan belitan sangkar tupai (squirrel-cage) yang dipasang di hadapan kutub rotor. relative terhadap kutub stator (gambar bagian b). ada pergeseran kutub rotor ke belakang. saat mana arus searah diberikan. Harga maksimum torque sehingga motor tetap bekerja tanpa kehilangan sinkronisasi disebut pull-out torque. KARAKTERISTIK MOTOR SINKRON Sebuah motor sinkron dapat dinyalakan oleh sebuah motor dc pada satu sumbu. Jika beban mekanis pada motor dinaikkan ke titik dimana rotor ditarik keluar dari sinkronisasi . Selama kondisi tanpa beban (no-load). dan motor mencapai sinkronisasi. Beban sekarang boleh diberikan kepada motor sinkron. Tidak ada perubahan kecepatan. Motor kemudian dinyalakan seperti halnya motor induksi hingga mencapai –95% kecepatan sinkron. Seperti diketahui. Seiring dengan pembebanan. Ketika motor mencapai kecepatan sinkron.

dimana: NS= kecepatan sinkron (rpm) NR= kecepatan rotor (rpm) Kecepatan medan putar atau kecepatan sinkron dari suatu motor dapat dicari dengan menggunakan Equation (12-2).Kecepatan medan putar atau kecepatan sinkron dari suatu motor dapat dicari dengan menggunakan Equation (12-2). dimana: .