You are on page 1of 4

TIM PKRS RS ST.

ANTONIUS JOPU
MENGADAKAN PENYULUHAN MALARIA
(18/9/2014)

Rumah Sakit Santo Antonius Jopu yang terletak di Desa Jopu Kecamatan Wolowaru
kabupaten Ende adalah Rumah Sakit yang sedang melakukan peningkatan dan
pengembangan sistem pelayanan dan merupakan elemen utama untuk mencapai Visi RS
St. Antonius Jopu saat ini yaitu Menjadi Rumah Sakit terbaik di wilayah Ende Lio dan
sekitarnya, dengan mengutamakan keselamatan pasien melalui pelayanan yang berkualitas.
Oleh karena itu untuk menampilkan kinerja secara umum yaitu kegiatan pelayanan yang
diberikan, maka upaya pencegahan harus diperhatikan.
Tim Promosi kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di RS St. Antonius Jopu berusaha
mengembangkan pengertian pasien, keluarga, dan pengunjung rumah sakit tentang penyakit
malaria dan pencegahannya. Selain itu, tim promosi kesehatan di rumah sakit juga berusaha
menggugah kesadaran dan minat pasien, keluarga, dan pengunjung rumah sakit untuk
berperan secara positif dalam usaha penyembuhan dan pencegahan penyakit.
Penyakit Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit golongan
plasmodium melalui gigitan nyamuk dan banyak tersebar di wilayah tropis. Penyakit
malaria menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi. Dampak sosial yang terjadi adalah
kematian dan berkurangnya harapan hidup penduduk, sementara itu dampak ekonomi
langsung ditimbulkan adalah biaya pengobatan, sedangkan yang tidak langsung adalah
kehilangan waktu kerja, waktu sekolah serta biaya transportasi dan akomodasi lainnya.
Menurut Direktur RS St. Antonius Jopu dr. Maria Goretti Aran ( Sr. Clementia, CIJ)
kepada wartawan “mengatakan bahwa promosi kesehatan ini sangat besar manfaatnya bagi
masyarakat khususnya pasien, pengunjung

dan keluarga pasien sekaligus bagi semua

karyawan RS St. Antonius Jopu. Menyadari bahwa rendahnya pengetahuan tentang budaya
hidup sehat maka sebagai petugas kesehatan dipanggil untuk bersentuhan langsung dengan
masyarakat khususnya yang sakit, kita diwajibkan untuk memberi ilmu, waktu, bakat dan
pendampingan ( promkes) agar masyarakat mulai mengenal dan mengadopsi budaya hidup
sehat sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup di masyarakat dan mampu membangun
hidup sehat baik jasmani dan rohani.”

Antonius Jopu ini dilakukan terus menerus dan berkesinambungan. sehingga . outcome.Kep.Ns kepada wartawan mengatakan bahwa “kegiatan penyuluhan yang diadakan di Poli RS ini merupakan bentuk kepedulian rumah sakit St. menggunakan peluang untuk meningkatkan pelayanan pasien. proses. dan memecahkan masalah-masalah yang teruangkapkan pelayanan yang diberikan rumah sakit berdaya guna dan berhasil guna.Sementara ketua tim PKRS Yohanes Berkhmans Saputra. S. Selain dari itu kegiatan ini mendukung program pemerintah yang sekarang dalam upaya pencegahan dan pemberantasan malaria”. Untuk mencapai mutu dan menanggapi tuntutan masyarakat tersebut maka upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit St. secara obyektif dan sistematik untuk memantau dan menilai mutu kewajaran pelayanan terhadap pasien. Dan juga mengingat banyaknya pasien yang datang dengan malaria. maka dari itu penyuluhan pada kali ini kita mengangkat topik “Malaria”. Antonius Jopu dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat. Upaya Peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integritas yang menyangkut struktur.

Untuk menjamin mutu pelayanan rumah sakit selain pemberian perawatan dan pengobatan langsung terhadap pasien yang sakit. sesuai social budaya mereka serta didukung kebijakan public yang berwawasan kesehatan. tergantung juga pada kerja sama yang positif antara petugas kesehatan dengan pasien dan keluarganya. pasien dan kelompok-kelompok masyarakat dapat mandiri dalam meningkatkan kesehatan. kedepannya kegiatan penyuluhan ini akan berlangsung secara terus menerus pada setiap bulannya dengan topik kasus penyakit yang berbeda. oleh. dimana perawatan dan pengobatan di rumah sakit hanyalah salah satu bagian kecil dari rangkaian usaha tersebut. sikap. yaitu hanya menunggu sampai ada yang sakit. S. Saat ditanyai terkait dengan Upaya peningkatan Mutu Rumah Sakit. maka hal ini akan membantu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat pada umumnya. sampai kemudian disadari. barulah kemudian yang bersangkutan diberi pengobatan. dan kelompok-kelompok masyarakat agar pasien dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya. ketua tim PKRS Yohanes Berkhmans Saputra. Efektivitas suatu pengobatan. . pola hidup pasien dan keluarganya. juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan. serta keluarga pasien mampu dan mau berpartisipasi secara positif. Sesudah sembuh dipulangkan. Demikian siklus ini berlangsung terus. Harapan kami agar masyarakat dapat mengetahui secara efektif tentang kesadaran dalam kebersihan lingkungan untuk mencegah penyakit dan merubah pola pikir masyarakat serta lifestyle yang sehat.Kep.Promosi kesehatan adalah upaya rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan pasien. mencegah masalah-masalah kesehatan dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat melalui pembelajaran dari. Di masa yang lampau system kesehatan lebih banyak berorientasi pada penyakit. bahwa sebenarnya untuk memelihara kesehatan masyarakat diperlukan suatu rangkaian yang lebih luas. ditimpa oleh penyakit yang sama sehingga yang bersangkutan dirawat kembali di rumah sakit. Dalam keadaan yang memerlukan si sakit dirawat di rumah sakit.Ns kepada wartawan mengatakan bahwa “Kegiatan penyuluhan atau health education terhadap masyarakat merupakan suatu bentuk tanggung jawab moral suatu lembaga yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan. karena pada dasarnya segala sesuatu datang dari diri kita sendiri”. selain dipengaruhi oleh pola pelayanan kesehatan yang ada serta sikap dan keterampilan para pelaksananya. Selain itu. Kalau pasien dan keluarganya memiliki pengetahuan tentang cara-cara penyembuhan dan pencegahan penyakit. untuk dan bersama mereka.

.Dengan berbagai bentuk kegiatan PKRS yang dilakukan di RS St. Antonius Jopu ini. Dan harapan untuk pemerintah daerah kiranya dapat mendukung kegiatan serupa karena untuk penyuluhan ini rencananya akan diadakan diluar rumah sakit yaitu dibeberapa desa yang menjadi target untuk dilakukan penyuluhan”. ( By Elis). harapan kami tim “ pasien dapat merubah sikap dari tidak tahu menjadi tahu. dari tahu menjadi mau dan dari mau menjadi mampu melaksanakan perilaku-perilaku yang dikehendaki guna mengatasi masalah kesehatannya.