You are on page 1of 36

JURUSAN ARSITEKTUR

FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO

BUKU PEDOMAN
TUGAS AKHIR

PANITIA TUGAS AKHIR
2013

DAFTAR ISI :

A. Pengertian Tugas Akhir

2

B. Periode Pelaksanaan Tugas Akhir

2

C. Organisasi Pelaksanaan Tugas Akhir

2

D. Pendaftaran Tugas Akhir

3

E. Judul Tugas Akhir dan Penekanan Desain

3

F. Dosen Pembimbing Tugas Akhir

4

G. Sidang Tugas Akhir

4

H. Sidang Kelayakan Sinopsis

5

I. Sidang LP3A

8

J. Pelaksanaan Studio Tugas Akhir

11

K. Sidang Eksplorasi Desain

12

1

L. Sidang Presentasi Desain

14

M. Penilaian Sidang Tugas Akhir

18

N. Lampiran :

19

Alur Pelaksanaan tugas Akhir JAFT

Tata kala tugas akhir

Form pendaftaran tugas akhir

Form kesediaan pembimbingan

Form penilaian sidang

format cover Naskah Sinopsis

format cover LP3A

A. PENGERTIAN TUGAS AKHIR
1. Tugas Akhir Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik adalah Mata Kuliah terakhir yang harus diikuti
oleh Mahasiwa Program Reguler 1 dan Program Reguler 2 untuk mendapatkan gelar Sarjana
Teknik (S.T.)
2. Tugas Akhir adalah mata kuliah wajib di Semester 8, dengan kode mata kuliah TKA 861,
dengan bobot 8 SKS.

B. PERIODE PELAKSANAAN TUGAS AKHIR
1. Tugas Akhir Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip untuk Program Reguler 1 dan Program
Reguler 2, dilaksanakan 4 kali dalam satu tahun untuk mengikuti periode Wisuda yang
diadakan oleh Universitas Diponegoro.
2. Periode tugas akhir JAFT adalah :
Periode 1 - Minggu I Bulan Januari s/d Minggu I Bulan Juni
Periode 2 - Minggu I Bulan April s/d Minggu I Bulan September
Periode 3 - Minggu I Bulan Juli s/d Minggu I Bulan Desember

2

4. Panitia tugas akhir dibantu oleh petugas kebersihan dan keamanan. mahasiswa diminta untuk mengisikan :  Nama Mahasiswa  NIM Mahasiswa  No telepon yang bisa dihubungi.Minggu I Bulan Oktober s/d Minggu I Bulan Maret 3. ORGANISASI PELAKSANAAN TUGAS AKHIR 1. Loket Pendaftaran dibuka di pengajaran JAFT mulai jam 08. 3. Salah seorang dari peserta tugas akhir pada setiap periode akan ditunjuk menjadi 'lurah'. Organisasi Pelaksanaan Tugas Akhir diketuai oleh Seorang Dosen Koordinator Mata Kuliah Tugas Akhir. Pendaftaran Tugas Akhir setiap periode.  Tidak ada Nilai D. D.  2 buah usulan judul tugas akhir. Koordinator Tugas Akhir bertanggung jawab kepada Kepala Program Studi Program Sarjana S1 cc Kepala Jurusan Arsitektur 2. Pada saat pendaftaran.  Copy KRS 3 .00 s/d 14. dengan dibantu oleh Wakil Koordinator Tugas Akhir.00. Persyaratan pendaftaran Tugas Akhir yang lain adalah :  Lulus seluruh mata kuliah kecuali KKN. untuk memudahkan koordinasi dengan seluruh peserta tugas akhir. Tatakala ini berlaku hingga ada perubahan. PENDAFTARAN TUGAS AKHIR 1. 3. C. 2.  2 nama usulan calon dosen pembimbing. bekerjasama dengan dosen JAFT yang lain. dengan penekanan desainnya. dilaksanakan pada awal bulan. Tata kala tugas akhir JAFT dapat dilihat dibagian lampiran. selama 3-4 hari kerja yang akan diumumkan pada setiap periodenya.Periode 2 . Panitia tugas akhir dibantu oleh beberapa staff dari pengajaran dan tata usaha yang berfungsi sebagai pelaksanan harian dan administrasi tugas akhir. dengan bukti KHS yang ditandatangani wali.

Judul tugas akhir dilengkapi dengan penekanan desain untuk lebih memberikan nilai tambah. pasien. DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR 1. Arsitektur Modern.6.  Judul-judul lain yang logis. penyandang cacat. Arsitektur Tropis. dll). serta diferensiasi judul tugas akhir. dll  Konsep-konsep desain yang bersifat universal. E. paling lambat sebelum sidang Eksplorasi Desain Seluruh berkas dimasukkan dalam stopmap dan diberi nama dan NIM. dll. Usulan judul tugas akhir. atau sistem konstruksi tertentu. 2. Studi Ekskursi. yang jelas urgensi dan aktualitanya 3. KKN. dengan pas photo 4x6 berwarna (form surat pernyataan sudah di up load di Web) Copy Ijazah SMU Menyerahkan sertifikat Toefl (SEU Undip) dengan score minimal 400. misal : Arsitektur Neo Vernakular. misal : desain berdasarkan psikologi dan perilaku pengguna (anak. Alternatif penekanan desain yang bisa diambil. Green Architecture. Sebelum masa pendafataran pada setiap periode akan di-release daftar judul tugas akhir yang tidak boleh diambil pada periode tersebut. misal : Konsep Desain Biomorfik oleh Santiago Calatrava. penguatan karakter. dll).  Pengembangan proyek yang diperoleh pada masa kerja praktek.000. Dosen pembimbing adalah dosen tetap JAFT. dll. Alternatif usulan judul tugas akhir boleh berasal dari :  Melanjutkan materi seminar  Pengembangan substansi tugas Perancangan Arsitektur-5. antara lain :  Konsep arsitektur tertentu. tidak boleh sama dengan judul tugas akhir pada periode yang sama dan dengan judul tugas akhir pada 2 periode sebelumnya (Judul boleh sama. kayu. JUDUL TUGAS AKHIR DAN PENEKANAN DESAIN 1.  Konsep-konsep desain yang biasa dipakai oleh arsitek tertentu. F.  Proyek riil atau hasil studi dari pemerintah dan swasta. dll  Penekanan-penekanan desain berdasarkan penggunaan material tertentu (bambu. dll. tetapi lokasi harus berbeda). manula. 4 .    Surat Pernyataan bermaterai Rp.  Penekanan-penekanan desain yang lain yang diperoleh berdasarkan konsultasi dengan dosen-dosen JAFT.

 Apabila ada peserta tugas akhir yang tidak bisa mengikuti Sidang dengan alasan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan (misalnya sakit. Segera setelah diumumkannya dosen pembimbing untuk masing-masing peserta tugas akhir. yaitu :  Sidang Kelayakan Sinopsis  Sidang Laporan Perencanaan dan Perancangan Arsitektur  Sidang Eksplorasi Desain  Sidang Presentasi Desain 2. Yang bersangkutan wajib untuk membuat surat keterangan tertulis dan dilengkapi dengan surat keterangan dokter atau rumah sakit. yang bersangkutan langsung dapat mengikuti Sidang pada tahap yang sama pada periode tugas akhir berikutnya dan tetap wajib untuk mendaftarkan diri kembali pada saat pendaftaran tugas akhir periode berikutnya dibuka  Apabila pada saat dilaksanakannya Sidang terdapat peserta tugas akhir yang tidak hadir tanpa keterangan dan sebab yang jelas seperti tersebut pada butir di atas. dll). yang bersangkutan harus memberitahukan hal tersebut kepada panitia tugas akhir paling lambat 2 hari sebelum pelaksanaan Sidang. 4. dengan pertimbangan kesesuaian topik TA dengan bidang keahlian dosen dan aspek pemerataan dan keadilan.30 sampai dengan selesai. Peraturan umum tentang kehadiran pada sidang tugas akhir adalah :  Peserta yang tidak mengumpulkan materi sidang pada waktu yang telah ditentukan sebelum pelaksanaan sidang. 4. peserta tugas akhir wajib menyerahkan surat permohonan kepada dosen pembimbing masing-masing dengan diketahui oleh Koordinator Tugas Akhir. Sidang tugas akhir biasanya dilaksanakan pada hari Jum'at. tidak diperkenankan mengikuti sidang. 3. maka yang 5 . Mahasiswa boleh mengusulkan nama dua orang dosen pembimbing. 3. Dimulai pukul 08. dan dianggap gugur sebagai peserta tugas akhir dengan status mangkir. Panitia tugas akhir akan menerbitkan undangan beserta pembagian ruang sidang di lingkungan JAFT paling lambat 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan sidang. Daftar dosen pembimbing dan kelompok sidang akan diumumkan oleh panitia tugas akhir dalam 2x24 jam setelah proses pendaftaran tugas akhir selesai. Pada kondisi seperti tersebut. Sidang Tugas Akhir JAFT terbagi dalam 4 tahap. Sidang tugas akhir dipimpin oleh seorang pimpinan sidang yang dipilih oleh dosen di dalam satu kelompok sidang dibantu oleh seorang sekretaris sidang. tetapi keputusan akhir pembagian pembimbing berada di Panitia Tugas Akhir. SIDANG TUGAS AKHIR 1.2. G.

SIDANG KELAYAKAN SINOPSIS 1. Berkas sinopsis adalah dokumen ilmiah. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan asistensi / konsultasi sidang kelayakan sinopsis minimal sebanyak 1 (satu) kali untuk masing-masing judulnya. Tidak boleh menggunakan sepatu kets. Sidang kelayakan sinopsis dilaksanakan 3 minggu setelah pendaftaran Tugas Akhir. Peserta tugas akhir yang mengikuti sidang tetapi tidak mengikuti yudisium dinyatakan gugur sebagai peserta tugas akhir.15 4. Setelah pelaksanaan setiap tahap Sidang akan dilaksanakan Yudisium. margin atas 2. Apabila terdapat peserta Sidang yang dinyatakan TIDAK LAYAK atau TIDAK LULUS ke tahap Sidang berikutnya.  bersangkutan akan langsung dinyatakan gugur sebagai peserta tugas akhir.  Sepatu kulit warna gelap. Format berkas sinopsis adalah :  Kertas HVS A4  Tidak bolak-balik  Boleh berwarna atau hitam putih  Margin kiri 3 cm. maka yang bersangkutan akan diperbolehkan untuk langsung dapat mengikuti Sidang pada tahap yang sama di periode tugas akhir berikutnya dan tetap wajib untuk mendaftarkan diri kembali pada saat pendaftaran tugas akhir periode berikutnya dibuka 5. akan dikenakan sanksi yang berat. oleh karena itu kaidah-kaidah penulisan ilmiah harus diperhatikan.5 cm. margin kanan 2. Pakaian yang wajib dikenakan pada saat pelaksanaan sidang adalah :  Sidang Sinopsis : Atasan Putih. 2. kepada kedua dosen pembimbing yang telah ditentukan. dibuktikan dengan kartu asistensi yang dikumpulkan bersama berkas sinopsis.5 cm. yaitu tidak boleh mengikuti tugas akhir sebanyak 2 (dua) periode selanjutnya. yaitu : 6 . Yudisium wajib sifatnya bagi peserta tugas akhir. ] H. dengan status mangkir Peserta tugas akhir dengan status mangkir. margin bawah 2. 6.  Halaman berada di kanan bawah  Boleh mempergunakan footer atau header yang informatif  font utama : calibri 11  line spacing 1.5 cm. 3. bawahan hitam  Sidang LP3A : Batik  Sidang Eksplorasi Desain : Batik  Sidang Presentasi Desain : Jas/Blazer dengan kemeja berdasi.

Sejarah dan perkembangan 2.1.1.1.5. 9.    penulisan sumber pustaka dan referensi nomer gambar. dan sumber tabel daftar pustaka 5. Tipologi dan jenis proyek 2. Analisa Aktivitas 2. Tujuan 1.2.7. Metode Pembahasan 1.7.6. Tujuan dan Sasaran 1.2. 7.4. dan dikumpulkan satu hari sebelum pelaksanaan Sidang kelayakan sinopsis di pengajaran. dan sumber gambar nomer tabel.1. Metode Komparatif 1. dijilid lakban dengan mika bening. Bab 2 Tinjauan Pustaka 2. Sidang kelayakan sinopsis akan dimulai apabila terdapat kehadiran minimal 1 (satu) orang dosen dalam kelompok sidang.1.2.1.1. Sasaran 1.1.5. Alur Pikir (berupa diagram) II. Plagiatism yang ditemukan dalam berkas sinopsis adalah pelanggaran berat.2. dan peserta tugas akhir yang diketahui melakukan plagiatism pada berkas sinopsis akan langsung digugurkan sebagai peserta Tugas Akhir. Analisa pengunjung 2.5. 6.1. Tinjauan umum proyek 2.3. Metode Dokumentatif 1.5.6. Latar belakang 1.2. Materi Naskah Sinopsis adalah : I.2. judul tabel.3. Metode Deskriptif 1. judul gambar. Format cover naskah sinopsis dapat dilihat pada bagian lampiran. Berkas sinopsis dicopy sebanyak dosen.3.3.4.1. Sistematika pembahasan 1. Obyektif 1. 8. pada waktu yang telah ditentukan. Analisa fasilitas 7 .1.5.1. Bab 1 Pendahuluan 1. Subyektif 1. Definisi Proyek 2.2. Ruang lingkup 1. Manfaat 1.1.3. Pedoman Perencanaan Proyek 2.

Perkembangan Proyek di lokasi 3. Konsultasi dengan dosen penguji di dalam kelompok diperbolehkan apabila dosen yang bersangkutan bersedia. Obyek Studi Banding 3 III.1.1. Staff dan Pengelola 2.3. majalah.3. Tinjauan umum lokasi 3.2. Pada masa awal penyusunan Naskah LP3A akan diadakan Kuliah Pembekalan LP3A sebanyak satu kali pertemuan oleh dosen yang ditunjuk oleh panitia tugas akhir.3. keadaan geografis b. peraturan bangunan setempat) 3.4. 2.4. Kuliah pembekalan ini sifatnya wajib bagi seluruh peserta tugas akhir. Pengertian tematik / penekanan desain 2. studi banding tambahan boleh didapatkan dari buku. Daftar Pustaka I. Bab 3 Tinjauan Lokasi 3.2.4. SIDANG LP3A 1. keadaan topografi c. Fasilitas c.2.1. Studi Banding Proyek Sejenis (minimal terdapat 2 obyek studi banding yang dikunjungi secara langsung. dibuktikan dengan kartu asistensi yang dikumpulkan bersama naskah LP3A. Organisasi Ruang 2.1. Obyek Studi Banding 2 2. Tinjauan Tematik / Penekanan Desain 2.1. Tampilan bangunan d.1.2.2. Obyek Studi Banding 1 a. Sidang LP3A dilaksanakan 4 minggu setelah Sidang kelayakan sinopsis.2. Ciri tematik / penekanan desain 2. dan internet) 2. Kebijakan tata ruang wilayah (peruntukan. Perkembangan proyek sejenis di lokasi IV. keadaan klimatologis 3. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan asistensi / konsultasi Naskah LP3A minimal sebanyak 2 (dua) kali kepada masing-masing dosen pembimbing yang telah ditentukan. 3. Tinjauan detail lokasi a.2.8. Data pengunjung.3. 3. 8 .1.4. Lokasi b.2.

dan peserta tugas akhir yang diketahui melakukan plagiatism pada naskah LP3A akan langsung digugurkan sebagai peserta Tugas Akhir. Apabila menurut hasil sidang terdapat materi yang harus direvisi pada naskah LP3A. margin bawah 2. 8. Naskah LP3A adalah dokumen ilmiah. dijilid lakban dengan mika bening. 11. yaitu :  penulisan sumber pustaka dan referensi  nomer gambar. Naskah LP3A maksimal sebanyak 80 halaman.15 6.5cm. daftar isi. dan sumber gambar  nomer tabel. Plagiatism yang ditemukan dalam naskah LP3A adalah pelanggaran berat. Format naskah LP3A adalah :  Kertas HVS A4  Tidak bolak-balik  Boleh berwarna atau hitam putih  Margin kiri 3cm. oleh karena itu kaidah-kaidah penulisan ilmiah harus diperhatikan. mahasiswa tugas akhir harus merevisi naslah LP3A nya selambat-lambatnya dalam waktu 1 minggu setelah pelaksanaan sidang dan harus menunjukkan naskah LP3A yang telah direvisi pada saat pelaksanaan asistensi dengan dosen pembimbing. daftar gambar. 10. 12. Sidang LP3A akan dimulai apabila terdapat kehadiran minimal 1 (satu) orang dosen dalam kelompok sidang. dan dikumpulkan satu hari sebelum pelaksanaan Sidang LP3A di pengajaran. Panduan cover naskah LP3A dapat dilihat pada bagian lampiran. 9. tidak termasuk cover. judul tabel. 5.  Halaman berada di kanan bawah  Boleh mempergunakan footer atau header yang informatif  font utama : calibri 11  line spacing 1.4. margin kanan 2. pada waktu yang telah ditentukan. Materi naskah LP3A adalah sebagai berikut : Halaman Judul Halaman Pernyataan Orisinalitas Halaman Pengesahan Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir Untuk Kepentingan Akademis 9 . daftar tabel. Naskah LP3A dicopy sebanyak dosen. margin atas 2. judul gambar.5cm.5cm. dan sumber tabel  daftar pustaka 7.

4.1.5.4.1.1. Latar Belakang 1.4. Metode Pembahasan 1.4. Definisi proyek 2.7.2.1.2.2.4. Aktivitas proyek sejenis 2. Tipologi Proyek 2.2.1.7. Obyek Studi Banding 4 Bab III Tinjauan Lokasi 3.Halaman Persembahan Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Tabel Bab I Pendahuluan 1.3. Sejarah dan Perkembangan proyek 2. Obyek Studi Banding 3 2. 1 Pendekatan Pelaku dan Aktivitas proyek 10 . Pengelolaan proyek sejenis 2. Organisasi Ruang proyek sejenis 2. Obyek Studi Banding 1 2.3.2. Pendekatan Aspek Fungsional 4. Pedoman Perencanaan proyek 2. Tujuan dan Sasaran 1. Tinjauan Umum project 2. Dasar Perencanaan proyek 2.6.2.2.2.1. Tinjauan Kota 3.1 Pengertian tematik / penekanan desain 2.2.1.3.2 Ciri tematik / penekanan desain 2.2.3.2. Pengunjung proyek sejenis 2. Sistematika Pembahasan 1.1.8.1 Tinjauan Umum 3. Alur Pikir Bab II Tinjauan Pustaka 2. Manfaat 1.3 Tinjauan tematik / penekanan desain 2.2.2.6.10.5.4.9. Obyek Studi Banding 2 2. Ruang Lingkup 1. Perkembangan proyek sejenis di lokasi Bab IV Pendekatan Program Perencanaan dan Perancangan Proyek 4.1.3.3.4.2 Kebijakan Tata Ruang Wilayah di lokasi 3. Studi Banding 2. Fasilitas proyek sejenis 2.1.4.

Pendekatan Persyaratan Ruang 4.4.6.2.1. Program Ruang 5.3. Sistem Struktur 4.7.2.1. Setelah dinyatakan lulus dari Sidang LP3A. Sistem Komunikasi 4.1. Sistem Pencahayaan 4. Sistem Keamanan 4.4.2.3. Aspek Teknis 5.1.1.2.1. Sistem Penghawaan/Pengkondisian Ruang 4. Program Dasar Perancangan 5.2.3. Pendekatan Aspek Kontekstual 4.4.3. Sistem Pencegahan Kebakaran 4.1.2.3.2. Pemilihan lokasi 4.4. Sistem Jaringan Listrik 4.4. Pendekatan Kapasitas pengguna dan pengelola proyek 4.2. Pendekatan Aspek Teknis 4.3.1.3. Sistem Jaringan Air Bersih 4.5.3. Program Ruang 4.3. Sistem Pembuangan Air Kotor 4.1.4. peserta tugas akhir memasuki Tahap Studio Perancangan Tugas Akhir 11 .3. Pendekatan Kebutuhan Ruang 4.3.3. Sistem Modul 4. Pendekatan Hubungan Ruang 4.6.2.2. Sistem Transportasi Vertikal 4. Pendekatan Sirkulasi 4.1. 11.3. Tapak terpilih 5. Sistem Penangkal Petir 4.5.1. Aspek Kinerja 5.7. Pemilihan tapak 4. Aspek Visual Arsitektural Daftar Pustaka Berita Acara J.3.2.3.1.10.1. Sistem Pembuangan Sampah 4.8. Pendekatan Aspek Kinerja 4. Pendekatan Aspek Visual Arsitektural Bab V Program Perencanaan dan Perancangan Proyek 5. Program Dasar perencanaan 5.2. PELAKSANAAN STUDIO TUGAS AKHIR 1.5.1.2.9.

seluruh gambar wajib dimasukkan ke dalam tabung yang diberi nama dan NIM.00 s/d 17.00. dan 5 minggu sebelum Sidang Presentasi Desain. Studio perancangan tugas akhir dilaksanakan selama 10 minggu. yaitu absen pagi. akan diberikan surat peringatan.00 s/d 17. pukul 08.  Peserta Tugas Akhir yang tidak bisa mengikuti Studio Tugas Akhir karena alasan kesehatan.  Sewaktu-waktu akan diadakan absen oleh panitia tugas akhir. Peserta tugas akhir dapat memanfaatkan tambahan waktu tersebut untuk bekerja di studio. dosen pembimbing. Stempel diberikan hanya untuk kertas yang masih kosong pada setiap 5 lembar.2. survey.  Peserta Tugas Akhir yang mendapat 3 kali surat peringatan. wajib membuat surat permohonan ijin tertulis kepada panitia tugas akhir. Tata tertib yang berkaitan dengan produk dan gambar adalah :  Kertas untuk produk gambar disediakan sendiri oleh peserta Tugas Akhir.  Selain peserta tugas akhir. Gambar dilarang keras untuk dibawa ke luar lingkungan kampus JAFT. 2 hari sebelumnya. dan absen sore. Kertas yang sudah berisi gambar tidak akan diberikan stempel.  Untuk peserta tugas akhir yang mengikuti program fast track dan yang bekerja. absen siang. 12 . Jam berlangsungnya shift malam akan dibicarakan dengan panitia tugas akhir dan pelaksana harian tugas akhir. 4.  Peserta Studio Tugas Akhir yang meninggalkan jam studio untuk keperluan akademik (foto copy.  Peserta Tugas Akhir yang meninggalkan jam studio untuk keperluan non akademik. 3.  Waktu tambahan studio adalah hari Sabtu dan Minggu. dan pihak-pihak lain yg berkepentingan dg pelaksanaan tugas akhir dilarang berada di dalam studio tugas akhir. akan diberikan sanksi tegas. pukul 08. Yaitu dicoret dari peserta Tugas Akhir periode tersebut.  Pada saat jam studio berakhir. dan dimintakan stempel kepada panitia tugas akhir. dll) wajib mengisi logbook yang tersedia di studio. yaitu 5 minggu sebelum Sidang Eksplorasi Desain.  Peserta TA yang membawa pulang gambar. peserta tugas akhir yang tidak berada di tempat tanpa surat keterangan dan tanpa keterangan di logbook.  Selama masa periode tugas akhir.00. Proses asistensi dengan dosen pembimbing dan penguji harus dilakukan di dalam lingkungan kampus JAFT. Tata tertib yang berkaitan dengan waktu pelaksanaan Studio Tugas Akhir dan Presensi adalah :  Studio Wajib dilaksanakan setiap hari Senin s/d Jumat. ke perpustakaan. Setiap peserta tugas akhir wajib berada di studio dalam kurun waktu tersebut. otomatis dinyatakan gugur dan diberi kesempatan untuk mengulang di periode TA selanjutnya. wajib memberitahukan kepada panitia tugas akhir. dan melampirkan surat ijin dan surat keterangan dari dokter pada saat sudah bisa mengikuti studio kembali. asistensi. dan ditinggal di pengajaran. untuk diambil kembali pada awal jam studio keesokan harinya. diperkenankan untuk mengajukan permohonan jadwal studio untuk shift malam kepada panitia TA.  Absensi Studio Tugas Akhir dilaksanakan 3 kali dalam sehari.

Analisa Tapak Analisa tapak memuat hal-hal sebagai berikut :  Lokasi dan profil lingkungan  Ukuran dan tata wilayah  peraturan bangunan setempat (KDB. Pada tahap awal proses studio persiapan sidang eksplorasi desain. SIDANG EKSPLORASI DESAIN 1. Materi sidang Eksplorasi Desain yang berupa gambar adalah : 6. Sidang Eksplorasi Desain akan dimulai apabila terdapat kehadiran minimal 2 (dua) orang dosen dalam kelompok sidang. 3. Konsep Massa Bangunan Konsep Massa bangunan memuat hal-hal sebagai berikut :  Konsep bentuk massa bangunan (respon terhadap tapak. dibuktikan dengan kartu asistensi yang dikumpulkan bersama Materi Eksplorasi Desain. dll) 13 . dll)  Kondisi fisik alamiah dan buatan di sekitar tapak  Sirkulasi dan pencapaian tapak  Iklim. 5. 4. orientasi matahari. KLB. Materi sidang Eksplorasi Desain dikerjakan secara manual dengan kertas format A2.1. Tata cara penggunaan kertas sudah diatur pada bagian sebelumnya tentang Pelaksanaan Studio Tugas Akhir. akan diadakan Kuliah Pembekalan sebanyak 1 kali pertemuan oleh dosen yang ditunjuk oleh panitia tugas akhir. Konsultasi dengan dosen penguji di dalam kelompok diperbolehkan apabila dosen yang bersangkutan bersedia. transformasi bentuk. dan arah angin  elevasi dan kontur 6.2. Sidang Eksplorasi Desain dilaksanakan 5 minggu setelah Sidang LP3A.K. Konsep zoning :  Zoning makro  Zoning mikro  Zoning vertikal 6. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan asistensi / konsultasi Materi Eksplorasi Desain minimal sebanyak 3 (tiga) kali kepada masing-masing dosen pembimbing yang telah ditentukan. 6. GSB.3. 2. simbolisme. Kuliah pembekalan ini sifatnya wajib bagi seluruh peserta tugas akhir.

Skematik Desain (skala menyesuaikan ukuran kertas A2) : . L.detail-detail arsitektural dan struktural .konsep pemanfaatan vegetasi 6. tekstur. Konsep Sirkulasi : .konsep sistem utilitas lain yang dominan dalam perancangan (sistem akustik. estetika) 6. Materi sidang Eksplorasi Desain harus dipamerkan 2 hari sebelum pelaksanaan Sidang Eksplorasi Desain untuk mendapatkan masukan dari seluruh dosen JAFT.tampak bangunan . warna.7. 14 . Konsep sistem Utilitas : .konsep softscape dan hardscape tapak.5.konsep sistem struktur utama bangunan (balok dan kolom.block plan / site plan .sirkulasi kendaraan dalam tapak.4.main entrance bangunan . dan pedestrian .konsep sistem ventilasi . plat lantai.potongan membujur & melintang . rainwater harvesting.konsep sistem pencahayaan .potongan kawasan (untuk yang mengambil Tugas Akhir Kawasan dan Massa banyak) . Peserta sidang Eksplorasi Desain diminta untuk membuat maket studi.6. Sidang Presentasi Desain dilaksanakan 5 minggu setelah Sidang Eksplorasi Desain. dll) 6. sirkulasi sepeda. energi alternatif.konsep sekuens dan perspektif 7. Selain materi yang berupa gambar di atas.denah lantai dasar . 8.in dan out tapak .konsep sistem pondasi / sub struktur .denah basement dan lantai typikal .konsep struktur atap 6. dinding) . . Konsep selubung bangunan (padat dan rongga. SIDANG PRESENTASI DESAIN 1. Konsep sistem struktur : . fire protecting system.master plan .

menyesuaikan skala yang telah ditentukan. serta laporan perancangan harus dikerjakan sendiri oleh peserta tugas akhir. format presentasi / display A2. Laporan Perancangan. potongan. Gambar Kerja Arsitektur. c. Format hitam putih. 8. Presentasi Komputer dengan LCD Projector. Site Plan/Denah Situasi (Skala maksimal 1 : 500) 15 .1. diprint di kertas A4. PERSPEKTIF 3D) dengan skala bebas (seperti format sayembara). hanya untuk menampilkan animasi. dan akan dikenai sanksi gugur sebagai peserta tugas akhir. Materi sidang Presentasi Desain adalah : a. Dicopy sebanyak dosen. 7. format portrait. Bantuan dari pihak lain hanya diperkenankan pada pembuatan produk maket presentasi dan animasi. 3. Diberi frame/pengaku sederhana (dupleks. Isi bebas. tidak diperkenankan melakukan presentasi dengan mempergunakan komputer. berupa 3 lembar kertas A2. 5. di print di atas kertas HVS. Materi sidang Presentasi Desain dikerjakan secara manual atau menggunakan komputer dengan kertas format bebas. Dengan bingkai /frame/alas. Boleh full color/monochrom. Skala dan bahan bebas. Berwarna. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan asistensi / konsultasi Materi Sidang Presentasi Desain minimal sebanyak 3 (tiga) kali kepada masing-masing dosen pembimbing yang telah ditentukan. Maket Presentasi. Sidang Presentasi Desain akan dimulai apabila terdapat kehadiran minimal 2 (dua) orang dosen dalam kelompok sidang. 9. 4. 10. Pelanggaran terhadap poin 6 di atas adalah pelanggaran berat.2. d. Gambar Kerja Arsitektur. styrofoam/impraboard/frame poster). dibuktikan dengan kartu asistensi yang dikumpulkan bersama Materi Sidang Presentasi Desain. eksplorasi desain dan Gambar kerja. menjelaskan dari konsep desain hingga hasil perancangan (denah. Format Presentasi / Display. Konsultasi dengan dosen penguji di dalam kelompok diperbolehkan apabila dosen yang bersangkutan bersedia. Tanpa kaca penutup. Materi berupa konsep. Apabila tidak membuat animasi. Diprint 1x eksemplar (tidak perlu diperbanyak) b. Standarisari Produk Gambar Kerja Arsitektur adalah : 10. Boleh berwarna atau greyscale. Ukuran kertas bebas menyesuaikan dengan skala gambar yang telah ditentukan. Massa Tunggal / Single Building a. tampak. Jilid lakban dan mika bening.

jendela hidup/mati)  memperlihatkan potongan tangga  memperlihatkan struktur atap  memperlihatkan struktur lantai  memperlihatkan struktur pondasi  dimensi. dst / 1.4. out c.4. dst) d.C.D.content :  atap bangunan (bahan dan dimensi)  arah kemiringan atap/aliran air. dst / 1. Side Entrance. grid struktur (A. pintu. Potongan Prinsip (skala maksimal 1 : 50) content : 16 .4. Ground Plan/Denah lantai dasar yang memperlihatkan tapak (Skala maksimal 1 : 500) content :  dinding (notasi bata/bahan dinding.2. jendela hidup/mati)  nama tiap ruangan  elevasi / pail lantai  dimensi.2. Denah tiap lantai / denah tipikal (skala maksimal 1:200) content :  dinding (notasi bata/bahan dinding. jendela hidup/mati)  nama tiap ruangan  elevasi / pail lantai  dimensi. Tampak Bangunan (skala maksimal 1 : 200) content :  4 tampak bangunan  diberi bayangan f.3. grid struktur (A.3. dst / 1. dst)  vegetasi / pohon / rumput  pedestrian / perkerasan  jalan/aspal/paving  keterangan lokasi Main Entrance.C. pintu.3. dst)  elevasi e.B. pintu.D.C.  vegetasi / pohon / rumput  pedestrian / perkerasan  jalan/aspal/paving  dimensi b.B.B.2. Potongan Bangunan (skala maksimal 1 : 200) content :  minimal 2 potongan bangunan  memperlihatkan dinding (notasi bata/bahan dinding. grid struktur (A.D.

struktur lantai. Ground Plan/Denah lantai dasar yang memperlihatkan tapak (Skala maksimal 1 : 500) content :  dinding  nama tiap ruangan  elevasi / pail lantai  dimensi. grid struktur (A.D.Potongan satu bidang dinding dari atap hingga pondasi.C.4.Untuk 2 Massa Bangunan Utama 17 .2. out c.C. jendela hidup/mati)  nama tiap ruangan  elevasi / pail lantai  dimensi. topi2 beton. potongan dinding dan bukaan.4. lantai. dst / 1.2. Denah tiap lantai / denah tipikal (skala maksimal 1:200) . dst) d. Side Entrance. grid struktur (A. Rencana Utilitas (skala maksimal 1 : 500 + detail) content :  rencana air bersih  rencana air kotor dan pembuangan air hujan  rencana air fekal (dari closet)  rencana elektrikal  rencana sistem pengkondisian udara  rencana sistem penangkal petir 10. dst / 1. g. pintu.  vegetasi / pohon / rumput  pedestrian / perkerasan  jalan/aspal/paving  dimensi b.B. sloof. dll). balok lantai. dst)  vegetasi / pohon / rumput  pedestrian / perkerasan  jalan/aspal/paving  keterangan lokasi Main Entrance.D. Massa Banyak / Kawasan a.3.3. Memperlihatkan detail konstruksi atap.B. pondasi. selubung bangunan (shading. sirip. ring balok. tumpuan kuda-kuda/konstruksi atap. Master Plan (Skala maksimal 1 : 500) content :  atap bangunan (bahan dan dimensi)  arah kemiringan atap/aliran air.2.Untuk 2 Massa Bangunan Utama content :  dinding (notasi bata/bahan dinding. Potongan Bangunan (skala maksimal 1 : 200) .

dst / 1. dst)  elevasi e. ring balok. PENILAIAN SIDANG TUGAS AKHIR 1. dll). Potongan Prinsip Bangunan Utama (skala maksimal 1 : 50) content : Potongan satu bidang dinding dari atap hingga pondasi. topi2 beton. pintu. Rencana Utilitas Kawasan + Bangunan . Memperlihatkan detail konstruksi atap.D. lantai. sirip. g.4. riool)  rencana air fekal (dari closet)  rencana elektrikal  rencana sistem pengkondisian udara  rencana sistem penangkal petir  rencana perletakan hidran 11. Potongan Kawasan (skala maksimal 1 : 500) content :  minimal 2 potongan kawasan h. struktur lantai.2. resapan. pondasi. Berdasarkan karakternya karya peserta tugas akhir dibedakan menjadi : 18 . Pameran dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan lurah masing-masing periode tugas akhir.content :  minimal 2 potongan bangunan  memperlihatkan dinding (notasi bata/bahan dinding. selubung bangunan (shading.B. tumpuan kuda-kuda/konstruksi atap. jendela hidup/mati)  memperlihatkan potongan tangga  memperlihatkan struktur atap  memperlihatkan struktur lantai  memperlihatkan struktur pondasi  dimensi. grid struktur (A. sloof. Materi sidang Presentasi Desain akan dipamerkan selama 2 hari setelah pelaksanaan Sidang Presentasi Desain. balok lantai.Untuk 2 Massa Bangunan Utama content :  4 tampak bangunan  diberi bayangan f. Tampak Bangunan (skala maksimal 1 : 200) . potongan dinding dan bukaan.3. M.C.Jadi 1 Gambar (skala maksimal 1 : 500 + detail) content :  rencana air bersih  rencana air kotor dan pembuangan air hujan (hingga ke sungai.

Nilai yang diberikan oleh dosen pembimbing dan penguji dalam sidang bersifat mutlak dan tidak boleh diubah oleh panitia tugas akhir ataupun pengelola Prodi dan pengelola jurusan. outputnya adalah berupa nilai angka dari 0 s/d 100.d 100 = Nilai Huruf A 5.d 69 = Nilai Huruf C Nilai Angka 70 s. Sidang Kelayakan Sinopsis. LAMPIRAN :  Alur Pelaksanaan tugas Akhir JAFT  Tata kala tugas akhir  Form pendaftaran tugas akhir 19 . 6. dan tetap harus mendaftarkan diri pada saat pendahtaran tugas akhir periode berikutnya sudah dibuka. 8. outputnya adalah berupa nilai angka dari 0 s/d 100. Sidang LP3A. outputnya adalah berupa nilai angka dari 0 s/d 100. Dosen pembimbing dan penguji memberikan nilai pada lembar penilaian yang telah disediakan oleh panitia tugas akhir.d 79 = Nilai Huruf B Nilai Angka 80 s. dengan bobot nilai 40% dari seluruh nilai Tugas Akhir 3.   Bangunan Massa Tunggal Bangunan Massa Banyak Kawasan.2. dan harus mengulang tahap sidang yang sama pada periode tugas akhir selanjutnya. maka peserta tugas akhir tersebut akan langsung dinyatakan gugur pada periode tersebut. 2. dengan bobot nilai 30% dari seluruh nilai Tugas Akhir 4. Outputnya adalah peserta sidang sinopsis dinyatakan LAYAK atau TIDAK LAYAK untuk maju ke tahap sidang berikutnya. Sidang Eksplorasi Desain. Output penilaian pada masing-masing tahapan sidang adalah : 3. Sidang Presentasi Desain.1. Nilai akhir akan direkap oleh panitia tugas akhir N. Setiap karakter tersebut di atas memiliki penekanan penilian pada aspek yang berbeda-beda 3. Bila peserta tugas akhir mendapatkan nilai di bawah 60 pada salah satu sidang. dengan bobot nilai 30% dari seluruh nilai Tugas Akhir 3. 3.3.4. Dosen pembimbing dan penguji memiliki hak nilai yang setara 7. 9. Konversi nilai huruf terhadap nilai akhir pada akumulasi nilai sidang tugas akhir adalah :    Nilai Angka 60 s.

 Form kesediaan pembimbingan  Form penilaian sidang  format cover Naskah Sinopsis  format cover LP3A 20 .

21 .

22 .

............................ TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK 23 ........PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ......... ......... : ..

.............Foto 4 x 6 NAMA : ..... sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun serta dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.../HP : ………………………………………………………………… Adalah mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro............... Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Alamat : …………………………………………………………………... PANITIA TUGAS AKHIR 24 ... dengan ini menyatakan bahwa :  Saya akan mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh Panitia Ujian Tugas Akhir..................... saya ..UNIVERSITAS DIPONEGORO SURAT PERNYATAAN PENDAFTARAN TUGAS AKHIR Yang bertanda tangan dibawah ini.. Telp..  Sudah / Belum mengisi Mata Kuliah Tugas Akhir di KRS *)......  SANGGUP menyerahkan Sertifikat TOEFL dengan minimal score 400 dari SEU UNDIP paling lambat sebelum pelaksanaan Sidang Eksplorasi Desain..  Apabila dalam proses pelaksanaan Tugas Akhir saya melanggar pernyataan tersebut di atas......... saya bersedia menerima sanksi yang telah ditetapkan oleh Panitia Ujian Tugas Akhir maupun sanksi akademik dari Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.... Semarang....  Semua data yang saya berikan sebagai persyaratan untuk menjadi peserta Tugas Akhir adalah benar. Tempat/Tgl..... NIM : ... 6000.... …………………………………………………………………. Yang membuat pernyataan Meterai Rp......... NIM : …………………………………………………………………. N a m a : …………………………………………………………………. Lahir : …………………………………………………………………....

.... Panitia Tugas Akhir JAFT Septana Bagus Pribadi.....……………….............................…….................... ………………………………................... ST... Sebagai : PEMBIMBING PERTAMA / PEMBIMBING KEDUA *) Selama proses pembimbingan...... kami mohon kesediaan kepada Bapak/Ibu Dosen JAFT untuk bersedia melakukan pembimbingan dan pengarahan materi SINOPSIS TUGAS AKHIR bagi mahasiswa tersebut di bawah ini : N a m a NIM : ………………………………………………………............……. Semarang.... masih dimungkinkan bagi perubahan judul dan materi sinopsis sesuai dengan bimbingan dan arahan Bapak dan Ibu......... Dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNDIP Di Semarang........ ..............…......... ………………………………... : ....... Atas perhatian serta kerjasamanya.... MT NIP 19760911 200212 1 001 25 . ./VIII/20.. Judul Tugas Akhir dan Penekanan Desain : 1) ………………………………………...... 2) ……………………………………….......... : ………………………………………………………....... disampaikan terima kasih................... : Permohonan Bimbingan Sinopsis Kepada Yth.........………………………........ TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO Nomor Perihal : 01/TA-.............PERIODE ...............………………...……. Bersama Surat ini........................….... Bapak / Ibu ..............…………………………..............………………………………..........……...........................

...........................………………………………................. : ………………………………………………………...............................................………………....... Semarang............ ………………………………..... : Permohonan Bimbingan LP3A Kepada Yth....... Dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNDIP Di Semarang.. Judul Tugas Akhir dan Penekanan Desain : ……………………………………….…….......... Bersama Surat ini.............. ST....... ....….. disampaikan terima kasih................ MT NIP 19760911 200212 1 001 26 ........../VIII/20......... . Panitia Tugas Akhir JAFT Septana Bagus Pribadi.....*) Coret yang tidak perlu PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ...... Sebagai : PEMBIMBING PERTAMA / PEMBIMBING KEDUA *) Atas perhatian serta kerjasamanya.………………………...... : .……....……................... kami mohon kesediaan kepada Bapak/Ibu Dosen JAFT untuk bersedia melakukan pembimbingan dan pengarahan materi NASKAH LP3A bagi mahasiswa tersebut di bawah ini : N a m a NIM : ……………………………………………………….................. Bapak / Ibu ....... TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO Nomor Perihal : 01/TA-..

.……. ……………………………….. Dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNDIP Di Semarang...........….........…….... : Permohonan Bimbingan Studio Eksplorasi Desain Kepada Yth........................ Bersama Surat ini.....*) Coret yang tidak perlu PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ............. Judul Tugas Akhir dan Penekanan Desain : ……………………………………….... : ……………………………………………………….................... : ......... TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO Nomor Perihal : 01/TA-............. ..............……...………………………...............……………….................... kami mohon kesediaan kepada Bapak/Ibu Dosen JAFT untuk bersedia melakukan pembimbingan dan pengarahan materi STUDIO EKSPLORASI DESAIN bagi mahasiswa tersebut di bawah ini : N a m a NIM : ……………………………………………………….... Semarang........... Bapak / Ibu . Panitia Tugas Akhir JAFT 27 ......................../VIII/20....................... disampaikan terima kasih.……………………………….................... Sebagai : PEMBIMBING PERTAMA / PEMBIMBING KEDUA *) Atas perhatian serta kerjasamanya..... ........

.................................…….../VIII/20... Sebagai : PEMBIMBING PERTAMA / PEMBIMBING KEDUA *) Atas perhatian serta kerjasamanya....... : ………………………………………………………....…..... kami mohon kesediaan kepada Bapak/Ibu Dosen JAFT untuk bersedia melakukan pembimbingan dan pengarahan materi STUDIO PRESENTASI DESAIN bagi mahasiswa tersebut di bawah ini : N a m a NIM : ……………………………………………………….. Semarang........ MT NIP 19760911 200212 1 001 *) Coret yang tidak perlu PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ... Bersama Surat ini.. : Permohonan Bimbingan Studio Presentasi Desain Kepada Yth..Septana Bagus Pribadi. TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO Nomor Perihal : 01/TA-........................................ ..………………………..... Dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNDIP Di Semarang......... Judul Tugas Akhir dan Penekanan Desain : ………………………………………... disampaikan terima kasih......……..............………………............. . : ....... 28 ............................ ST....... Bapak / Ibu ...........................……...………………………………........................ ……………………………….....

......... ... TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO LEMBAR KELAYAKAN SIDANG SINOPSIS N a m a NIM : ………………………………………………………...... ST....... Hasil Sidang Sinopsis menyatakan bahwa judul dan materi yang disajikan dianggap : LAYAK / TIDAK LAYAK (*mohon dicoret salah satu) Judul Awal Judul Perubahan Catatan 29 . : ……………………….............Panitia Tugas Akhir JAFT Septana Bagus Pribadi......... : ................................ MT NIP 19760911 200212 1 001 *) Coret yang tidak perlu PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ..........

...Penguji Nama Tanda Tangan 1................... Hari/Tanggal No... Ketua Kelompok Sekretaris Kelompok (……………………….....................……………) PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ....……) (……………........... : ..................... Materi Yang Diuji Nilai Lulus 1 TUJUAN 3 ~ 5 2 METODA / SISTEMATIKA 5 ~ 10 3 STUDI REGULASI-REFERENSI-KOMPARASI 10 ~ 15 4 DATA dan ANALISA 22 ~ 40 5 PROGRAM PERENCANAAN 10 ~ 15 NILAI 30 ............... Semarang........... . : ………………………………………………………..................... 3........ : ………………………………………………………... 4...... TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO LEMBAR PENILAIAN SIDANG LP3A Nama NIM Judul : ……………………………………………………….. 5.. : .. ………………………………………………………...................... 2................ ....

................... ……………………………………………….. 2.………… : ……………………………………………………………................ 1 2 3 4 5 6 Item yang dinilai Zoning Konsep Bentuk Dasar Gagasan Blok Plan / Site Plan Gagasan Tata Ruang / Denah Gagasan Tampilan 2 D Gagasan Struktur & Utilitas Range Nilai 0 – 10 0 – 10 0 – 20 0 – 20 0 – 20 0 – 15 Nilai 31 .. ……………………....... …………………………………………………………………………….………..............….. …………………………………………………….... ………………………………………... BANGUNAN TUNGGAL No..………………..........……) (…………………........ TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO PENILAIAN SIDANG UJIAN EKSPLORASI DESAIN N a m a Judul Tugas Akhir : ………………………………………………… NIM : ...... …………………………………………………..............................6 PROGRAM PERANCANGAN 10 ~ 15 Jumlah Nilai Jumlah Nilai dibawah 60 TIDAK LULUS Catatan : …………………………………………………………………….... 3. : ..... 4.....……….... ……………………… Ketua Sekretaris (…………………............ ………………………………………………….…) PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ..........….............….................…… …………………….. ......… ……………………......………...................... Tim Penguji Materi draft LP3A : Tanda Tangan 1. ……………………..... 5.

......... TAHUN 2013 JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO PENILAIAN SIDANG UJIAN PRESENTASI DESAIN N a m a Judul Tugas Akhir No..........………… : ……………………………………………………………............ Dosen Penguji : Konversi Nilai : A B C : 80 : 70 : 60 s/d 100 s/d 79 Batas LULUS s/d 69 D E : 50 : … s/d 59 s/d 49 Batas Tidak LULUS ( …………………………................ 1 2 3 4 5 6 7 K A W A S A N Item yang dinilai No....... .....................……………………) PANITIA TUGAS AKHIR PERIODE ...... 1 : ………………………………………………… NIM : ........ : ..................7 Gagasan Tampilan 3 D / Maket Studio Jumlah 0–5 100 BANGUNAN MASSA BANYAK Item yang dinilai Range Nilai Zoning 0 – 10 Konsep Bentuk Dasar 0 – 10 Gagasan Blok Plan / Site Plan 0 – 30 Gagasan Tata Ruang / Denah 0 – 20 Gagasan Tampilan 2 D 0 – 15 Gagasan Struktur & Utilitas 0 – 10 Gagasan Tampilan 3 D / Maket Studio 0–5 Jumlah 100 No.. 1 2 3 4 5 6 7 Zoning Konsep Bentuk Dasar Gagasan Blok Plan / Site Plan Gagasan Tata Ruang / Denah Gagasan Tampilan 2 D Gagasan Struktur & Utilitas Gagasan Tampilan 3 D / Maket Studio Jumlah Range Nilai 0 – 10 0 – 10 0 – 30 0 – 15 0 – 20 0 – 10 0–5 100 Nilai Nilai Semarang.... Item yang dinilai Site Plan BANGUNAN TUNGGAL Range Nilai 0 – 10 Nilai 32 .............. ............

.......2 3 4 5 6 7 Denah Tampak + Perspektif Potongan Bangunan Struktur & Utilitas Animasi / Maket Presentasi Laporan Perancangan Jumlah 0 – 25 0 – 25 0 – 15 0 – 15 0–5 0–5 100 No..……………………) 33 .. 1 2 3 4 5 6 7 K A W A S A N Item yang dinilai Range Nilai Site Plan 0 – 20 Denah 0 – 20 Tampak + Perspektif 0 – 25 Potongan Kawasan 0 – 15 Struktur & Utilitas 0 – 10 Animasi / Maket Presentasi 0–5 Laporan Perancangan 0–5 Jumlah 100 Nilai Nilai Semarang..... Dosen Penguji : Konversi Nilai : A B C : 80 : 70 : 60 s/d 100 s/d 79 Batas LULUS s/d 69 D E : 50 : … s/d 59 s/d 49 Batas Tidak LULUS ( …………………………............... . 1 2 3 4 5 6 7 BANGUNAN MASSA BANYAK Item yang dinilai Range Nilai Site Plan 0 – 15 Denah 0 – 20 Tampak + Perspektif 0 – 25 Potongan Tapak 0 – 15 Struktur & Utilitas 0 – 15 Animasi / Maket Presentasi 0–5 Laporan Perancangan 0–5 Jumlah 100 No............

34 .

35 .