You are on page 1of 6

Fisiologi Kulit

Kulit merupakan organ tubuh paling besar yang melapisi seluruh bagian tubuh,
membungkus daging dan organ-organ yang ada di dalamnya. Luas kulit pada manusia
rata-rata + 2 meter persegi dengan berat 10 kg jika ditimbang dengan lemaknya atau
4 kg jika tanpa lemak atau beratnya sekitar 16 % dari berat badan seseorang

Fisiologi Kulit Fungsi Kulit • Melindungi tubuh dari trauma mekanis • Sebagai Pengatur Suhu tubuh (Termoreseptor) • Sebagai Pembentuk Vitamin D • Sebagai reseptor nyeri • Sebagai barrier pertahanan fisik/mekanik terhadap antigen .

Mekanisme Pertahanan Kulit Kulit • Keratinosit dan Lapisan Epidermis kulit sehat dan epitel mukosa yang utuh tidak dapat ditembus oleh mikroba. (kulit luka meningkatkan risiko infeksi) •Ketika mikroba masuk tidak melalui kulit. melainkan kelenjar sebaseus dan folikel rambut Berbagai asam lemak dan peptida antimikroba yang dilepas kulit mempunyai efek denaturasi terhadap protein membran sel (Mencegah infeksi dalam kulit) .

tanda-tanda inflamasi. Paparan sinar UV. pigmentasi satelit. Berkurangnya ketahanan imunologik 4 Gejala Klinis Perubahan Warna kulit (terletak di kutis). ukuran bervariasi (1mm-1 cm). telapak kaki. Permukaan halus dan Rata. penebalan kulit (ada yang menonjol ada yang tidak). elips. Lokasi sering di telapak tangan.Nevus Pigmentosus No Nevus Pigmentosus 1 Definisi Adalah suatu penyakit tumor jinak melanosit yang tersusun dari sel-sel nevus yang berpotensi menjadi melanoma maligna 2 Epidemiologi Degenerasi maligna nevus pigmentosus terjadi pada pasien di atas 35 tahun 3 Etiologi Faktor Genetik. Lesi bisa berbentuk bulat. gatal 5 Junctional Nevi Secara Umum tidak berambut. makulanya terang sampai coklat kehitaman. iregular. dan genitalia (pada pertemuan epidermis dan dermis) dermoepidermaljunction .

leher. Permukaan halus. Warnanya seperti warna kulit sampai cokelat. ukuran bervariasi dari beberapa mm hingga 1 cm atau lebih (diameter). FNA 8 Penatalaksanaan Pengangkatan nevus menggunakan teknik biopsi eksisi ataupun shave eksisi elektro dessication atau ekstirpasi ellips komplit (tergantung pada ukuran. berwarna cokelat kehitaman. Lokasi dimana-mana tetapi paling banyak di kepala. namun sedikit menonjol dan ada yang berbentuk papilomatosus. dan biasanya ditumbuhi rambut kasar. (sel nevusnya berada pada dermis) 7 Pemeriksaan Penunjang Biopsi Patologi Anatomi. (Sel nevusnya berada pada epidermis dan dermis) 6 Intradermal Nevi Bentuk Papel (kubah). dan lokasi lesi) . bentuk.No Nevus Pigmentosus 5 Compound Nevi Hampir sama dengan junctional nevi. lokasi banyak diwajah dan biasanya ditumbuhi rambut.

Manifestasi Nevus Pigmentosus NEVUS JUNCTIONAL NEVUS COMPOUND .