You are on page 1of 11

Materi Minggu Ketiga adalah Sales Order dan Product. Berikut langkahlangkahnya.

Step 1 : cara Login Compiere
 Klik dua kali Shortcut to Run_Compiere yang berada pada dekstop serta
dalam keadaan sudah menginstall jdk1.5.0_01, fyracle-runtime, dan
Compiere di Command Prompt. Selanjutnya kita lihat gambar di bawah ini.

 Selanjutnya kita masukkan ID- Pengguna SuperUser dan Password System

, lalu kita lihat gambar di bawah ini.

 Lalu kita klik Host untuk koneksi ke Database
 Setelah itu, tahap berikutnya adalah menentukan letak database yang
akan kita gunakan, setelah cek Uji Database sukses selanjutnya kita klik
tombol centang.

 Selanjutnya adalah menentukan admin dan klien. klik tombol centang. dan akan menampilkan tampilan utama compiere. Step 2 : Sales Order  Setelah beberapa saat kita tunggu compiere melakukan proses loading. seperti pada gambar di bawah ini.  Kemudian kita klik Sales Order pada modul compiere. . disini kita menggunakan GardenWorld Admin dan Kliennya adalah GardenWorld.

 Selanjutnya klik Datagrid untuk mengisi data – data yang akan diisi pada sales order. Untuk mengatur preferences kita pilih field yang diinginkan lalu tekan klik kanan dan kita pilih Value Preference. seperti tampilan di bawah ini. Lalu akan muncul tampilan tampilan di halaman berikut.  Kemudian tampilan pada Order Line seperti berikut. Pada edit text wajib kita isi untuk keperluan data yang akan di save di compiere. .

 Product pada compiere merupakan fasilitas yang menentukan dan mengatur dari mulai bahan baku produk. Step 3 : Product  Setelah beberapa saat kita tunggu compiere melakukan proses loading. barang setengah jadi atau barang jadi dan ditinjau dari segi kualitas.  Selanjutnya kita klik Datagrid untuk melihat dan menentukan data-data yang diperlukan pada order tax.  Lalu kita pilih pada Order Tax. . seperti pada gambar di bawah ini. Akan tetapi bila perusahaan memproduksi barang setengah jadi maka akan di realisasikan menjadi barang jadi. jumlah dan harganya. Selanjutnya kita klik Datagrid untuk menentukan data pada order line. seperti pada gambar di bawah ini. dan akan menampilkan tampilan utama compiere.

BOM quantity. datagrid ini sebenarnya adalah sebuah database yang terhubung di dalam product. dan BOM type. seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya kita klik Product pada modul compiere. seperti pada gambar dibawah ini.  Berikut adalah tampilan dari Bill of Material yang menentukan BOM product. .  Selanjtnya kita klik Datagrid untuk melihat dan menentukan data-data yang tertera pada Product.

datagrid ini merupakan sebuah database yang terkoneksi di dalam Related.  Selanjutnya adalah tampilan pada Replenish Replenish disini berguna untuk menentukan barang produk yang berada di gudang untuk diketahui jumlah maksimum dan minimumnya ketika ada pengambilan barang baik itu dari konsumen atau perusahaan sendiri.  Kemudian tampilan Related Related disini menjelaskan bagaimana menghubungkan atau memasarkan sebuah produk yang sudah jadi ditawarkan kepada konsumen. Berikut adalah tampilan dari Substitute. seperti pada gambar di bawah ini.  Selanjutnya kita klik Datagrid untuk menentukan Related. .

. terdapat produk apa saja yang kita bisniskan dengan bisnis partnernya dan terdapat keterangan kualitas barang yang diperjualbelikan. seperti pada gambar di bawah ini. tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.  Kemudian pada modul Business Partner Pada tahap ini merupakan kendali perusahaan dalam melakukan kerja sama dengan mitra perusahaannya. datagrid ini merupakan database yang terhubung di dalam Replenish.  Selanjutnya adalah tampilan Purchasing Tahap purchasing merupakan tahap transaksi pembelian barang produk jadi oleh konsumen dengan melakukan pembelian barang kepada perusahaan yang memproduksi.  Lalu kita klik Datagrid untuk menentukan purchasing. datagrid ini merupakan database yang terkoneksi di dalam purchasing. seperti yang bisa kita lihat pada gambar. Selanjutnya kita klik Datagrid untuk menentukan Replenish.

seperti pada gambar di bawah ini  Kemudian pada tampilan Price Price berguna untuk menentukan harga yang dimana telah terjadi transaksi atau sebelum terjadi transaksi. seperti pada gambar di bawah ini  Kemudian pada tampilan Download .  Selanjutnya kita klik Datagrid untuk menentukan price dari produk yang dipasarkan. datagrid ini merupakan sebuah database yang teroneksi di dalam price. datagrid ini merupakan sebuah database yang terkoneksi di dalam pengepakan. Kemudian kita klik Datagrid untuk menentukan pengepakan.

 Kemudian tahap Accounting Tahap disini melakukan pembukuan atau proses akuntansi dalam menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran perusahaan dalam melakukan transaksi bisnis produk.  Selanjutnya kita klik Datagrid untuk menentukan data transactions. merupakan pengambilan data-data produk yang tersedia di internet sehingga bisa jadi pilihan untuk menyertakannya atau tidak. datagrid ini merupakan sebuah database yang terkoneksi di dalam proses accounting. .Tahap download.  Kemudian pada tahap Transactions Tahap ini merupakan sebuah laporan yang memberikan informasi jual beli produk dalam bisnis. seperti pada gambar di bawah ini. datagrid ini merupakan sebuah database yang terkoneksi di dalam proses transactions. Tahap download sifatnya optional. seperti pada gambar di bawah ini.  Selanjutnya kita klik Datagrid untuk menentukan proses accounting.

LAPORAN AKHIR COMPIERE Nama : Fajar Tri Saputra NPM : 1A113219 Kelas : 5KA45 Tanggal Praktikum : Ketua Asisten : Paraf : 2 November 2014 .

LABORATORIUM SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA .