You are on page 1of 12

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang
Pemanfaatan teknologi jaringan komputer sebagai media komunikasi data

sehingga saat ini semakin meningkat. Kebutuhan atas penggunaan bersama
sumber daya yang ada dalam jaringan baik software maupun hardware telah
mengakibatkan timbulnya berbagai pengembangan teknologi jaringan itu sendiri.
Seiring dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan dan semakin banyaknya
pengguna jaringan yang menginginkan suatu bentuk jaringan yang dapat
memberikan hasil maksimal baik dari segi efisiensi maupun peningkatan
keamanan jaringan itu sendiri. Berdasarkan pada keinginan-keinginan tersebut,
maka upaya-upaya penyempurnaan terus dilakukan oleh berbagai pihak.
Pada saat ini manfaat dai jaringan komputer sudah sangat banyak
dirasakan apalagi dalam dunia komunikasi yang serba cepat ini, jaringan
komputer sering kali berperan penting dalam kegiatan pendistribusian informasi
yang cepat tersebut. Semua dari komponen yang tergabung dalam jaringan
komputer haruslah mampu saling mendukung untuk menghasilkan satu sistem
yang kokoh dan handal untuk melayani setiap permintaan informasi yang
dibutuhkan pengguna.
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini
berkembang

dengan

kecepatan

yang

sangat

tinggi,

sehingga

dengan

perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan

1

audio. gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri. Siswa/siswi tersebut juga menyimpan pekerjaannya di harddisk dimana mereka melakukan login. 2001). salah satu yang dibutuhkan SMP Negeri 1 Bangilan Kab. visual dan elektronik. yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi. media sebagai sarana penyajian ide. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan.Tuban adalah adanya sebuah sistem jaringan komputer yang memiliki account login terpusat yang didukung file server. Dari sekian banyak manfaat jaringan komputer. yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar. sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang learning (Utomo. pada laboratorium Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasai (KKPI) masih dijalankan sebuah sistem lama. Sistem lama ini dipandang sangatlah tidak efisien jika melihat seorang guru laboratorium Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) harus menyalakan komputer satu-persatu hanya untuk mengambil semua data pekerjaan siswa/siswinya. bebrapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi. Selama ini di SMP Negeri Bangilan Kab. File server yang dirancang ini menggunakan . dimana setiap sissa/siswinya melakukan login dengan menggunakan account tunggal yang telah ada di sebuah Sistem Operasi.2 mendapatkan informasi. tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan internet. dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informais pendidikan.Tuban.

04 LTS. salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Moodle yakni sebuah perangkat untuk mmbuat materi pembelajaran berbasis web yang mengelola kegiatan pembelajaran beserta hasilnya dan memfasilitasi interaksi antar guru dan siswa. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas.3 sistem operasi Linux Ubuntu Server 12. Menginstalasi aplikasi open source Moodle serta konfgurasi pada LAN . pennyampaian materi pembelajaran.2. kuis). Terdapat banyak cara dalam mengembangkan sistem pembelajaran online atau e-learning. penulis merumuskan masalah. antar guru dan guru. dan komunikasi (Sopian. Aplikasi moddle mendukung berbagai aktivitas. untuk kliennya digunakan sistem operasi yang telah ada yaitu Microsoft Windows XP Park 2.01 sebagai sebuah file server b. kolaborasi.Tuban?” 1. 1. penilaian (tugas. serta antar siswa dan siswa. Batasan Masalah Berdasarkan perumusan masalah di atas. monitoring. antara lain: administrasi. yaitu “Bagaimana membuat File Server Dan Sistem Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Jaringan Intranet Di SMP Negeri 1 Bangilan Kab.3. penulis membatasi masalah pada cakupan pembahasan yang mencakup beberapa hal diantaranya : a. 2008). Mengkonfigurasi Ubuntu 12.

4 c. membuat dan mengelola tugas-tugas. 1. memasukkan materi pelajaran.5. Menerapkan media pembelajaran e-learning dengan aplikasi Moodle sebagai media pembelajaran yang memberikan kemudahan. . Bagi Mahasiswa Sebagai pengalaman baru bagi peneliti dalam melakukan penelitian dan penliti dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di Perguruan Tinggi dengan keadaan yang dibutuhkan oleh lembaga pendidikan. Manfaat Penelitian a. berguna sebagai salah satu penunjang media pembelajaran. Pengaturan Moodle meliputi : Halaman depan tampilan Moodle. login user. 1. Bagi instansi Pendidikan Perancangan file server dan sistem pembelajaran berbasis Moodle pada jaringan intranet di SMP Negeri 1 Bangilan. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah : a. b. Merancang dan membangun server sebagai pusat penyimpanan data dengan menggunakan Linux Ubuntu 12.04.4. mempermudah penyampaian materi pelajaran kepada siswa. b.

tidak ketinggalan materi pelajaran dan informasi-informasi b. dapat mengikuti kuis atau ujian secara online karena berhalangan hadir ke sekolah.6. standarisasi materi pelajaran. Tinjauan Pustaka Beberapa kegiatan dan perkembangan mengenai penelitian dengan topik sejenis adalah : a. Penelitian yang dilakukan oleh Eka Praja Wiyata Mandala yang dilakukan pada tahun 2011 dengan judul “Perancangan Dan Implementasi ELearning Berbasis Web”. Penelitian yang dilakukan oleh Iqbal Qusni Ramadhan yang dilakukan pada tahun 2011 “Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle”. Bagi Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan Memberikan nilai tambah sumber kepustakaan sebagai bahan bacaan dan informasi yang dapat digunakan sebagai masukan bagi rekan-rekan dan bahan pertimbangan untuk penelitian berikutnya.5 c. maka masalah ini dapat dipecahkan dengan solusi yang menjadikan Learning Management System Online menjadi sarana penting dalam . Hasil penelitian ini e-learning ini dapat menciptakan lingkungan belajar. Hasil penelitian Aplikasi e-learning ini memudahkan para guru dan murid dalam melakukan aktifitas belajar mengajar. 1. melakukan diskusi materi pelajaran secara online dimana saja dan kapan saja di luar jam sekolah bahkan pada hari libur sekalipun.

ataupun melakukan pengawasan terhadap siswa. Penelitian pada embelajaran elearning ini memudahkan guru mengakses materi. video tutorial. Sehingga kreatifitas peserta didik lebih bisa menangkap dan memahami maksud dari yang pengajar sampaikan untuk kemudian mengembangkan logika berpikir ke tahap berikutnya. Penelitian yang dilakukan oleh Agus Wijayanto (2011) yang dilakukan pada tahun 2005 “Microlab E-Learning Berbasis Web”. .6 menciptakan WEB sebagai pusat kegiatan belajar mandiri serta pusat pelayanan informasi siswa sekelilingnya yang lebih efektif dan efisien c.

1 PERBEDAAN PENELITIAN TERDAHULU No. sedangkan perancangan dari peneliti sistem pembelajaran e-learning memiliki file server sendiri untuk menyimpan file-file siswa maupun guru. ataupun melakukan pengawasanterhadap siswa. video tutrial. standarisasi materi pelajaran. melakukan diskusi materi pelajaran secara online dimana saja dan kapan saja di luar jam sekolah bahkan pada hari libur sekalipun. maka masalah ini dapat dipecahkan dengan solusi yang menjadikan Learning Management System Online menjadi sarana penting dalam menciptakan WEB sebagai pusat kegiatan belajar mandiri serta pusat pelayanan informasi siswa sekelilingnya yang lebih efektif dan efisien Dengan pembelajaran elearning guru dapat dengan mudah mengakses materi. Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle belum memiliki file server sendiri. Eka Praja Wiyata Mandala (2011) Judul Perancangan Dan Implementasi ELearning Berbasis Web 2. Agus Microlab E-Learning Wijayan to Berbasis Web (2011) Hasil Aplikasi e-learning ini akan memudahkan para guru dan murid dalam melakukan aktifitas belajar mengajar. Iqbal Qusni Rama dhan (2011) Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle 3. Sehingga kreatifitas peserta didik lebih bisa menangkap dan memahami maksud dari yang pengajar sampaikan untuk kemudian mengembangkan logika berpikir ke tahap berikutnya Perbedaan Perancangan dan impelementasi E-learning berbasis web administrasi pengguna tidak menggunakan password dan user untuk login sedangkan penelitian yan g akan dilakukan peneliti setiap login pengguna harus mengisi password dan user. . Peneliti 1. dapat mengikuti kuis atau ujian secara online karena berhalangan hadir ke sekolah. tidak ketinggalan materi pelajaran dan informasi-informasi penting lainnya Dengan menggunakan e-learning dapat menciptakan lingkungan belajar.7 TABEL 1. Dalam pembuatan dan perancangan Sistem Informasi Microlab e-Learning Berbasis Web diberikan sedangkan penelitian yang akan dilakukan peneliti akan menambahkan beberapa fitur yang menarik agar aplikasi menjadi lebih kompleks.

8 .

dan . Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari pihak lain maupun sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini b.Tuban. Data Primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian lapangan (Field Reseach) melalui wawancara langsung yang dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yaitu daftar pertanyaan yang relevan dengan objek penelitian pada instansi SMP Negeri 1 Bangilan Kab.1. Metode Pengumpulan Data Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah: a. Contoh buku referensi yang digunakan peneliti dalam menyusun proposal skripsi adalah Pengembangan ELearning dengan Moodle karangan Sardjono Suherman Networking dengan Windows Server karangan Andi offset.7. Salah satu sumber acuan peneliti adalah buku referensi.7. Jenis Data Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Metode Literatur Metode ini merupakan metode pengumpulan data dan referensi baik dari media cetak maupun elektronik yang menunjang dalam penyusunan dan pembuatan proposal skripsi.2. Sumber Data Adapun data yang dikumpulkan oleh penulis adalah bersumber dari data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan objek penelitian 1.9 1. Metodologi Penelitian 1. Jenis dan Sumber Data a.7. 2.

Contoh : Peneliti : Bagaimana sistem pembelajaran moodle yang Bapak pimpin sekarang ini ? Peneliti : Apakah Bapak memiliki pendapat atau ide agar sistem pembelajaran moodle lebih baik ? 1.10 b.Tuban yang menyarankan untuk pengembangan sistem pembelajaran yang lebih baik dan lebih memacu siswa untuk lebih aktif di Kelas. Dengan observasi ini diharapkan mendapatkan data yang akan menjadi sebuah bahan referensi terhadap perancangan sistem keamanan pintu ruangaopen source ini. Sehingga mengetahui kebutuhan yang diperlukan untuk perancangan open source seperti konfigurasi open source sampai perancangan antarmuka. Metode Observasi Metode ini merupakan metode pengumpulan data dengan cara pengamatan secara langsung di ruang laboratorium SMP N 1 Bangilan Kab. Metode Pengembangan Sistem Metode pengembangan sistem pada Proposal Skripsi ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model proses . Wawancara Metode wawancara dilaksanakan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada Kepala SMP Negeri 1 Bangilan Kab.7.3.Tuban. c.

yaitu untuk menemukan kesalahan serta menemukan output yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan pada tahap perancangan piranti lunak. Testing Tahap ini dilakukan pengujian program yang sudah dibuat. Penulis akan melakukan beberapa hal yang diperlukan yaitu membuat studi kelayakan. perancangan basis data dan rancangan antar muka. Hasil analisis kebutuhan piranti lunak dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan perancangan. ERD.pressman (2002). . Tahaptahapnya sebagai berikut : a. Code Generation Pada tahap ini hasil perancangan diterjemahkan menjadi bentuk yang dapat dibaca atau dimengerti oleh komputer. b. alokasi waktu dan cakupan. Design pada tahap ini dilakukan perancangan terhadap piranti lunak yang akan dibangun. DFD. berupa bahasa pemrograman. System Requerement Analysis Mengumpulkan kebutuhan secara lengkap kemudian dianalisis dan didefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibangun. Penulis akan melakukan prosesnya melalui beberapa tahapan flowchart. d. pengujian dilakkan dengan pengujian black-box.11 waterfall yang dikemukakan oleh roger s. c. Fase ini harus dikerjakan secara lengkap untuk bisa menghasilkan desain yang lengkap.

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN .12 1. perancangan sistem. batasan masalah. Sistematika Penulisan Dalam pembahasan skripsi dilakukan dengan membagi tiap–tiap bab sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Bab I merupakan pendahuluan yang terdiri dari latar belakang. metodologi penelitian dan sistematika penulisan BAB II LANDASAN TEORI Bab ini membahas tentang referensi penunjang yang menjelaskan fungsi dari perangkat-perangkat yang digunakan dalam pembuatan laporan skripsi ini. pengujian tiap rangkaian dan pengujian alat. manfaat penelitian. perumusan masalah. BAB IV IMPELEMENTASI SISTEM Bab ini membahas tentang prinsip kerja tiap rangkaian.8. tujuan penelitian. perancangan hardware dan perancangan sistem software. BAB V PENUTUP Bab ini membahas tentang kesimpulan dan saran dari pembuatan laporan skripsi ini. BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini membahas tentang analisis sistem.