You are on page 1of 4

1.

Judul percobaan
: Penjernihan Air Metode Penyaringan Air Sederhana
2. Tanggal percobaan : 29 Desember 2014
3. Tujuan percobaan
:
a. praktikan memahami proses pengolahan air berupa penyaringan bertingkat
yang dibuat secara sederhana.
b. Praktikan dapat menyaring air sungai, rawa, sumur, sawah dan telaga sehingga
dapat menghasilkan air yang jernih,tidak berbau, tidak asam dan tidak payau.
4. Prinsip percobaan
: Alat penyaring air sederhana ini berfungsi sebagai alat yang
secara mudah menjelaskan bagaimana tahapan pemurnian air yang kotor dari
pencemaran air. Pencemaran air yaitu peristiwa kmasuknya zat, energy, unsur-unsur
atau komponen lain ke dalam air yang menyebabkan penurunan kualitas air sehingga
tidak sesuai dengan peruntukannya.
5. Prosedur percobaan :
a. Lubangi kedua wadah plastic 5 cm dari bagian bawah, dam diberi kran.
Wadah 1 untuk bak pengendapan, dan wadah 2 untuk bak penyaringan.

5 cm }
b. Letakkan wadah 1 lebih tinggi dari wadah 2, hubungkan kedua wadah
tersebut.lihat gambar!

c. Isilah wadah 2 (bak penyaringan) berturut-turut dengan batu kerikil setebal 3
cm,arang setebal 4 cm, ijuk masing-masing setebal 3 cm, pasir halus setebal 7
cm.

Tujuan mengaduk.dan kaporit terus aduk-aduk smapai 2-3 menit . gantilah arang aktif dengan yang baru. cucilah pasir kerikil dan ijuk sampai bersih yang dihasilkan berbau kaporit sangat tajam. g. Apabila jalan air pada wadah penyaringan kurang lancer. e. f. 2 buah wadah plastik di lubangi seperti di gambar 2. Isilah wadah 1 (bak pengendapan) dengan air yang akan dijernihkan. air dapat dialirkan ke wadah penyaringan (wadah 2) dengan membuka kran penghubung. Tambahkan bubuk kapur dan kaporit. Air kotor dicampur dengan tawas. kemudian bubuhi dengan tawas kemudian diaduk selama 5 menit. Data pengamatan No Pengamatan Gambar 1. agar butir-butir lumpur menjadi besar dan mengendap. Buka kran pada bak penyaringan untuk mendapatkan air yang bersih.Ket : = Pasir = ijuk = arang aktif = kerikil d. 6. Lakukan proses pengendpan ini pada waktu malam hari sehingga pada waktuy pagi hari. kemudian diaduk perlahan-lahan selama 2-3 menit. Bersihkan endapan lumpur pada wadah pengendapan (wadah 1) sesering mungkin.

kerikil.3. Bakar arang dengan api Bunsen seperti digambar agar mendapatkan arang aktif 4.ijuk dan pasir seperti di gambar 5 Di Tuangkan air kotor yang sudah dikasih kaporit dan tawas .arang aktif. Susun.

9. Diskusi dan pembahasan Pada percobaan kali ini tentang Penjernihan Air Metode Penyaringan Air Sederhana. Dan dilapisan atasnya terdapat arang aktif. dan dibuktikan alat ini dapat menjernihkan air limbah rumah tangga dapt disaring dan airnya juga lumayan jernih. dalam hal ini harus digunakan pasir. Insan mandiri. .dan air kotor yang kami gunakan adalah air limbah rumah tangga.ijuk dan kerikil yang bersih agar airnya juga yang disaring dapat jernih pula. dan bahanya juga mudah di dapatkan.disungai-sungai yang mengalir juga pakke konsep ini dimana air sungai-sungai tersebut terdapat batu-batu yang menyaring kotoran-kotoran agar sungai tetap jernih.petunjuk praktikum kimia industry (skala menengah-kecil). dan air kotornya digunakan tawas dan kaporit fungsinya adalah untuk menjernihkan air dan mengilangkan bakteri-bakteri ataupun kuman yang terdapat pada air kotor tersebut. wadah plastic yang kami gunakan dlam hal ini adalah botol air mineral. Dan untuk menjernihkannya kita juga menggunakan lapisan bawah adalah kerikil dimana digunakan untuk menyaring air kotor agar lebih bersih. Bandung.6 Setelah dituangkan air lumayan jernih dan tidak keruh maupun berbau lagi 7. fungsinya sama dalam penyaringan ini juga. Daftar pustaka Suryaningsih. fungsinya arang ini agar bakteri-bakteri ataupun kuman mati ketika melewati arang aktif ini. begitupun dengan pasir.siti 2013 . Kesimpulan Dapat disimpulkan bahwa kita bias membuat air penyaringan bertingkat secara sederhana. arang biasa yang sudah di bakar terlebih dahulu. Dan lapisan ketiganya adalh ijuk ini berfungsi untuk menyaring kotoran juga. hal yang pertama kita lakukan adalah melubangi wadah plastic. 8.