You are on page 1of 5

LBM 4

STEP 1
Ortopneu : sesak nafas yg terjadi bila penderita dalam posisi terbaring sesak nafas akan
berkurang bila penderita dalam posisi tegak,disebabkan karena melemahnya pembuluh
vena untuk melakukan preload.
Kongesti : penumpukan cairan darah secara abnormal di bagian dalam suatu jaringan,
Ex: hidung tersumbat pada flu
Jugular venous pressure : tekanan pada vena jugularis
Pitting edema : edema yang akan tetap cekung bahkan setelah penekanan ringan pada
ujung jari
Hepatomegali : pembesaran pada hepar
STEP 2
1. Mengapa nyeri hanya dirasaskan pada kuadran kanan atas saja,disertai mual dan
nafsu makan berkurang ?
2. Mengapa pasien lebih nyaman tidur dalam posisi setengah duduk,hubungannya
dengan seak nafas?
3. Mengapa pasien disertai pembengkakan di tungkai bawah?
4. Apa interpretasi dari peningkatan jugular venous pressure dan hepatojugular reflex
(+) ?
5. Mengapa bisa terjadi pitting edema (mekanisme) ?
6. Bagaiman mekanisme sesak nafas pada kasus ini ?
7. Mengapa pasien mengalami sesak nafas pada malam hari dan saat melakukan
aktivitas ringan?
8. Mengapa ditemukan kardiomegali dan kongesti pembuluh darah di paru?
9. Apa pemeriksaan fisik dan penunjang pada kasus?
10. Bagaimana penatalaksanaan kasus tersebut?
11. Apa diagnosis bandingnya?

3. 2006).o – posoisi setengah duduk – memperlambat aliran darah – tidak terjadi penumpukan pada paru Peningkatan aliran balik vena ke ventrikel kiri. et. sehingga terjadi iskemia jaringan dan menimbulkan sensasi “air hunger” ditambah kelelahan otot yang luar biasa sebagai akibat . jantung memompa darah ke seluruh tubuh pada semua organ.terjadi hipertensi paru-paru dan berakibat kesulitan dalam mengambil oksigen. Jawaban : Secara fisiologis. tapi karena pada pemeriksaan terdapat bendungan (kongestif) sehingga aliran darah tidak lancar. sel otot butuh oksigen berlebih. Ketika tubuh beraktivitas.STEP 3 1. Orthopnea biasanya menghilang dengan mengubah posisi menjadi duduk atau tidur dengan bantal tambahan (Fauci. hal ini berakibat pula pada kesulitan dalam pengambilan oksigen di paru. Nocturnal cough adalah manifestasi yang sering terjadi pada proses ini dan biasanya terlihat sebagai gejala gagal jantung.yg mengalami kegagalan dan tidak mampu menangani peningkatan preload Jawaban : 2.stenosis(katup aorta) –darah yg berada dlam ventrikel kiri dipompa ke aorta sebagian masuk ke atrium kanan mengakibatkan tekanan atrium kiri lebih besar sehingga menekan ke arteri paruparu . Mengapa pasien lebih nyaman tidur dalam posisi setengah duduk. yang mengakibatkan kenaikan tekanan kapiler paru. Mengapa pasien mengalami sesak nafas pada malam hari dan saat melakukan aktivitas ringan? Aktivitas – otot skelet bekerja. Bagaiman mekanisme sesak nafas pada kasus ini ? Posisi berbaring – aliran balik vena ke atrium dan vena lancar – peningkatan c.hubungannya dengan seak nafas? Pada posisi duduk terjadi penimbunan pada kaki dan perut. Jantung makin bekerja keras untuk memompa darah.sel otot tubuh jantung bekerja keras karna kongesti aliran darah tdk lancar – regurgitas katup mitral. al. posisi berbaring cairan tersebut akan kembali ke pembuluh darah dan akan merasa sesak Jawaban : Orthopnea merupakan hasil dari redistribusi cairan dari sirkulasi ekstremitas bawah menuju sirkulasi sentral saat posisi berbaring. Karena jantung dalam memompa darah tidak cukup.

Penyebab disebabkan oleh peningkatan kerja pernapasan akibat kongesti vaskular paru-paru yang mengurangi kelenturan paru-paru dan Tahanan aliran udara. Mengapa bisa terjadi pitting edema (mekanisme) ? Terjadi penyumbatan vena besar.disertai mual dan nafsu makan berkurang ? Karena dekompensasi . tanpa peningkatan jumlah sel dalam mempengaruhi jaringan. tetapi biasanya terdapat pada kaki dan pergelangan kaki. Mengapa nyeri hanya dirasaskan pada kuadran kanan atas saja.tekana hidrostatik meningkat – cairan keluar dari pembuluh darah ke interstisial – Kenapa ditungkai bawah tidak di tungkai atas ? 6. (guyton. 2008). (Guyton.penumpukan cairan aliran balik vena Perbedaan edem dg oedem? Komponen plasma? Jawaban: Definisi : edema adalah gelembung cairan dari beberapa organ atau jaringan yang merupakan terkumpulnya kelebihan cairan limfe.penumpukan cairan aliran balik vena Tekanan vena naik. 4. 2008). athur c)  Disebabkan oleh gagal jantung: .hepatomegali –menekan gaster sehingga terasa mual dan penuh 5. Edema bisa terkumpul pada beberapa lokasi pada tubuh. Mengapa pasien disertai pembengkakan di tungkai bawah? Gravitasi Terjadi penyumbatan vena besar. athur c) Mekanisme: Gagal jantung – curah jantung – perpusi ginjal – hipoferpusi – renin – aldosteron – reabsorpsi air dan natrium meningkat – retensi(tahanan) Na – meningkatkan volume plasma – transidasi (perpindahan) – Edema (guyton.dari iskemia otot sehingga membatasi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik (Guyton.

. Sumber : Buku Ajar Fisiologi Kedokteran  Disebabkan penurunan protein plasma: Penurunan konsentrasi protein plasma menyebabkan penurunan tekanan osmotic plasma.TD menurun. Apa pemeriksaan fisik dan penunjang pada kasus? Inspeksi: hubungan dengan kesadaran ? Kesulitan bernafas. diuretik(thiazide). jantung gagal memompa darah secara normal dari vena ke dalam arteri. sehingga menyebabkan edema. darah rutin. pemberian oksigen. venodilator. Edema yang disebabkan oleh penurunan konsentrasi protein plasma dapat terjadi melalui beberapa cara : pengeluaran berlebihan protein plasma di urin akibat penyakit ginjal . dengan demikian terdapat cairan tambahan yang tertinggal diruang –ruang interstisium.ECG. sementara jumlah cairan yang direabsorpsi kurang dari normal . Apabila gagal jantung yang tidak diobati.penurunan ini menyebabkan filtrasi cairan yang keluar dari pembuluh lebih tinggi.Pada gagal jantung. Foto rontgen thorax . menyebabkan filtrasi kapiler makin bertambah. Hal ini meningkatkan tekanan kapiler. edem extremitas. Apa interpretasi dari peningkatan jugular venous pressure dan hepatojugular reflex (+) ? Hepatojugular reflex? Adanya bendungan-peningkatan tekanan vena naik. sumber: Buku Ajar Fisiologi Kedokteran 7. Mengapa ditemukan kardiomegali dan kongesti pembuluh darah di paru? Kompensasi jantung – tekan meningkat-hipertrofi jantung 9. makanan yang kurang mengandung protein . penurunan sintesis protein plasma akibat penyakit hati ( hati mensintesis hampir semua protein plasma ). semua faktor bekerja sama membentuk edema ekstraseluler generalisata yang hebat. pemeriksaan fungsi hati 10. takikardi Derajat sesak nafas? Macam-macam sesak nafas? Macam suara tambahan Px penunjang: retensi urin EKG. atau pengeluaran protein akibat luka bakar yang luas .pembesaran vena jugular 8. Kaena normalnya darah dipompa ke paru-paru oleh jantung ventrikel kanan tetapi darah tidak dapat keluar dengan mudah dari vena pulmonalis ke jantung kiri. Bagaimana penatalaksanaan kasus tersebut? (Angio tensi inhibitor)ACE 1. vasodilator.

11. Apa diagnosis bandingnya? .