You are on page 1of 6

Tahapan membuat Desain Grafis

:
Seniman grafis tidak hanya mengandalkan ketajaman intuisi serta kecemerlangan ide yang
dimilikinya.
Seorang desainer grafis harus mampu membuat sebuah desain yang estetis dan juga memiliki
segmentasi kepada siapa pesan disampaikan serta rasional dalam target produksi suatu
produknya.

Tahap Desain Grafis :

Pengumpulan info

Analisis

Menyusun Tujuan

Menetapkan Pendekatan

Brainstorming

Evaluasi

Penghalusan/Penyempurnaan

Implementasi Kedalam Desain

V sangatlah diperlukan peranannya.V terbagi menjadi 2 jenis pesan berdasarkan penerapannya.K. Pesan dalam D. Pesan tersembunyi Kriteria Pesan yang baik diantaranya : - Objektif yang Fokus Fokus Pada Penetapan Sasaran Tetapkan Harapannya Pesan Tunggal . Pesan secara langsung 2.Pesan : Pesan adalah suatu bentuk media komunikasi antara komunikator dengan komunikan. 1.K.karena berdasarkan pesan sebuah desain komunikasi visual akan berhasil. Pesan dalam D. dengan adanya pesan diharapkan terjadi sebuah aksi dan reaksi terhadap suatu hal yang ingin disampaikan dan dikerjakan.

Cara kerjanya ialah sebuah plat digunakan sebagai media tinta dan dipindahkan pada blanket (karet) dan karet tersebut yang akan mencetak tinta pada kertas. Salah satunya adalah teknik dalam mencetak. teknik cetak perlu diketahui karena teknis ini sangat menentukan anda dalam menentukan sarana yang diperlukan sejak awal proses. desainer grafis harus memiliki kemampuan teknis.Mengenal Teknik Cetak Sebagai seorang Desainer Grafis. selain harus mempunyai intuisi tajam dan kemampuan mengolah informasi yang baik. . Terdapat 5 Teknik Dasar dalam Mencetak : - offset Screen Printing alias Sablon Gravure Letterpress Flexografi Teknik Offset : Teknik ini mengandalkan sebuah plat dan proses kimiawi dengan memisahkan antara cat berbasi minyak dan terpisah dengan air.

bawah. dengan proses menekan ke atas. Kemudian alat saput karet menyapu bagian yang diberikan tinta cetak. alat saput tersebut akan memberikan tekanan pada pori-pori halus benang silk tersebutlah yang akan mengisi bidang objek cetak dengan tinta cetak.kemudian mengisi bagian frame di atas benang silk.kanan atau kiri. Tekniknya yaitu meletakan objek cetak dibagian bawah frame. Alat-alatnya yaitu. terdapat sebuah frame dapat terbuat dari kayu. maupun besi. dengan tinta.Teknik Screen Printing : Screen printing dikenal juga sebagai silk screen ( benang jaring yang halus menyerupai sutera ). . dan juga alat penyaput yang terbuat dari karet.

. area yang menonjol akan menyentuh roll tinta dan ditransfer ke kertas yang akan dicetak. Teknik Letterpress Teknik ini menggunakan ukiran yang menonjol. yang berfungsi sebagai penyapu kelebihan tinta pada proses cetaknya.Teknik Gravure Teknik ini mengandalkan sebuah alat berbentuk roller yang dinamakan doctor blade. teknik ini sangat sesuai untuk produksi cetak dalam jumlah banyak dan kualitasnya sangat tinggi dan konsisten.

dengan teknis ini dapat mengerjakan solid yang sederhana seperti huruf-huruf yang besar.Teknik Flexography : Cetak ini mengandalkan teknik rotary yang menggunakan karet sebagai perantara tinta cetak. . maupun Photo Polymer yang dapat menghasilkan kualitas cetak prima.