Pemasangan & Pencabutan IUD

Bagian Obstetri dan Ginekologi
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

PEMASANGAN IUD

Pemasangan IUD Insersi yang tidak baik dari IUD dapat menyebabkan : – Ekspulsi – Kerja kontraseptif tidak efektif. – Perforasi uterus .

tp kejadian ekspulsi sangat tinggi. Menurut penelitian ( Singapura ) wkt terbaik adl 8 mgg PP .Waktu Pemasangan Insersi Interval Insersi IUD dapat dilakukan setiap saat dari siklus haid asal kita yakin seyakin-yakinnya bahwa calon akseptor tidak dalam keadaan hamil Insersi Post-Partum Insersi IUD aman dalam beberapa hari PP.

. Insersi Post-Abortus Karena konsepsi sudah dapat terjadi 10 hari setelah abortus. .5 hr stlh senggama tidak terlindungi. maka IUD dapat segera dipasang Insersi Post coitusDipasangkan selama 1.Lanjutan ..

Teknik Pemasangan Teknik Push out Teknik Withdrawal Teknik Plunging .

Persiapan Alat Bivale speculum / speculum cocor bebek Tenakulum Sounde uterus Korentang Gunting Mangkuk untuk larutan antiseptic Sarung tangan steril .

..Lanjutan . Cairan antiseptic Kasa atau kapas Cairan DTT Lampu/ penerangan IUD Bengkok Tampon tang .

.

Cara Pemasangan .

.

.

.

Teknik Pemasangan Lihat Pada Ceklist .

Kunjungan Ulang Satu (1) bulan pasca pemasangan Tiga (3) bulan kemudian 6 bulan berikutnya Satu (1) tahun sekali Bila terlambat haid 1 minggu Bila terjadi perdarahan banyak dan tidak teratur .

Perdarahan menstruasi biasanya akan lebih lama dan lebih banyak AKDR mungkin dilepas setiap saat atas kehendak klien .Informasi Umum AKDR bekerja langsung efektif segera setelah pemasangan AKDR dapat keluar dari uterus secara spontan Kemungkinan terjadi perdarahan (spotting) beberapa hari setelah pemasangan.

PENCABUTAN IUD .

Waktu IUD Di Cabut Ingin hamil kembali Keluar cairan pervagiam Infeksi Perdarahan .

Alat – – – – – – – – – Bivalve speculum Korentang. tampon tang Mangkuk untuk larutan antiseptic Sarung tangan steril/DTT Cairan antiseptic Kain kassa atau kapas Sumber cahaya yang cukup Tang buaya Klem lurus/lengkung .

.

Prosedur Pencabutan IUD Jelaskan pada klien prosedur &inform consent Pastikan klien telah mengosongkan kandung kencingnya Persiapan Alat Cuci tangan Posisikan pasien di gyn bed dengan lampu penerangan Pakai sarung tangan steril / DTT .

bereskan alat. Pemeriksaan bimanual...5 % Cuci tangan& dokumentasi .Lanjutan . apabila terdapat perdarahan maka pertahankan (deep) selama 3 menit Lepaskan speculum. Pasang speculum untuk melihat serviks dan benang Mengusap serviks dan vagina dengan larutan antiseptic 2-3 kali Jepit benang di dekat serviks dengan menggunakan klem lurus atau lengkung dan tali benang ditarik pelan-pelan Tunjukkan AKDR/IUD yang berhasil dicabut Beri antiseptic (povidon iodine). lepas handscoon dan rendam di larutan clorin 0.

. .Syukron ..