Kegunaan Sinar Alfa, Beta dan

Gamma

Disusun Oleh :
Radhiyan Febi Dwi Putra (24)

maka akan terjadi perpindahan energi dari sinar alfa ke materi tersebut melalui suatu tumbukan tidak elastis dengan elektron luar dari atom–atom dalam materi tersebut. o Sinar alfa dapat menghitamkan film. o Radiasi sinar alfa memiliki daya tembus terlemah dibandingkan dengan sinar beta dan sinar gamma. . Jadi sinar alfa mengandung 4 nukleon yaitu 2 proton dan 2 neutron. o Sinar alfa tidak lain adalah inti atom Helium bermuatan +2e dan bermassa 4 sma.SMA NEGERI 1 TAMAN TAHUN AJARAN 2013 – 2014   Unsur radioaktif : unsur yang dapat memancarkan radiasi secara spontan. o Jika sinar alfa mengenai suatu materi. Radiasi : sejenis sinar tetapi memiliki energy yang besar dan daya tembus yang tinggi +    Sinar Alfa () o Sinar alfa dihasilkan oleh pancaran–pancaran partikel – partikel α dari sebuah sumber radioaktif. o Sinar alfa akan dibelokkan menuju keping negatif jika dilewatkan melalui suatu medan listrik. o Merupakan komponen sinar yang dibelokkan ke kanan yaitu bermuatan positif jika dilewatkan oleh medan magnetik. Jejak partikel alfa dalam bahan radioaktif berupa garis lurus.

32c dan 0. Kecepatan sinar alfa berharga antara 0. o Memilki frekuensi yang sangat besar. karena massanya sangat kecil. o Foton gamma tidak banyak berinteraksi dengan atom suatu bahan. o Radiasi sinar alfa mempunyai daya ionisasi paling kuat. dengan demikian tidak bermuatan dan hampir tidak bermassa. o Sinar gamma merupakan radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek. o Sinar alfa bergerak lebih lambat daripada sinar beta karena massanya lebih besar Sinar Beta () o Sinar beta dihasilkan oleh pancaran partikel–partikel beta. o Sinar beta bermuatan -1e. o Tidak dibelokkan oleh medan magnetik dan medan listrik. Jejak tersebut disebabkan oleh hamburan yang dialami oleh elektron di dalam atom. tetapi lebih kecil daripada sinar gamma. o Kecapatan partikel gamma bernilai sama dengan kecepatan cahaya dalam ruang hampa.054c sampai 0.9c. o Sinar beta adalah partikel elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi.o Radiasi sinar alfa memilki jangkauan beberapa sentimeter di udara dan sekitar 10 -2 mm dalam logam tipis. o Kecepatan partikel sinar beta berharga antara 0.07c. o Berdasarkan percobaan dalam medan magnetik dan medan listrik dapat ditentukan kecepatan dan muatan sinar alfa. o Jejak partikel beta daam bahan berbelok – belok. dimana c adalah kecepatan cahaya dalam sinar vakum. o Sinar beta dibelokkan dengan kuat oleh medan magnetik dan medan listrik. . o Radiasi sinar beta memiliki daya tembus lebih besar daripada sinar alfa. o Batas jangkauannya beberapa cm di udara Sinar Gamma () o Mempunyai daya tembus paling besar.

radiotherapy (membunuh sel kanker)/radiasi sinar gamma terkontrol -sterilisasi alat-alat kedokteran -sterilisasi pada makanan dan pengawetan makanan -mengukur ketebalan baja -mendeteksi datangnya pasokan minyak/cairan dari jauh yang disalurkan melalui pipa-pipa -membuat varietas tanaman baru yang tahan penyakit -dimanfaatkan pada pembuatan radiovaksin. Sinar Beta () Sinar beta menjadi sinar yang bermanfaat untuk mendukung penelitian-penelitian ekstrim. Selain itu juga sinar beta dapat digunakan di pabrik-pabrik yang mengunakan pipa tertimbun di dalam tanah. serta berguna untuk mengukur ketebalan kertas Sinar Gamma () Sinar gamma memiliki banyak manfaat dibanding dua sinar sebelumnya. Para peneliti seperti arkeologi kerap memanfaatkan pancaran sinar beta untuk menemukan fosil dan juga untuk menentukan sudah berapa lama usia dari fosil yang ditemukan. untuk melihat apakah ada kebocoran pipa tanpa harus membongkar setiap timbunan pipa yang ada. Pemanfaatan sinar α. Serta sinar gamma bermanfaat dalam bidang yang berkaitan dengan logam-logam seperti contoh logam baja. Tanpa keberadaan sinar alfa maka tidak akan ada radioisotop di dunia. β dan γ diantaranya berdasar atas daya tembus yang dimilikinya dimana daya tembus sinar gamma paling besar dibanding dua lainnya: daya tembus α < β < γ Jika dilihat dari daya ionisasinya. Sinar alfa akan membidik neutron dan kemudian jadilah radioisotop. Sinar gamma mampu bermanfaat dalam bidang pertanian yang menyangkut budidaya tanaman. maka yang paling besar adalah sinar alpha: Daya ionisasi α > β > γ . . Sinar gamma juga bermanfaat dalam bidang medis dan kedokteran. Walaupun ketiga sinar tetap memiliki bobot manfaat yang sama-sama besar.Kegunaan Sinar Alfa () Beta () dan Gamma () Sinar Alfa () Sinar alfa sebagai sinar utama untuk memunculkan keberadaan dari radio isotop itu sendiri.

Lintasan sinar radioaktif dalam medan magnet Lintasan sinar α. Lintasan sinar α. β γ saat melewati medan magnet homogen arah tegak lurus keluar bidang baca. . β γ saat melewati medan magnet homogen arah tegak lurus masuk bidang baca.

12 Radioisotop Silikon -perunut radioisotop pada proses pengerukan lumpur pelabuhan atau terowongan. 8 Galium (Ga-67) .Manfaat Radioisotop Berdasarkan Nama Unsur No .di bidang kesehatan digunakan untuk mendeteksi gangguan peredaran darah.di bidang hidrologi dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan aliran sungai. 3 Karbon (C-14) -mencari ketidaknormalan yang berhubungan dengan diabetes dan anemia.mencari ketidaknormalan pada tiroid / kelenjar tiroid.keperluan scanning getah bening. 11 Natrium (Na-24) -untuk deteksi penyempitan pembuluh darah/trombosis -mendeteksi kebocoran saluran air bawah tanah dan menyelidiki kecepatan aliran sungai . 10 Fe-59 -mempelajari pembentukan sel darah merah. 7 Ti-201 -mendeteksi kerusakan jantung. . 13 Fosfor (P-32) -di bidang pertanian ddapat digunakan untuk memperkirakan . 2 Iodium (I-123) -disuntikkan pada pasien untuk mengetahui ada tidaknya gangguan ginjal. Iodium (I-131) . 6 Teknetium (Tc-99) -keperluan scanning tulang dan paru-paru -scanning kerusakan jantung -menyelidiki kebocoran saluran air bawah tanah. 9 Xe-133 -mendeteksi kesehatan paru-paru. 4 Kromium (Cr-51) -keperluan scanning limpa. 5 Selenium (Se-75) -keperluan scanning pankreas. Nama Unsur Manfaat / Kegunaan 1. digunakan bersama dengan Tc99.

Manfaat Fungsi-fungsi lain -membuat varietas tanaman baru yang tahan penyakit dan produktivitas yang tinggi -pemandulan /sterilisasi serangga pengganggu tanaman -mendeteksi pemalsuan lukisan atau keramik. Bahaya Roadioaktivitas: -dapat merusak sel-sel penting seperti sel tulang sumsum /penghasil sel darah. pencari jejak) untuk berbagai keperluan -Sumber Tenaga Listrik/PLTN -Memanfaatkan sinar-sinar radiasinya untuk berbagai keperluan. 15 Uranium (U-238) -menaksir umur batuan. 19 Isotop O-18 -di bidang kimia dapat digunakan sebagai atom tracer / perunut asal mula molekul air yang terbentuk. 14 Karbon (C-14) -mengukur umur fosil hewan.jumlah pupuk yang diperlukan tanaman. dengan membandingkan konsentrasi K40 dan Ar-40 pada batuan. -di bidang kesehatan dapat digunakan mendeteksi penyakit mata. Manfaat Secara Umum -Tracer (perunut. 17 Kobalt (Co-60) -mengontrol pertumbuhan beberapa jenis kanker melalui sinar gamma yang dihasilkan. 20 K-40 K-40 digunakan bersama-sama dengan dan Ar-40 stabil untuk mengukur umur batuan. 18 Isotop 8O15 -menganalisis proses fotosintesis pada tanaman. akibat radiasi tinggi yang tidak terkendali (termasuk juga radiasi sinar gamma) -dapat merusak/mematikan jaringan atau sel-sel pada makhluk hidup -dapat merusak/mengubah struktur DNA makhluk hidup -dapat mengakibatkan tumor atau kanker -Radon yang terhirup paru-paru memancarkan alpha dapat menimbulkan kerusakan dan pertumbuhan kanker -dapat menimbulkan luka bakar (akibat radiasi dosis tinggi) dan dapat memperpendek usia . tumor dan hati. 16 Uranium (U-235) Reaksi berantai terkendali dalam PLTN. tumbuhan dan manusia (dengan pengukuran pancaran sinar beta).