LAPORAN

TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK : STIMULASI SENSORI
DI RUANG KUTILANG RSJ PROVINSI LAMPUNG
SESI 1 DAN 2

OLEH : KELOMPOK 1

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN
TANJUNGKARANG JURUSAN KEPERAWATAN
PRODI KEPERAWATAN TANJUNGKARANG
NOVEMBER 2014

EDO ANDIKA 6. RENDHY HARDIYAN SAPUTRA 13200054 13200073 POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN .LAPORAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK : STIMULASI SENSORI DI RUANG KUTILANG RSJ PROVINSI LAMPUNG SESI 1 DAN 2 OLEH : KELOMPOK 1 1. EDI JULIANTO 13200051 13200053 5. DIKI ARYADI 4. DANU PRIAMBODO 2. DELA WAHYU KUSUMA 13200048 13200049 3.

berlangsung aman dan nyaman serta penuh semangat. Edi Julianto 3. Co-leader. Evaluasi Proses . Edo Andika  Observer : Rendhy Hardiyan Saputra  Pasien : 1. EVALUASI A.  Klien dan terapis duduk bersama membentuk lingkaran  Peserta sepakat untuk mengikuti kegiatan sampai selesai  Leader. B. observer telah berperan dan melaksanakan kegiatan TAK Halusinasi dengan baik. Diki Aryadi 2. Aris 6. name tag. Fasilitator. handphone dan speaker untuk memutar musik. Anggit 4. Eko 5.  Suasana saat kegiatan TAK Halusinasi Sesi I dan II menyenangkan. Darmin II. STUKTUR KELOMPOK  Leader : Danu Priambodo  Co leader : Dela Wahyu Kusuma  Fasilitator : 1. spidol dan papan tulis. tersedia shuttle cock. ember kecil. Aan 3. Radimin 2.TANJUNGKARANG JURUSAN KEPERAWATAN PRODI KEPERAWATAN TANJUNGKARANG NOVEMBER 2014 I. Evaluasi Struktur  Alat yang digunakan saat kegiatan TAK Halusinasi sesi I dan II tersedia lengkap yakni.

30 .57 WIB dengan rincian sebagai berikut.55 .  Fasilitator membantu leader melaksanakan kegiatan dan bertanggung jawab dalam antisipasi masalah.55 WIB mengajarkan klien menghardik halusinasinya Penutup 09.  Leader mampu memimpin acara. Namun pada saat pelaksanaannya waktu yang digunakan adalah 27 menit yaitu dari pukul 09.35 .30 – 09.  Peserta mengikuti kegiatan yang dilakukan dari awal hingga akhir C.09.35 WIB 09.  Observer sebagai pengamat melaporkan hasil pengamatan kepada kelompok yang berfungsi sebagai evaluator kelompok. Nama Menyebutkan Menyebutkan Menyebutkan Menyebutkan Klien isi halusinasi waktu terjadi situasi perasaan saat halusinasi halusinasi berhalusinasi muncul 1 Radimin     2 Aan X  X  .57 WIB D.09.  Co-leader membantu mengkoordinasi seluruh kegiatan. mulai dari pukul 09. Kegiatan Pembukaan dan pengarahan oleh leader Perkenalan nama perawat dan pasien Mendiskusikan cara klien mengontrol halusinasi dan Waktu 09. Evaluasi Hasil Sesi I: Stimulasi Persepsi Sensori (Halusinasi) Kemampuan Mengenal Halusinasi No.32 – 09.10.30 – 09.32 WIB 09.  Fasilitator mampu memotivasi peserta dalam kegiatan.00 WIB. Leader dapat mengkoordinasi seluruh kegiatan dari awal hingga akhir. Evaluasi Waktu Pelaksanan TAK Sesi I dan II dilaksanakan dengan kontrak waktu 30 menit.

Walupun ada yang sudah diajari . 4 Memperagakan cara menghardik halusinasi. Selain itu hasil juga menunjukkan bahwa semua klien mampu mengontrol halusinasinya baik dengan caranya sendiri atau dengan cara yang sudah diajarkan perawat sebelumnya. 2 menyebutkan efektivitas cara yang digunakan. Dokumentasi Kesimpulan yang didapat di SESI I dan II TAK Halusinasi: Semua klien mengikuti kegiatan SESI I dan II TAK Halusinasi dari awal sampai akhir kegiatan dengan hasil seperti yang tertera di tabel atas. 3 Menyebutkan             cara mengatasi halusinasi dengan menghardik.3 Anggit     4 Eko     5 Aris     6 Darmin     SesiI II: Stimulasi Persepsi Sensori (Halusinasi) Kemampuan Menghardik Halusinasi No 1 Aspek yang dinilai Menyebutkan Radimin Aan Nama Klien Anggit Eko Aris Darmin  X      X     cara yang selama ini digunakan untuk mengatasi halusinasinya.

Secara keseluruhan tingkat keberhasilan dalam mempraktekkan cara menghardik halusinasi 90 %.sebelumnya namun dalam mempraktekkannya masih belum benar. .