Teks Laporan

Bahasa Indonesia

Burhanus Shidqy ( 09 )

4 TEKS LAPORAN BAHASA INDONESIA II . ii 1. i Daftar Isi …………………………………………………………………………………………… ………. Teks deskripsi …………………………………………………………………..Daftar Isi Halaman judul …………………………………………………………………………………………… ………. 1 2. Teks laporan …………………………………………………………………...

1. Margetahan. Di Kalimantan Jenis tanaman langka ini lebih dikenal dengan nama Beitis.1. bahkan Indonesia disebut sebagai negara dengan keragaman jumlah spesies tumbuhan nomor dua di dunia. Bantal sulam ( palaquium walsurifolium ) Tumbuh di daerah rawa gambut. Beberapa tumbuhan yang langka di dunia. Berikut adalah daftar tumbuhan dari berbagai kelas yang paling langka di Indonesia berdasarkan jumlah spesies populasinya. Namun sayangnya. Penyebarannya di semenanjung Malaysia. Sumatera.Teks laporan Tumbuhan Langka di Indonesia Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah. tumbuhan langka yang harusnya dilindungi ini tidak dirawat dengan baik sehingga mengakibatkan populasinya semakin menurun dari hari ke hari. sebagian diantaranya merupakan tanaman yang hidup di indonesia. Nyatoh. Bayur ( pterosperium Javanicum Jungh ) . Tumbuhan dinyatakan langka berdasarkan jumlah spesies atau populasi yang ada. Nyatoh Jangkar. Nyato. dan Kalimantan Timur. 2.

Tumbuh pada ketinggian 600 m di atas permukaan laut di daerah pegunungan. Thailand dan Semenanjung Malaysia. Anggrek tebu ( Grammatophyllum speciosum ) Merupakan anggrek terbesar. Filipina. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera. Sumatera dan Malaysia. 7. Tengkawang ( Shorea spp. kadang ditemukan juga di daerah berbatu gamping. Tumbuhan langka ini juga bisa ditemukan di daerah dengan tanah liat. membuka ketika sudah dewasa. 3. Biasanya tumbuh di daerah hutan dengan tanah berpasir. ) Buahnya menghasilkan minyak nabati. Dalam satu rumpun . Thailand dan Semenanjung Malaysia. Kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Tersebar di Kalimantan. tanah berpasir maupun daerah berbatu kapur. Tersebar di Kalimantan Timur. Tersebar di Kalimantan. dan getahnya sebagai bahan permen karet. 4. Jelutung ( Dyera Sp ) Tumbuh pada daerah dengan ketinggian 400 m. Akar Karak ( ficus uniglandulosa wall ) Tumbuh di lereng bukit maupun sepanjang aliran sungai. Maluku. Pohon yang terdiri atas belasan spesies ( 13 diantaranya dilindungi dari kepunahan ) ini menjadi maskot ( flora identitas ) provinsi Kalimantan Barat. Tersebar di Kalimantan. paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. 8. Sumatera. 5. Bulian ( Eusderoxylon Zwageri ) Tumbuh di daerah lereng perbukitan dengan tanah berpasir. Sumatera. Dipakai untuk membuat perabot. Lantas. Kantong semar Merupakan jenis tanaman langka karnivora sewaktu daun masih muda. 6. Sabah. Serawak dan India. Sumatera.

2.talasan ).5 . Tanaman ini adalah pohon besar. Kapur Barus ( Dryobalanops camphora ) Tumbuhan langka ini ditemukan di Sumatra. Teks deskripsi Kantong Semar . 9.2 cm. Bunga bangkai raksasa ( Amorphophallus titanum ) Bunga bangkai tidak termasuk dalam famili Arecaceae ( Palmae ) melainkan dalam famili Araceae ( talas . Semenanjung Malaysia dan Kalimantan. 10.dewasa. anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1. tinggi hingga 65 m atau bahkan 75 m. ditemukan di hutan campuran pada tanah yang dalam humat berpasir kuning.

Kantong semar menangkap mangsanya dengan cara menenggelamkan serangga dengan cairan yang ada di dalam kantong tersebut. Ada tiga kantong yang menempel pada tanaman kantong semar. sulit untuk menyelamatkan diri karena ada lapisan lilin pada bagian dinding dalam kantong semar. India. kantong bawah dan kantong roset. Kantong atas lebih sering digunakan untuk menangkap mangsa terbang seperti lalat dan nyamuk. Mulai dari memikat serangga untuk mendekat dengan cara mengeluarkan cairan yang kaya akan gula. kantong semar memproduksi . Fungsinya pun berbeda sesuai nama kantong tersebut. fungsinya untuk menghilangkan daya cengkram pada kaki . bertujuan supaya serangga yang hinggap pada kantong tergelincir dan masuk ke dalam kantong.kaki serangga. Filipina. terletak di dinding luar kantong. Dapat tumbuh mencapai tinggi 15 – 20 m dengan cara merambat tanaman lain. cairan ini juga dapat membius dan melumat bagian tubuh mangsanya. Kantong – kantong ini begitu unik. Kemudian pada bagian bibir kantong terdapat peristome. Sri Lanka. dan Australia. banyak terdapat di kawasan tropis seperti Indonesia. Kantong atas. berbagai jebakan disiapkan untuk melumpuhkan mangsanya yaitu para serangga. Serangga yang terjebak dalam kantong. Selain menenggelamkan.Nepenthes atau kantong semar. kantong bawah digunakan untuk menangkap serangga tanah seperti semut. Dan terakhir.

kecil kemungkinannya untuk melepaskan diri. sehingga serangga yang terjebak dalam kantong semar.cairan pencernaan seperti air. . fungsinya untuk menenggelamkan dan membius serangga.