Analisis Protein dan Senyawa Bernitrogen dapat

dilakukan dengan beberapa Metode
Secara Kualitatif :
Reaksi Xantoprotein
Reaksi Hopkins-cole

Reaksi Millon
Reaksi Nitroprusida

Reaksi Sakaguchi
Uji Biuret

1. . Reaksi Xantoprotein Larutan asam nitrat pekat ditambahkan dengan hati-hati ke dalam larutan protein. Reaksi ini positif untuk protein yang mengandung tirosin. Setelah dicampur terjadi endapan putih yang dapat berubah menjadi kuning apabila dipanaskan. Reaksi yang terjadi ialah nitrasi pada inti benzena yang terdapat pada molekul protein. fenilalanin dan triptofan.

asam sulfat dituangkan perlahan-lahan sehingga membentuk lapisan di bawah larutan protein. Setelah dicampur dengan pereaksi Hopkins-Cole.2. Pereaksi ini dibuat dari asam oksalat dengan serbuk magnesium dalam air. Beberapa saat kemudian akan terjadi cincin ungu pada batas antara kedua lapisan tersebut. . Reaksi Hopkins-Cole Larutan protein yang mengandung triptofan dapat direaksikan dengan pereaksi Hopkins-Cole yang mengandung asam glioksilat.

karena terbentuknya senyawa merkuri dengan gugus hidroksifenil yang berwarna.3. Pada dasarnya reaksi ini positif untuk fenol-fenol. akan menghasilkan endapan putih yang dapat berubah menjadi merah oleh pemanasan. Apabila pereaksi ini ditambahkan pada larutan protein. . Reaksi Millon Pereaksi Millon adalah larutan merkuro dan merkuri nitrat dalam asam nitrat.

Reaksi Natriumnitroprusida Natriumnitroprusida dalam larutan amoniak akan menghasilkan warna merah dengan protein yang mempunyai gugus –SH bebas.4. Jadi protein yang mengandung sistein dapat memberikan hasil positif. .

Jadi arginin atau protein menghasilkan warna merah.5. Pada dasarnya reaksi ini memberikan hasil positif apabila ada gugus guanidin. yang mengandung arginin dapat .Reaksi Sakaguchi Pereaksi yang digunakan ialah naftol dan natriumhipobromit.

Uji Biuret Uji biuret : untuk membuktikan adanya molekul-molekul peptida protein. Ion Cu2+ (pereaksi biuret) dalam suasana basa akan bereaksi dengan polipeptida pada protein membentuk senyawa kompleks berwarna ungu atau violet .6.

maka molekul tersebut akan bergerak dari kutub negatif ke kutub positif . kemudian dialiri arus listrik dari suatu kutub ke kutub yang berlawanan muatannya.Elektroforesis • Teknik pemisahan komponen atau molekul bermuatan berdasarkan perbedaan tingkat migrasinya dalam sebuah medan listrik. Medan listrik dialirkan pada suatu medium yang mengandung sampel yang akan dipisahkan • Teknik ini digunakan dengan memanfaatkan muatan listrik yang ada pada makromolekul • Jika makromolekul bermuatan negatif dilewatkan melalui suatu medium.