TANAMAN OBAT

KELUARGA

Manfaat Untuk menambah nafsu makan. menurunkan lemak darah. menghambat penggumpulan darah dan sebagai antioksidan. fungsi hati. mengurangi nyeri sendi dan tulang.TEMULAWAK 1. Definisi Temulawak merupakan tanaman asli indonesia dimana tanaman ini sering digunakan sebagai bahan baku alami untuk pembuatan obat herbal. memperbaiki fungsi pencernaan. 2. .

Mendapatkan lokasi yang cocok untuk perbanyakan benih 2. . B. Pemilihan Lokasi Untuk Penangkaran A. Definisi Penetapan lokasi penangkaran benih sesuai dengan karakteristik komoditi untuk menghasilkan benih yang bermutu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tujuan 1. Memperoleh kepastian bahwa calon lahan penangkaran benih bukan bekas pertnaman yang terserang oleh bakteri.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR I.

Menilai kesesuaian lahan berdasaran standar pemilihan lokasi 2. Prosedur pelaksanaan pemilihan lokasi 1. Mengecek ketersediaan sarana jalan penghubung ke lokasi produksi benih 3. Menetapkan lokasi penangkaran 4.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR C. Membuat peta lokasi penangkaran 5. Mencatat setiap kegiatan .

B. Tujuan Menyediakan air secara efisien pertumbuhan tanaman tetap baik.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR II. dan efektif agar . saluran distribusi dan atau bak penampungan air dalam rangka memenuhi kebutuhan air. Penyiapan Sarana Irigasi A. Definisi Penyiapan sarana irigasi yaitu menyiapkan sumber air.

. Tujuan Menyiapkan lahan untuk siap ditanami sehingga tanaman dapat dapat tumbuh optimal.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR III.Penyiapan Lahan Penangkaran A. Definisi Rangkaian kegiatan mulai dari membersihkan lahan dari gulma dan sisa-sisa tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman sampai dengan pembuatan bedengan. B.

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR C. Standar penyiapan lahan 1. Lahan bersih dari sisa tanaman. dan gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman 2. . Pengolahan lahan minimal 2 minggu sebelum tanam.

. Tujuan Untuk menjamin kepastian mutu benih sumber yang akan dipergunakan dan yang dihasilkan. B. Pemilihan Benih Sumber A.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR IV. Definisi Proses seleksi bahan tanaman untuk perbanyakan.

Benih berasal dari tanaman induk yang sehat dengan umur tanaman 10-12 bulan 3. Standar pemilihan benih 1.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR C. Varietas unggul sudah dilepas oleh oleh Menteri Pertanian atau varietas unggul lokal yang dalam proses pelepasan 2. Mutu benih sesuai dengan standar yang telah ditetapkan .

Definisi Proses meletakkan benih ke dalam lubang tanam atau alur yang sudah disiapkan dengan jarak tanam sesuai dengan yang dipilih. Tujuan Agar benih dapat tumbuh dengan baik dan seragam. B. . Penanaman Benih A.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR V.

Penanaman dilakukn pada awal musim penghujan. sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. 2. Jarak tanam dan kedalaman lubang tanam.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR C. Tanah dipadatkan setelah penanaman. Standar pemilihan benih 1. 3. .

Letakkan benih dengan hati-hati ke dalam lubang tanam dengan posisi rebah dan tunas menghadap ke atas. . Prosedur pelaksaan penanaman 1. Padatkan tanah disekitar benih agar tanaman tumbuh kuat dan kokoh. Mencatat setiap tahapan kegiatan yang dilakukan.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR D. 2. 3.

Standar pemupukan tanaman Dosis dan waktu aplikasi pupuk disesuaikan dengan kebutuhan tanaman masing-masing lokasi. B. . C. Definisi Pemberian unsur hara berupa pupuk dengan dosis dan waktu aplikasi sesuai kebutuhan tanaman.Pemupukan Tanaman A. Tujuan Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara yang diperlukan tanaman agar dapat tumbuh optimal dan berproduksi dengan baik maksimal.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR VI.

2.STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR D. Gunakan pupuk organik yang sudah matang dengan dosis 10-20 ton/Ha. . Mencatat setiap tahapan kegiatan yang dilakukan. Pupuk dasar diberikan bersamaan dengan pembuatan lubang tanam 1-2 minggu sebelum tanam 3. Prosedur pelaksanaan pemupukan tanaman 1.