5

94
1
s

tu
us
g
A
45 l 18 iden
9
r
1
s
a
a
as hun ngg t Pre
D
a
ta
g
ri
an sia T PKI Dek
d
n
-U done pat P ngan
SIA
g
E
n
n
a
Nma
AR ) tum
da lik I da r li de
O
n
S
a
9 an
D
ert 45I DA 19M9U
h U epub n pa emba
N
P
I
a
9sAi hunIL terc 9)
k
R pka n k 959 aLhIKan sar 1G
a
a
a R TaAN ana 195
bhanDKaetilagA
m
a h Pli e1ru
uB
ar teta usk
r
a
k
b
g
e
B
k
a
U
g
u
e
am
de9Pu
EKr eM
h4aN
di rlN
5 Gg5aim ahun 0)
aka l 5kJah EPPdnadnagnDraaS
1
sa
l
n
A
g
u
a4 u5nT2n00210)0
-Ugn-U ruebcaLUahAm 9MoaBr 1e9
ILA
bT
an dibe UggnNadaasngR
S
ah
u
I
e
R
5
h
s
P
7
n
g
M
a
s
P
s
a
n t ( PoRr T
aE
9D
nSaahniug1nG
n sailnsdS
n
gnaAT
CA
kaaidhaSkniC
ad
aan M
l
da a ta (haNU
d
N
m
y
n
N
u
U
l
o
k
hg
n
J ETahaKeempat
d
N- 2 P
sa
nPerubahan
PA
Naskah
kiuA
duP
R u ra N
hka
pa
2
g
I
N
U(in
n
l
n
a
a
aILidA kila Dasar
lgS
Undang-Undang
eg 1945
TIA
a d(hansgiN
t
a
N
R
r
n
ta erw Tahunan
se(hasil
MPR Tahun 2002)
GE
P bara
da nSidang
N
a
p wa em
PE
L
e
D am
l
da

KELOMPOK 6

A
L
I
U
S
M
A
L
I
C
N
N
A
A
G
P
N
A
B
R
A GEM
S
A
N
E
D
S
P
I
K
E
M
A
T
P
A
I
L
,
L
I
A
A
M
N
D
G
I
D
A
A
M
L
A
K
R
I
N
A
A
H
S
P
D
U
B
A
S
O
S
K
C
E
L
O
P
I
N

PENGERTIAN PANCASILA .

MAKNA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA Nilai Pancasila NILAI DASAR PANCASILA .

.

PENGETIAN PARADIGMA .

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DALAM PEMBANGUNAN NASIONA .

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PENGEMBANGAN IPTEKS .

 IPTEKS PADA HAKEKATNYA ADALAH SUATU HASIL KREATIVITAS JIWA (rohani) MANUSIA. UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN LAHIR & BATHIN. FUNGSI IPTEKS HARUS MENGIKUTI NILAI-NILAI & MORAL. MENGGUNAKAN IPTEKS SEBAGAI USAHA KREATIFITAS. BAIK DALAM SIKAP & PERILAKU WARGA MAUPUN DALAM TATA KEMASYARAKTAN. PENINGKATAN HARKAT & MARTABAT MANUSIA ITU SENDIRI.  PANCASILA. PROSES ILMU PENGETAHUAN YANG MENJADI SEBUAH TEKNOLOGI YANG BENAR-BENAR DAPAT DIMANFAATKAN OLEH MASYARAKAT TENTU TIDAK TERLEPAS DARI PERAN ILMUWAN. IPTEKS DIKEMBANGKAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN HIDUP. DIARTIKAN SEBAGAI UPAYA BERSAMA UNTUK MENGELOLA DAN MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM SERTA SARANA-SARANA KEHIDUPAN SEDEMIKIAN RUPA. BERDASARKAN KREATIFITAS AKAL & PIKIRAN. KERANGKA BERPIKIR. DENGAN MANUSIA YANG LAIN & KESEIMBANGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP. YAITU: KESEIMBANGAN DENGAN TUHANNYA. MELALUI PROSES AKAL & PIKIRANNYA.  SETIAP ILMU PENGETAHUAN MENGHASILKAN TEKNOLOGI YANG KEMUDIAN DITERAPKAN PADA MASYARAKAT. . SEHINGGA TERCIPTA TINGKAT & MUTU KEHIDUPAN BANGSA & NEGARA SECARA SEIMBANG. UNTUK KEPENTINGAN KESEJAHTERAAN. SETIAP SILA DALAM PANCASILA YANG MERUPAKAN SATU KESATUAN HARUS MENJADI SUMBER NILAI. DALAM MENGEMBANGKAN IPTEKS. OLEH SEBAB ITU. MANUSIA MAMPU MENGOLAH KEKAYAAN ALAM YANG DISEDIAKAN OLEH TUHAN YME. SERTA ASAS MORALITAS DALAM PEMBAGUNAN IPTEKS DENGAN MENJAGA KESEIMBANGAN DALAM KEHIDUPAN.  KEBERHASILAN MANUSIA MENCAPAI TUJUAN & HAKIKAT HIDUPNYA.

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PENGEMBANGAN IPOLEKSOSBUD-HANKAM .

DI MASYARAKAT SAAT INI TERJADI STAGNASI NILAI SOSIAL-BUDAYA SEHINGGA TERJADI BERBAGAI MACAM GEJOLAK YANG CENDERUNG ANARKIS. PRINSIP ETIKA PANCASILA PADA HAKIKATNYA BERSIFAT HUMANISTIK. YAITU SISTEM EKONOMI UNTUK DAPAT MEWUJUDKAN KEMAKMURAN & KESEJAHTERAAN SERTA UNTUK MENJAMIN KESINAMBUNGAN PEMBANGUNAN NASIONAL & KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA & NEGARA BERDASARKAN PANCASILA & UUD 1945. PENGEMBANGAN NILAI-NILAI SOSIALBUDAYA YANG DIMILIKI BANGSA INDONESIA SEBAGAI DASAR NILAINILAI PANCASILA HARUS DITINGKATKAN. MAKA PENGEMBANGAN BIDANG EKONOMI YANG DIINGINKAN BANGSA INDONESIA.  PENGEMBANGAN BIDANG SOSIAL-BUDAYA. ATAS DASAR KENYATAAN TSB. OLEH KARENA ITU. ARTINYA NILAI-NILAI PANCASILA MENDASARKAN PADA NILAI YANG BERSUMBER PADA HAKIKAT & MARTABAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERBUDAYA. DIDASARKAN ATAS SISTEM NILAI YANG SESUAI DENGAN NILAI REFORMASI YANG BERBUDAYA. TERDAPAT DALAM RUMUSAN SILA KEDUA PANCASILA : “KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB” .

YANG PADA AKHIRNYA AKAN MELANGAR HAM & BUKAN UNTUK SEKELOMPOK WARGA ATAUPUN UNTUK SEKELOMPOK POLITIK TERTENTU. MAKA NEGARA BERTUJUAN MELINDUNGI HAK-HAK WARGANYA & MELINDUNGI SEGENAP WILAYAH NEGARA. PERTAHANAN & KEAMANAN NEGARA HARUS DIKEMBANGKAN BERDASARKAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILA. MAKA PERTAHANAN & KEAMANAN NEGARA HARUS DIKEMBALIKAN PADA TERCAPAINYA HARKAT DAN MARTABAT MANUSIA SEBAGAI PENDUKUNG POKOK NEGARA. NEGARA PADA HAKIKATNYA MERUPAKAN SUATU MASYARAKAT HUKUM. MAKA KEAMANAN MERUPAKAN SYARAT MUTLAK TERCAPAINYA KESEJAHTERAAN WARGA NEGARA. SEHINGGA BERAKIBAT NEGARA MENJAADI TOTALITER DAN OTORITER (menjadi segalanya & bekuasa mutlak / sewenang-wenang untuk bertindak) OLEH KARENA ITU. DEMI TEGAKNYA HAK-HAK WARGA NEGARA. PENGEMBANGAN BIDANG PERTAHANAN & KEAMANAN. ATAS DASAR PENGERTIAN DEMIKIAN. PERTAHANAN & KEAMANAN BUKANLAH UNTUK KEKUASAAN. PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA & MENDASARKAN PADA HAKIKAT NILAI KEMANUSIAN MONOPLURALIS. .

SEKIAN TERIMA KASIH .