You are on page 1of 19

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PRINTER JUICE SEBAGAI ALTERNATIF MINUMAN
KESEHATAN PENCEGAH AVITAMINOSIS
BIDANG KEGIATAN
PKM-K
Diusulkan oleh :
Wibowo Heru P.

094254040

(Tahun 2009)

Evi Susilowati

094254033

(Tahun 2009)

Siti Kuswaroh

094254039

(Tahun 2009)

Indah Cahyani M.

104674015

(Tahun 2010)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
SURABAYA

i

2012 ii .

perasa. Juice sebagai salah satu pilihan minuman kesehatan semakin mudah ditemukan. minuman ini bisa berupa minuman siap saji dalam kemasan ataupun non kemasan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya bisnis kuliner yang meliputi makanan atau minuman tradisional hingga modern. Avitaminosis iii . jika seseorang mengalami kekurangan vitamin tertentu maka orang tersebut mengalami avitaminosis pada vitamin tersebut. Persaingan di bidang bisnis minuman kesehatan turut menawarkan produk minuman yang menyehatkan dan mudah diperoleh. Maka. akan mempengaruhi kesehatan masyarakat. didominasi oleh minuman cepat saji dalam kemasan.Printer Juice Sebagai Alternatif Minuman Kesehatan Pencegah Avitaminosis Wibowo Heru P. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat luas sangat konsumtif terhadap minuman yang siap saji. Akan tetapi. Indah Cahyani M. baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu dipilih jenis usaha juice yang identik dengan minuman yang kaya akan nutrisi dengan kemasan dan penyajian yang menarik. Dengan ketersediaan lemari pendingin dan kedekatan dengan lokasi pengadaan bahan baku inilah yang menjamin buah sebagai bahan baku utama tetap terjaga kesegarannya. Kata kunci : Printer Juice. Evi Susilowati. Printer Juice mencoba menawarkan produk minuman kesehatan dengan jaminan pengolahan bahan baku secara higienis sehingga diperoleh produk akhir yang berkualitas. sehingga mampu mengurangi avitaminosis dalam tubuh. Sisi pembeda yang penting dari produk ini ialah bentuk usaha yang menghadirkan gerobak usaha unik dan menggunakan blender bermutu yang mampu menghasilkan sari buah lebih banyak dan mampu menjaga serat buah. Juice buah mengandung berbagai macam vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Avitaminosis secara umum dipahami sebagai penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin dalam tubuh. Hanya saja bisnis ini cenderung homogen antara satu produsen dengan produsen yang lain. kunci untuk bisa bersaing di bidang bisnis minuman kesehatan seperti juice ialah mampu menghadirkan produk yang berkualitas dan berbeda. Pembuatan juice pun tidak membutuhkan waktu yang lama. ABSTRAK Potensi usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang cukup menjajikan. Sasaran utama konsumen produk ini ialah warga Ketintang yang dekat dengan domisili produsen dan juga dekat dengan tempat pengadaan bahan baku yang terencana di Pasar Wonokromo. Artinya. Pembuatan minuman ini hanya memerlukan buah sebagai bahan utama. Siti Kuswaroh. Makanan sebagai kebutuhan dasar manusia mendasari terus berkembangnya ragam usaha di bidang kuliner.. Apalagi dengan kian beragamnya kebutuhan manusia disebabkan gaya hidup yang semakin meningkat. mengingat dalam produk kemasan tersebut tentu saja mengandung bahan-bahan seperti pengawet. Bisnis minuman yang beredar di masyarakat saat ini. Bisnis kuliner ialah bisnis yang terus hidup. serta blender sebagai peralatannya. Juice merupakan minuman sari buah yang disukai oleh hampir semua lapisan masyarakat. dan pewarna.

..... J............................... E.............. Lampiran..................................... Tabel 2 Biaya Bahan Pokok 7 3....................................... M..... Luaran yang Diharapkan.............. P................................................................................................... N.................. Metode Pelaksanaan.. H...................................... Kegunaan................................................. Tujuan ..................................................................................................... Halaman Kulit Muka............................. C.... Daftar Gambar.............................................................................. Daftar Isi ... Gambaran Umum Rencana Usaha................. Tabel 3 Peralatan 8 4............................................. F.................................... Tabel 1 Jadwal Kegiatan Program 7 2.................................................................................... Halaman Pengesahan..........................DAFTAR ISI A..................................................................................... I........................ G.............................................. L........................................................... B................. Latar Belakang Masalah......... D...................... K................................................................................................................................................. Daftar Tabel......................... Perumusan Masalah..... O........................................................................................................................ Abstrak ................. Jadwal Kegiatan............. Rancangan Biaya............................................. Tabel 4 Biaya Bahan Habis Pakai 8 iv ............. i ii iii iv v vi 1 1 2 2 2 4 5 7 7 11 DAFTAR TABEL Tabel-tabel Halaman 1.......

Gambar 4 Struktur Usaha Printer Juicer 14 v . Tabel 5 Biaya Operasional Tambahan 8 6. Gambar 1 Logo Usaha 13 2. Tabel 6 Penyusunan Laporan 9 DAFTAR GAMBAR Gambar-gambar Halaman 1. Gambar 2 Gerobak Usaha Printer Juicer 13 3.5. Gambar 3 Brosur Usaha Printer Juicer 13 4.

Salah satu perubahan psikologisnya ialah keinginan mereka untuk menampilkan/menonjolkan jati diri mereka. Gambar 6 Layout Usaha Printer Juicer 14 14 A. B. Pada masa-masa remaja ini mereka akan mengalami perubahan-perubahan secara fisik maupun psikologis.5. Biasanya melalui kegiatan-kegiatan positif vi . tentunya pada bidang studinya masingmasing. JUDUL Kaos Mahasiswa (KOMAH) figur keseharian mahasiswa. LATAR BELAKANG Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan akan berguna bagi bangsa indonesia ini. misalnya menonjolkan status mereka sebagai seorang mahasiswa. Hampir sebagian besar mahasiswa di seluruh indonesia ini di dominasi oleh kalangan remaja apalagi untuk progam studi Sarjana (S1). Gambar 5 Denah Lokasi Usaha Printer Juicer 6.

tidak mengandung unsur SARA. berwirausaha. tokoh utamanya mahasiswa. Sehingga tidak ikut berkompetisi dengan kaos-kaos distro ataupun yang dijual dipasar. Karena satu desain/gambar pada kaos dibuat dengan bermacam-macam warna kaos favorit masing-masing konsumen. Misalnya mengikuti demo yang bersifat anarkis. Dimulai dari proses studi mahasiswa. Kaos ini didesain semirip mungkin menggambarkan fakta-fakta yang berkaitan dengan kehidupan mahasiswa. Kaos Mahasiswa ini mempunyai kedudukan berbeda dengan Kompetitorkompetitor usaha kaos lainya. tetapi tidak menutup kemungkinan diperjualbelikan di masyarakat. unik. dan yang mendominasi adalah mahasiswa. narkoba. Konsumen tidak perlu takut jika desain kaos yang disukai tidak sesuai dengan warna kaos favoritnya. bukan dosen. kaos cak cuk dari surabaya. C. kaos ini diharapkan akan menjadi identitas bagi setiap mahasiswa di seluruh indonesia bagi yang mengenakanya. Kaos mahasiswa (KOMAH) adalah salah satu sarana alternatif yang kami tawarkan untuk memfasilitasi setiap mahasiswa yang ingin menunjukkan jati diri mereka sebagai seorang mahasiswa. dsb. Berbeda dengan Usaha kaos seperti usaha distro yang menjual kaos-kaos dengan merk ternama di tokonya atau kaos-kaos yang dijual di pasar yang rata-rata menjual kaos dengan merk tiruan. serta diharapkan dapat mengundang tawa bagi yang melihatnya dan tetap bersifat sopan dan beradab. PERUMUSAN MASALAH vii . serta Kaos Dagadu yang menjadi ikon kota Jogja. Desain yang kami tawarkan pun sangat menarik. Kaos ini tersedia dalam berbagai ukuran dengan bermacam-macam warna dan dengan kain kaos yang lembut serta nyaman bagi konsumen. kegiatan-kegiatan kemahasiswaan hingga kehidupan pribadi mereka yang diharapkan dapat mewakili perasaan mereka sebagai seorang mahasiswa. Seperti Hal-nya Kaos Joger yang merupakan identitas Pulau Bali. karena target utamanya adalah seorang mahasiswa.seperti Organisasi. kriminalitas. Mereka saling berkompetisi menghadapi persaingan pasar untuk dapat memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya untuk memperoleh keuntungan. Tetapi berbeda dengan Kaos Mahasiswa ini. bakti sosial. Sasaran konsumen utama dari penjualan kaos ini adalah mahasiswa. Karena yang menjadi orang pertama adalah mahasiswa. pornografi dan kekerasan. staff TU maupun Satpam. dsb. tidak membosankan. Tetapi juga tidak luput dari hal-hal yang bersifat negatif.

antara lain: 1. LUARAN YANG DIHARAPKAN Melalui produk ini diharapkan dapat menunjukkan ikon seorang mahasiswa melalui media kaos. Kaos Mahasiswa ini menggambarkan fakta-fakta yang berkaitan dengan kehidupan mahasiswa. Lain Halnya dengan Kaos mahasiswa ini. G. Bagaimana proses pembuatan Kaos Mahasiswa? 2. 2. Prospek Usaha dan Pemasaran a. Strategi Pelaksana dan Pemasaran Kegiatan tersebut akan dilaksanakan setelah proposal disetujui. Dan sasaran Konsumen mereka adalah masyarakat pada umumnya.00-20. Dimulai dari viii . maka permasalahan yang dibahas dalam program ini adalah: 1. Usaha Kaos Mahasiswa ini diharapkan dapat menghasilkan profit. KEGUNAAN Kegunaan dari penjualan Printer Juice ini bisa dilihat dari sisi ekonomi dan kesehatan. Sasaran konsumen dari produk ini adalah Mahasiswa di seluruh indonesia dan tidak menutup kemungkinan konsumen masyarakat pada umumnya. F. Profil Konsumen Konsumen yang menjadi sasaran penjualan Kaos Mahasiswa ini ialah Mahasiswa seluruh Indonesia.00 WIB) dalam waktu 5 hari kerja dengan 2 hari non efektif untuk pengadaan bahan baku sehingga kegiatan pemasaran tersebut tidak mengganggu perkuliahan. Operasional kerjanya setelah masa perkuliahan dengan waktu efektif kegiatan adalah 7 jam (Jam 13. E. TUJUAN Tujuan program yang hendak dicapai adalah sebagai berikut : 1. 2. Bagaimanakah proses pemasaran Kaos mahasiswa? D. Seperti yang kita ketahui produk-produk kaos yang dijual dipasar atau di toko-toko hanyalah kaos biasa dengan merk tertentu yang hanya menonjolkan merk dari masing-masing produk. Harapanya kaos ini dapat menjadi suatu kebanggan tersendiri oleh mahasiswa di seluruh indonesia seperti halnya kaos Joger yang menjadi kebanggan pulau bali yang produknya dicintai oleh banyak orang bahkan Tourist asing. sehingga mereka bersaing satu sama lain. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA 1.Berdasarkan latar belakang yang telah diuraiakan di atas.

serta Kaos Dagadu yang menjadi ikon kota Jogja. Media tersebut berupa pamflet. karena target utamanya adalah seorang mahasiswa. dan produk sejenisnya dijual dengan harga rata-rata Rp 4. pornografi dan kekerasan. d. Kaos Mahasiswa dipasarkan dengan harga Rp 4. kaos cak cuk dari surabaya. ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha Kaos Mahasiswa ini supaya dapat diketahui oleh sebanyak mungkin mahasiswa. Weakness (kelemahan). unik. tidak mengandung unsur SARA. brosur. unik. Desain yang kami tawarkan pun sangat menarik. Kompetitor Kaos Mahasiswa ditawarkan dengan harga yang kompetitif dengan harga pasar dan harga produk sejenis. Dengan menawarkan desain-desain yang menarik. tetapi tidak menutup kemungkinan diperjualbelikan di masyarakat. tidak membosankan. serta diharapkan dapat mengundang tawa bagi yang melihatnya dan tetap bersifat sopan dan beradab.000. twitter. Berbeda dengan Kompetitor-kompetitor usaha kaos lainya. ix . Media Promosi yang Digunakan Untuk menunjang proses pemasaran. b. tidak mengandung unsur SARA. kegiatan-kegiatan kemahasiswaan hingga kehidupan pribadi mereka yang diharapkan dapat mewakili perasaan mereka sebagai seorang mahasiswa. Sehingga tidak ikut berkompetisi dengan kaos-kaos distro ataupun yang dijual dipasar.00 (Empat ribu rupiah).proses studi mahasiswa. c. Kaos Mahasiswa ini. Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah. Potensi Pasar Usaha Kaos Mahasiswa ini berpotensi diterima oleh mahasiswa karena sebagai salah satu sarana alternatif yang kami tawarkan untuk memfasilitasi setiap mahasiswa yang ingin menunjukkan jati diri mereka sebagai seorang mahasiswa. tidak membosankan. e. Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman). juga jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan dengan biaya yang terjangkau seperti facebook. Analisis SWOT Dalam menganalisis Kompetisi dan peluang produk Kaos Mahasiswa akan digunakan suatu analisis SWOT. Hasil observasi pasar yang penulis lakukan untuk kaos seperti Kaos Joger yang merupakan identitas Pulau Bali. pornografi dan kekerasan. proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths (kekuatan). blog maupun promosi langsung ke konsumen.000.00 (Empat ribu rupiah) dengan jaminan kualitas bahan baku dan penyajian. maka usaha ini diharapkan dapat menarik konsumen utama kita yaitu mahasiswa dan juga dapat mengundang tawa bagi yang melihatnya dan tetap bersifat sopan dan beradab.

tentunya alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat Kaos Mahasiswa harus disiapkan secara maksimal.  Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk produksi selama 2 bulan. kualitas bahan.  Peluang Belum banyak penjual kaos yang menggunakan konsep kehidupan sehari-hari mahasiswa seperti ini atau bahkan belum ada sama sekali. Kaos polos  Alat-alat yang dibutuhkan. Sehingga jika yang dirasa konsumen itu menarik maka konsumen akan tertuju pada produsen dan penjual kaos tersebut. antara lain: 1. Pengadaan Alat Sebelum melaksanakan program. 3. Penulis menemukan tempat pengadaan bahan baku yang tak terlampau jauh dengan tempat usaha yakni di Pusat Grosir Surabaya. Setelah desain dirasa sudah sesuai maka langsung ke proses penyablonan.  Kelemahan Banyak pesaing dari produsen dan penjual kaos yang menawarkan konsep menarik lainnya.  Ancaman Banyak saingan produsen yang menjual kaos-kaos dengan menawarkan konsep yang lain baik di distro-distro ataupun di pasarpasar swalayan terkemuka. Laptop atau PC untuk media desain. 2. Pelaksanaan Program Waktu dan Tempat pelaksanaan: x . Persiapan Program Persiapan program merupakan survei terhadap ketersediaan bahan. Lokasi pengadaan bahan baku ini hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari tempat produksi. dan juga memuat kata-kata dalam penyajian karena kaos sudah tersedia dalam desain yang menarik.  Proses Produksi Kaos Mahasiswa 1. desain gambar. Membuat desain terlebih dahulu lewat media Laptop atau PC. Alat Sablon Kaos 2. Kekuatan Produk ini mengutamakan kualitas. 2. H. dan produksi bahan jadi Kaos Mahasiswa. rencana pemasaran. 3. METODE PELAKSANAAN 1. antara lain: 1.

Biaya Bahan Pokok No Nama Barang Satuan Volume Harga Jumlah xi . JADWAL KEGIATAN Tabel 1.28 Juni 2013 Tempat : Pusat Grosir Surabaya dan Daerah Ketintang Surabaya Membuat desain dan penyajian dengan rincian:  Membuat kemasan  Pembuatan alat produksi Printer Juice  Membuat label produk Menyiapkan tempat. Pengadaan bahan baku : Pusat Grosir Surabaya. peralatan dan perlengkapan. Penggolahan menjadi barang jadi : Jalan Ketintang Lama Gang IV Nomor 5 Evaluasi program membuat dan menyusun rencana tindak lanjut 7 Membuat laporan dan menyusun rencana ke depan I. Surabaya 2.a b c d e f g Konsultasi dengan dosen pembimbing PKM-K Tempat : Gedung A4. Jadwal Kegiatan Program No Pelaksanaan Kegiatan Bulan Ke IV 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Bulan ke I 1 Bulan ke II Bulan ke III 1 Perencanaan 2 Survey Bahan Baku Persiapan dan 3 Pengadaan Bahan Baku Pembuatan Desain 4 Kaos Publikasi dan 5 promosi 6 Produksi 7 Pemasaran 8 Evaluasi 9 Pembuatan Laporan Penyerahan Laporan 10 Akhir J. RANCANGAN BIAYA Tabel 2. Prodi Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya Riset bahan baku Waktu : 25 Juni 2013 . Tempat : Jalan Ketintang Lama Gang IV Nomor 5 Melakukan kegiatan produksi Tempat : 1.

000 12.500.000 1.000 2000 (Rp) 120.000 12.1 Anggur 2 Jambu Merah 3 Mangga 4 Alpukat 5 Sirsak 6 Gula 7 Susu 8 Es Jumlah Kg Kg Kg Kg Kg Kg Kaleng Kotak 8 8 8 8 8 40 10 50 Satuan Per 2 Bulan (Rp) 15.000 25.000 96.000 80.000 96.000 12.000 30.000 3.000 xii .000 12.000 10.000 50.000 80.000 10.000 80.000 Buah Buah Buah 5 2 2 3800 5000 5000 19.000 3.000 480.000 30.000.000 Tabel 4. Peralatan No Nama Barang 1 Toples Besar Bening 2 Panci 3 Gerobak Usaha 4 Baskom 5 Ember 6 Termos 7 Sewa lemari pendingan 8 Pisau 9 Selang 10 Blender Grand Power Juicer 11 Kran Pemutar Jus 12 Talenan 13 Sendok Kayu Jumlah Satuan Volume Harga Satuan (Rp) 25.000 10.000 5000 15.000 700.000 12.000 350.000 80. Biaya Bahan Habis Pakai No 1 2 Nama Barang Listrik Plastik Satuan Pak Volume 40 Harga Satuan Per 2 Bulan (Rp) 100.000 750.000 20.000 30.000 Jumlah (Rp) 100.000 8 Tabel 3.000 Jumlah (Rp) 125.000 100.000 10.500.000 3.599.000 10.132.000 7.000 Buah 5 Buah Buah Buah Buah Buah Buah 1 1 5 2 2 1x2 Buah Meter Buah 3 2 4 10.000 100.000 30.

Biaya Operasional Tambahan No. Nama 1 Kertas A4 2 Tinta Printer 2 3 Penggandaan 4 Pengarsipan 6 Internet Jumlah Satuan Volume Rim Ml Eks Eks Jam 2 200 10 5 10 Harga Satuan (RP) 35.32.380.00 = Rp 280.000 10.000 1.00 Hargs Jus Printer per gelas = Rp 4.000 400.000 Tabel 5.000.380.000.00 Biaya bahan baku per hari = Biaya bahan baku 2 bulan Jumlah hari efektif selama 2 bulan = Rp 1.000.000 100.000 265.00 40 hari xiii .000 20.000 12.000.000 100.000 Jumlah (Rp) 800.00/hari Pendapatan kotor/bulan 20 hari x Rp 280.3 Cup 4 Sedotan 5 Promosi Jumlah Pak Pak - 10 10. Nama 1 Transportasi 2 Komunikasi Jumlah Satuan Volume Orang Orang 4 4 Harga Satuan Per 2 Bulan (RP) 200.000 *Biaya Keseluruhan: Rp 10.000 50.000 12.000.00 Pendapatan per bulan : Jus buah 70 gelas @Rp 4.000.000 25.200.000 25.00 = Rp 5.000 184.000 50.600.000 9 Tabel 6.000.000 2000 20.1. Penyusunan Laporan No.000 50.000 2500 Jumlah (Rp) 70.00 Analisis Keuntungan Jus Printer Pengembalian Modal (BEP) Total Modal = Rp 10.000.

00 Laba bersih/bulan = Rp 250.000.00 Rp 5.000.000.000.000.000.00 x 20 = Rp 5.00 BEP = 2.000.00 = Rp 30.00 – Rp 30.000.00 maka pengembaliannya modalnya (BEP) dalam waktu 2 bulan. xiv .= Rp 28.00 BEP = Total modal awal Keuntungan per bulan = Rp 10.00 dan keuntungan yang didapat per bulannya Rp 5.000.000.380.000.000.300.00 (pembulatan) Laba/produksi = Pendapatan/produksi per hari – Biaya Bahan Baku per hari = Rp 280. 076 bulan = 2 bulan (pembulatan) 10 *Keterangan : Dengan modal awal sebesar Rp 10.00 = Rp 250.000.380.

tanggal lahir Jenis Kelamin Alamat Kos Telepon Riwayat Pendidikan Pengalaman Organisasi : Wibowo Heru Prasetiyo : Tuban. 12 April 1990 : Laki-laki : Ketintang Lama IV Nomor 5 : 085645100266 : SD N Tlogowaru 134 Tuban SMP N 1 Tuban SMA N 1 Tuban : Anggota OSIS SMP N 1 Tuban xv . Biodata Ketua serta Anggota Kelompok Ketua Pelaksana Nama Tempat.11 LAMPIRAN 1.

Si. 4 : 085648860370 : SDN Kedung Bendo I SMPN 2 Porong SMAN 1 Krembung : Anggota UKKI Unesa Anggota UKKI Unesa : Indah Cahyani Mustafa : Pasuruan. Nanik Setyowati. M. 17 : 085815086714 : SDN Pohgedang 2 Pasuruan 12 SMPN 2 Pasrepan Pasuruan SMAN 1 Gondangwetang Pasuruan : Anggota UKKI Unesa : Dra.Anggota OSIS SMA N 1 Tuban Anggota BEM-J PMP-Kn Unesa Anggota Pelaksana 1 Nama Tempat. : 0025086704 : FISH/PMP-Kn : Universitas Negeri Surabaya : Lektor Kepala Golongan IV-C : Jalan Babatan Pratama XXVIII Blok OO Nomor 46 Surabaya : 081931541700 xvi . 27 Mei 1991 : Perempuan : Karangrejo Sawah Gang 9 No. 17 : 085733363651 : SDN Takeranklating 1 Lamongan SMPN 1 Tikung Lamongan SMKN 1 Lamongan : Anggota OSIS SMP N 1 Tikung Anggota OSIS SMKN 1 Lamongan Anggota UKKI Unesa : Siti Kuswaroh : Sidoarjo. tanggal lahir Jenis Kelamin Alamat Kos Telepon Riwayat Pendidikan Pengalaman Organisasi 2. Rr. tanggal lahir Jenis Kelamin Alamat Kos Telepon Riwayat Pendidikan Pengalaman Organisasi Anggota Pelaksana 3 Nama Tempat. Biodata Dosen Pendamping Nama Lengkap dan Gelar NIDN Fakultas/Program Studi Perguruan Tinggi Jabatan Alamat Rumah Telepon : Evi Susilowati : Lamongan. 27 September 1992 : Perempuan : Karangrejo Sawah Gang 9 No. 16 Oktober 1990 : Perempuan : Ketintang Barat Gang 4 No. tanggal lahir Jenis Kelamin Alamat Kos Telepon Riwayat Pendidikan Pengalaman Organisasi Anggota Pelaksana 2 Nama Tempat.

13 Gambar 1 Logo Usaha xvii .

Manajer Keuangan Manajer Produksi Manajer Pemasaran Evi Susilowati Siti Kuswaroh Indah Cahyani M. xviii .Gambar 2 Gerobak Usaha Printer Juice Gambar 3 Brosur Usaha Printer Juicer 14 General Manajer Wibowo Heru P.

Gambar 4 Struktur Organisasi Usaha Printer Juice Lo ka si U sah a U J l. R a y a K e t in t a n g K A M P U S U N E S A K E T IN T A N G Gambar 5 Denah Lokasi Usaha Printer Juicer Gambar 6 Layout Usaha Printer Juicer Meja Konsume n Meja Penjualan Meja Konsume Meja Konsume n Meja Kons xix umen Meja Konsume .