Konsep GEMAHIRA

Gerakan Masyarakat Hirau Aturan

GEMAHIRA

-------------------------------------------------------------------------------------------

KONSEP GERAKAN
Pengertian PEDULI
Pengertian peduli pada Gerakan Peduli Aturan memiliki makna ganda : 1. Mematuhi dan bertindak sesuai aturan yang telah ditetapkan, dan 2. Mengkritisi peraturan dan tatanan yang tidak adil dan tidak efektif agar lebih sempurna. Konsep ini bukan persoalan antara telur dan ayam. seperti banyak dikilahkan orang. Bagaimanapun juga, lingkaran setan itu harus kita putuskan. Oleh karena itu, agar tertib, patuhi terlebih dulu aturan yang ada, baru kemudian mengkritisinya bila diperlukan penyempurnaannya.

Kita Bisa Kalau Bersama
Sebenarnya, banyak sekali orang yang ingin taat pada aturan yang semestinya namun ketika terperangkap di dalam situasi kacau balau akibat titak tertibnya sebagian (besar) orang lain, mereka merasa semua orang tidak taat aturan, dan kemudian tidak berani atau tidak mau tetap tertib karena akan menjadi korban ketidak tertiban itu. Rumus yang dipakai kemudian adalah ‘siapa cepat dia dapat’. Dan hasilnya kita semua tahu, secara keseluruhan sebenarnya tidak ada yang dapat.

by Higo 0408

Page 1

Konsep GEMAHIRA
Orang-orang (tepatnya kita-kita) yang tidak tertib itu pada hakekatnya merindukan ketertiban, dan para perindu tertib ini menunggu dan berharap ada orang lain yang menggalang dan menggerakkan secara bersama-sama untuk bertindak tertib. Mereka (kita) berpendirian ”Sendiri itu konyol, bersama hayo!” Konsep GEMAHIRA
LEARNING BY A L U DOING BY P E D U L N MODEL PERILAKU
KELOMPOK INDIVIDU AGEN

V

E :

I

A

LIVING BY T U R TATA SISTEM
FASILITAS PERBAIKAN APARATUR

A

POLA SOSIALISASI
KAMPANYE PENDIDIKAN PELATIHAN

BUDAYA PEDULI ATURAN

BLOGGER INDONESIA RELA MEMULAINYA Ketiga langkah simultan diatas menunjukkan keterpaduan yang tak terpisahkan. Ada pembelajaran (melalui pola sosialisasi nilai) disertai dengan doing by value (mempraktekannya secara nyata) sehingga orang-orang semula memang berniat tertib tetapi ‘terpaksa’ tidak tertib karena melihat banyak orang yang tidak peguli aturan, akan kembali ke jalan yang benar! Dan jika pola yang ketiga juga dilaksanakan dengan baik niscaya perbaikan dan perubahan yang sudah dimulai akan terpelihara dan mendapatkan pijakan yang lebih kokoh untuk akhirnya kita bisa hidup dalam kepedulian yang tertib, aman dan nyaman. Dalam kedua hal pertama diatas itulah, terutama pada pola sosialisasi (learning by value), para blogger Indonesia memiliki keunggulan yang sangat tinggi melalui teknologi
by Higo 0408 Page 2

Konsep GEMAHIRA
jaringan yang didukung dengan mesin pencari dan penghubung yang canggih serta jiwa entrepreneur mereka yang terkenal ulet, tak kenal lelah. Sarana yang nereka miliki, yakni blog, beserta dengan eratnya komunitas blogger Indonesia yang terbiasa saling membantu selama ini, tidak heran kalau mereka akan mampo menjadi pioir perubahan besar bangsa ini. Haya ada satu hal yang mampu menghalangi gerak mereka: yakni (kemauan) mereka sendiri!

Aku Bangga sebagai BLOGGER INDONESIA
Dengan modal keunggulan yang demikian tidaklah berlebihan apabila bangsa ini sangat memerlukan sentuhan perjuangan keterampilan dan kepandaian mereka untuk memperbaiki kondisi bangsa Indonesia. Hidup Blogger Indonesia! Salam Sobat!

by Higo 0408

Page 3