You are on page 1of 6

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. .

B. Tempat dan Waktu Penelitian

1. Tempat
Tempat pengambilan sampel dan pemeriksaan sampel di Laboratorium
Patologi Klinik FIKKES Universitas Muhammadiyah Semarang.
2. Waktu
Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Desember 2007 sampai Juni
2008

C. Populasi dan Sampel

1. Populasi
Populasi adalah dari seluruh mahasiswa semester V Prodi DIII Analis
Kesehatan FIKKES UNIMUS.
2. Sampel
Sampel yang diambil dari darah vena sewaktu pada mahasiswa DIII Analis
Kesehatan semester V yang akan diperiksa kadar glukosa darah dengan
metode tes strip dan GOD-PAP masing-masing sampel dilakukan 10x
pemeriksaan.

18

Pembendungan sebaiknya jangan terlalu erat. E. Prosedur penelitian 1. alkohol. photometer 4010.19 D. Bahan yang digunakan adalah serum. kemudian kulit di tusuk dengan jarum sampai masuk ke dalam lumen vena. kapas. Caranya yaitu dengan membersihkan tempat yang akan diambil darahnya dengan kapas alkohol. Pengambilan Darah Vena Lokasi : vena mediana cubiti. . reagen untuk pemeriksaan glukosa darah dengan reagen human nomor katalog 10260 dan dibaca pada photometer 4010. spuit. torniquet. dibiarkan kering kemudian dipasang torniquit pada lengan atas dan tangan dikepalkan. pembendungan dilepaskan dan kapas diletakkan di atas jarum kemudian jarum dicabut bekas tusukan ditekan dengan kapas. Alat dan bahan Alat yang digunakan adalah jarum. Selanjutnya penghisap ditarik perlahan-lahan sampai jumlah darah yang diinginkan. centrifuge. Prosedur : Pada pengambilan darah vena dilakukan dalam vena cubiti. setelah itu jarum dilepaskan dari spuit dan darah dialirkan ke dalam tabung reaksi lewat dinding. tabung reaksi.

5. Intensitas arus elektron terukur oleh alat dan terbaca sebagai konsentrasi glukosa di dalam sampel darah. 4. 1. Layar akan menunjukkan nomor kode dan tanda tetesan darah. 3. Prosedur : . tes strip mempunyai bagian yang dapat menarik darah utuh dari lokasi pengambilan / tetesan darah ke dalam zona reaksi. Alat : Glukose plus : Touch-in blood glukose test strips e. Kode yang tertera pada layar dipastikan sesuai dengan kode yang tertera pada tempat strip tes. 2.20 2. Hasil yang muncul kemudian dicatat dan tes strip dilepaskan dari alat. Metode : Tes strip b. . Bahan : Darah vena dengan EDTA 10 % d. Strip tes dimasukkan ke alat glukosure plus dengan area untuk tetesan darah meghadap ke atas. c. Darah diteteskan pada zona reaksi strip tes dari arah samping secara perlahan sampai seluruh zona terisi penuh. Glukosa ossidase dalam zona reaksi kemudian mengoksidasi glukosa di dalam darah. 6. Prinsip : Tes strip menggunakan enzim glukosa dan didasarkan pada teknologi biosensor yang spesifik untuk pengukuran glukosa. Satu strip yang baru dikeluarkan dari tempatnya. Pemeriksaan Glukosa Darah a. Hasil akan muncul pada layar dalam waktu 10 detik 7. Alat akan hidup secara otomatis.

inkubasi selama 5 menit pada suhu 37° C.21 3. Prinsip : suatu enzim bakteri yang merangsang oksidase glukosa dengan menghasilkan H2O2. . Dengan panjang gelombang 546 nm. Metode : GOD-PAP (spektrofotometri) b. Dengan adanya enzim peroksidase oksigen dari peroksid ini dialihkan ke accepto tertentu menghasilkan suatu ikatan berwarna. dibaca terhadap reagen blanko dalam waktu kurang dari 60 menit. 4. Diukur absorban sampel dan standar. faktor 100 dan program C/ST. Reaksi GOD : Glukosa + O2 + H2O Asam glukonik + H2O2 2 H2O2 + 4 – amino phenazone + phenol quinomine + 4 H2O d. Jenis dan Cara Pengumpulan Data Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pemeriksaan kadar glukosa darah metode test strip dan GOD-PAP. c. Cara Kerja : Dipipet dalam tabung Blanko Standar Sampel Serum - - 10 ul Standar - 10 ul - Reagen 1000 ul 1000 ul 1000 ul Dicampur. Pemeriksaan Glukosa Darah a.

Koefisien variasi Rumus : KV = SD. Pengolahan dan Analisis Data Analisis data yang digunakan adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil kadar glukosa antara darah vena dengan metode test strip dan GOD-PAP disajikan dalam bentuk tabel dan grafik dan dilakukan analisa statistik dengan uji student t test. 1. Nilai rata-rata (mean) Rumus : M = ∑x N 2. Student t test Rumus : t = [M 1 − M 2 ] = (SD1 )2 N1 + 4. Derajat bebas (db) Rumus : db = n-1 (SD2 )2 N2 . Standar deviasi1 ∑ (x 1 Rumus : SD = − x) n −1 3.100 x 5.22 5.

Metode GOD-PAP adalah pemeriksaan kadar gula darah vena dengan reagen human nomor katalog 10260 dan dibaca pada photometer 4010 yang dinilai normalnya 80-110 mg %. Definisi Operasional a. b. c. Perbedaan hasil pemeriksaan kadar glukosa antara metode tes strip dan GODPAP pada darah vena adalah hasil pengukuran dengan uji t test. e. Glukosa Darah adalah salah satu metabolisme karbohidrat dalam darah yang digunakan sebagai sumber tenaga yang diukur kadarnya dengan metode tes strip dan GOD-PAP. d. 7. . Darah vena adalah darah yang diperoleh dari pengambilan pada vena mediana cubiti dan diperiksa kadar glukosanya menggunakan anti koagulan EDTA 10 %.23 6. Metode Tes Strip adalah salah satu dari pemeriksaan kadar glukosa darah menggunakan tes strip yang berisi enzim glukosa oksidase. Hipotesa Penelitian Menolak Ho berarti ada perbedaan hasil pemeriksaan kadar glukosa menggunakan darah vena pada metode tes strip dan GOD-PAP.