You are on page 1of 12

Komentar

:

Komentar : .

Komentar : .

Komentar : .

Komentar : .

Ikan-ikan Diduga Mengandung Merkuri June 2.Komentar : Sungai Musi Tercemar. Palembang . 2014 Taufik Wijaya.

” kata Hadi Jatmiko. Kadar merkuri dalam air berkisar 17. Akumulasi merkuri jenis ini lebih tinggi dibandingkan yang lain. juaro. Organisasi lingkungan ini meminta pemerintah memberi perhatian serius terhadap masalah ini. lais. Hadi meminta. termasuk merkuri. selama proses itu. “Terutama mengontrol peredaran merkuri secara ilegal. sebab sebagian pertambakan patin juga di badan sungai. Namun. Beragam aktivitas ini mengakibatkan terpaparnya logam logam berat ke dalam badan sungai. Dari penelitian Eddy mengidentifikasi. “Itupun tetap hati-hati. sebagian besar ikan-ikan itu diduga tercemar merkuri. banyak dari pertambakan ikan. lais dan patin. Diduga ikan-ikan dari sungai ini sudah mengandung mercuri. perlu kebijakan bagi masyarakat. “Misal melarang masyarakat mengonsumsi ikan dari Musi. atau digoreng maupun disambal. paling besar kandungan merkuri yaitu baung. Patin paling dominan sebagai bahan baku pindang. misal dengan memulai penelitian. Sebab.” Pemakan Ikan Sungai Masyarakat Palembang. senang mengonsumsi ikan. Sebab. kadar merkuri di sedimen antara 1. “Merkuri di Sungai Musi. Dugaan ini muncul berdasarkan dokumen pemaparan para akademisi di Palembang. cat. Bukan di kolam. seperti pindang.Sungai Musi tercemar dengan berbagai aktivitas industri. kertas dan limbah industri. sambil pencegahan pencemaran merkuri di sungai itu. logam merkuri mudah masuk ke tubuh ikan melalui proses rantai makanan. Foto: Taufik Wijaya Walhi Sumatera Selatan mengingatkan masyarakat Palembang berhati-hati mengonsumsi ikan air tawar di Sungai Musi seperti baung. pencegahan paling benar dengan menghentikan berbagai aktivitas industri yang aliran limbah menuju Sungai Musi. Dalam makalah itu disebutkan. pempek. dkk (2012). kemungkinan besar dari aktifitas pertambangan. karena ikan predator. Keberadaan merkuri dalam air dan sedimen dapat menyebabkan merkuri terakumulasi dalam biota Sungai Musi termasuk ikan. Komentar : Komentar : .125 – 2. dari 29 jenis.750 ppb. mengendap di tubuh sejumlah ikan itu. pepes. Terutama di Gandus. Menurut hasil penelitian Eddy. tahun lalu.521 ppb. juaro. dan patin. berbagai aktivitas di Sungai Musi menyebabkan pencemaran yang berdampak pada biota perairan dan kesehatan manusia. Jika penelitian terbaru membenarkan kandungan merkuri pada ikan hidup di Sungai Musi.” kata Hadi. direktur Walhi Sumsel. Sungai Musi Palembang antara Polokerto sampai Pulau Salah Nama telah tercemar merkuri total. bahan pertanian. Senin (26/5/14). pemerintah memberikan perhatian serius terhadap pencemaran merkuri ini. Beragam masakan di Palembang menggunakan bahan baku ikan.250 – 21. pemerintah harus mengontrol penggunaan merkuri.” Menurut dia. obat-obatan.

2014 Riko Coubout.Cegah Bencana Longsor Dengan Rumput Vetiver November 5. Padang .

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat dan diakhir sesi pertemuan masyarakat secara bersama-sama melakukan pembibitan di daerah mereka. Foto : Riko Coubut Korong Hilalang Gadang. Kebanyakan masyarakatnya memanfaatkan tanah perbukitan tersebut untuk kebutuhan bahan baku pembuatan batu bata. Banyak tebingtebing curam terbentuk akibat penggalian bahan baku pembuatan batu bata. serta dapat digunakan dalam kegiatan rehabilitasi lahan.Pengikisan tanah di salah satu bukit yang ada di Kenagarian Parit Malintang. tidak mahal. para penggiat lingkungan dan mahasiswa yaitu dari Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) bersama WALHI Sumatera Barat. selaku Direktur WALHI Sumatera Barat mengatakan rumput vetiver memiliki daya tahan hidup yang cukup tinggi. Saat terjadi hujan. longsor mengancam dan akhirnya memperparah tingkat kerentanan terhadap ancaman bencana tanah longsor di tempat ini. Tanaman ini sangat cocok di tanam di daerah tebing dan kelerengan. Kecamatan Enam Lingkung. Daerahnya berada diketinggian dan dikelilingi perbukitan dengan jenis tanah pasir/regosol. Kabupaten Padang Pariaman. Sosialisasi ini juga didukung oleh Kelompok Studi Bencana (KSB) Hilalang Gadang. Kabupaten Padang Pariaman. Kecamatan Enam Lingkung. mudah dipelihara. Masyarakat sangat antusias mengikuti acara ini. KOMMA Universitas Andalas dan Mapala Alphicanameru IAIN Imam Bonjol melakukan kegiatan sosialisasi manfaat tanaman rumput vetiver serta pembibitannya untuk mencegah longsor sering terjadi di Korong Hilalang Gadang pada akhir bulan Oktober 2014. tanahnya tidak cocok untuk diolah untuk kegiatan pertanian sebab kurang subur. pembatas ruangan. Tekstur tanahnya kasar. Kenagarian Parit Malintang. taplak meja dan lain sebagainya. Sumatera Barat merupakan daerah yang sangat rentan dengan ancaman longsor. Uslaini. Untuk mencegah longsor di daerah tersebut. Samarinda . Namun sayangnya banyak dari kalangan pemerintah tidak mengetahui keunggulan tanaman ini. praktis untuk ditanam. mudah diolah serta daya menahan airnya sangat rendah. Dalam acara tersebut juga dilakukan pemutaran film tentang keunggulan rumput vetiver dan prospek pemasarannya.Rumput vertiver tanaman yang ampuh mencegah erosi dan dapat diolah untuk untuk kerajinan tangan seperti tas laptop. akibatnya sedimen tanah terbawa air hingga menganggu lahan pertanian masyarakat. Komentar : Gambut Mahakam Tengah: Inisiatif Pertama Kabupaten di Indonesia untuk Konservasi Kawasan Gambut August 20. Tanaman ini sangat efektif digunakan untuk menahan tanah dan mengontrol erosi. 2014 Ade Fadli. selain menguntungkan terhadap peningkatan ekonomi namun juga menguntungkan pada kelestarian lingkungan.

Ragam hayati . Dalam ribuan hingga puluhan ribu tahun. Direktur Yayasan Biosfer Manusia (BIOMA) Akhmad Wijaya mengatakan. dilakukannya pemantauan dan pengendalian lahan gambut. Sigit Tidak banyak yang tahu bila Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memiliki potensi gambut. serasah organik di atas pasir yang terbentuk di lantai hutan akan membentuk lapisan gambut.997 ha dengan kandungan karbon yang mencapai 1. melalui Surat Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 590/526/001/A. Berdasarkan data Wetlands International – Indonesia Programme luasannya sekitar 696.Ptn/2013 telah menunjuknya sebagai Kawasan Konservasi. gambut berada di Kabupaten Nunukan tepatnya di Sebuku dan Sembakung yang luasnya 212. Yaitu.06 hektar. Direktorat Jenderal Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan pernah mengusulkan daerah ini sebagai taman nasional awal 1980. Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. dengan menurunkan emisi gas rumah kaca melalui pengelolaan. serta upaya pengembalian ekosistem dan keanekaragaman hayatinya. gambut Mahakam Tengah merupakan wilayah pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai kawasan perlindungan.Kanal di tengah hutan. Sementara. Foto: Ridzki R. di Kalimantan Timur gambut tersebar di Kutai Kartanegara tepatnya di Mahakam Tengah (235. akhirnya hanya sedikit kawasan di sepanjang Muara Ancalong dan Muara Kaman yang ditetapkan sebagai area konservasi dengan nama Cagar Alam Sedulang-Muara Kaman. Dampak lainnya adalah terganggunya sistem hidrologi di hulu dan terjadinya genangan yang menggangu proses suksesi di lahan gambut ini. Sekaligus. kebakaran besar pada 1982 dan 1998 telah merubah sistem ekologi di hamparan gambut tersebut. Penunjukan kawasan ini juga sebagai komitmen Pemerintah Kutai Kartanegara terhadap perubahan iklim. pada Oktober 2013.862 hektar) dan sebagian kecil Kutai Timur. Namun. Kondisi ini menyebabkan hilangnya biomasa sehingga akumulasi serasah tidak terjadi lagi.91 juta ton. SK Bupati ini menegaskan pula tentang penundaan pemberian izin baru pada kawasan gambut Mahakam Tengah. Pasalnya. Gambut Mahakam Tengah ini merupakan kawasan yang unik di Indonesia.897. Menurut Akhmad. Di Kalimantan Utara.211. dan perlindungan lahan gambut. pelestarian.

dan perladangan. “Diantaranya.18 Tahun 1978. dan 4 jenis amfibi ada di kawasan ini. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai pengelolaan gambut Mahakam Tengah yang berkeadilan. 15 jenis ikan. Di sini. Dua daerah konservasi perikanan telah diajukan Dinas Perikanan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kini. ketiau. orangutan. potensi tahunan ikan air tawarnya mencapai 25-50 ribu metrik ton setiap tahun. Penta Sumberdaya Nusantara tahun 2012 telah mendata. yaitu dekat Kota Bangun (Danau Loa Kang) seluas 930 hektar dan dekat Muara Muntai (Batu Bumbun) seluas 450 hektar. serta peningkatan kapasitas masyarakat sebagai pengelola utama kawasan tersebut. 13 jenis reptil. pulai (Alstonia scholaris). pengelolaannya di bawah Kabupaten Kutai sejak 1978 melalui Perda No. galam (Melaleuca sp). penyempurnaan tata kelola dan legalitas dari kabupaten hingga desa. Beberapa jenis kayu yang penting secara sosial bagi masyarakat banyak ditemui di sini. penguatan kelembagaan masyarakat. Tutupan lahan umumnya adalah ekosistem rawa air tawar dan rawa gambut. Semayang. penataan ruang desa. sudah ada kanal-kanal yang dibuat masyarakat untuk kegiatan transportasi kayu. dan jenis lutung. sejak 1970.Gambut Mahakam Tengah melingkupi 5 kecamatan dan 30 desa dengan jumlah penduduk 43 ribu orang atau 12 ribu kepala keluarga. Komentar : KLIPING . dan Melintang masuk di dalamnya. gemor dan kedamba (Antocephalus cadamba). Kedua kawasan tersebut masih utuh dan kabarnya telah dibentuk sejak Kesultanan Kutai yang sudah ada sekitar 500 tahun lalu.” ujar Akhmad. penangkapan ikan. sedikitnya 75 jenis tumbuhan. Beberapa spesies penting dan terancam punah juga ditemukan seperti pesut mahakam. jenis dipterocapa yang dapat tumbuh di lahan basah. 33 jenis burung. buaya Siam. Tiga danau besar yaitu Siran. Contohnya kahoi (Shorea belangeran). bekantan. 14 jenis mamalia. Selain itu.

KONSERVASI TANAH DAN AIR HERMAWAN AGUNG GUMELAR 05121407005 PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG 2014 .