You are on page 1of 16

SOAL BLOK 13

1. Penyakit mata yang mempelajari penyakit mata yang banyak terjadi di
masyarakat adalah…
a. Oftalmologi komunitas
b. Oftalmologi klinik
c. Oftalmologi umum
d. Oftalmologi social
e. Oftalmologi ekonomi
2. Menurut WHO yang dimaksud dengan kebutaan adalah…
a. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 3 meter
pada siang hari
b. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 3 meter
pada malam hari
c. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 1 meter
pada malam hari
d. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 6 meter
pada siang hari
e. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 0 meter
pada siang hari
3. Yang di maksud dengan buta social adalah…
a. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 3 meter
pada siang hari
b. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 3 meter
pada malam hari
c. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak lebih
dari 1 meter
d. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 6 meter
e. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 0 meter
4. Yang dimaksud dengan buta klinis adalah…
a. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 3 meter
pada siang hari
b. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 3 meter
pada malam hari
c. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 1 meter
pada malam hari
d. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 6 meter
pada siang hari
e. Ketidakmampuan seseorang untuk menghitung jari pada jarak 0 meter
5. Kebutaan yang disebabkan oleh karena malnutrisi adalah…
a. Gonore
b. Trachoma
c. Katarak
d. Keratomalasi
e. Uveitis
6. Seorang wanita berusia 32 tahun dengan berat badan 100 kg, wanita
tersebut telah melakukan diet dengan cara yang ekstrem yaitu merusak
papil-papil pengecapan, sehingga wanita tersebut berhasil menurunkan berat

VIII. Dari scenario diatas mengapa wanita tersebut tidak dapat merasakan manan? a. Umami 9.XII. N. Karena merusak mikrovili c. tetapi wanita tersebut tidak dapat merasakan enaknya makanan yang dimakannya. yaitu… a. dan N. sehingga wanita tersebut berhasil menurunkan berat badan hingga 60 kg sehingga saat inni berat badan wanita tersebut 40 kg. N.IX 11.Pada system pengecapan juga ada proses pengecapan. N. N.VIII. dimana pada apeks lingua dapat merasakan… a. N.X b. N. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitrarius di media→thalamus→central d.IX dan N. Umami 8. Asam e. Dari scenario diatas papil-papil pengecapan rusak. Karena rasa manis hilang d. Asin c. dimana pada radiks lingua dapat merasakan… a. Manis b. wanita tersebut telah melakukan diet dengan cara yang ekstrem yaitu merusak papil-papil pengecapan.VII.N.XII←Taste cell 10.XII d. N. Karena enzim rusak dan makanan tidak larut dalam saliva 7.VII.badan hingga 60 kg tetapi wanita tersebut tidak dapat merasakan enaknya makanan yang dimakannya. Manis b. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitarius di medula→hipotalamus→korteks serebri c. Karena makanan tidak larut dalam saliva e.IX. Pahit d.VII dan N. Pahit d.N.VIII e.VI.Pada system pengecapan dipersarafi oleh nervus… a. dan N. Sinyal saraf daritaste buds→ traktus solitarius di medula→ talamus→korteks serebri . Asin c.V dan N. Pada scenario diatas pada system pengecapan ada perjalanan sinyal saraf untuk merasakan maknan.IX. Seorang wanita 32 tahun dengan berat badan 100 kg.X c.IX. Asam e. Karena merusak enzim amylase b. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitaries di media→hypothalmus→central e. N. Gyrus postsentralis←Thalmus←Nukleus Solotarius←N. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitarius di medula→ talamus→korteks serebri b. Dari scenario diatas papil-papil pengecapan rusak. yaitu… a. N. N.

bau→N.olfaktorius dan bulbus olfaktorius→lobus temtemporalis 13. dari scenario diatas mengapa saat flu penciuman menurun? a. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitrarius di media→thalamus→central d. yaitu… a. bau→sel olfaktorius→traktus olfaktorius→ N.IX. Membrane timpani c.XII←Taste cell 12.olfaktorius dan bulbus olfaktorius→lobus temtemporalis e. Ischemic optic neuropaty b.N. karena saat itu beliau sulit mencium bau-bauan. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitarius di medula→hipotalamus→korteks serebri c. Jendela oval d.Oklusi dari arteri siliaris posterior pendek dapat menyebabkan… a. kelenjar sebasea dan kelenjar keringat yaitu pada bagian… a. Selaput lender terlalu kering d. bau→sel olfaktorius→N.olfaktorius dan bulbus olfaktorius→lobus temtemporalis d.olfaktorius dari bulbus olfaktorius→traktus olfaktorius→lobus temporalis c. Meatus austicus eksternus e.seorang mahasiswa kedokteran ditanya oleh temannya mengapa saat flu penciuman semakin menurun fungsinya. Ada pembengkakkan di rongga hidung 14. Membrane timpani c. Gyrus postsentralis←Thalmus←Nukleus Solotarius←N. karena saat flu sulit mencium baubauan.Pada pendengaran ada bagian telinga luar yang mengandung rambut.Tempat gelombang suara diubah menjadi getaran bagian tengahnya berhubungan dengan tangkai maleus adalah… a. Sumber pembau tidak menguap b. Organ korti 15. Sinyal saraf dari taste buds→traktus solitaries di media→hypothalmus→central e. Meatus austicus eksternus e. Selaput lender terlalu basah e. Silia pada penciuman mengalami pembengkaan c.VII.N. Papil edem . Jendela oval d. bau→sel-sel yang bersilia→traktus olfaktorius N.Seorang mahasiswa kedokteran ditanya oleh temannya mengapa saat flu penciuman semakin menurun fungsinya. maka mahasiswa itu berfikir bagaimana mekanisme penciuman. bau→traktus olfaktorius→sel olfaktorius→N.b.olfaktorius dari bulbus olfaktorius→traktus olfaktorius→lobus temporalis b. Organ corti 16. Aurikula b. Aurikula b. Posterior segmen ischemia c.

hipertensi dan DM.Dibawah ini yang termasuk optic neuritis adalah. gangguan pengelihatan warna dan lap. Perimetri c. Papil atropi 17. Temporal abses 22. Papil atropi 19. Meringitis otogenik b. Hipertensi b. Optic neuritis d. Zygomatic abses e. perforasi atik pada membrane timpani. Semua benar 21. Papilitis b.Seorang anak. Abses otak otogenik c. keculi… a. usia 10 tahun datang ke RS Muhammadiyah dengan keluhan sakit di belakang telinga kiri sejak 2 hari yang lalu. riwayat telinga kiri berair dijumpai dan secret yang keluar berbau busuk. Merokok d.Factor resiko dari NAION adalah… a. NAION b. Funduskopi b. demam dijumpai. telinga kiri berair dijumpai dan secret yang keluar berbau busuk. tidak dijumpai adanya gangguan pengelihatan terjadi pada wktu bangun tidur riwayat penyakit. Mastoiditis akut b. hiperemis. flame hemmorage pada retina. Diagnose sementara pasien ini adalah… a. Abses bezoid d. Neuroretinitis d. Diabetes c. Postaurikular abses c. Pada pemeriksaan otoskopi tampak secret mukopurulen dari cavum timpani. CT scan / MRI d. Pada pemeriksaan otoskopi tampak secret mukopurulen dari cavum timpani.Pemeriksaan yang dilakukan pada pasien dengan papil atropi adalah… a. Pada pemeriksaan fisik tampak mastoid kiri merah. Ensefalitis otikus . AAION c.Seorang wanita datang dengan keluhan penurunan pengelihatan tiba-tiba. Semua benar 18. usia 10 tahun datang ke RS muhammadiyah dengan keluhan kejang sejak 2 hari yang lalu penurunan kesadaran dialami 1 hari ini. RAPD (+) pada pemeriksaan fundus dijumpai papiloedem.Seorang anak.pandang. Kemungkinan diagnose pasien tersebut… a. Hidrosefalus otogenik d.d. Kemungkinan diagnose pasien tersebut… a. Pada pemeriksaan kaku kuduk dijumpai. Muntah dijumpai. Retrobulba optic neuritis c. Diabetes papilopaty 20. dan pada palpasi teraba lunak. demam di jumpai.

dengan keluhan hidung tersumbat yang dialami selama 1 bulan ini. Meniere disease d. weber test lateralisasi ke telinga sehat d. Staphylokokus aureus 24. Tuba katar e.Pada abses otak otogenik. A. dan makin lama terasa makin memberat. Staphylococcus alfa hemolitikus b. hal ini dialami sejak 5 bulan yang lalu.Seorang wanita.Perdarahan yang terjadi pada epistaksis anterior biasanya diakibatkan oleh rupturnya pembuluh darah pada… a. Trautman triangle d.Coli e. Bing test positif 27. bakteri terbanyak yang dapat dijumpai yaitu… a. cairan yang keluar tidak berbau. dari pemeriksaan rinoskopi anterior tampak krusta kehijauan. E. weber test lateralisasi ke telinga sakit c. ingus yang kental dan berwarna kehijauan serta berbau busuk. gangguan keseimbangan tidak dijumpai.Seorang laki-laki umur 17 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan telinga kir berair. Otosklerosis c. pada pemeriksaanotoskopi tampak membrane timpani perforasi sentral subtotal. Rhinitis simpleks b.Datang seorang wanita. Maka hasil pemeriksaan garpu tala pada pasien diatas yaitu… a. Rinne test positif. Maka diagnose pasien tersebut adalah… a. Labirintitis b. Gyrus sentralis 25. Presbycusis 26. Pleksus kiesselbach d. Proteus mirabilis d. A. 27 tahun. Streptococcus sp c. Rhinitis atropi c. Ganglion olfaktorius c.Penyebaran abses serebellum secara langsung melalui daerah… a. carotid externa e.e. pasien merasa lebih bisa mendengar dan mngerti ucapan seseorang jika berada dilingkungan yang bising (paracusis of willis). kedua telinga juga berdengung. maksilaris interna b. Virchow robin space e. weber test lateralisasi ke telinga sakit e. weber test lateralisasi ke telinga sehat b. Sinusitis . hilang timbul. Tromboplebitis sinus lateralis 23. A. Sinus lateralis b. Rinne test positif. hal ini dialami sejak 1 tahun yang lalu. usia 20 tahun datang dengan keluhan telinga kanan dan kiri kurang mendengar. Rinne test negative. Rinne test negative. Maka kemungkinan diagnose diatas yaitu… a.fasialis 28. Menengens c.

34. Hidung sering gatal dijumpai. Rhinitis simpleks b. Mikroorganisme menyebabkan infeksi setelah terjadi trauma d. Rhinitis atropi c. Streptococcus pyogenes c. Staphylococcus aureus b.Pathogenesis terjadinya trachoma adalah… a. Rhinitis medikamentosa Tuan D ( 45 tahun ) datang ke praktek dokter spesialis mata dan didiagnosa menderita trachoma pada matanya. dan diduga menderita infeksi pada mata yang disebut gonococcal opthalmia neonatorium. Sumer infeksi berasal dari cairan lensa kontak c. Neisseria gonnorhoeae e. Bakteri c. Rhinitis alergi e.Datang seorang eanita 17 tahun dengan keluhan sering bersin dialami sejak 7 tahun yang lalu. Prion e.d.Trachoma suatu infeksi pada mata yang disebabkan oleh… a. Staphylokokus aureus c. Sinusitis d. Neisseria gonnorhoeae e. Herpes simplex virus d. ingus encer dan jernih. Stremtococcus pygogenes b. Virus d. Rhinitis medikamentosa 29. Diagnose pasien diatas yaitu… a. Candida albican 35. Chlamydia trachomalis d.Pada pemeriksaan secret konjunftiva dengan melakukan pewarnaan gram. Hemophylus influenza 30. Infeksi terjadi melalui darah b. Parasit 33.Adapun mikroorganisme penyebab infeksi tersebut adalah… a. Streptokokus beta hemolitikus d. maka akan terlihat mikroskopis bakteri tersebut berupa… . Jamur b. Infeksi terjadi saat melintasi jalan lahir e. Klebselia ozzeina b.Dari kasus diatas kuman yang paling sering di jumapai adalah… a. 31. Candida albican 32. Herpes simplex virus c.Mikroorganisme penyebab infeksi mata pada kasus tersebut termasuk golongan… a. Rhinovirus e. Sumber infeksi dari perlekatan rias mata ( eye make-up) Pasien anda seorang bayi dengan secret purulent pada mata. Rhinitis alergi e. bersin terutama di pagi hari. Riwayat keluarga yang menderita alergi dijumpai.

Yeast d.dilator pupil d. siliaris c. Bakteri bentuk batang gram negative b. Sebagai mahasiswa yang sedang belajar struktur histologi matanya. Iris e. Endotel kornea c. dokter mendiagnosanya sebagai glowkoma yang disebabkan oleh 2 kemungkinan yaitu produksi cairan bola aquos humor yang berlebih atau sumbatan pada saluran keluarnya. dokter mendiagnosa ibu zenita menderita myopia. Coccus gram positif 36. bagian mata ibu zenita yang manakah yang mengalami gangguan… a. Sclera c. Iris b. Retina mata c. Diplococcus Gram Negatif (DGN) intrasel. M. M. M.Ibu zenita berusia 50 tahun mengalami mata kabur jika melihat benda yang dekat.Otot dalam bola mata yang berperan dalam akomodasi lensa mata adalah… a. Stroma kornea d. Bakteri berbentuk koma e. bagian mata manakah yang memproduksi cairan ini… a. Papilla nervus opticus 39. Lensa mata e. ekstrasel c.a.Bagian mata yang merupakan daerah pengelihatan yang paling peka yaitu berupa cekungan (sumur) pada retina. Bintik buta/ papilla N. siliaris riolani . Korna d. Prosessus siliaris d. M.Anisa seorang mahasiswa kedokteran sedang memperhatikan struktur mikroskopis kornea mempunyai cirri cepat aus. Lapisan desment 37. pada daerah ini tidak terdapat sel batang. Korpus vitreum 38. Epitel kornea b. Ora serata 40. Lapisan bowman e.opticus b. Palpebra d. Bintik kuning/ fovea sentralis c. konstriktor pupil e. orbikularis okuli b. M. daya regenerasi tinggi dan banyak mengandung ujung saraf.Seorang pria datang ke poli mata dengan keluhan mata merah dan sakit dirasakan sejak 1 minggu yang lalu dan pada pemeriksaan tonometri didapatkan tekanan bola matanya 30 mmHg. struktur itu terdapat pada… a. Daerah ini disebut… a. Lensa e. Lensa b.

Seorang pria berusia 56 tahun datang berobat ke praktek dokter dengan keluhan mata kanan kabur mulai 2 tahun yang lalu dan semakin lama terasa semakin kabur. Lambaian tangan c.00 D b. Penyakit ini disebabkan karena peningkatan . Hipermetropia d. Glikolisis b. TCA cycle e. Dokter mendiagnosa dengan katrak diabetic. Myopia ringan OD + Hipermetropia OS b. Hipermetropia OD + Astigmatisma hipermetropia compound OS c. Pasien mempunyai riwayat penyakit kencing manis sejak usia 42 tahundengan riwayat pengobatan yang tidak tertur.50 D d.Seorang laki-laki umur 25 tahun dilakukan pemeriksaan visus dan pasien tidak dapat membaca huruf snellen chart terbesar maka kita lakukan pemerikaan… a.50 x 180ᵒ Diagnose kerja adalah… a.41. Tidak diberikan kacamata 43. Astigmatisma simplex OD + astigmatisma hipermetropia compound OS d. Emmetropia c. Menghitung jari d.00 D menjadi 6/6 dan dengan Sp -1. Opotype snellen b.00 D Cyl +0.Dari hasil pemeriksaan didapatkan OD : Sp +1. Poliol pathway d. Asthenopia 42. Presbiopia b. Sp -1. Ametropia 44. Dengan senter 45.25 D juga 6/6 maka lensa yang kita berikan pada mahasiswa tersebut adalah… a.Kemampuan lensa untuk mencembung disebut… a. Pasien mempunyai riwayat penyakit kencing manis sejak usia 42 tahundengan riwayat pengobatan yang tidak tertur.Dari hasil pemeriksaan refraksi mata kanan seroang mahasiswa didapatkan menggunakan Sp -1.Punctum proximum sudah menjadi jauh sehingga sulit membaca dekat disebut dengan a. Akomodasi d. Myopia b. HMP Shunt c. Astigmatisma simplex OD + Hipermetropi OS 46.25 D c. Sp -1.Seorang pria berusia 56 tahun datang berobat ke praktek dokter dengan keluhan mata kanan kabur mulai 2 tahun yang lalu dan semakin lama terasa semakin kabur. Glikogenesis 47. Myopia c. Sp -1.00 D OS : Sp +1. Jalur metabolic pada jaringan mata yang menghasilkan NADPH dan pentose adalah… a.

Enzim d. Sorbitol degidrogenase 49. glukosa menjadi sorbitol oleh bantuan emzime… a. Pasien mempunyai riwayat penyakit kencing manis sejak usia 42 tahundengan riwayat pengobatan yang tidak tertur.bakteri paling sering berhubungan dengan konjungtivitis adalah a. Glikogenesis 48.carotenes 51. Retinol e. Tocoferol c. Hal ini dapat dicegah dengan mencegah penumpukan sorbitol di jaringan yaitu dengan menghambat kerja enzim aldose reduktase dengan antioksidan… a. Poliol pathway d. streptococcus pneumonia . Pasien mempunyai riwayat penyakit kencing manis sejak usia 42 tahundengan riwayat pengobatan yang tidak tertur. HMP shunt c.osmolaritas lensa dan menjadi denaturasi protein lensa memadat akibat akumulasi sorbitol dan fruktosa melalui… a. β. Asam askorbat b. Glikolisis b. Aldosa reduktase e. Pada pemeriksaan ophtalmologi dengan menggunakan senter. Membrane protein e.6 bifosfat c. Pasien mempunyai riwayat penyakit kencing manis sejak usia 42 tahundengan riwayat pengobatan yang tidak tertur. staphylococcus aureus b. Dokter mendiagnosa dengan katrak diabetic.Seorang pria berusia 56 tahun datang berobat ke praktek dokter dengan keluhan mata kanan kabur mulai 2 tahun yang lalu dan semakin lama terasa semakin kabur. Fruktosa 1.Seorang pria berusia 56 tahun datang berobat ke praktek dokter dengan keluhan mata kanan kabur mulai 2 tahun yang lalu dan semakin lama terasa semakin kabur. Pada jalur metabolism ini. Penyakit ini disebabkan karena peningkatan osmolaritas lensa dan menjadi denaturasi protein lensa memadat akibat akumulasi sorbitol dan fruktosa. Glutation d. TCA Cycle e. Glukokinase b. Albuminoid c. Triptofan 50.Seorang pria berusia 56 tahun datang berobat ke praktek dokter dengan keluhan mata kanan kabur mulai 2 tahun yang lalu dan semakin lama terasa semakin kabur. Glukosa 6 fosfat dehidrogenase d. Protein pada lensa yang berfungsi menjaga transpransi lensa adalah… a. Crystalin b. Penyakit ini disebabkan karena peningkatan osmolaritas lensa dan menjadi denaturasi protein lensa memadat akibat akumulasi sorbitol dan fruktosa. dijumpai lensa keruh.

c. photopobia. Tractus opticus b. Selalu disebabkan oleh gonococci d. Diagnose pasien adalah… a. maka kelainan lapang pandang yang dijumpai adalah… a. moraxella lucantea 52.ophtalmia neonatorum adalah… a. Staphylococcus c. Streptococcus d. Antibiotic ED + Artifical tears d. Rasa seperti mengganjal dan berair. Radio opticus 58. Skoloma sentral c. Hemianopsia homonym kontralateral .Konjungtivitis membranous disebabkan oleh… a. Macular degeneration c.Bitemporal hemianopia berhubungan dengan adanya lesi di… a. Banyak secret pada mata dari minggu pertama kehidupan c. berair. Dari pemeriksaan tampak blepharospasme dan conjungtiva hiperemis dan dijumpai adanya benda asing. Semua diatas benar 53. Lateral khiasma d.Pada seorang pasien dijumpai adanya lesi di fractus optikum.Hilangnya lapang pandang sentral dapat dijumpai pada… a. Episkleritis c. Pterigium b. Amsler grid c. Gonococcus b. Macular hole b. Semua benar 59. Funduskopi 57. Perimetri d. kecuali… a. neiseria gonorrhea d. Conjungtival intraepitel neoplasia 56. Kornea jernih. Riwayat pekerjaan terpapar matahari dijumpai. Penatalaksanaan yang dilakukan terhadap pasien adalah… a. Optic neuropaty d. Pinguicula d.Seroang wanita datang dengan keluhan adanya benjolan berwarna kekuningan didaerah nasal limbus konjungtiva pada kedua mata. Adenovirus 54.Seroang laki-laki detang dengan mata merah dan sakit. Konfrontasi test b. Ekstraksi benda asing di konjungtiva + antibiotic ED c. Khiasma opticus c. berair. Ntibotic eye drops b. Inflamasi di konjungtiva yang terjadi pada infant dengan usia kurang dari 30 hari b. Irigasi bola mata 55. Hemianopsia bitemporal b.Pemeriksaan lapangn pandang dapat dilakukan dengan.

Telinga tengah e. Radiation optic Seorang anak perempuan berusia 5 tahun dibawa ke poliklinik THT Rumah sakit dengan keluhan telinga kiri berair disertai pendengaran menurun. Meatus-Incus-Stapes d. Pada pemerikasaan rinoskpi dijumpai tanda peradangan hyperemis pada concha nasalis inferior… 61. oleh karena cairan telinga menghalangi hantaran suara oleh… a. Dinding medial Cavum Nasi e. Seblumnya pasien sering mengalami pilek dan batuk. Pada pemeriksaan otoskopi dijumpai perforasi pada pars Tensa Membaran Tympani.Dari hasil pemeriksaan otoskopi. Dinding Anterior Cavum Nasi c.Berdasarkan struktur anatomi. Cavum Tympani b.Keluhan pendengaran menurun pada pasien tersebut diatas. Cochlea-Vestibulum-Ductus c. Daun telinga c. Bagian membrane yang halus 63. Pada pemeriksaan Visus di kedua mata menurun kemudian pada pemriksaan pinhole juga tidak ada perbaikan visus. struktur anatomi yang mengalami gangguan adalah… a. Hemianopsia homonym kongruen 60. Utriculus-Saculus-Canales semicirculares e. Telinga dalam b. Sedangkan telinga kanan normal. . Bagian membrane yang tipis b. Dinding lateral Cavum Nasi b. Pada pemeriksaan Light Pen dijumpai kedua lensa keruh. Tuba Eustachius (Tuba Auditiva) Seorang laki-laki berusia 68 tahun dibawa ke poliklinik Mata Rumah Sakit dengan keluhan pengelihatan kedua mata kabur. lesi pada pasien ini dijumpai di… a. Dinding posterior Cavum Nasi 64. gangguan yang dialami pasien tersebut diatas adalah… a. Dinding Posterior Cavum Nasi d. Traktus opticum d. Chiasma opticus c. Bagian membrane yang lemas e.Dari hasil pemeriksaan seroang pasien neuroopthamology didapatkan mata kanan tidak dapat melihat dan mata kiri normal. pandnagn seperti kabut atau asap terutama disore hari. Telinga luar d.Dari hasil pemeriksaan rhinokopi. Bagian membrane yang keras d. Liang telinga 62. bagian yang mengalami perforasi adalah… a. Nervus opticus b.d. Bagian membrane yang tegang c. reflex pupil terganggu (RAPD +).

Nares 68.Berdasarkan struktur anatomi. Dari hasil pemeriksaan sinar X menunjukan terdapat gambaran yang memperlihatkan patah tulang-tulang pembentuk Cavum orbita. kedua lubang hidung dinamakan… a. Nassus externus c. Lensa b. 69. Sclera. pemeriksaan visus pada pasien tersebut berguna untuk mendapatkan… a. Kelainan dinding Bulbus oculi e. Kelainan retina 66. Corpus ciliare c.Pasien telah berusaha menjepit hidungnya. Iris Seroang laki-laki berusia 25 tahun dibawa ke UGD Rumah Sakit dengan keluhan perdarahan hidung yang parah selama 30 menit terkhir tidak dapat berhenti. Concha nasals d. Choroid.Pada pemriksaan Light Pen dari pasien tersebut diatas. Kartilago ala nasi dan septi nasi yang berpasangan serta kartilago nasi lateral yang tidak berpasangan Seorang laki-laki 17 tahun dibawa ke UGD Rumah Sakit dengan keluhan wajahnya terkena pemukulan bola kasti sewaktu bermain dengan temannya. Kartilago ala nasi dan nasi lateral yang berpasangan serta kartilago septi nasi yang tidak berpasangan b. Pasien telah berusaha menjepit hidung tetapi masih tetap berdarah 67. Conjungtiva.Dari hasil pemeriksaan sinar X struktur nanatomi yang paling mengalami gangguan adalah… a. Cornea. Pasien menyangkal terjadi trauma dan benturan.Cornea Oculi Posterior d. maka dinding Bulbus Oculi yang dapat dinilai adalah… a.Berdasarkan struktur anatomi. Septum nasi e. Nassales b. Kelainan otot-otot penggerak bulbus oculi b. Retina e. Vitreus Humor. Camera Oculi Anterior.65. Palpebra superior. Kelainan refraksi d. Os Zygomaticum . Aquos Humor. Kartilago ala nasi dan nasi laterak yang tidak berpasnagan serta kartilago septi nasi yang berpasangan c. Kartilago ala nasi yang tidak berpasagan serta kartilago nasi lateral dan septi nasi yang berpasangan e. Choroid. gangguan perdarahan ataupun juga mengonsumsi obat-obat pelancar darah. karena ia berdarah dari kedua lubang hidung. Pupil. Kelainan nervus opticus c. maka berdasarkan struktur anatomi tulang rawan yang dijepit tersebut adalah… a. Pasien menunjukan bahwa perdarahan ini khas. Kartilago ala nasi yang berpasnagan serta kartilago nasi lateral dan septi nasi yang tidak berpasangan d. Limbus.

Angulus oculi mediane et laterale b. Klebsiella pneumonia c. Liang telinga luar tidak memiliki barier pertahanan sehingga sangat mudah diinfeksi oleh semua mikroorganisme c. Rhinitis alergi d. Dua minggu yang lalu pasin tersebut menderita influenza. Staphylococcus epidermidis. Struktur anatomis dari liang telinga luar yang berbentuk “S” menyebabkan liang telinga luar mudah terinfeksi bakteri 72. Foramen opticum c.Serparuh vagian depan yang mengisi Cavum Orbita pada pasien teresbut diatas adalah… a. Os Vomer c. Aspergilus 73. Pada pemeriksaan fisik dijumpai edema dan hiperemis pada mukosa hidung dan terlihat adanya secret jernih keluar dari hidung. Viral Rhinitis c. Moraxella catarrhalis b. Mikroorganisme menginvasi akibat adanya penjalanan infeksi dari liang telinga tengah b. Rhinovirus b.b. Escherhia coli. Staphylococcus hemolyticus. Staphylococcus intermedius e.Pathogenesis dari otitis eksterna… a. Candida albicans . Bulbus oculi d. Otitis media akut 74. Haemophylus influenza. Coryza e. Nervus opticus 71.Bakteri yang sering menjadi penyebab infeksi (kasus diatas) adalah… a. Os Mandibula e. Oto-otot penggerak bola mata e. Sinusitis bacterial akut b. Os Temporale d. Candidiasis e.Seroang pasien datang dengan keluahan demam dan adanya cairan kental kehijauan dari hidung disertai nyeri tekan di daerah pipi. Os parientale 70. kemungkinan pasien tersebut saat ini mengalami… a. Penjalaran dari infeksi di saluran nafas bagian atas d.Seornag pasien datang kepoliklinik dengan keluhan demam disertai dengan bersin-bersin dan pilek (hidung meler) dan rasa gatal di hidung sejak 1 hari yang lalu. Neisseria gonorrhoeae d. Pseudomonas aeruginosa d. Dari keterangan diatas. Streptococcus pneumonia. Penyebab tersering dari infeksi seperti ini adalah… a. Terganggunya PH dan terhambatnya mekanisme pembersiahan pada liang telinga menyebabkan berkurangnya flora normal dan overgrowth dari kolonisasi bakteri pathogen e. Streptococcus pneumonia c.

Bakteri penyebab infeksi pada faring dan tonsil seperti pada kasus tersebut yang dapat berkomplikasi menjadi demam rematik dan glomerulonefritis adalah… a. Angiofibroma b. Streptococcus pneumonia b. dapat mendestruksi tulang. Adenovirus c. Tidak mengalami regresi pada saat pubertas e. Biasanya berulang d. pertanyaan yang benar dibawah ini adalah… a.Neoplasma jinak pada hidung dan sinus paranasal tetapi pertumbuhannya sangat agresif dan selalu berulang meskipun telah dilakukan reseksi adalah… a. Echovirus b.Lesi kistik pada liang telinga yang berisi deskuamasi epitel. sakit menelan dan batuk kering yang telah dilaminya 1 tahun terakhir. datang dengan keluhan timbul bercak keputihan dan mudah berdarah pada gingival. berusia 63 tahun. Diagnosis yang paling mungkin pada lesi ini adalah… a. Selalu berlanjut menjadi keganasaan 79. Streptococcus aureus d. Interted papiloma 80.Seroang laki-laki. Polip nasi e. Respiratory Syncytial Virus e. Granulomatosis d. berusia 6 tahun datang dengan keluhan suara serak.75. Lesi ini termasuk kedalam lesi premalignant yang dapat berkembang menjadi karsinoma in situ karsinoma. Moraxella catarrhalis c. Streptococcus viridians 76. Pada pemeriksaan tonsil dijumpai hiperemis pada daerah tonsil dan faring serta bercak seperti pus di daerah tonsil. Rhinovirus d. Dari pemeriksaan laringoskopi terlihat masa polipoid multiple. Hemongioma d. Leukoplakia b.Seroang anak. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening.Dari diagnose diatas. Human Papilloma Virus type 6 78. tebal dan melekat erat pada daerah tersebut.Etiologi dari neoplasma ini adalah… a. Pada pemeriksaan tampak lesi berbatas tegas. Epulis Seorang anak perempuan. Erythroplakia c. Dapat ditemukan transformasi sel-sel ganas c. labirin dan jaringan lunak di sekitarnya disebut… . Jaringan granulasi c. Merupakan kelainan congenital b. Streptococcus beta-hemolitikus Grup A e. Papilloma e. perokok aktif. 10 tahun mengalami demam tinggi disertai sakit tenggorokan. Dilakukan polipektomi dan dari pemeriksaan histopatologi didapatkan hasil suatu papilloma 77.

Abscess formation c. Otitis media akut d. VIII e. Cholesteatoma b. Papilloma e.Gelombang BERA yang dinilai pada keluhan pada anak yaitu… a. hal ini dapat terjadi pada presbycusis tipe… a. Granuloma d.Derajat ketulian sedang menurut ISO. wibber test lateralisasi kearah yang nsehat. Del V. timpanogram tipe… a. Mycoplasma pneumonia e.Jika didapati pada pasien rinne test (+). Gel I. Streptococcus pneumonia d.Gambaran timpanogram pada penderita otosklerosis geriatric yaitu. >55-70 dB e. Gel I. >40-66 dB d. V d. Mechanical e. Tipe B e. Neuroma akustik 86. Gel I dan II b. Epidermoid cyst 81. Serumen prop c. >25-40 dB c. >70-90 dB 85. Gel II dan V c. III. Neural b. Kemudian oleh dokter didiagnosa temporalis myringitis bullosa. Labirintitis e.Seorang wanita. telinga kiri normal. Otitis media supuratif kronis b. pada ambang dengar… a. Sensory c. 0-25 dB b. Pseudomonas Aeruginosa . V. Tipe A b. Tipe C 82.Presbycusis dapat terjadi di usia produktif. usia 20 tahun datang dengan keluhan sakit telinga kanan. maka kemungkianan diagnose dengan hasil pemeriksaan garpu tala seperti diatas adalah… a. Tipe Ad c. Streptococcus Beta Hemolitikus c. Staphylococcus Aureus b. Tipe As d.a. VII. Sensoryneural 84. VIII 83. Etiologi myringitis bullosa adalah… a. Metabolism d. dari pemeriksaan otoskopi tampak bula hemorrhagic pada membrane timpani kanan.

Bat ear 88. Mlformasi Arnold-chiarl b. Terjadi tuli konduktif sementara b. komplikasi tersebut dipengaruhi beberapa factor.Myringotomi adalah suatu tindakan insisi membrane timpani untuk evakuasi pus. Pengetahuan c. dimana pada stadium oklusi tuba dapat dijumpai gejala dominan berupa… a. Tinnitus b. yang merupakan indikasi dilakukan myringotomi adalah… a. Pendengaran berkurang 89.Stadium OMA ada beberapa stadium. Ada atau tidaknnya erosi tulang e. yaitu… a.87. Usia d. OMA stadium presupurasi c. OMSK yang tidak sembuh smepurna 90. Telinga berair c.Pada kelainan daun telinga congenital mikrotia maupun anotia. OMA stadium oklusi tuba e. Efusi yang presisten lebih dari 12 minggu d.Komplikasi Otitis media supuratif kronis (OMSK) dapat terjadi di intra temporal maupun intrakrinial. Tingkat pendidikan b. Makrotia e. Atresia liang telinga c. biasanya diikuti oleh kelainan berupa… a. Adanya trauma temporal . Atresia choana d. Sakit pada telinga e. Demam d.