You are on page 1of 9

TEORI AKUNTANSI

PENUGASAN 7

KELOMPOK 5:
1. Farisky Setiawan W

(F1313034)

2. Husnun Ogusta

(F1313044)

3. M. Jalu Rajasa

(F1313061)

4. Muhammad Dimas G.

(F1313063)

5. Nur Rokhman Alief K

(F1313071)

6. Purnamaji Sudrajat

(F1313079)

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2014

Informasi yang akurat dan dapat dipercaya agar kualitas keputusan yang dihasilkan dapat diterapkan secara efektif dan efisien. AICPA memiliki peran penting dalam pengembangan dan pembentukan standar akuntansi. termasuk penyiapan (penyelenggaraan) ujian sertifikasi dan pendidikan berkelanjutan bagi para akuntan publik.1. Jurnal standar. f. khususnya keputusan di bidang ekonomi g. i. Memberikan informasi mengenai posisi keuangan dan hasil operasi b. e. Jelaskan apa perannya masing masing. Menghasilkan laporan keuangan yang sangat diperlukan untuk mengelola organisasi. Regulator : Membuat kebijakan akuntansi d. Menggunakan accrual basic pada pelaporan keuangannya. 4. Investor : pengguna laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan b. c. dan perannya: a. Pihak-pihak yang berada dalam lingkungan akuntansi Private Sector. Merupakan bagian terpadu dari sistem ekonomi yang sama dan juga menggunakan sumber daya yang langka untuk mencapai tujuan d. FASB fungsinya adalah mempelajari masalah akuntansi terkini dan menetapkan standar akuntansi. SEC peran utamanya adalah untuk mengatur penerbitan dan transaksi perdagangan sekuritas oleh emiten kepada khalayak ramai (publik) d. Jelaskan lingkungan ekonomi akuntansi sektor private? Lingkungan ekonomi akuntansi sector private a. Harus menggunakan dan mengkonversi sumber daya yang langka yang akan diolah untuk menghasilkan barang dan jasa dalam bentuk yang lebih berguna e. Indonesian Institute of Accountants) adalah organisasi profesi akuntan di Indonesia b. tidak ada jurnal anggaran. a. Mengikuti prinsip-prinsip dan standar akuntansi yang diterima secara umum c. GASB dibentuk pada tahun 1984 oleh FAF dengan tugas menetapkan standar akuntansi keuangan pemerintah. Regulator profesi akuntansi. Standar ini dipublikasikan sebagai Statement of Financial Accounting Standards (SFAS) f. Pemegang saham : Pengguna laporan keuangan untuk melihat kinerja perusahaan c. Jelaskan gambaran perkembangan profesi akuntansi di Indonesia dewasa ini. Auditor : memeriksa laporan keuangan 3. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI. Manajemen : pengguna laporan keuangan untuk pengambilan keputusan e. Laporan keuangan yang dihasilkan merupakan informasi yang sangat berguna bagi proses pengambilan keputusan. a. FASB sebagai a global leader in accounting standard setting. Periode ke 1 (sebelum tahun 1954) . h. tidak ada jurnal apropriasi dan tidak ada jurnal kolorari 2.

Pada umumnya. Profesi akuntan publik mengalami perkembangan yang berarti sejak awal tahun 70-an dengan adanya perluasan kredit-kredit perbankan kepada perusahaan. pemerintah menetapkan peraturan dengan undangundang untuk melindungi ijazah akuntan agar pengusaha dan badan yang lain tidak tertipu oleh pemakaian gelar “akuntan” yang tidak sah. dikarenakan pengetahuan yang dimiliki akuntan harus sederajat dengan syarat yang ditetapkan oleh pemerintah dan juga mereka harus mengikuti pelajaran pada perguruan tinggi negeri dengan hasil baik. meruncingnya persaingan. Periode ke 2 (tahun 1954 – 1973) Setelah adanya Undang-Undang No. Sutojo pada Konvensi Nasional Akuntansi I di Surabaya Desember 1989 menyampaikan hasil penelitiannya mengenai: Pengembangan Pengawasan Profesi Akuntan Publik di Indonesia. Direktorat Akuntan Negara meminta bantuan kantor akuntan publik untuk melakukan audit atas nama Direktorat Akuntan Negara.Pada periode pertama telah ada jasa pekerjaan akuntan yang bermanfaat bagi masyarakat bisnis. dan naiknya pajak-pajak para pengusaha sehingga makin sangat dirasakan kebutuhan akan penerangan serta nasehat para ahli untuk mencapai perbaikan dalam sistem administrasi perusahaan. b. 34 tahun 1954 tentang pemakaian gelar akuntan. perusahaan-perusahaan swasta di Indonesia baru memerlukan jasa akuntan publik jika kreditur mewajibkan mereka menyerahkan laporan keuangan yang telah diperiksa oleh akuntan publik. Bank-bank ini mewajibkan nasabah yang akan menerima kredit dalam jumlah tertentu untuk menyerahkan secara periodik laporan keuangan yang telah diperiksa akuntan publik. Sehingga mereka menggunakan jasa orang-orang yang ahli dalam bidang akuntansi. Periode ke 3 (tahun 1973 – 1979) M. auditor di Indonesia berjalan lamban karena perekonomian Indonesia pada saat itu kurang menguntungkan. Mengingat terbatasnya tenaga akuntan dan ajun akuntan yang menjadi auditor pada waktu itu. Oleh karena itu. yang disebabkan oleh hubungan ekonomi yang makin sulit. Kebutuhan akan bantuan akuntan yang makin besar menjadi alasan bagi khalayak umum yang tidak berpengetahuan dan berpengalaman dalam lapangan akuntansi untuk bekerja sebagai akuntan. bahwa profesi akuntan publik ditandai dengan satu kemajuan besar yang dicapai Ikatan Akuntan Indonesia dengan diterbitkannya buku . Perluasan pasar profesi akuntan publik semakin bertambah yaitu pada saat pemerintah mengeluarkan Undang-undang Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMND) tahun 1967/1968. c.

University menyatakan bahwa profesi akuntan publik dibutuhkan untuk mengaudit dan memberikan pendapat tanpa catatan (unqualified opinion) pada laporan keuangan yang go public atau memperdagangkan sahamnya di pasar modal. Dengan adanya pasar modal di Indonesia. profesi akuntan publik telah maju selangkah lagi karena memiliki standar kerja dalam menganalisa laporan keuangan badan-badan usaha di Indonesia. Ini merupakan keputusan yang penting dalam sejarah perkembangan profesi akuntan publik dan sekaligus sebagai batu ujian bagi akuntan publik dan masyarakat pemakainya. Tiga tahun setelah kemudahan diberikan pemerintah masih ada akuntan publik tidak memanfaatkan maksud baik pemerintah tersebut. Pada akhir tahun 1976 Presiden Republik Indonesia dalam surat keputusannya nomor 52/1976. adalah seksi akuntan manajemen dan seksi akuntan pendidik. 108/1979 tanggal 27 Maret 1979 yang menggariskan bahwa laporan keuangan harus didasarkan pada pemeriksaan akuntan publik dan mengikuti PAI. Periode ke 4 (tahun 1979 – 1983) Pada periode profesi akuntan publik dalam keadaan suram. dengan memberikan keringanan pembayaran pajak perseroan dan memperoleh pelayanan yang lebih baik di bidang perpajakan. Periode ke 5 (tahun 1983 – 1989) Periode ini yang berisi upaya konsolidasi profesi akuntan termasuk akuntan publik. dan penyempurnaan kode etik dalam kongres ke V tahun 1986. selain seksi akuntan publik. Sampai sekarang seksi yang ada di IAI. kebutuhan akan profesi akuntan publik meningkat pesat. e. disusul dengan penyempurnaan NPA pada tahun 1985. PAI 1973 disempurnakan dalam tahun 1985. Dengan adanya prinsip dan norma ini. Keputusan ini dikenal dengan nama 27 Maret 1979. Maksud instruksi dan surat keputusan tersebut adalah untuk merangsang wajib pajak menggunakan laporan keuangan yang telah diperiksa oleh akuntan publik. menetapkan pasar modal yang pertama kali sejak memasuki masa Orde Baru. Keputusan Menteri Keuangan No. Pada tanggal 1 Mei 1978 dibentuk Seksi Akuntan Publik (IAI-SAP) yang bernaung di bawah IAI. pelaksanaan paket 27 Maret. .Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) dan Norma Pemeriksaan Akuntan (NPA) dalam kongres Ikatan Akuntan Indonesia di Jakarta tanggal 30 November – 2 Desember 1973. d. Beberapa akuntan publik melakukan malpraktik yang sangat merugikan penerimaan pajak yaitu dengan cara bekerjasama dengan pihak manajemen perusahaan melakukan penggelapan pajak.

Walaupun demikian.  Pesatnya pertumbuhan lembaga-lembaga keuangan baik bank maupun non. Periode ke 6 (tahun 1990 – sekarang) Pada periode ini profesi akuntan publik terus berkembang seiring dengan berkembangnya dunia usaha dan pasar modal di Indonesia. Beberapa faktor yang dinilai banyak mendorong berkembangnya profesi adalah:  Tumbuhnya pasar modal. f. Sarjana S1 – Akuntan – CPA Indonesia – Akuntan Publik Untuk mendapatkan izin sebagai Akuntan Publik diperlukan proses yang cukup panjang.bank.001/1986 tentang Akuntan Publik. Pada awal 1992 profesi akuntan publik kembali diberi kepercayaan oleh pemerintah (Dirjen Pajak) untuk melakukan verifikasi pembayaran PPN dan PPn BM yang dilakukan oleh pengusaha kena pajak. dengan menyelesaikan 140-150 SKS (tergantung Universitas). 763/KMK.  Adanya kerjasama IAI dengan Dirjen Pajak dalam rangka menegaskan peran akuntan  publik dalam pelaksanaan peraturan perpajakan di Indonesia. 5. Pada tahun 1986 pemerintah mengeluarkan Keputusan Menteri Keuangan No. Bagaimana proses pendidikan fomal yang dilalui oleh seseorang yang ingin menjadi akuntan Publik. mengikuti ujian Indonesia CPA dan mengajukan izin ke Kementerian Keuangan. Setelah lulus mereka akan mendapat gelar SE (Sarjana Ekonomi). Di samping adanya dukungan dari pemerintah. Untuk menjadi Sarjana S1 jurusan Akuntansi diperlukan waktu 3-6 tahun (tergantung mahasiswa dan Universitas). Namun. keberadaan profesi akuntan tetap diakui oleh pemerintah sebagai sebuah profesi kepercayaan masyarakat. perkembangan profesi akuntan publik juga sangat ditentukan ditentukan oleh perkembangan ekonomi dan kesadaran masyarakat akan manfaat jasa akuntan publik. Salah satu pilihan yang bisa diambil oleh Sarjana S1 jurusan Akuntansi (lulusan setelah 31 Agustus 2004) adalah . dimulai dengan pendidikan S1 Akuntansi. pemerintah perlu memberikan perlindungan terhadap masyarakat pemakai jasa akuntan publik dan untuk mendukung pertumbuhan profesi tersebut. prosedur dan persyaratan untuk memperoleh izin praktik akuntan publik dan pendirian kantor akuntan publik beserta sanksi-sanksi yang dapat dijatuhkan kepada akuntan publik yang melanggar persyaratan praktik akuntan publik. Keputusan ini mengatur bidang pekerjaan akuntan publik.Setelah melewati masa-masa suram. kemudian Pendidikan Profesi Akuntansi. masih banyak kritikan-kritikan yang dilontarkan oleh para usahawan dan akademisi. Berkembangnya penanaman modal asing dan globalisasi kegiatan perekonomian.

.500. untuk menyelesaikan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) diperlukan waktu 9-24 bulan (tergantung dari kelas yang diambil dan Universitas). Bagi peserta yang ingin mengikuti Indonesia CPA Exam kembali. Untuk mendapatkan No. Mata ujian yang diujikan adalah Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Peserta yang tidak lulus secara keseluruhan dalam waktu 24 bulan. Lingkungan Bisnis. maka peserta harus mengulang seluruh mata ujian.000 dan biaya ujian (mengulang) Rp. Hukum Komersial dan Perpajakan.Akuntan dari Kementerian Keuangan. maka mata ujian yang telah lulus dianggap gugur.01/2008 yaitu memiliki nomor Register Negara untuk Akuntan dan memiliki Sertifikat Tanda Lulus Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP/Indonesia CPA Exam) yang di selenggarakan oleh IAPI. Setelah menyelesaikan PPA maka mereka akan mendapatkan gelar sebagai Akuntan dan mendapatkan Register No. Seseorang yang mempunyai gelar Akuntan bisa bekerja di berbagai bidang juga.000 (per mata ujian). biaya ujian pertama Rp. tetapi kebanyakan akan bekerja di bidang Akuntansi (walaupun tetap ada kemungkinan untuk bekerja di bidang lain). 6. 500. Manajemen Keuangan dan Sistem Informasi. Seorang Indonesia CPA belum bisa disebut sebagai seorang Akuntan Publik sehingga dia belum bisa memberikan jasa kepada pihak lain. Untuk bisa mengajukan izin menjadi seorang Akuntan Publik. maka seorang Indonesia CPA harus memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Pasal 5 Peraturan Menteri Keuangan No:17/PMK. tetapi mereka bisa menjadi Akuntan Publik. Peserta diberi kesempatan selama 24 bulan untuk menyelesaikan seluruh mata ujian sejak pertama kali mengikuti ujian.Register dari Kementerian Keuangan diperlukan 3-4 bulan sejak kita lulus pendidikan profesi. 1. Peran profesi akuntansi di lingkungan pasar modal.000. Indonesia CPA Exam diselenggarakan sebanyak 3 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari. dalam pendidikan tersebut seseorang akan menyelesaikan 21-30 SKS (tergantung kelas dan Universitas). Akuntansi Manajemen. Biaya Pendaftaran Rp. Selain itu seorang Akuntan kesempatan untuk mengikuti Indonesia CPA Exam (Certified Public Accountant) dan jika kita bisa lulus dari ujian tersebut maka kita bisa mendapatkan sebutan Indonesia CPA. Juni dan Oktober. Auditing dan Assurance. Sedang bagi Sarjana S1 jurusan Akuntansi yang lulus sebelum 31 Agustus 2004 untuk mereka gelar Akuntan diberikan langsung (bagi lulusan PTN) dan harus melalui ujian UNA (bagi lulusan PTS).melanjutkan ke Pendidikan Profesi Akuntansi.000 (satu kali). 3.

Selain itu akuntan juga berperan dalam mengungkapkan informasi keuangan perusahaan dan memberikan pendapat mengenai kewajaran atas data yang disajikan dalam laporan keuangan.go.bapepam. kecuali kepemilikan tersebut tidak diikuti dengan Pengendalian. Akuntan yang terdaftar di BapepamLK diharapkan menjadi gate keeper dalam melindungi kepentingan publik dengan menghasilkan opini yang berkualitas atas laporan keuangan.G.7 tentang Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik http://www. Dapatkan satu set paket regulasi pedoman pelaporan keuangan enitas perusahaan terbuka (yang terbaru). Akuntan hanya bertanggung jawab atas opini yang diberikan terhadap kewajaran laporan keuangan namun kebenaran laporan keuangan merupakan tanggung jawab manajemen sepenuhnya. Di pasar modal dituntut pendapat wajar (unqualified) terhadap laporan keuangan dari perusahaan yang akan menerbitkan saham baru (Initial Public Offering) atau yang telah terdaftar di bursa.Peran akuntan di pasar modal adalah memeriksa laporan keuangan dan memberikan pendapat terhadap laporan keuangan.G. identifikasi bagian mana saja yang dimaksud dengan kebijakan akuntansi perusahaan.7. atau . a. Pendapat wajar berarti laporan keuangan telah disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang ditetapkan oleh IAI tanpa suatu catatan atau kekurangan dan kesalahan material. Peraturan Nomor VIII. 2) kekuasaan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional entitas berdasarkan anggaran dasar atau perjanjian. Laporan Keuangan Konsolidasian Pengendalian dianggap ada ketika Emiten atau Perusahaan Publik memiliki secara langsung atau tidak langsung melalui entitas anak lebih dari 50% (lima puluh perseratus) hak suara suatu entitas. apabila terdapat: 1) kekuasaan yang melebihi 50% (lima puluh perseratus) hak suara sesuai perjanjian dengan investor lain. Pengendalian juga ada ketika Emiten atau Perusahaan Publik memiliki 50% (lima puluh perseratus) hak suara atau kurang.pdf 8. Berdasarkan pedoman akuntansi tersebut. 3) kekuasaan untuk menunjuk atau mengganti sebagian besar direksi dan dewan komisaris atau organ pengatur setara dan mengendalikan entitas melalui dewan atau organ tersebut. 7.id/pasar_modal/regulasi_pm/draft_peraturan_pm/draft/Draft-RevisiVIII.

2) Dalam hal terdapat indikasi atau bukti obyektif penurunan nilai atas suatu aset nonmoneter sebagaimana dimaksud dalam huruf a. disajikan dalam laporan posisi keuangan. Standar akuntansi keuangan menjadi landasan tersendiri bagi setiap prusahaan dalam membuat kebijakan perusahaan. termasuk hibah nonmoneter pada Nilai Wajar. dan 4) goodwill yang diperoleh dalam suatu kombinasi bisnis. untuk Aset di bawah ini: 1) Aset Takberwujud dengan umur manfaat tidak terbatas. Penurunan Nilai Aset Nonkeuangan 1) Emiten atau Perusahaan Publik wajib melakukan penilaian pada setiap akhir periode pelaporan untuk mengetahui adanya indikasi atau bukti obyektif penurunan nilai atas suatu aset nonmoneter . namun sekaligus dapat diperbandingkan dengan kebijakan perusahaan lain yang menggunakan dasar aturan senada. 2) Aset Takberwujud yang belum dapat digunakan. Selisih antara jumlah terpulihkan dengan jumlah tercatat adalah rugi penurunan nilai. Standar akuntansi keuangan sebagai satu set pedoman peraturan lengkap dan dasar penetapan kebijakan perusahaan yang terarah. mengakui rugi penurunan nilai Aset dalam laba rugi. baik disajikan sebagai penghasilan ditangguhkan atau dicatat sebagai pengurang nilai tercatat Aset. Hibah Pemerintah 1) Hibah Pemerintah yang terkait dengan Aset. maka jumlah tercatat Aset diturunkan menjadi sebesar jumlah terpulihkan. 9. maka Emiten atau Perusahaan Publik wajib mengestimasi jumlah terpulihkan Aset tersebut. .4) kekuasaan untuk memberikan suara mayoritas pada rapat direksi atau organ pengatur setara dan mengendalikan entitas melalui direksi atau organ tersebut. c. 2) Hibah Pemerintah yang terkait penghasilan dapat disajikan sebagai kredit dalam laporan laba rugi komprehensif baik secara terpisah atau dalam pos umum seperti “pendapatan lainnya” atau sebagai pengurang dalam beban terkait. Keterkaitan antara standar akuntans keuangan dengan kebijakan akuntansi perusahaan. yaitu standar akuntansi keuangan. 5) Jika jumlah terpulihkan Aset lebih kecil dari jumlah tercatatnya. terpadu dan dapat diandalkan. b. 3) Emiten atau Perusahaan Publik wajib membandingkan nilai tercatat dengan jumlah terpulihkan secara tahunan. 6) Emiten atau Perusahaan Publik yang menggunakan model biaya baik untuk Aset Tetap maupun Properti Investasi. Hal ini diperlukan agar tidak ada kebijakan perusahaan yang merugikan perusahaan lain atau pihak lain.

EMH Bentuk Semikuat. baik investor individu maupun investor institusi. EMH Bentuk Kuat. Harga-harga sekuritas sepenuhnya mencerminkan informasi istemewa dan juga semua informasi yang tersedia bagi publik. a. EMH Bentuk Semikuat menyatakan bahwa harga-harga sekuritas mencerminkan semuainformasi yang tersedia bagi public. harga-harga yang terbentuk di pasar merupakan cerminan dari informasi yang ada atau stock prices reflect all available information. pasar efisiensemikuat jika harga sekuritas berperilaku seakan-akan semua orang sudah mengetahui informasi yang tersedia bagi publik. b. dengan menggunakan strategi perdagangan yang ada.Didefinisikan dengan cara lain. Jelaskan makna konsep Efisiensi Pasar Modal (EMH) dalam kaitannya dengan peranan laporan keuangan untuk kepentingan para pelaku pasar modal. Ini mencakup informasi mengenai harga-harga sekuritas sekarang dan sebelumnya. akan mampu memperoleh return tidak normal (abnormal return). Artinya. tetapi tidak termasuk informasi orang dalam. c. Haugen (2001) membagi kelompok informasi menjadi tiga. EMH bentuk kuat menyatakan bahwa semua informasi yang relevan yang tersedia tercermin dalam harga-harga sekuritas. yaitu 1) informasi harga saham masa lalu (information in past stock prices). Konsep Dasar Pasar Efisien. 2) semua informasi publik (all public information). setelah disesuaikan dengan risiko. Suatu pasar dikatakan efisien apabila tidak seorangpun.10. . dan 3) semua informasi yang ada termasuk informasi orang dalam (all available information including inside or private information).