You are on page 1of 18

Visi

Masyarakat Sehat Yang Mandiri dan Berkeadilan

Misi
1. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat,
termasuk swasta dan masyarakat madani
2. Melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang
paripurna, merata bermutu dan berkeadilan
3. Menjamin ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan
4. Menciptakan tata kelola kepemerintahan yang baik

Strategi
1. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat, swasta dan masyarakat madani dalam
pembangunan kesehatan melalui kerja sama nasional dan global.
2. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan berkeadilan,
serta berbasis bukti; dengan pengutamaan pada upaya promotif dan preventif.
3. Meningkatkan pembiayaan pembangunan kesehatan, terutama untuk mewujudkan
jaminan sosial kesehatan nasional.
4. Meningkatkan pengembangan dan pendayagunaan SDM kesehatan yang merata dan
bermutu.
5. Meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan obat dan alat kesehatan
serta menjamin keamanan, khasiat, kemanfaatan, dan mutu sediaan farmasi, alat
kesehatan, dan makanan.
6. Meningkatkan manajemen kesehatan yang akuntabel, transparan berdayaguna dan
berhasilguna untuk memantapkan desentralisasi kesehatan yang bertanggungjawab.

Nilai-nilai
1. Pro Rakyat
2. Inklusif
3. Responsif
4. Efektif
5. Bersih

prosedur. Fungsi Dalam melaksanakan tugas. pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pembinaan kefarmasian dan alat kesehatan. Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan menyelenggarakan fungsi: a. pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan kefarmasian dan alat kesehatan. pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan.Tugas Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang pembinaan kefarmasian dan alat kesehatan. standar. b. dan e. dan kriteria di bidang pembinaan kefarmasian dan alat kesehatan. Struktur Organisasi . d. perumusan kebijakan di bidang pembinaan kefarmasian dan alat kesehatan. penyusunan norma. c.

D Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dra.Biomed Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian Drs. Apt.Pharm. Apt. M. M. Ph. Bayu Teja M. M..Biomed Direktur Bina Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Dra.(berdasarkan Lampiran Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1144/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan) Unit Kerja dan Pejabat Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dra.. MM . Maura Linda Sitanggang. Engko Sosialine M.. Engko Sosialine M. Apt.

M. Bina Oblik dan Perbekkes . MKM Direktur Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian Dra.Si Dit. Arianti Anaya I. Dettie Yuliati.Direktur Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan drg. R. Apt.

penyediaan dan pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan. . Fungsi 1. serta pemantauan dan evaluasi program obat publik dan perbekalan kesehatan. serta pemantauan dan evaluasi program obat publik dan perbekalan kesehatan. Penyiapan pemberian bimbingan teknis di bidang analisis dan standarisasi harga obat. serta pemantauan dan evaluasi program obat publik dan perbekalan kesehatan. standar. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang analisis dan standarisasi harga obat. penyediaan dan pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan. Penyiapan penyusunan norma. standar. 3. serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang obat publik dan perbekalan kesehatan. prosedur dan kriteria. 2. penyediaan dan pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan. Pelaksanaan kegiatan di bidang analisis dan standarisasi harga obat.Tugas Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan. prosedur dan kriteria di bidang analisis dan standarisasi harga obat. penyediaan dan pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan. dan penyusunan norma. serta pemantauan dan evaluasi program obat publik dan perbekalan kesehatan. 4.

serta pemantauan dan evaluasi program obat publik dan perbekalan kesehatan. Sa’diah. M.Si.Kes Kepala Seksi Analisis dan Harga Obat Dra. Apt Kepala Seksi Standardisasi Harga Obat Myta Suzana. M. penyediaan dan pengelolaan obat publik dan perbekalan kesehatan. dan 6. Engko Sosialine M. S. Nadirah Rahim M. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kebijakan di bidang analisis dan standarisasi harga obat. Apt Kepala Sub Direktorat Penyediaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Dra. Apt Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Dra. Apt Kepala Seksi Bimbingan dan Pengendalian Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Martin Sirait. S. Prihatiwi S.. M. Apt. Apt Kepala Seksi Standardisasi Pengelolaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Harwanti Nana Andini.Si.Si. M. Apt.5. Pejabat Direktur Bina Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Dra.Si. Evrina. Apt .Kes Kepala Seksi Perencanaan Penyediaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Dra. Hidayati Mas’ud. Apt. S. Ramalan Kepala Sub Direktorat Analisis dan Standardisasi Harga Obat Dra. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Direktorat.Biomed Kepala Sub Bagian Tata Usaha Drs.Kes Kepala Seksi Pemantauan Ketersediaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Syahidah. S.

Apt Dit.Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Evaluasi Program Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Dra. Retno Dewi Martami Kepala Seksi Evaluasi Program Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan Mindawati. S. Bina Yanfar .Si. Sri Endah Suhartatik. Apt Kepala Seksi Pemantauan Program Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan drg.

5. prosedur dan kriteria di bidang standarisasi.Tugas Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dan penyusunan norma. farmasi komunitas. 2. standar. farmasi klinik dan Penggunaan Obat Rasional. farmasi klinik dan Penggunaan Obat Rasional. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kebijakan di bidang standarisasi. 4. standar. 3. Fungsi 1. dan . serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pelayanan kefarmasian. farmasi komunitas. farmasi komunitas. Penyiapan pemberian bimbingan teknis di bidang standarisasi. farmasi klinik dan Penggunaan Obat Rasional. Penyiapan penyusunan norma. prosedur dan kriteria. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang standarisasi. farmasi klinik dan Penggunaan Obat Rasional. Pelaksanaan kegiatan di bidang standarisasi. farmasi klinik dan Penggunaan Obat Rasional. farmasi komunitas. farmasi komunitas.

S. Apt.Si. S. Apt Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi Farmasi Komunitas Indah Susanti. Heru Sunaryo. Dara Amelia.6. SH.Si.Si. Apt Kepala Seksi Promosi Penggunaan Obat Rasional Erie Gusnellyanti.Si Kepala Sub Direktorat Standardisasi dr. Apt.Si Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi Farmasi Klinik Helsy Pahlemy.Si. Apt Kepala Sub Direktorat Farmasi Komunitas Drs.Si.Si. Apt. S. Zorni Fadia Kepala Seksi Standardisasi Pelayanan Kefarmasian Sari Mutiarani. S. M.Farm Kepala Sub Direktorat Penggunaan Obat Rasional Drs. M. Pejabat Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian Drs. MM Kepala Sub Bagian Tata Usaha Desko Irianto.. Bayu Teja M. Elon Sirait. S. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Direktorat. M. Apt . MM Kepala Seksi Pelayanan Farmasi Klinik Sri Bintang Lestari. Apt. Ema Viaza. S. Apt Kepala Sub Direktorat Farmasi Klinik Dra. M. MScPH Kepala Seksi Pelayanan Farmasi Komunitas Fachriah Syamsudin.Pharm. Apt Kepala Seksi Standardisasi Penggunaan Obat Rasional Dra.

Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi Penggunaan Obat Rasional Dra. Bina Prodis Alkes . Ardiyani. Apt Dit.

Penyiapan penyusunan norma. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang produksi dan distribusi alat kesehatan serta perbekalan kesehatan rumah tangga. Penyiapan pemberian bimbingan teknis di bidang produksi dan distribusi alat kesehatan serta perbekalan kesehatan rumah tangga. serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang produksi dan distribusi alat kesehatan serta perbekalan kesehatan rumah tangga. . standar. 3. prosedur dan kriteria di bidang produksi dan distribusi alat kesehatan serta perbekalan kesehatan rumah tangga.Tugas Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dan penyusunan norma. Pelaksanaan kegiatan di bidang produksi dan distribusi alat kesehatan serta perbekalan kesehatan rumah tangga. 2. 4. standar. prosedur dan kriteria. Fungsi 1.

Nurlaili Isnaini. S.. Masrul. Apt Kepala Seksi Alat Kesehatan Elektromedik Nurhidayat. Apt Kepala Seksi Alat Kesehatan Non Elektromedik Eva Silvia.5. Ninik Hariyati. SKM Kepala Sub Direktorat Penilaian Produk Diagnostik Invitro dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Dra. Apt Kepala Sub Direktorat Standardisasi dan Sertifikasi Dra. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kebijakan di bidang produksi dan distribusi alat kesehatan serta perbekalan kesehatan rumah tangga. S. Arianti Anaya I. Apt Kepala Seksi Produk Diagnostik Invitro Siti Nurhasanah. Pejabat Direktur Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan drg. MKM Kepala Seksi Inspeksi Sarana Produksi dan Distribusi Dra. dan 6.Si. M. MKM Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lucia Dina Kombong. Apt . Apt Kepala Seksi Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Hasnil Randa Sari. Apt. Rully Makarawo.Si. SH. Lili Sadiah Jusuf. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Direktorat. Apt Kepala Sub Direktorat Inspeksi Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Drs. Rahbudi Helmi. MKM Kepala Seksi Inspeksi Produk Dra.Si Kepala Sub Direktorat Penilaian Alat Kesehatan Drs.

Apt. MM.Si Kepala Seksi Standardisasi dan Sertifikasi Produksi dan Distribusi Lupi Trilaksono.Si. S. Apt .Kepala Seksi Standardisasi Produk Ismiyati. SF. M.

Pelaksanaan kegiatan di bidang produksi dan distribusi kefarmasian. 4. . dan 6. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang produksi dan distribusi kefarmasian. prosedur dan kriteria. Penyiapan penyusunan norma. 2. Bina Prodis Kefarmasian Tugas Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dan penyusunan norma. Fungsi 1. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Direktorat. prosedur dan kriteria di bidang produksi dan distribusi kefarmasian. 3. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kebijakan di bidang produksi dan distribusi kefarmasian.Dit. serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang produksi dan distribusi kefarmasian. Penyiapan pemberian bimbingan teknis di bidang produksi dan distribusi kefarmasian. standar. 5. standar.

Kes Kepala Sub Direktorat Produksi dan Distribusi Obat dan Obat Tradisional Dra. Apt. S. Prekursor dan Sediaan Farmasi Khusus Drs.. Riza Sultoni. A. Apt Kepala Sub Direktorat Produksi Kosmetika dan Makanan Dra. M. S. Apt Kepala Sub Direktorat Kemandirian Obat dan Bahan Baku Obat Dita Novianti S. S. Psikotropika dan Prekursor Farmasi Elza Gustanti. Nur Ratih Purnama. Apt Kepala Seksi Sediaan Farmasi Khusus Liza Fitrisiani. Apt . Dettie Yuliati. MM Kepala Seksi Analisis Obat dan Bahan Baku Obat Rohayati Rahafat.Si. S. S.Si. Apt Kepala Sub Direktorat Produksi dan Distribusi Narkotika. Apt Kepala Seksi Standardisasi Produksi Kosmetika dan Makanan Fitra Budi Astuti. Apt Kepala Seksi Perizinan Sarana Produksi Kosmetika Dra.Si.Si.Si. Apt. M. Vita Picola Haloho.Si.Si. Apt Kepala Seksi Kerjasama Produksi dan Distribusi Dra.Si Kepala Seksi Standardisasi Produksi dan Distribusi Dina Sintia Pamela. MM Kepala Seksi Narkotika. S. Rostilawati Rahim. Apt Kepala Seksi Perizinan Sarana Produksi dan Distribusi Ikka Tjahyaningrum.Pejabat Direktur Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian Dra. SE. Apt. M. Mindarwati. Psikotropika. S.Si Kepala Sub Bagian Tata Usaha Anwar Wahyudi. R.

Setditjen Binfar dan Alkes Tugas Melaksanakan pelayanan teknis administrasi kepada semua unsur di lingkungan Direktorat Jenderal. Pengelolaan data dan informasi. program dan angaran. Koordinasi dan penyusunan rencana. Penyiapan urusan hukum. 2. 3. penataan organisasi. Fungsi 1. 4. . jabatan fungsional dan hubungan masyarakat. Pengelolaan unsur keuangan.

Engko Sosialine M. M..Biomed Kepala Bagian Program dan Informasi Drs.. SH. Hermain . Pejabat Plt. kearsipan. Apt. rumah tangga dan perkengkapan. Pelaksanaan urusan kepegawaian. Evaluasi dan penyusunan laporan. MKM Kepala Sub Bagian Anggaran Titien Suprihatin. S. M.Sos. Organisasi dan Hubungan Masyarakat Cici Sri Suningsih.5. MPH Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Mohamad Arief Jatmiko.Farm.Si. Apt Kepala Bagian Keuangan Heri Radison. M. M. MM Kepala Sub Bagian Program Refiandes. dan 6.Si. M. SH. Apt.Kes Kepala Bagian Hukum. SKM. tata persuratan. MM Kepala Sub Bagian Perbendaharaan Drs. S. Apt.Si Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Sri Suratini. S. Apt. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dra. ST Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Roy Himawan. gaji. SH.Hum Kepala Sub Bagian Organisasi Leo Simaremare. M. S.Kes Kepala Sub Bagian Hukum Yudy Yudistira A. Taufik S.

Apt. MKM Kepala Sub Bagian Kepegawaian Ira Miranti.Si .Si. MHSM. MM Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Dra. S. Rida Wurjati. Apt Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Gaji Kamit Waluyo. MM Kepala Sub Bagian Rumah Tangga James Siahaan. M.Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi Drs. SH. Haryono. SE.