You are on page 1of 24

Pengantar Umum

Linguistik Edukasional
Angga Rosma
Pramodhawardhani
1406516144
Sulistiyono Noerpati
1406516352

Linguistik Pendidikan ialah

linguistik

penerapan

dalam pengajaran dan
pembelajaran bahasa di sekolah atau di
lingkungan lain.
(Kridalaksana, 146:2008)

Konteks Sosial Pemelaj ar Mandiri Konteks Sekolah Pengajara n Bahasa Taksonomi Bidang Linguistik Terapan Pengajaran Bahasa Tambahan Penguji an Bahasa Profesi .

Kebijakan National Keaksaraan dan Orasi Batasan Bahasa di Sekolah dan Rumah .Konteks Sosial Bahasa berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Pemelajar Mandiri Pemerolehan Bahasa Tantangan Peserta Didik Proses Pemelajaran Bahasa Kedua .

Konteks Sekolah Sekolah dan Ruang kelas Kamus Era Elektronik .

Pengajaran Bahasa Ibu dan Bahasa Tambahan Kurikulum Nasional Pengajaran Tata Bahasa dalam Bahasa Ibu Kemampuan Bahasa dalam Bahasa Ibu (Membaca. Mengeja dan Menulis) .

pendekata yang digunakan dalam pengujian. dan cara baru untuk mengevaluasi proses. akan dibahas tentang topik dan teori dari pengujian bahasa.Pengujian Bahasa dan Profesi • Dalam pengujian bahasa. • Dalam topik profesi akan dibahas mengenai profesi dari linguistik edukasional dan institusi penting mana saja yang mendukung .

.Teori Linguistik Pendidikan Peran linguistik pendidikan adalah… • Untuk menguraikan sifat dari masing-masing syarat dan proses dalam mempelajari bahasa • Untuk mengetahui cara di mana mereka dapat memodifikasi berdasarkan dari konteks sosial atau individualnya.

Linguistik Terapan Ilmu yang mempelajari tentang bahasa dan linguistik yang berkaitan dengan masalah praktis. .

Ruang Lingkup Linguistik Terapan Untuk mengetahui ruang lingkup dari linguistik terapan. pengujian bahasa. jenis masalah yang akan di bahas harus lebih di spesifikan lagi. perencanaan bahasa. pendidikan bahasa tambahan. dll) • Bahasa. Contoh: • Bahasa dan Pendidikan (pendidikan bahasa ibu. linguistik forensik) . Pekerjaan dan Hukum (komunikasi di tempat kerja.

Linguistik Terapan dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa • • • • Pengetahuan Pengetahuan Pengetahuan Pengetahuan Hakikat Bahasa Penggunaan Bahasa Pembelajaran Bahasa Berbagai bahasa .

Mahir . Fasih 5. Produksi awal 3. Bicara awal 4. Preproduksi 2.Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua Lima tahap proses pembelajaran bahasa kedua: 1.

Kemampuan Bahasa Kedua Penelitian pemerolehan bahasa kedua cenderung difokuskan kepada aspekaspek tertendu dari sistem bahasa tersebut. .

Diary Studies 2. 1.Metode Penelitian Ada dua jenis studi yang khas dari penelitian pemerolehan bahasa. Group Studies .

Linguist berdiri di antara teori dan deskriptif linguist 2. Linguis berdiri di antara teori dan sebagai guru bahasa .Linguistik Terapan dan Pedagogi Bahasa Linguist memiliki 2 peran penting: 1.

Batasan-batasan Linguistik Terapan Jika ada faktor-faktor seperti latarbelakang kelas sosial atau fitur dari lingkungan fisik sekolah yang mempengaruhi prestasi dalam pembelajaran bahasa seperti dalam. maka hal itu bukan cakupan linguitik terapan. .

.Linguistik Edukasional Salah satu bidang linguistik terapan yang berkenaan dengan hubungan antara bahasa dan pendidikan.

Kategori Pengajaran Bahasa • • • • Bahasa sebagai Bahasa Ibu Pengajaran Bahasa Kedua Pengajaran Bahasa Asing Modern Pengajaran Bahasa Klasik .

Kebijakan dan Perancanaan Bahasa dalam Pendidikan Kebijakan dibuat pada berbagai tingkat 1. Pemerintahan 2. Sekolah . Provinsi 3.

Bahasa dan Pembelajaran Bahasa adalah media yang digunakan peserta didik untuk mempelajari semua pelajaran akademik. .

.Pembelajaran Keaksaraan Pembelajaran Keaksaraan sangat penting karena menulis dan membaca adalah modal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

.Belajar Bahasa Bahasa dipelajari bukan untuk meningkatkan kemampuan linguistik semata namun sebagai dasar untuk bermasyarakat dalam peradaban manusia.