You are on page 1of 6

Laporan

Batik Ikat Celup

Oleh
Nasser Abdussabil
X.B
SMA Pembangunan
Laboratorium UNP
2014 - 2015

Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang takterhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan penelitian ini. yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan yang berjudul “Proses Pembuatan Batik Ikat Celup”.khususnya kepada : 1. Padang. tenaga dan pikiran dalam pelaksanaan proses kerja batik ikat celup ini 2.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Allah SWT.Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar. Dalam Penulisan Laporan kali ini penulis merasa masih banyak kekurangan .Guru Pembimbing yang telah memberikan waktu. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan. 3 Maret 2015 Penulis Nasser Abdussabil 1 .kekurangan baik pada teknik penulisan maupun materi.

Alat yang dibutuhkan: 1.Kompor Bahan-bahan (Materials) yang dibutuhkan: 1.Gunting 3.000.000. 2. Air secukupnya 5.500.Tali rapia 2.00 2.00 4. Cuka : Rp.Alat pengaduk 4. 2. Pewarna wantex : Rp.00 4 .35. Garam : Rp. Kaos putih polos berbahan dasar katun: Rp.500.2.Panci 5.00 /bungkus 3.

diikat lagi dengan pola yang sama pada bagian tengah yaitu bagian atas (dari kerah sampai pusar) dan bagian bawah (dari pusar hingga bawah kaos) Untuk membuat warna wantex. lalu di jemur dengan cara dianginkan dengan arti tidak sampai kering (lembab). garam dan cuka. lalu diputar searah jarum jam kemudian diikat. kemudian masukkan pada plastik baju khusus dan akhirnya selesai.Proses kerja Batik ikat celup : Kaos putih dicuci. Warna wantex dimasak secara bergantian atau satu persatu. Ambil bagian lengan kiri dan kanan baju dengan tangan. tunggu kurang lebih 10 menit lalu kaos diangkat dan di keringkan dalam arti (lembab) sampai warna wantex melekat. Lalu kaos di celupkan pada wantex yang sudah mendidih tadi. Lalu setelah kaos kering. Kemudian dimasak hingga mendidih. kaos di setrika dan di lipat sebagus dan serapi mungkin. Setelah diikat kaosnya. hal ini bertujuan agar noda noda yang melekat pada kain hilang dan dikeringkan selama delapan jam. campurkan warna wantex dengan air. 5 . kemudian kaos di basuh dengan air bersih.

Dapat mengembangkan produk dalam negeri agar tidak kalah saing oleh produk luar negeri 3. Sehingga dapat menjadi trend dan dapat diterima masyarakat luas Manfaat : 1.Dapat mengenali budaya asli Indonesia yang sangat unik dan menarik 2.Dapat mengembangkan budaya Indonesia ke manca Negara sehingga budaya indonesia menjadi lebih terkenal 3 . sehingga batik ikat celup dapat berkembang luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri.Latar Belakang Tujuan di buatnya batik ikat celup ini agar masyarakat lebih mengenal luas tentang batik ikat celup ini. Diharapkan dengan di buatnya kain ikat celup kali ini dapat di jadikan penggunaan kain dengan ragam hias ikat celup sesuai dengan kemajuan zaman.

DAFTAR ISI Kata Pengantar ………………………………………………………………...……….………4 Proses Kerja ………………………………………………………………...………5 2 .……….2 Latar Belakang ……………………………………………………………….3 Alat dan Bahan Pembuatan Batik Ikat Celup ……………………………………………………………….1 Daftar Isi …………………………………………………………….………..