You are on page 1of 5

1.

2.
3.
4.
5.
6.

1)
2)
3)
1.
2.
a)
b)
c)
3.

a)
b)
c)

Revolusi Perancis (1789 – 1799 )
Pada awal abad XVII M, keadaan negara di Eropa diperintah oleh raja-raja
yang mempunyai kekuasaan absolut, kecuali Inggris.
Ciri-ciri kekuasaan absolut sebagai berikut :
Kekuasaan raja tidak terbatas.
Kekuasaan raja tidak diatur dan tidak dibatasi oleh undang-undang.
Kekuasaan raja tidak diawasi oleh parlemen.
Raja menganggap dirinya sebagai wakil Tuhan sehingga tidak pernah salah.
Raja memerintah secara turun temurun.
Raja bertindak sewenang-wenang.
Keadaan politik di Perancis
Di Perancis berkembang kekuasaan raja yang bersifat monarki absolut.
Kekuasaan ini berkembang karena adanya pengaruh dari ajaran Nicolo
Machiaveli dari Perancis. Ia menulis ajarannya dalam buku II Principe ( Sang
Raja ). Buku ini menggambarkan kekuasaan raja yang absolut dan mutlak.
Contoh raja Perancis yang menganut sistem monarki absolut adalah Louis
XIV. Semboyan raja Louis XIV yang terkenal, yaitu L”etat c”est moi ( Negara
adalah Saya ).
Keadaan Masyarakat di Perancis
Masyarakat Prancis terbagi tiga golongan :
Golongan 1 : golongan bangsawan dengan hak-hak istimewa dan
memegang kekuasaan dalam pemerintah. Bebas
pajak, tetapi
menarik pajak.
Golongan 2 : golongan agama yang setia kepada raja. Tidak bayar pajak.
Golongan 3 : golongan dagang, pekerja, dan rakyat kecil. Wajib bayar
pajak.
Tokoh penganjur perubahan dalam bidang sosial politik
Denis Dedorat ( 1685-1753 ) dan J.D.D”Alembert (1717-1784 ) berhasil
menyusun sebuah Ensiklopedia yang memuat segala pengetahuan yang
rasional sehingga merupakan kritik-kritik terhadap peraturan yang kolot.
John Locke (1685-1753) seorang ahli tata negara berasal dari Inggris.
Mengatakan bahwa suatu negara akan baik jika ada pembagian kekuasaan,
yaitu :
Legislative Power ( pembuat undang-undang ).
Executive Power ( pelaksana undang-undang ).
Attributive Power ( pengawas undang-undang ).
Montesqieu ( 1689-1755 ) berasal dari Perancis. Ia seorang bangsawan dan
ahli hukum yang mengemukakan teori Trias Politica ( pemisahan
Kekuasaan ), dengan tujuan agar suatu negara menjadi baik.
Trias Politica itu meliputi :
Legislative Power ( pembuat undang-undang ).
Executive Power ( pelaksana undang-undang ).
Attributive Power ( pengawas undang-undang ).

Berkembangnya paham feodalisme. Golongan pajak dan golongan agama tidak membayar pajak karena sebelumnya tidak wajib pajak. dan fraternite ). rakyat yang menanggung beban berbagai macam pajak. Adanya kepincangan dalam masyarakat. Adanya vacum of power ( kekosongan kekuasaan ). Meletusnya Revolusi Perancis Pada tanggal 14 Juli 1789. Akibatnya. Munculnya paham demokrasi. 2. 5. Munculnya paham nasionalisme. Revolusi Amerika ( 1775 – 1783 ) Amerika berusaha mencari kebebasan akibat tekanan yang dilakukan oleh pemerintah Inggris dalam bidang politik dan ekonomi. e. Sebab Khusus Revolusi Perancis Pada saat itu. . Adanya pengaruh rasionalisme dan Aufklarung. Voltaire ( 1694-1778 ) seorang bangsawan Perancis dan seorang ahli kebebasan. Revolusi Perancis didukung dengan semboyan kebebasan. b. Mereka membubarkan semua tahanan politik yang seluruhnya berjumlah tujuh orang. mereka mendirikan organisasi-organisasi yang bertujuan memajukan bangsanya. egalite. Oleh karena itu. persamaan. f. Munculnya golongan terpelajar akibat adanya politik etis. d. Tujuan Revolusi Perancis Revolusi Perancis bertujuan untuk menumbangkan kekuasaan raja yang bersifat monarki absolut ( feodal ). dan persaudaraan ( liberte. keadaan keuangan negara Perancis kosong karena dihamburhamburkan oleh raja bersama permaisurinya yang bernama Maria Antoinette.4. Ia seorang ahli pendidikan dan terkenal sebagai Bapak Demokrasi. Sebab-sebab Revolusi Perancis I. membunuh penjaga penjara dan para pejabatnya serta merebut amunisi yang tersimpan di penjara tersebut. Dampak Revolusi Perancis 1. II. Golongan terpelajar inilah yang peduli akan nasib bangsanya. rakyat yang marah menyerbu Penjara Bastille. Pengaruh perang kemerdekaan Amerika Serikat ( 1776 ). Jean Jacques Rousseau ( 1712-1778 ) seorang bangsawan Perancis. Karyanya yang terkenal adalah “Du Contract Social” ( perjanjian rakyat ). 3. Berkembangnya kekuasaan raja yang bersifat monarki absolut. Sebab-sebab umum Revolusi Perancis a. 4. c. Munculnya perlindungan hak asasi manusia. Mereka ingin menyelamatkan bangsanya dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajahan.

dan mereka di hukum oleh Inggris.Oktober 1917. Akibatnya golongan Kadet. mengakibatkan penduduk St. dan berhasil menggulingkan golongan .Keadaan tersebut dimanfaatkan golongan Menshevik yang dipimpin Karensky melakukan kudeta. Akhirnya pada 4 Juli 1776. 3. Aksi tersebut dilakukan oleh para buruh di berbagai perusahaan. Kadet menggantikan kepemimpinan tetapi tuntutan rakyat tidak dikabulkan karena golongan ini masih ragu untuk mengadakan perubahan karena situasi yang tidak menentu. tapi Amerika menolak. Revolusi Amerika diawali oleh “The Boston Tea Party” saat kapal Inggris berlabuh di pelabuhan Boston untuk memaksa Amerika membayar pajak atas teh yang mereka bawa. dan Bolshevik memaksa Tsar Nicholas II untuk turun tahta. 2. Dalam proklamasi itu terdapat pernyataan HAM yang disahkan pada 1778.a. Adanya pengakuan terhadap HAM telah mendorong kaum pergerakan nasional mempertahankan hak rakyat Indonesia untuk lepas dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajah. kemerdekaan. Dampak Revolusi Amerika terhadap Pergerakan Nasional Indonesia Revolusi Amerika telah mendorong bangsa Indonesia. Tindakan itu di protes rakyat Amerika yang dipimpin George Washington . Pemaksaan menjual hasil bumi kepada Inggris. negara kekurangan bahan makanan yang menyebabkan rakyat kelaparan. 1. 3. Kemudian rakyat Amerika menyamar masuk kapal Inggris untuk membuang teh tersebut. Setelah Tsar Nicholas II turun tahta. 1. Untuk membahas masalah konfederasi maka diadakan kongres pada1777 dan terbentuklah negara Amerika Serikat atau United States of America (USA). Terjadilah revolusi. Tetapi perintah tersebut tidak ditaati oleh para tentara. tentara diperintahkan untuk menembaki para demonstran dan para buruh yang melakukan aksi mogok. 2. Pemaksaan membeli produk-produk Inggris. b. Revolusi Amerika melahirkan sikap untuk mempertahankan kebebasan. Perekonomian rusia sangat kacau. Berbagai kejadian tersebut. Menshevik. seperti : Kewajiban bayar pajak yang semakin besar. REVOLUSI RUSIA ( 1917 ) Revolusi rusia terjadi pada tahun Februari 1917. Peristiwa tersebut menimbulkan ketidakpercayaan rakyat terhadap Tsar Nicholas II. kemerdekaan Amerika diproklamasikan. Petersburg melakukan aksi protes pada februari 1917. dan penghormatam terhadap sesama manusia. dan perang tidak dapat terhindarkan. Terjadinya Revolusi Amerika Revolusi Amerika dilatarbelakangi oleh keinginan rakyat untuk melepaskan diri dari penetrasi pemerintah kolonial Inggris yang semakin kuat. Gerakan ini dilatarbelakangi oleh perubahan agraria menyebabkan para petani kehilangan tanah miliknya. khususnya kaum pergerakan nasional Indonesia untuk melawan penjajah. Proklamasi itu disusun oleh Thomas Jefferson dalam kongres di negara bagian Philadelpia yang dihadari 13 negara bagian.Untuk mengatasi keadaan tersebut.

mengembalikan nama baik Rusia yang telah merosot dimata internasional akibat kekalahan Rusia atas Jepang pada tahun 1905. Langkah pertama yang dilakukan Karensky adalah mengumumkan berdirinya Republik Rusia. dan bank-bank menjadi milik negara.Di antaranya dengan membagi-bagikan tanah kepada petani. Kadet. Karensky juga memimpin serangan terhadap Jerman tetapi karena gagal maka menyebabkan rakyat tidak percaya lagi pada pemerintahan Menshevik yang dipimpin Karensky. golongan Bolshevik dapat menggulingkan pemerintahan Menshevik. memperbolehkan para buruh menyita pabrik-pabrik. 3. Dampak Revolusi Rusia terhadap Pergerakan Nasional Indonesia Menimbulkan munculnya paham Marxisme(ajaran Karl Marx) /Leninisme (ajaran Lenin) Paham Komunis yang berkembang di Rusia. Mereka membentuk tentara sendiri yang disebut Tentara Merah. 4.Golongan Bolshevik dibawah pimpinan Lenin mulai mengadakan perubahan sesuai dengan propaganda yang telah dilakukan.1. Oktober 1965 di Jakarta. . Akhirnya pada tanggal 25 Oktober 1917. September 1948. 2. Muncul pemberontakan PKI bulan November di Jakarta. mumcullah tokoh-tokoh Komunis yang akhirnya ingin mendirikan negara Komunis di Indonesia. membagibagikan makanan kepada penduduk.Situasi tersebut dimanfaatkan oleh golongan Bolshevik yang dipimpin oleh Lenin dan Leon Trotsky menyebarkan propaganda kepada rakyat. Dengan demikian. memghapuskan semua utang-piutang pemerintahan sebelumnya. menyebabkan timbulnya paham komunis di Indonesia.