You are on page 1of 5

RUMAH SAKIT

1. Pengertian Rumah Sakit
Rumah sakit adalah suatu organisasi yang unik dan komplek karena
merupakan institusi yang padat karya, mempunyai sifat-sifat dan ciri serta
fungsifungsi yang khusus dalam proses menghasilkan jasa medik dan mempunyai
berbagai kelompok profesi dalam pelayanan penderita. Rumah sakit adalah suatu
organisasi yang melalui tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana
kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kesehatan, asuhan
keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang
diderita oleh pasien.
Rumah Sakit merupakan suatu tempat dan juga sebuah fasilitas, sebuah
institusi dan organisasi yang menyediakan pelayanan pasien rawat inap. Rumah
Sakit juga merupakan suatu tempat bekerja tenaga kesehatan yang berhubungan
langsung dengan pasien dalam upaya pelayanan kesehatan.Untuk itu rumah sakit
dapat dipandang bertanggung jawab atas kesalahan dan atau kelalaian tenaga
kesehatan yang bekerja di dalamnya (Aditama, 2002). Rumah sakit umum adalah
rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan harus bersifat dasar,
spesialistik dan subspesialistik.

2. Fungsi Rumah Sakit
Menurut Milton Roemer dan Friedman dalam bukunya Doctors In Hostpitals
fungsi rumah sakit adalah :

1

Ada lima tipe yaitu: 1. c. Rumah Sakit Tipe B Rumah sakit tipe B adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis terbatas. Rumah Sakit juga bertugas untuk melakukan pendidikan pelatihan.Rumah sakit ini didirikan disetiap 2 .a. ketenagaan. fisik dan peralatan. pelayanan rujukan. 3. penunjang medis dan non medis pelayanan dan asuhan keperawatan. b. Harus ada pelayanan rawat inap dengan fasilitas diagnostik dan terapetiknya. Rumah Sakit perlu melakukan penelitian dibidang kedokteran dan kesehatan. Rumah Sakit Tipe A Rumah sakit tipe A adalah Rumah Sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas oleh pemerintah ditetapkan sebagai rujukan tertinggi (Top Referral Hospital) atau disebut pula sebagai Rumah Sakit pusat. d. Tipe-tipe Rumah Sakit Penggolongan tipe rumah sakitdidasarkan pada unsur pelayanan. Harus memiliki pelayanan rawat jalan. e. 2. Dalam pelaksanaan tugasnya rumah sakit mempunyai fungsi menyelenggarakan pelayanan medis. Bertanggung jawab untuk program pencegahan penyakit dan penyuluhan kesehatan bagi populasi di sekitarnya. pendidikan dan pelatihan. penelitian dan pengembangan serta administrasi dan keuangan.

4. Rumah sakit umum biasanya merupakan fasilitas yang mudah ditemui di suatu negara. paru. 4.Rumah sakit ini menampung rujukan yang berasal dari Puskesmas. ibu dan anak. Rumah Sakit Tipe D Rumah sakit tipe D adalah rumah sakit yang bersifat transisi dengan kemampuan hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan gigi. kanker. Rumah sakit jenis ini juga dilengkapi dengan fasilitas 3 . Jenis . Rumah Sakit Umum Melayani hampir seluruh penyakit umum. jiwa.Saat ini banyak rumah sakit kelas ini ditemukan misalnya. dengan kapasitas rawat inap sangat besar untuk perawatan intensif ataupun jangka panjang.Rumah sakit ini didirikan disetiap Ibu Kota Kabupaten (Regency hospital) yang menampung pelayanan rujukan dari Puskesmas. rumah sakit kusta. jantung. 5. dan biasanya memiliki institusi perawatan darurat yang siaga 24 jam (ruang gawat darurat) untuk mengatasi bahaya dalam waktu secepatnya dan memberikan pertolongan pertama. Rumah Sakit Tipe E Rumah sakit tipe E adalah rumah sakit khusus (spesial hospital) yang menyelenggarakan hanya satu macam pelayan kesehatan kedokteran saja.Jenis Rumah Sakit 1. 3.Ibu Kota Propinsi yang menampung pelayanan rujukan dari rumah sakit Kabupaten. Rumah Sakit Tipe C Rumah sakit tipe C adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas.

Contoh : Rumah Sakit Umum Tangerang 2. ruang bersalin. Rumah Sakit Penelitian/ Pendidikan Rumah sakit penelitian/pendidikan adalah rumah sakit umum yang terkait dengan kegiatan penelitian dan pendidikan di fakultas kedokteran pada suatu universitas/lembaga pendidikan tinggi. 4. Contoh : Rumah Sakit Khusus THT 3. uji coba berbagai macam obat baru atau teknik pengobatan baru. Biasanya terdapat beberapa klinik/ poliklinik di dalam suatu rumah sakit. Rumah Sakit Terspesialisasi Jenis ini mencakup trauma center. rumah sakit manula. atau rumah sakit yang melayani kepentingan khusus seperti psychiatric (psychiatric hospital). Rumah sakit yang sangat besar sering disebut Medical Center (pusat kesehatan). universitas/perguruan Rumah tinggi sakit ini sebagai diselenggarakan salah satu wujud oleh pihak pengabdian masyararakat / Tri Dharma perguruan tinggi. Alasan pendirian bisa karena penyakit yang berkaitan 4 . Rumah Sakit Pendidikan UNPAD. Rumah Sakit Lembaga/ Perusahaan Rumah sakit yang didirikan oleh suatu lembaga/perusahaan untuk melayani pasien-pasien yang merupakan anggota lembaga tersebut/karyawan perusahaan tersebut. rumah sakit anak. penyakit pernapasan. dan lain-lain. biasanya melayani seluruh pengobatan modern.bedah. SYAHID UIN Jakarta. laboratorium. dan sebagainya. Sebagian besar rumah sakit di Indonesia juga membuka pelayanan kesehatan tanpa menginap (rawat jalan) bagi masyarakat umum (klinik). bedah plastik. Biasanya rumah sakit ini dipakai untuk pelatihan dokter-dokter muda. Tetapi kelengkapan fasilitas ini bisa saja bervariasi sesuai kemampuan penyelenggaranya.

Doctors in Hospitals. Jakarta: Binapura Aksara. Jay W. DAFTAR PUSTAKA Sumber diakses melalui https://books. Klinik biasanya hanya menerima rawat jalan. Jakarta.dokter yang ingin menjalankan praktek pribadi. Johns Hopkins Press. Biasanya dijalankan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat atau dokter .google. Nursalam. Salemba Medika. Klinik Fasilitas medis yang lebih kecil yang hanya melayani keluhan tertentu.00 WIB Azwar.wikipedia.co. Pendidikan dalam Keperawatan.dengan kegiatan lembaga tersebut (misalnya rumah sakit militer. Edisi Ke3. bentuk jaminan sosial/pengobatan gratis bagi karyawan. Bentuknya bisa pula berupa kumpulan klinik yang disebut poliklinik.id/ pada tanggal 25 Februari 2015 pada pukul 19. lapangan udara). Contoh : Rumah Sakit Waa Banti di Papua 5. Friedman. Pengantar Administrasi Kesehatan. 1971 http://id. 1996 Ferri Efendi. Biasanya rumah sakit lembaga/perusahaan di Indonesia juga menerima pasien umum dan menyediakan ruang gawat darurat untuk masyarakat umum. atau karena letak/lokasi perusahaan yang terpencil/jauh dari rumah sakit umum. 2009 Milton Irwin Roemer. Azrul.org/wiki/Rumah_sakit 5 .