You are on page 1of 11

Solusi Combox: Comfortable Box sebagai Sarana

Transportasi Hewan Konsumsi dalam Meningkatkan
Kenyamanan Pengguna Jalan dan Kesejahteraan Hewan
KARYA TULIS KESELAMATAN JALAN

Reinilda Alwina
INSTITUT PERTANIAN BOGOR

....................................................................................................1 Kenyamanan dan Keamanan Berkendara VS Pengangkutan Hewan ......................................................... 2 BAB II Pembahasan 2........................ 6 BAB III Penutup 3................................................................................................................................................................2 Rumusan Masalah .........2 Kesejahteraan Hewan dalam Pengangkutan Hewan Konsumsi ................................. 8 DAFTAR PUSTAKA ...............................................................................................................................DAFTAR ISI DAFTAR ISI ........................................................................................................................... 2 1... i BAB I Pendahuluan 1................................... 9 i ......3 Tujuan ......................................................1 Latar Belakang ...........................................................3 Konsep Combox: Comfortable box untuk Transportasi Hewan Konsumsi .............................. 8 3........1 Kesimpulan .................................. 1 1...... 3 2.............. 4 2.2 Saran ...

pembangunan infrastruktur terutama jalan juga semakin berkembang. Pada tahun 2012. Rasa nyaman dan aman yang sangat penting ketika berada di jalan terkadang tidak dapat diperoleh para pengguna jalan. dimana jumlah sarana transportasi dan pengguna jalan juga ikut meningkat. 1 . Untuk itulah. Hampir seluruh bidang kehidupan masyarakat menggunakan prasarana jalan serta sarana yang berkaitan dengan hal tersebut yaitu transportasi. Tuntutan pekerjaan dan kebutuhan yang semakin meningkat juga tidak sedikit yang berpengaruh pada rasa peduli akan sesama pengguna jalan yang lain. gagasan “Comfortable box” dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan raya. terutama ayam.1 Latar Belakang Jalan raya menjadi salah satu prasarana utama di setiap kota. menigkatkan kualitas biosekuriti serta mengangkat kesejahteraan hewan menjadi lebih baik. Salah satu kondisi yang sering mengganggu kenyamanan para pengguna jalan adalah adanya transportasi pengangkut hewan konsumsi dalam keadaan hidup. Jumlah ini semakin meningkat setiap tahunnya berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah penduduk. kecelakaan di jalan raya juga menjadi salah satu kecelakaan yang sering terjadi hampir di setiap kota. mengantarkan barang. terutama ayam. 39704 korban mengalami luka berat dan 128312 korban mengalami luka ringan (BPS 2012). dengan 29544 diantaranya korban meninggal.BAB I PENDAHULUAN 1. Berkaitan dengan peningkatan biosekuriti serta gencarnya penerapan prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare). perlu adanya konsep terkait transportasi hewan. baik kota kecil maupun kota besar. Adanya jalan raya dan transportasi mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas. Meski semakin majunya sarana dan prasarana jalan meningkatkan kebutuhan dan kehidupan masyarakat. seperti berdagang. Semakin berkembangnya suatu daerah. Hal ini ikut mempengaruhi pola hidup masyarakat daerah tesebut. telah tercatat sebanyak 117949 kasus kecelakaan yang terjadi di jalan. berangkat bekerja. dan sebagainya.

Bagaimana kondisi transportasi pengangkut hewan konsumsi di jalan raya? 2. antara lain: 1. Apa hubungan antara transportasi pengangkut hewan konsumsi dengan kesehatan masyarakat serta lingkungan terkait biosekuriti? 4. Untuk mengetahui hubungan antara transportasi pengangkut hewan konsumsi dengan kesehatan masyarakat dan lingkungan 4. terutama melalui jalur darat 2.3 Tujuan Tujuan dari karya tulis ini adalah: 1. 2 . Untuk mengetahui sejauh mana kondisi transportasi pengangkut hewan konsumsi di Indonesia. maka masalah yang akan dibahas.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. Untuk memberikan sebuah gagasan yang diharapkan dapat mengurangi masalah kenyamanan dan keamanan dalam berkendara di jalan.1. Apa dampak dari transportasi pengangkut hewan konsumsi pada pengguna jalan yang lain? 3. Apa solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan di jalan raya? 1. Untuk mengetahui pengaruh dari transportasi pengangkut hewan konsumsi yang tidak baik terhadap kenyamanan dan keamanan pengguna jalan yang lain 3.

sesama pengguna jalan lain yang tidak disiplin terkadang dapat memicu timbulnya kecelakaan lalu lintas. Adapun menurut Deptan RI (2006). Transportasi hewan ini juga merupakan salah satu kunci biosekuriti yang dapat berpengaruh pada kesehatan manusia. Biosekuriti merupakan serangkaian praktek manajemen yang diterapkan untuk mencegah masuknya agen infeksius memasuki suatu tempat. dan kondisi lainnya.BAB II PEMBAHASAN 2. Banyak dari para pengguna jalan yang mengeluh terhadap alat transportasi tersebut dengan berbagai alasan. biosekuriti terdiri dari 3 komponen utama yaitu. dan sanitasi. konsentrasi yang terpecah akibat adanya gangguan atau rasa tidak nyaman juga dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. rasa takut pengguna jalan tertular penyakit terutama saat isu flu burung H5N1 menyebar. Inilah yang mendasari betapa perlunya perhatian dari pihak-pihak terkait terhadap transportasi 3 . salah satunya ialah transportasi pengangkut hewan konsumsi. pemandangan yang mengganggu karena transportasi yang kumuh. Sarana pengangkutan hewan konsumsi hidup ini yang paling banyak dikeluhkan masyarakat adalah pengangkut ayam hidup. Namun. Menurut Siahaan (2007). pengendalian lalu lintas.1 Kenyamanan dan Keamanan Berkendara VS Pengangkutan Hewan Keselamatan selama perjalanan sangat diharapkan oleh semua pengguna jalan. dan rasa iba pada ayam yang dalam kondisi jauh dari rasa nyaman dan aman selama perjalanan. aspal jalan raya yang tidak dalam kondisi baik. Selain itu. mulai dari bau tidak enak yang timbul dari ayam. perubahan cuaca yang tiba-tiba. kenyataannya kondisi di jalan tidak bisa diprediksi seperti kemacetan akibat traffic light. biosekuriti adalah semua tindakan yang merupakan pertahanan pertama untuk pengendalian wabah dan dilakukan untuk mencegah semua kemungkinan penularan/ kontak dengan ternak tertular sehingga rantai penyebaran penyakit dapat diminimalkan. Selain itu. lingkungan dan hewan itu sendiri. Rasa nyaman dan aman selama berkendara hingga tempat tujuan selalu menjadi hal yang diinginkan bagi setiap pengendara di jalan. isolasi.

Bebas dari rasa takut dan tertekan Kelima prinsip ini tetap berlaku dimana dan kapan saja.18 Tahun 2009 Pasal 66 ayat (2) yang menyebutkan bahwa pengangkutan hewan dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga hewan terbebas dari rasa takut dan tertekan serta bebas dari penganiayaan serta PP No. termasuk selama perjalanan dalam transportasi sesuai dengan UU No. ternak atau peralatan maka kemungkinan terjangkit dan menularkan agen penyakit semakin besar (Yatmiko 2008).2 Kesejahteraan Hewan dalam Pengangkutan Hewan Konsumsi Kesejahteraan hewan atau sering disebut animal welfare merupakan suatu paham yang berkembang berkaitan dengan meningkatkan derajat hidup hewan yang juga diatur dalam UU no. Bebas dari rasa lapar dan haus 2.dari hewan konsumsi. yaitu: 1. Bebas mengekspresikan perilaku alaminya 5. Prinsip yang harus dipenuhi dalam menjamin kesejahteraan hewan ada 5 hal sehingga lebih dikenal sebagai Five Freedom.18 Tahun 2009 Pasal 1 ayat (42). 2. Bebas dari rasa nyeri. luka dan sakit 4.95 Tahun 2012 Pasal 89. Bebas dari rasa tidak ketidaknyamanan 3. Banyak masalah terkait dengan pengangkutan hewan terutama hewan konsumsi seperti ayam dalam keadaan hidup. Apabila dalam suatu peternakan tidak melakukan upaya pengendalian lalu lintas pada orang. Beberapa kondisi di lapangan terkait transportasi pengangkutan hewan adalah sebagai berikut: 4 .

Bahkan. antara lain: - Kematian pada ayam yang terjadi akibat heat-stress dan dehidrasi sehingga mengurangi jumlah ayam yang akan diproses untuk dikonsumsi dan menimbulkan kerugian pada peternak karena tidak dapat dijadikan sebagai hewan konsumsi berdasarkan prinsip daging ASUH (Aman.Kondisi pengangkutan dengan transportasi selama perjalanan merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan beberapa masalah pada hewan dan hasil setelah pemotongan hewan (karkas dan daging) bila pelaksanaannya tidak baik. transportasi hewan juga berpengaruh pada lingkungan sekitar. transportasi tersebut bisa mengganggu konsentrasi pengguna jalan yang lain karena bau yang tidak sedap. halal) bagi masyarakat. Resiko terjadinya perpindahan bila ada penyakit dari hewan ke lingkungan sangat besar. utuh. bila transportasi pengangkut menggunakan 5 . Terlebih lagi. - Kondisi stres dapat menurunkan kualitas dari daging ayam - Meningkatnya jumlah ayam yang terjangkit penyakit sehingga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kematian pada ayam serta penularan ke lingkungan dan pekerja. sehat. Beberapa dampak yang dapat timbul dari pengangkutan yang kurang baik. serta pemandangan yang kurang enak. Sarana transportasi pengangkut yang terbuka mempermudah terjadinya interaksi antara hewan dan udara sehingga semakin meningkatkan resiko perpindahan penyakit yang membahayakan bagi para pengguna jalan. Selain dari sisi kesejahteraan hewan dan produk hewan. terutama bila udara menjadi media penularannya. rasa cemas akan tertularnya penyakit.

2. Kondisi tersebut memungkinkan pengguna jalan lain tidak melihat sign arah pengendara. 3. Ventilasi berfilter Ventilasi yang mempermudah sirkulasi udara dan dilengkapi dengan penyaring udara. Bentuk dari Combox dapat disesuaikan dengan kondisi yang dimiliki dari setiap transportasi. Combox harus mencakup beberapa fasilitas utama. Modifikasi dapat diberikan pada transportasi pengangkut sehingga dapat menjamin keamanan dan kenyamanan dari hewan maupun sesama pengguna jalan. ke kanan atau ke kiri.3 Konsep Combox: Comfortable box untuk Transportasi Hewan Konsumsi Melihat dari kondisi yang memprihatinkan bagi hewan dan pengguna jalan. Combox atau Comfortable box merupakan salah satu jenis modifikasi dari sarana pengangkutan hewan. Alas kotoran 6 . Meski tergantung dari keinginan pemilik dan kondisi pengangkutan. maka salah satu solusi yang dapat dilakukan dengan memperbaiki sarana transportasi bagi hewan. Ukuran kandang yang sesuai Ukuran kandang terutama selama perjalanan harus disesuaikan dengan ukuran ayam dan memperhatikan kenyamanan dari ayam. 5.kendaraan roda dua dengan banyak ayam yang terikat di bagian belakang. 2. Tempat minum Air minum tetap diberikan selama perjalanan untuk menghindari dehidrasi dan heat-stress akibat kondisi yang panas. sehingga sering menimbulkan salah paham bahkan kecelakaan yang membahayakan pengendara dan pengguna jalan lain. Box yang tertutup Box tertutup dibagian atas dan samping untuk menghindari perubahan cuaca secara langsung. Prinsip dari Combox ialah box transportasi yang beratap dengan saluran ventilasi yang baik. 4. baik dari panas matahari maupun hujan serta udara lingkungan. yaitu: 1.

Setiap bawah kandang ayam harus memiliki alas sebagai penampung kotoran ayam. Kesadaran dari setiap peternak sangat dibutuhkan dalam menerapkan dan memperbaiki sistem biosekuriti. 7 . Alas ini untuk menghindari jatuhnya kotoran ayam pada ayam yang ada di bawahnya karena kotoran merupakan salah satu media penyebaran penyakit. keadaan ini tidak bisa berjalan lama bila tidak didukung dengan sikap tegas dari pihak berwajib terutama polisi lalu lintas. Teguran dan sanksi dapat diberlakukan karena transportasi ini tidak hanya memengaruhi konsentrasi. Namun. kenyamanan dan kesehatan dari pengguna jalan lain. tetapi juga kesehatan lingkungan dalam jangka waktu lama.

karena bila kenyamanan dan keamanan dapat terjamin selama perjalanan. Keikutsertaan pihak berwajib juga perlu dengan bersikap tegas dan disiplin terhadap pengguna transportasi pengangkut hewan konsumsi yang tidak memenuhi syarat. kesehatan lingkungan (biosekuriti) serta kesejahteraan hewan juga dapat dipengaruhi oleh keberadaan transportasi tersebut. karena dampak negatif yang timbul tidak hanya merugikan hewan. dapat dinyatakan bahwa kesadaran dari pengguna jalan terutama dari transportasi pengangkut hewan konsumsi seperti ayam sangatlah penting. namun juga lingkungan dan pengguna jalan lainnya.2 Saran Setelah membaca karya tulis ini.1 Kesimpulan Berdasarkan beberapa penjelasan di atas. maka kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat diminimalisir. 3. Selain kenyamanan dan keamanan pengguna jalan lain. 8 .BAB III PENUTUP 3. Gagasan modifikasi Combox diharapkan dapat berfungsi di mayarakat. diharapkan berbagai solusi terkait meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara di jalan melalui peningkatan kesejahteraan hewan dapat semakin berkembang.

Pengaruh Tingkat Biosekuriti Terhadap Pemaparan Avian Influenza Pada Unggas Air. Koban Mati. [Skripsi].go. Bogor: Program Sarjana. Institut Pertanian Bogor Yatmiko A. 2012. [Internet]. Luka Berat. Kondisi Biosekuriti Peternakan Unggas Sektor 4 di Kabupaten Cianjur. [Tesis]. Tersedia pada: http://www. [diunduh 2014 Jul 26]. Siahaan SJ. Luka Ringan. Tambahan Lembaran Negara Nomor 5356. dan Kerugian Materi yang Diderita Tahun 1992-2012. Bogor: Program PascaSarjana. 2007.bps.id/tab_sub/view. Lembaran Negara Tahun 2012 Nomor 214. Jumlah Kecelakaan. Institut Pertanian Bogor 9 .php?kat=2&tabel=1&daftar=1&id_suby ek=17%20&notab=14.DAFTAR PUSTAKA [BPS] Badan Pusat Statistik. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan. 2008.