1.

angka beban tanggungan penduduk suatu kota dapat dihitung dari komposisi
penduduk menurut ….
a. tingkat penghasilan
d. umur
b. pendidikan
e. mata pencaharian
c.jenis kelamin
2.
a.
b.
c.
d.
e.

dalam perencanaan program wajib belajar perlu menganalisis….
komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin
komposisi penduduk berdasarkan pendidikan
komposisi penduduk berdasarkan mata pencaharian
komposisi penduduk berdasarkan umur
komposisi penduduk berdasarkan pendapatan

3. perubahan jumlah penduduk dunia dipengaruhi oleh faktof-faktor di bawah ini
kecuali….
a. tingkat kelahiran dan kematian
b. tingkat migrasi neto
c. struktur umur
d. tingkat fasiitas total
e. rata-rata usia kawin
4.
a.
b.
c.
d.
e.

manakah variable yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk?
jenis pekerjaan dan jenis kelamin
umur dan jenis kelamin
umur dan jenis pekerjaan
tempat tinggal dan umur
tempat tinggal dan jenis kelamin

5. data penduduk di wilayak X sebagai berikut.
a) jumlah penduduk = 30.000
b) jumlah penduduk perempuan = 16.000
c) jumlah penduduk laki-laki = 14.000
d) jumlah penduduk usia produktif = 20.000
e) jumlah penduduk usia tidak produktif = 10.000
berdasarkan data tersebut, berapa sex ratio di wilayah X?
a. 112 d. 50
b. 113 e. 100
c. 114
6.
a.
b.
c.
d.
e.

suatu Negara dikatakan mmpunyai penduduk eksfansif apabila….
sebagian besar penduduk berada pada kelompok usia produktif
sebagian besar penduduk berada pada kelompok usia muda
sebagian besar penduduk berada pada kelompok usia tua
sebagian kecil penduduk berada pada kelompok usia muda
penduduk kelompok usia muda seimbang dengan penduduk usua tua

penduduk yang melakukan gerakan horizontal tidak permanent yang bersifat pulang pergi tanpa menginap e. mengetahui tingkat pendidikan pendidikan di daerah tertentu 10. pariwisata juga disebut sebagai industri. transmigrasi local dan transmigrasi umum 9. Kelompok umur Jumlah 0-14 1. mengetahui besar kecilnya angka ketergantungan c. 75% c. penduduk yang melakukan gerakan yang tidak permanent dengan tujuan menyerap beberapa unsure di tempat tujuan b. a.7. manfaat utama yang diperoleh dari sebuah susunan penduduk menurut umur adalah…. penduduk yang melakukan gerakan horizontal dari desa ke kota d. transmigrasi bedol desa dan transmigrasi spontan c. 60% 8. penduduk yang melakukan gerakan horizontal dari unit geografi lainya c. pelaksanaan transmigrasi di Indonesia menghadapi banyak hambatan diantaranya a) keterkaitan penduduk terhadap kaum kerabat dan kampong halaman b) beratnya beban pemerintah karena penduduk yang harus dipindahkan cukup besar mengingat hambatan-hambatan tersebut maka jenis transmigrasi yang perlu dikembangkan adalah… a. 25% d. arus wisatawan asing semakin meningkat c. karena…. mengetahui sejarah perkembangan penduduk di masa lalu e. 59% e. mengetahui penyebaran penduduk disuatu wilayah tertentu d. membutuhkan pengelolaan yang professional d. mengetahui tingkat daya beli masyarakat b. a. rasio ketergantungan penduduk dari komposisi penduduk menurut umur pada table di bawah ini adalah…. a.850 15-64 4000 >64 950 a. transmigrasi local dan transmigrasi spontan e. merupakan kegiatan ekonomi yang produktif e. penduduk yang melakukan gerakan horizontal dari kota ke desa 11. tidak terlalu mudah dipengaruhi laju inflasi . transmigrasi swakarya d. dapat dijadikan arena pergaulan antarbangsa b. yang dimaksud dengan komuter adalah…. 70% b. transmigrasi bedol desa dan transmigrasi umum b.

factor yang tidak memperhatikan dalam pemusatan pembangunan industri adalah…. aglomerasi d. industri makanan. mendirikan serikat pekerja e. mengelola limbah b. memanfaatkan untuk budi daya ikan d. dan hasil hutan d. factor yang menjadi pertimbangan pemusatan industri adalah…. memperkerjakan masyarakat c. memunyai tempat pembangunan limbah organic b. semen dan kertas e. sebuah pabrik kimia diproses oleh masyarakat setempat karena mencemari lahan pertanian. mendekati pusat pemukiman penduduk e. a. mempinyai tempat untuk menetralisir limbah cair c. a. memproduksi SDA . menimbun kembali lubang galian b. hasil peternakan. menghutankan kembali e. factor sumber daya c. factor politis d. Pemusatan industri tersebut tentunya memiliki alas an tertentu. kongsi c. industri mesin. dan bahan komonikasi b. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di lahan bekas pertambangan tersebut adalah…. industri hasil perkebunan. asosiasi 13. dan pengawetn daging 14. factor budaya 15. Akhirnya pabrik ditutup dan kimia berproduksi lagi. patungan modal dengan masyarakat d. memiliki cerobong asap yang tinggi d. pengelompokan industri lazim disebut sebagai proses… a. industri yang termsuk aneka industri adalah… a. industri batik. garmen. factor ekologis b. a. dalam perkembangan industri di tanah air. aktivitas industri tambang batu bara selalu menghadapi masalah berupa kerusakan lahan dan hutan bekas lokasi penambangan. dan bahan-bahan bangunan c. industri kertas. kasus ini tidak akan terjadi apabila pabrik…. Selain alas an ekonomis.12. factor sosialogis e. pesawat. kerajinan. menyerahkan kepada pemerintah 16. a. memiliki kemudahan transportasi 17. deglomerasi e. perbankan b. meninggalkan dan berpindah lokasi lain c. beberapa lokasi utama dikembangkan menjadi pusat industri.

a. tidak menggunakan produk buatan luar negeri c. memanfaatkan barang-barang yang murah d. cirri-ciri dari indistri yang beroreantasi pada pasar adalah…. a. bahan makanan . wilayah pemasaran sangat selmpit 19. produk yang dihasilkan mudah di angkut c. bahan setengah jadi menadi barang jadi c. bahan baku yang digunakan mudah rusak d. bahan mentah menjadi bahan beku d.18. bahan beku menjadi bahan setengah jadi e. Tindakan berikut ini yang menunjukan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan adalah…. Selain menghasilkan limbah produk yang dihasilkan juga tinak ramah lingkungan. a. mempertimbangkan peraturan perundangan yang berlaku e. mempertimbangkan upah tenaga kerja b. hasil pertanian b. melarang pembangunan industri di daerah 20. mencitai produk dalam negeri e. industri hilir adalah industri yang mengolah…. mengurangi penggunaan tas plastic b. pembangunan industri seringkali menyebabkan timbulnya masalah lingkungan.