JENIS-JENIS VISKOMETER

(Viskometer Hoppler & Viskometer Cone and Plate)

MAKALAH
Tugas Mata Kuliah TA Fisika
Tahun Ajaran 2014/2015

1.
2.
3.
4.

Oleh:
Kelompok 2
Marina Fitriani
Titis Ayu P.
Desi Punamasari
Julian Hidayat

PRODI D-III ANALIS FARMASI DAN MAKANAN
FAKULTAS FARMASI
INSTITUT ILMU KESEHATAN BHAKTI WIYATA KEDIRI
2014

Latar Belakang Masalah ...........................................7 7..............6 5..................................................................................................5 3.................................................... Fungsi bagian-bagian viskometer hoppler .....14 2 | Page ..................... Fungsi bagian-bagian viskometer cone and plate ........... Bagian-bagian viskometer cone and plate ...............................13 B.. Viskometer Hoppler 1..............................10 4.3 BAB II PEMBAHASAN A............11 5...........................................................................................13 DAFTAR PUSTAKA ...... Bagian-bagian viskometer hoppler................................................................. Kegunaan viskometer cone and plate ................................................................................4 2................................ Kajian konsep fisika yang berkaitan dengan viskometer cone and plate........... Kegunaan viskometer hoppler .......................8 B.......................................................10 3....2 B.........................12 BAB III PENUTUP A.............. Kelebihan dan kekurangan viskometer hoppler ...................... Tujuan .....11 6..................... Prinsip kerja viskometer cone and plate ............................................................1 BAB I PENDAHULUAN A...... Kajian konsep fisika yang berkaitan dengan viskometer hoppler...........................................................9 2.....................................3 C............. Pengertian dan gambar viskometer cone and plate ..6 4...................... Viskometer Cone and Plate (Brookfield) 1................................. SARAN ..........................6 6............................DAFTAR ISI COVER DAFTAR ISI ............12 7.............................. KESIMPULAN ................... Rumusan Masalah ....... Prinsip kerja viskometer hoppler................... Pengertian dan gambar viskometer hoppler ........................................................................ Kelebihan dan kekurangan viskometer cone and plate ..............................................................................

dari pemaparan diatas penulis membuat pembahasan yang berkenaan dengan jenis-jenis viskometer untuk memberikan informasi yang lebih kepada para pembaca. maka semakin besar hambatannya. Oleh karena itu. Satuan dasar yang digunakan adalah poise ( 1 poise = 100 sentipoise ). Kekentalan atau viskositas dapat dibayangkan sebagai peristiwa gesekan antara satu bagian dan bagian yang lain dalam fluida. Oleh karena itu.BAB I PENDAHULUAN A.” 3 | Page . Viskositas adalah suatu tahanan aliran fluida yang merupakan gesekan antara molekul-molekul yang satu dengan yang lainnya. khususnya di bidang industri. jenisjenis viskometer pun bervariasi yang berguna untuk menunjang kehidupan manusia. Sedangkan dalam zat gas. Viskometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur viskositas suatu cairan. berbeda satu zat cair dengan zat cair yang lain. Pada zat cair. dan berhubungan erat dengan hambatan untuk mengalir. Semakin majunya perkembangan zaman dan teknologi. Oli mobil sebagai salah satu contoh zat cair dapat kita lihat lebih kental daripada minyak kelapa. viskositas disebabkan karena adanya gaya kohesi (gaya tarik menarik antara molekul sejenis). dimana semakin tinggi kekentalannya. viskositas disebabkan oleh tumbukan antara molekul. dalam pembahasan ini penulis mengangkat judul “Viskometer Hoppler dan Visometer Cone and Plate. LATAR BELAKANG Setiap zat cair mempunyai karakteristik yang khas.

Pengertian dan Gambar Viskometer Hoppler 4 | Page . Penulis ingin mengetahui kajian konsep fisika yang berkaitan dengan viskometer hoppler dan cone and plate 6. RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana kajian konsep fisika yang berkaitan dengan viskometer hoppler dan cone and plate? 6. Penulis ingin mengetahui bagian-bagian alat viskometer hoppler dan cone and plate 3. Penulis ingin mengetahui prinsip kerja viskometer hoppler dan cone and plate 4.B. Viskometer Hoppler 1. Penulis ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan viskometer hoppler dan cone and plate BAB II PEMBAHASAN A. Bagaimana prinsip kerja viskometer hoppler dan cone and plate? 5. Apa saja kelebihan dan kekurangan viskometer hoppler dan cone and plate? C. Penulis ingin mengetahui pengertian viskometer hoppler dan cone and plate 2. Apa saja bagian-bagian alat viskometer hoppler dan cone and plate? 3. Apa fungsi bagian-bagian viskometer hoppler dan cone and plate? 4. Penulis ingin mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan pada penerapan voltametri 5. TUJUAN Dalam menyusun makalah ini penulis mempunyai beberapa tujuan yaitu : 1. Apa pengertian viskometer hoppler dan cone and plate? 2.

dikarenakan adanya gravitasi benda yang jatuh melalui medium yang berviskositas dengan kecepatan yang semakin besar sampai mencapai kecepatan maksimum. Kecepatan maksimum akan dicapai jika gaya gravitasi (g) sama dengan gaya tahan medium (f) besarnya gaya tahan (frictional resistance) untuk benda yang berbentuk bola stokes.Pada viscometer hoppler yang diukur adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah bola untuk melewati cairan pada jarak atau tinggi tertentu. Kecepatan jatuhnya bola merupakan fungsi dari harga respirok sampel. Gambar 1. Viskometer hoppler 5 | Page .

Gambar 2. 6 | Page . Gambar dan bagian.com/2012/10/viskometer.blogspot. Kegunaan dari Viskometer Hoppler Viskometer Hoppler digunakan untuk menentukan viskositas cairan yang kental tetapi tembus cahaya agar dapat mengamati jatuhnya bola besi sampai ke dasar tabung.html) 2.bagian viskometer hopler (Sumber : analissolo.

html) 4. 7 | Page .3. Bagian-bagian dari Viskometer Hoppler Gambar 3. Kecepatan jatuhnya bola merupakan fungsi dari harga respirok sampel. Bagian-bagian Viskometer Hoppler (Sumber : analissolo.com/2012/10/viskometer. Cara dan Prinsip Kerja Viskometer Hoppler Menjatuhkan bola yang terbuat dari kaca atau besi.blogspot. Karena gaya gravitasi benda yang jatuh melalui medium yang berviskositas dengan kecepatan yang besar sampai pada kecepatan yang maksimum. Fungsi bagian-bagian Viskometer Hoppler  Glass Tube : Sebagai wadah untuk sampel dan Steall Ball  Steall Ball : Sebagai pengukur kekentalan  Light barrier : Sebagai batas dimana pengukuran diawali dan diakhiri  Pressure Cell : bagian luar pada viskometer untuk melindungi sampel dalam tekanan yang tetap 5.

turut. pada temperatur yang berbeda 11) Menentukan viskositasnya dengan rumus : η = K (PB – PS) t atau 2gR2 (PB – PS) η= 9V η = Viskositas (cP) t = Waktu (s) K = Tetapan viskositas g = Percepatan gravitasi (m/s2) PB = Massa jenis bola (g/cm3) R = Jari-jari bola (cm) PS = Massa jenis sampel (g/cm3) V = Kecepatan (m/s) 12) Kemudian membandingkan nilai viskositas zat cair dengan adanya perubahan suhu 6.9 sebanyak 10 kali berturut. Kajian Konsep Fisika yang berkaitan dengan Viskometer Hoppler  Hukum Stokes Suatu benda yang dijatuhkan bebas dalam suatu fluida kental. kecepatannya makin besar sampai mencapai suatu kecepatan maksimum 8 | Page .Cara kerja dengan Viskosimeter Hoppler 1) Mengukur diameter bola yang akan dijatuhkan ke dalam tabung viskometer menggunakan mikrometer sekrup 2) Menimbang massa bola 3) Mengukur panjang tabung viskometer dari batas atas sampai batas 4) 5) 6) 7) 8) 9) 10) bawah Menentukan massa jenis masing.masing cairan Mengukur temperatur viskometer hoppler Mengisi tabung dengan cairan sampel dan dimasukkan bola Menyalakan stopwatch pada saat bola di batas atas lightbarrier Mematikan stopwatch pada saat bola di batas bawah lightbarrier Mencatat waktu bola jatuh dari batas atas sampai batas bawah Mengulangi prosedur 7 .

yang tetap.π. Besarnya gaya tersebut dapat diperoleh melalui rumus yang dikemukakan oleh Stokes ( Hukum Stokes ) : F = 6.r. Berdasarkan hukum Stokes pada kecepatan bola maksimum.maka benda tersebut akan jatuh secara perlahan-lahan ( tenggelam ).η. terjadi keseimbangan sehingga gaya gesek = gaya berat – gaya archimides Bila kita jatuhkan benda kecil berbentuk bola yang massa jenisnya lebih besar dari pada zat cair yang diam. dimana arah gaya resultan yang ditimbulkannya terhadap benda akan selalu mengarah ke atas. Kecepatan maksimum yang tetap ini dinamakan kecepatan terminal.v F = Gaya Stokes r = jari –jari v = kecepatan bola jatuh η = viskositas 7. Kelebihan dan Kekurangan Viskometer Hoppler  Kelebihan   : Penerapannya mudah dilakukan Kekurangan :  Sulit digunakan untuk mengukur viskositas pada sampel berwarna / keruh  Masih melalui perhitungan 9 | Page . Hal ini disebabkan benda tersebut mendapat gaya gesek yang menentang arah pergerakan arah tersebut.

 Sampel yang dibutuhkan banyak  Memiliki human error yang besar 10 | P a g e .

Viskometer Cone and Plate (Brookfield) 1.html ) 11 | P a g e . Gambar 4. Cone dan plate memberikan ketelitian yang diperlukan untuk pengembangan data rheologi lengkap.B. Viskometer Cone and Plate (Sumber : http://nannananot.com/2012/10/viskometer. Pengertian dan Gambar Viskometer Cone and Plate (Brookfield) Viskometer Cone and Plate atau Brookfield merupakan alat ukur kekentalan untuk menentukan viskositas absolut cairan dalam volume sampel kecil.blogspot.

6. 3. Bagian-bagian dari Viskometer Cone and Plate (Brookfield) 7. 12 | P a g e . Kegunaan Viskometer Cone and Plate (Brookfield) Viskometer Cone and Plate digunakan untuk menentukan viskositas absolut cairan dalam volume sampel kecil.2. Layar 3. Dapat menentukan laju geser (Shear Rate) dan tekanan geser (Shear stress).

8. Handle 1. Guard Leg Spindle Gambar 5. 2. 4.scribd.com/doc/176542413/laporan-visko-instrumen) 13 | P a g e .5. Bagian-bagian Viskometer Cone and Plate (Sumber : http://id.

Prinsip kerja dari viscometer Brookfield ini adalah semakin kuat putaran semakin tinggi viskositasnya sehingga hambatannya semakin besar. Option and Tab : Pengaturan viskometer 8. On and Off : Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan viskometer 7. Kerucut / pengaduk digerakkan oleh motor dengan bermacam kecepatan dan sampelnya digeser didalam ruang semit antara papan  yang diam dan kemudian kerucut yang berputar. Select Display : Untuk memilih tampilan 5. Cross Up and Down : Tombol atas dan bawah 5. Set Spindle : Untuk mengatur pengaduk 3. Prinsip Kerja Viskometer Cone and Plate (Brookfield) Cara menggunakannya adalah :    Sampel ditempatkan pada wadah (sampel container) Kemudian dinaikkan hingga posisi dibawah kerucut / pengaduk. Print : Untuk mencetak hasil pembacaan 2. Fungsi bagian-bagian Viskometer Cone and Plate (Brookfield)  Layar : Untuk menampilkan hasil pembacaan alat  Handle : Untuk menurunkan dan menaikkan alat  Guard Leg : Sebagai pelindung pengaduk  Spindle : Sebagai pengaduk sampel  Buttons : 1. Enter and Auto Range : Pengukuran otomatis 4. Set Speed : Untuk mengatur kecepatan (rpm) 6. 14 | P a g e .4.

7.6. Kajian Konsep Fisika yang berkaitan dengan Viskometer Cone and Plate (Brookfield)  Gaya Gesek Pada metode ini sebuah spindle dicelupkan ke dalam cairan yang akan diukur viskositasnya. Gaya gesek antara permukaan spindle dengan cairan akan menentukan tingkat viskositas cairan. jadi semakin kuat putaran semakin tinggi viskositasnya sehingga hambatannya semakin besar. Kelebihan dan Kekurangan Viskometer Cone and Plate (Brookfield)  Kelebihan :  Memiliki spindle yang sesuai dengan tingkat kekentalan sampel  Dapat mengetahui kekentalan sampel yang tinggi  Dapat menguji sampel yang berwarna maupun tidak berwarna  Kekurangan :  Cairan silikon murninya harus diganti setiap tahun 15 | P a g e .

maka benda tersebut akan jatuh secara perlahan-lahan ( tenggelam ). KESIMPULAN Viskometer hoppler digunakan untuk menentukan Viskositas cairan yang kental tetapi yang tembus cahaya agar dapat mengamati jatuhnya bola besi sampai ke dasar tabung. pengertian. B. Penulis mengharapkan saran dari pembaca supaya bisa menulis dam membuat makalah yang lebih sempurna lagi. steal ball.BAB III PENUTUP A. spindle. prinsip dan cara bagaimana mengunakan alat tersebut. buttons. 16 | P a g e . Prinsip kerjanya bila benda kecil berbentuk bola dijatuhkan yang massa jenisnya lebih besar dari pada zat cair yang diam. memberikan pengetahuan kepada masyarakat atau pembaca secara luas supaya mengetahui apa itu alat viskometer hoppler dan alat viskometer cone and plate terutama fungsi. dan light barrier. Viskometer cone and plate digunakan untuk mengukur kekentalan yang memberikan peneliti suatu instrumen yang canggih untuk menentukan viskositas absolut cairan dalam volume sampel kecil. Prinsip kerjanya gaya gesek antara permukaan spindle dengan cairan akan menentukan tingkat viskositas cairan. Bagianbagian alatnya yaitu handle. dan guard leg. SARAN Penulis berharap agar penulisan makalah ini. Bagian-bagian alatnya adalah glass tube. layar.

(Online).scribd.com/2012/10/viskometer. (Online) (http://id. Laporan Praktikum Instrumentasi dan Pengukuran Viskositas. BROOKFIELD DIGITAL VISCOMETER.scribd.com/doc/215174434/Presentasi-Viskositas-pdf#download) Diakses 14 Mei 2014 17 | P a g e .DAFTAR PUSTAKA Brave Frontier. (http://id. (Online) . (http://id. (http://id. Viskositas Pelumas. (Online). Viskometer.com/doc/51092993/VISKOMETER-ROTATOR-DAN-VORTEXMIXER-presentasi-marga#download) Diakses 14 Mei 2014 Nannananot.blogspot.com/doc/176542413/laporan-visko- instrumen) Diakses 18 Mei 2014 Viravangso.com/doc/44428653/viskometer-brookfield#download) Diakses 14 Mei 2014 Minedeleblanch.com/doc/217736423/184833847-Apa-Itu-Viskositas-PadaPelumasan) Diakses 14 Mei 2014 Echie. 2010 Viskositas. (Online) .scribd. (http://id.html) Diakses 18 Mei 2014 Nanaa. 2009. 2012.scribd. (Online). 2011.scribd. (http://nannananot. Oema. Viskometer. 2008. Rotator dan Vortex Mixer.