PEDOMAN PELAKSANAAN

RAPAT HES

INDUSTRIALindo KONSULTRAIN SERVICES
IKS Safetyplus

.TUJUAN Membantu Perusahaan dalam pelaksanaan rapat yang efektif bagi perusahaan dengan adanya teknik-teknik yang dipergunakan untuk menyelenggarakan berbagai rapat serta memberikan informasi dalam pelaksanaan rapat HES.

maka semakin mudah hal itu disimak dan diingat. semakin besar gangguan komunikasi yang terjadi Komunikasi yang menyentuh perasaan dan sikap seseorang cenderung lebih memotivasikan dibandingkan dengan yang hanya menggunakan alasan berkomunikasi Semakin cepat dan seringnya suatu pemikiran atau hal yang diutarakan itu dilaksanakan. .Prinsip-Prinsip Penuntun     Komunikasi yang efektif meningkatkan motivasi Semakin banyak tingkat yang harus dilalui dalam komunikasi.

Manajemen Profesional Adalah mendapat hasil melalui orang lain dengan cara KOMUNIKASI MODEL REINFORCING PENYULUHAN Yang adalah DASAR UTAMA Dari Manajemen Perusahaan .

atau konsep diskusi 3. pertanyaan. pertanyaan. topic. Membuat laporan rinci dari hasil diskusi Metode Mengajar dan Diskusi Metode Tanya Jawab Metode Pro dan Kontra Metode Diskusi Kelompok Kecil . topic. atau konsep diskusi 2.Prosedur Dan Metode Memimpin Diskusi 4 Langkah Awal 1. Jelaskan pokok. Jabarkan atau simpulkan diskusi 4. Kemukakan pokok.

4 Macam Rapat HES Rapat HES Umum Rapat HES Awalan Kerja (Tailgate Meeting) Rapat HES untuk para anggota komite HES Rapat HES untuk Manajemen .

Kehati-hatian harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua posisi. dan bagian terwakili pada setiap rapat. unit kerja. maka dapat diatur untuk rapat selanjutnya. . Jika jumlah yang hadir tidak dapat tertampung dalam satu kali rapat.RAPAT UMUM HES  Rapat umum HES harus melibatkan sebanyak mungkin Pekerja dan Pekarya dan Kontraktor.

peralatan dan keanggotaan Safety (HES) Committee Peninjauan ulang mengenai isi buletin HES Perusahaan. Kampanye HES yang spesifik. termasuk terhadap unit-unit baru. prosedur. . Perubahan kebijakan. seperti mengenai program HES. penerapan Program Tanggap Darurat. Diskusi tentang tindak lanjut dari suatu kecelakaan/ insiden atau nyaris celaka yang terjadi sebelumnya.TOPIK BAHASAN RAPAT UMUM HES      Pembiasaan (familiarisasi) tugas-tugas kerja. dll.

RAPAT TAILGATE MEETING  Dilaksanakan setiap hari awalan kerja atau shift. Pengawas atau Group Leader perlu meyakinkan semua aspek HES yang berhubungan dengan pekerjaan hari tersebut telah ditinjau. dan dikoordinir oleh Supervisor atau Group Leader untuk mengevaluasi tugastugas tertentu pada pekerja. .

Rapat Safety (HES) Committee paling minimal dilaksanakan setiap bulan. .RAPAT SAFETY COMMITTEE   Rapat Safety (HES) Committee diadakan dengan para HES Rep dari masing bagian yang ditunjuk sebagai anggota Safety (HES) Committee.

Tindak lanjut hasil inspeksi/ observasi prilaku dan audit yang dilakukan periode sebelumnya. Peninjauan ulang program K3. .TOPIK BAHASAN RAPAT SAFETY (HES) COMMITTEE       Masalah HES yang diperoleh dari para pekerja dan pekarya yang belum selesai dipecahkan Tindak lanjut hasil penyelidikan kecelakaan/ insiden yang terjadi di tempat kerja. Lindung Lingkungan dan Industrial Hygiene. Kebutuhan pelatihan dan kompetensi pekerja dan pekarya Dan lain-lain yang berhubungan dengan HES.

Manajer .Peserta Rapat .Pengawas terkait .Direktur .NOTULEN RAPAT    Disiapkan untuk setiap Rapat HES Umum dan Safety (HES) Committee Notulen diterbitkan paling lambat waktu 48 jam setelah rapat Didistribusikan kepada: .Beberapa copy ditempel pada papan pengumuman yang relevan. .

Menjabarkan peraturan dan regulasi Pemerintah untuk pemenuhannya. .Rapat HES Manajemen      Melakukan tinjauan ulang kepatuhan terhadap HESMS Melakukan tinjauan ulang masalah-masalah yang belum diselesaikan oleh Safety (HES) Committee dan memberi saran-saran untuk mendukung pemecahan yang baik. Mengidentifikasi dan memintor semua persyaratan Rapat HES dan perbaikannya. Mengevaluasi dan merekomendasi untuk tindakantindakan perbaikan pada tingkatan manajemen.