You are on page 1of 14

KELOMPOK 6

Sri berusia 78 tahun datang ke Unit Gawat Darurat suatu Rumah Sakit jam 9 malam.KASUS Seorang wanita Ny. . diantar anaknya dengan keluhan menderita nyeri panggul kiri sehingga tidak dapat berdiri dan berjalan.

nenek tersebut tiba tiba kehilangan keseimbangan dan jatuh terduduk dengan posisi panggul kiri sebagai tumpuan. sehingga pasien harus menumpu pada panggul dan tungkai kanan saat berdiri. tungkai kiri terasa berat untuk digerakkan.Sekitar 2 jam lalu saat di kamar mandi. Menurut pasien pada saat terjatuh sempat berpegangan pada pinggir bak mandi. . sehingga benturan terjadi tidak terlalu keras. tetapi masih sanggup berdiri dengan menumpu pada kaki kiri. pasien merasa nyeri pada panggul kiri. Pada saat berusaha berdiri dari posisi terjatuh tersebut. panggul kiri terasa kaku dan nyeri. Beberapa waktu kemudian nyeri dirasakan semakin berat.

tidak memiliki kebiasaan merokok. tidak melakukan olah raga teratur dan aktivitasnya paling banyak adalah menonton tv di kamar. tidak minum obat anti alergi. tidak minum alcohol. .Pasien mengaku sudah tidak mengalami menstruasi sejak 20 tahun lalu.

INTERPRETASI KASUS IDENTITAS Nama Jenis kelamin Umur Pekerjaan Status pernikahan : Ny. Sri : perempuan : 78 tahun ::- .

ANAMNESIS RPS - .

RPD - .

Riwayat Keluarga / Keturunan - .

Riwayat Sosial - .

HASIL PEMERIKSAAN FISIK STATUS GENERALIS :    Kesadaran : Compos Mentis Tidak tampak pucat Ekspresi wajah kesakitan terutama saat menggerakkan panggul kiri .

suhu .nadi .TD .Tinggi Badan: 160 cm .8 ºC : 12x / menit Antropometri .nafasan : 130 / 85 mmHg : 100x / menit : 36.  Tanda Vital : .Berat Badan : 58 Kg .

tidak pucat : dalam batas normal : tidak ada kelainan : tidak ada kelainan : dalam batas normal .STATUS LOKALIS      Mata THT Jantung Paru Abdomen : tidak ikterik.

 Panggul .pasien menolak menggerakkan panggul kiri karena kesakitan normal sangat .Feel (palpasi) nyeri tekan pada area panggul kiri dan teraba hangat . bagian atas paha kiri tampak bengkak (regio lutut dan pergelangan kaki kiri tampak normal) .Look (inspeksi) tungkai kiri lebih pendek dan dalam posisi external rotasi.gerak aktif ekstremitas inferior kanan dalam batas .Move .

MASALAH    Nyeri panggul Fraktur patologis Abnormalitas tungkai kiri .