You are on page 1of 10

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Air merupakan kebutuhan yang paling utama bagi makhluk hidup. Manusia dan makhluk
hidup lainnya sangat bergantung dengan air demi mempertahankan hidupnya. Air yang
digunakan untuk konsumsi sehari -hari harus memenuhi standar kualitas air bersih. Kualitas
air bersih dapat ditinjau dari segi fisik,kimia, mikrobiologi dan radioaktif. Namun kualitas air
yang baik ini tidak selamanya ters edia di alam sehingga diperlukan upaya perbaik an, baik
itu secara sederhana maupun modern. Jika air yang digunakan be lum memenuhi standar
kualitas air bersih, akibatnya akan menimbulkan masalah lain yang dapat menimbulkan
kerugian bagi penggunanya.
Belakangan ini timbul masalah yang sangat krusial yaitu sulit untuk mendapatkan air
bersih. Banyak sumber air yang biasa dipakai tidak sebagus dulu lagi. Penyebab susahnya
mendapat air bersih adalah adanya pencemaran air yang disebabkan oleh limbah rumah
tangga, limbah pertanian, dan limbah industri.Selain itu, adanya pembangunan dan
penjarahan hutan merupakan penyebab berkurangnya kualitas mata air dari pegunungan
karena banyak bercampur dengan lumpur yang terkikis terbawa aliran sungai. Akibatnya, air
bersih terkadang menjadi "barang langka".
Ada beragam cara untuk memecahkan masalah tersebut, salah satunya dengan aplikasi
Teknologi yang tepat guna dimana yang dapat menghasilkan air dengan kuaitas baik,
menguntungkan dan mudah digunakan. Teknologi yang digunakan meliputi pengolahan
pengolahan air yang dilakukan meliputi pengolahan secara fisik (filtrasi), pengolahan kimia
(adsorbsi) serta desinfeksi menggunakan UV. Mahasiswa sebagai agent of change, agent of
technology dansocial control mempunyai tanggung jawab moral untuk mengaktualisasikan
ilmu yang telah didapatkan kepada masyarakat. Diharapkan dengan adanya teknologiini
dapat membantu mengatasi masalah air yang ada di masyarakat.

1

Bagaimana pengolahan air minum? 1.3 Tujuan Penulisan 1.2 Rumusan Masalah 1.1. Apa pengaruh kesehatan tentang air bersih? 3. Untuk mengetahui pengoolahan air bersih BAB II PEMBAHASAN 2. Untuk mengetahui pengertian dari air bersih dan air minum 2. Apa pengaruh kesehatan tentang air minum? 6. Untuk mengetahui Pengaruh kesehatan terhadap penggunaan air bersih dan air minum 3. Apa pengertian air minum? 5. Apa pengertian air bersih? 2.1 Pengertian Air Bersih dan Air Minum 2 . Bagaimana pengolahan air bersih? 4.

Air merupakan zat yang utlak bagi setiap mahkluk hidup dan kebersiha air adalah syarat utama bagi terjadinya kesehatan (dwijokosaputro 19981). 2. air permukaan. Air Bersih (clean water) adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hariyang  kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak Air Minum (drinking water) adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa   proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum Air permukaan adalah semua air yang terdapat pada permukaan tanah.Air bersih adalah air sehat yang dipergunakan untuk kegiatan manusia dan harus bebas dari kuman-kuman penyebab penyakit. Sumber air adalah tempat atau wadah air alami dan/atau buatan yang terdapat pada. Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah  permukaan tanah. Berdasarkan letak sumbernya. 1. bebas dari bahan-bahan kimia yang dapat mencemari air bersih tersebut. ataupun di bawah permukaan tanah.7 Tahun 2004 dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002.  termasuk dalam pengertian ini air permukaan.2 Sumber Air Air bersih yang berada permukaan bumi dapat berasal dari berbagai sumber. yaitu sebagai berikut :   Sumber daya air adalah air. Dalam UU RI No. ataupun di bawah permukaan tanah.untuk treadmen air minum dan untuk treadmen air sanitasi. Air adalah semua air yang terdapat pada diatas. dan daya air yang terkandung didalamnya. Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk di konsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari dan memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah. dan air tanah. air dapat dibagi menjadi air hujan. Air hujan (angkasa) 3 . disebutkan beberapa pengertian terkait dengan air. diatas.

untuk mengalirkan air keatas permukaan diperlukan pompa. kalsium. Pencemaran yang berlangsung di atmosfer itu dapat disebabkan oleh partikel debu: mikroorganisme: dan gas (karbondioksida. telaga. dan sumur permukaan. didalam perjalanannya ke air permukaan. maka air permukaan mudah terkena air pencemaran. Pembebasan tempat pengambilan air untuk menyediakan air bersih sangat penting. Air tanah umumnya merupakan sumber yang paling cocok dan menyenangkan dalam penyediaan air bersih masyarakat kecil. Oleh karena keadaannya terbuka. waduk. 3. septik tank. Oleh karena itu. dan anomia). di antaranya air tanah biasanya bebas dari kuman penyakit dan tidak perlu mengalami proses purifikasi atau penjernihan. tempat pembuangan air limbah. maupun lainnya. Air permukaan Air permukaan yang meliputi: badan-badan air semacam sungai. dan tempat pembuangan air bekas irigasi. 2. Tempat pemngambilan air harus diatas aliran dan sejauh mungkin dari tempat pembuangan air limbah industri dan air bekas pengairan pertanian. Walau saat presipitasi merupakan air yang paling bersih. Selain itu. sampah. dan lgam berat seperti besi dapat menyebabkan kesadahan air. tetapi air ini tidak mengandung kalsium. Air tanah (ground water) Air tanah berasal dari air hujan yang jatuh keprmukaan bumi yang kemudian mengalami perlokasi atau penyerapan kedalam tanah dan mengalami proses filtrasi secara alamiah bawah tanah. 4 . Air tanah memiliki beberapa kelebihan dibanding sumber air lain. Melindungi sumber air tanah dari setiap kontaminasi adalah penting. sehingga perlu dilakukan penambahan kalsium. sumber air tanah harus dijauhkan dari setiap sumber pengotoran seperti jamban. Sebagian berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi. Air tanah mengandung zat-zat mineral dalam konsentrasi yang tinggi. saat musim kemarau sekalipun. Konsentrasi yang tinggi dari zat-zat mineral semacam magnesium. air tersebut cenderung mengalami pencemaran ketika berada di atmosfer. nitrogen. danau. rawa. persediaan air tanah juga cukup banyak sepanjang tahun. Air ini dapat dijadikan sebagai sumber air minum. baik oleh tanah. sehingga membuat air tanah menjadi lebih baik dan lebih murni dibandingkan proses yang telah dialami air hujan tersebut. Air seperti ini harus mendapat disinfeksi yang baik sebelum didisistribusikan kepada konsumen.Air hujan atau air angkasa merupakan sumber utama di bumi. Air tanah memiliki beberapa kerugian atau kelemahan dibanding sumber air lainnya.

Umumnya unsur yang spesifik dijumpai adalah bahan organik seperti kalsium. Bebrapa bau bisa menunjukan adanya peningkatan aktivitas bakteri dan yang lain bisa disebabkan oleh penootoran industri. Warna Warna dalam air minum mugkin disebabkan karna adanya bahan organik berwarna seperti bahan organik yang membusuk. Kekeruhan Kekeruhan yang tinggi akan melindungi mikrorganisme dari pengaruh desinfeksi. logam (besi).4 Pengolahan air minum Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan sebelum air dikonsumsi untuk keperluan minum 1.3 Syarat-syarat Air Sehat Berikut ini adalah beberapa parameter dalam survei penyediaan air bersih untuk masyarakat kecil yang praktis dan penting sebagai petunjuk yang bermanfaat untuk menilai kualitas air 1. mendorong ertumbuhan bakteri. Syarat kimia 2. besi dan seng. Rasa dan bau Bau air kebanyakan disebabkan oleh adanya bahan organik dalam air. Berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam pengolahan air a. dan menaiikan kebutuhan clor 2. Syarat bakteriologis c. atau air buangan industri yang berwarna kuat. Perubahan rasa secara normal dalam penyedian air bersih bisa memberikan suatu tanda adanya perubahan kualitas sumber air baku atau adanya kekeliruan dalam proses pengolahan air. Pengolahaan secara sederhana 5 . Infeksi sanitasi harus selalu melakukan terharap kemungkinan sumber bau persepsi ganda yang sering diungkapkan terhadap unsur penyebab rasa dan unsur yang bisa menyebabkan bau biasanya disebut “rasa”. Syarat fisik b. 3.2.

Air akan menjadi jernih karena partikel-partikel yang ada di dalam air mengendap. sampai akhirnya terbentuk endapan. ijuk. Pengelolaan air minum untuk umum Ada 3 sumber yang dapat dilakukan pengelolaan a. sumur. 3.Biasanya dilakukan penyimpanan (storage) dari berbagai macam sumber seperti air hujan. Dalam penyimpanan ini air dibiarkan untuk bebrapa jam ditempatnya. kemudian akan terjadi kongulasi dari zat-zat yang terdapat didalam air. Pengolahan air dengan cara menyaring Model ini dapat dilakukan dengan menggunakan kerikil. Zat kimia yang berfungsi untuk membunuh bibit penyakit yang didalam air (klor) 4. air danau. Pengolahan air dengan cara penambahan zat kimia Zat kimia yang dimaksud adalah berupa a. Pengelolaan air dari segi konsumsi 1. tetapi cara ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit serta hanya cocok untuk konsumsi dalam batas kecil (rumah tangga). sehingga mempercepat pengendapan (tawas) b. dan sebagainya. Air sungai 6 . Hal yang perlu diperhatikan adalah air ini belum terjamin terbebas dari bibit-bibit penyakit. sehingga masyarakat (anggota keluarga) perlu memasak terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. b. dan pasir. yang dibangun berdasarkan partisipasi masyarakat setempat. Pengolahan air dengan mengalirkan udara Pengolahan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa serta bau yang tidak enak. 5. Air hujan Air hujan dapat ditampung di dalam tempat khusus (danau buatan/telaga). 2. Zat kimia yang berfungsi sebagai koagulan. Upayakan bahwa air yang dialirkan melalui saluran ini terbebas dari pencemaran. air sungai. Pengelolaan air dengan cara dipanaskan Pengelolaan cara ini bertujuan untuk membunuh bibit penyakit yang ada didalam air. sedangkan metode penyaringan yang lebih maju dilakukan dengan teknologi tinggi seperti pada perusahaan air minum (PAM). Semua air hujan dialirkan pada danau tersebut melalui saluran yang telah dibuat. menghilangkan gas-gas yang tidak diperlukan lagi seperti CO 2 dan juga menaikan derajat keasaman air. selanjutnya dibuat sumur gali atau sumur pompa scara umum.

Mata air Mata air yang ada pada tiap-tiap daerah (desa) perlu dilakukan pengelolaan untuk melindungi sumber mata air tersebut agar tidak tercemar oleh berbagai macam kotoran. Air sumur Air sumur telah cukup memenuhi persyaratan kesehatan. juga jika datangnya musim penghujan air tanah tidak akan masuk pada air sumur. bagian bawah sumur perlu dilapisi kerikil untuk mengurangi kekeruhan jika air sedikit. berikut ini adalah syarat-syarat sumur galian. Sebagai pengganti kerikil. 1. dan lain-lain baru dialirkan pada alat penampung. Air dapat dialirkan kerumah-rumah penduduk melalui pipa-pipa yang telah dibuat atau dapat juga langsung dengan mengambil ke sumber mata air tersebut. tetapi hal ini hanya bisa dilakukan pada saat musim penghujan. 2. Air hujan Kebutuhan rumah tangga akan air dapat dilakukan dengan cara menampung air hujan sebanyak-banyaknya pada saat musim hujan. keluarga tidak dapat melakukan cara ini pada saat musim kemarau. Didaerah perdalaman banyak dijumpai sumur galian. Harus ada bibir sumur.Air sungai dialirkan ke dalam bak penampung I. melalui saringan kasar yang dapat memisahkan benda-benda padat dalam partikel besar. khususnya air sumur pompa. kedalam sumur dapat dimasukan zat yang dapat membentuk endapan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan tempat penampungan air 7 . pasir. Upaya lain yang dapat dilakukan dengan menyaring dengan saringan yang dapat dibuat dari bahan kaleng bekas. c. misalnya tawas (alumunium sulfat). Pengelolaan air untuk rumah tangga a. Lapisan kerikil. Kaleng bekas diisi bahan kerikil. Selanjutnya air dialirkan kependuduk atau diambil secara langsung. disini dibubuhkan tawas dan chlor. Bak penampung I tadi diberi saringan yang terdiri atas ijuk. pasir. baik industri maupun sampah domestik (rumah tangga). b. Agar bebas dari bakteri sebelumnya air direbus terlebih dahulu. Bagian atas diberikan pembatas (tembok/bong/bis) kurang lebih tiga meter dari permukaan tanah. hal ini bertujuan untu menjaga kotoran yang dapat masuk ke air sumur 3. Kemudian air dialirkan ke bak penampung II. Tiap keluarga dapat melakukan cara penampungan seperti ini. Namun setiap daerah belum tentu memiliki air sumur pompa. ijuk. air sumur pompa juga membutuhkan tenaga listrik. kerikil dan sebagainya. 2. Bibir sumur berfungsi selain menjaga agar sumur tetap bersih.

bahan-bahan kimia yang berbahaya. 2.5 Sumber Air Bersih Dan Aman air yang diperuntukan bagi konsumsi manusia harus berasal dari sumber air yang bersih dan aman. 2. Tapi. membantu pembuangan residu di ginjal. 2. maka kebutuhan air juga lebih banyak. Kebutuhan terhadap air juga dipengaruhi oleh aktivitas harian. Selain penghilang dahaga. mereka mengalami kesulitan berkonsentrasi. Bebas dari kontaminasi kuman atau bibit penyakit. ada pedoman yang bisa diterapkan.Dikutip dari Times of India. 4. 5.6 Pengaruh Air Untuk Kesehatan Kekurangan air dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan. Kalau Anda punya berat badan 50 kilogram. Berikut ini adalah batasan-batasan sumber air yang bersih dan aman. Misalnya. Kuah sayur. dan sebagainya juga termasuk cairan yang dimanfaatkan tubuh agar tidak dehidrasi. dan sebagainya. ada lima fakta yang tentang cara air mempengaruhi kesehatan: 1. Kalau aktivitas cukup tinggi. 8 . termasuk pada aktivitas sel tubuh. yaitu 30 ml air per kilogram berat badan yang dimiliki seseorang. Perannya bisa berpengaruh pada berbagai hal. kulit kering. Orang yang mengalami dehidrasi memiliki beberapa tanda yang bisa dirasakan. Bebas dari sumber kimia yang berbahaya dan racun Tidak berasa dan tidak berbau Dapat dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan domestik/rumah tangga. dehidrasi dapat menyebabkan peredaran kurang lancar. Banyak sedikitnya cairan dalam tubuh berpengaruh banyak bagi tubuh.5 liter. sakit kepala. Memenuhi standar minimal yang ditemukan oleh WHO atau Departermen Kesehatan RI. sebaiknya seseorang minum sekitar 6-8 gelas sehari. maka kebutuhan air untuk tubuh minimal 1. 1.hujan yang lebih besar agar cukup untuk menyambut datangnya kebutuhan air dimusim kemarau. dan sampah atau limbah industri.500 ml atau 1. parasit. Air memberikan pemeliharaan tubuh secara keseluruhan. Tidak ada patokan yang tepat tentang jumlah cairan yang diperlukan tubuh. Saran yang banyak ditemukan. 3. air dari buah-buahan. Cairan bukan hanya air minum. minum air akan mengatur suhu tubuh. Air dinyatakan tercemar bila mengandung bibit penyakit. Selain itu.

Air dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang. mineral. mata. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorang pun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. jeruk. Memang efeknya tidak langsung didapatkan. 3. Air bisa dikonsumsi dengan cara yang lebih nikmat dan kaya dengan zat-zat bergizi. memperlancar pencernaan. seperti sayuran. Selain itu. nanas. buah tomat. ketika 9 . baik manusia. dan sebagainya. Maka dari itu. Dengan mengimbangi bersama olahraga. 2. melumasi sendi-sendi. tidak ngemil berlebihan. BAB III PENUTUP 3. Pembakaran lemak atau protein menjadi energi dapat berlangsung secara kontinyu. Air juga mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Dengan meminum air 30 menit sebelum makan. hewan dan tumbuhan.melembabkan membran mukosa. Pasalnya. Dan. semangka. 5. penurunan berat badan mungkin baru akan terlihat.dapat menekan nafsu makan berlebihan. Paling utama. Kulit tidak mudah menua karena selalu lembab dengan air. air memberikan perlindungan dari infeksi dan alergi yang menyerang selaput lendir tenggorokan. dan menerapkan gaya hidup sehat. air juga bisa didapatkan dengan mengolahnya bersama bahan pangan lain. proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. sehingga mencegah sembelit dan wasir. Anda bisa mendapatkan air dari buah-buahan yang kaya air.1 Kesimpulan Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. 4. hidung. Misalnya. hingga antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. melainkan juga vitamin. minum air yang cukup mencegah dehidrasi. Dalam jangka panjang. Air yang masuk ke tubuh bisa melunakkan tinja dan mempermudah mengeluarkannya. Selama kebutuhan air tercukupi. dan sebagainya. Bukan air saja yang didapatkan. Air memberikan pencegahan terhadap penyakit. dan melembabkan kulit. Makhluk hidup membutuhkan air untuk dapat melanjutkan kelangsungan hidup. Air membantu seseorang yang mempunyai program penurunan berat badan. penurunan berat badan bisa berlangsung lebih cepat dengan cara yang sehat. mempertahankan keenceran darah.

Chandra.. https://id. Budiman. Untuk masyarakat diharapkan mempunyai kesadaran untuk menjaga kelestarian alam sekitar sehingga kualitas ketersediaan air di daerah mereka tetap bagus dan tidak tercemar.scribd.com/doc/217792131/Makalah-Pengolahan-Air-Bersih (diakses tanggal 28 maret 2015) 10 . 3.2 Saran Untuk pemerintah diharapkan dapat membuat dan mengoptimalkan program mengenai Penyediaan Air bersih dan diperlukan kerja sama dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaaan program. DAFTAR PUSTAKA Budiman. & Suyono. Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2012. dibutuhkan suatu alternatif pemecahan masalah seperti membuat bak penampung sumber air/mata air dan membuat sumur resapan. Untuk mengatasi masalah tersebut.jumlah air dalam suatu daerah mengalami krisis seperti musim kemarau panjang maka kehidupan manusia akan sangat terganggu. 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: EGC. Jakarta: EGC.