You are on page 1of 4

BAB I

PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
BLOK 1 : BELAJAR EFEKTIF
SKENARIO 5 : ETIKA KEDOKTERAN DAN PROFESIONALISME
Dr. Bihbah mencoba untuk mengamalkan pengetahuannya untuk menjadi seorang Family
Doctor dan juga berperan sebagai Five Star Doctor dalam mengelola klinik di
Puskesmanya dan di prakteknya. Pasien sangat menyukainya karena ia menghormati
mereka dan dapat meraasskan kesulitan-kesuliatan mereka. Saat ini ia dihadapi suatu
masalah yang pelik. Seorang ibu membawa kemenakannya, perempuan berusia 16 tahun
yang hamil 4 bulan, dan belum bersuami. Ia berharap dr.Bihbah mempunyai slusi untuk
menutupi aib ini agar keluarga mereka tidak menanggungn malu. Dalam perbincangan
dengan remaja hamil itu, terungkap bahwa remaja itu pengguna narkoba suntik dan
teman kencannnya menderita HIV. Begitu mendenngar pengakuan kemenkannya, si ibu
menjaadi emosional dan berteriak-teriak memarahianya dengan suara yang begitu keras
sehingga semua orang di puskesmas dapat mendengar dan mengetahui bahwa keluarga
remaja itu mendapat aib.
B. KATA-KATA SULIT
1. Praktek
2. Puskesmas
3. Etika

C. TUJUAN
1. Mencari tahu bagaimana cara mengamalkan pengetahuan yang dimiliki seorang
dokter kepada orang lain.
2. Mencari tahu bagaimana cara agar seorang pasien tidak malu mengungkapkan
masalah yang di derita atau masalah yang dihadapi yang termasuk aib.

3. masalah yang sangat pribadi. D. atau masalah yang dihadapi yang termasuk aib. Mengetahui cara membagi pengetahuan yang dimiliki seorang dokter kepada orang 2. Puskesmas  Unit pelaksanaan teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan. Mencari tahu bagaimana sikap seorang dokter dalam menghadapi pasien yang mempunyai masalah yang sangat pribadi dan termasuk aib. Mencari tahu arti dari kata-kata sulit.  Fungsi Puskesmas. 4. 2. Praktek Dokter Praktik kedokteran merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh dokter terhadap pasien dalam melaksanakan upaya kesehatan. . Sertifikat kompetensi ini merupakan surat tanda pengakuan terhadap kemampuan seorang dokter untuk dapat menjalankan praktik kedokteran yang di berikan oleh Kolegium Kedokteran Indonesia setelah mengikuti Uji Kompetensi Dokter. lain. BAB II PEMBAHASAN Kata-kata sulit yang ditemukan dalam skenario lima adalah : 1. Mengetahu cara agar seorang pasien tidak malu mengungkapkan masalah yang di derita 3. Mengetahui bagaimana sikap seorang dokter dalam menghadapi pasien yang mempunyai 4. MANFAAT 1. Untuk dapat melakukan praktik kedokteran seorang dokter harus memenuhi persyaratan tertentu antara lain memiliki sertifikat kompetensi. Mengetahui makna dari kata-kata sulit yang di peroleh.

 Tujuan Etika Kedokteran Agar seorang dokter dapat memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pasien. Puskesmas diharapkan mampu menjangkau seluruh kalangan masyarakat tanpa mengurangi mutu dari pelayanan kesehatan itu sendiri. Hal ini merupakan pemberitahuan ilmu pengetahuan seorang dokter tentang penyakit yang diderita seorang pasien. dan rehabilitatif atau abolitif. Puskesmas merupakan unit pembangunan kesehatan. Bagaimana cara agar pasien merasa nyaman pada dokter yang memeriksanya? . Etika kedokteran atau kode etik dokter juga melindungi dari perbuatan yang tidak profesional.  Tujuan di bentuknya Puskesmas. 2. Bagaimana cara membagi pengetahuan yang dimiliki oleh dokter kepada orang lain? Seorang dokter akan selalu memberikan diagnosis yang tepat dan akurat. sebagai penyelenggara upaya kesehatan oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran. dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 3. kemauan. preventif. kuratif.Menyelenggarakan upaya kesehatan promotif. Adapun permaslahan yang ditemukan pada skenario lima ini anatara lain : 1. Etika Kedokteran  Etika kedokteran adalah sistem norma nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Selain itu konsultasi dan diskusi antara pasien dan dokter tentang penyakit dan cara pengobatannya juga dapat memberikan pengetahuan yang dimiliki seorang dokter.

idigresik. Akses 21 Januari 2009. dan menunjukkan sikap empati. Seorang dokter hendaknya juga dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia seorang pasien. Bagaimana cara agar seorang pasien tidak malu mengungkapkan masalah yang di derita atau masalah yang dihadapi yang termasuk aib? Dengan cara membuat pasien merasa nyaman dan meyakinkan pasien untuk dapat mempercayai dokter mengenai masalah yang dimiliki oleh pasien. Penjelasan Mengenai Ujian Kompetensi Dokter. Referensi Departemen Kesehatan RI 2006. menjaga profesional di depan pasien. http://purnamawati. 3.Dengan cara bersikap ramah. http://windy05. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat.com.com. . etika kedokteran dan profesionalisme sangat membantu seorang dokter untuk menghadapi dan memecahkan kendala-kendala dalam profesinya terutama dalam mengahadapi pasien.blogspot. B. sehingga pasien tidak kesulitan dalam menceritakan aibnya. Windy. SARAN Sebaiknya seorang dokter dapat menjaga etika dan profesionalismenya. Akses 6 September 2010. BAB III PENUTUP A.wordpress. Be Smarter Be Healthier. Purnamawati. Pengertian Kode Etik. KESIMPULAN Jadi. Jakarta IDI Cabang Gresik. menghormati dan tidak acuh tak acuh pada cerita pasien mengenai penyakitnya.com. menjaga penampilan dengan rapih dan sopan. http://www. Akses 19 Mei 2008.