You are on page 1of 15

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya
sebagai penghasil energi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori.Walaupun
lemak menghasilkan enersi lebih besar, namun karbohidrat lebih banyak di
konsumsi sehari-hari sebagai bahan makanan pokok, terutama pada negara sedang
berkembang. Di negara sedang berkembang karbohidrat dikonsumsi sekitar 7080% dari total kalori, bahkan pada daerah-daerah miskin bisa mencapai 90%.
Sedangkan pada negara maju karbohidrat dikonsumsi hanya sekitar 40-60%.Hal
ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah
harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein.
Karbohidrat banyak ditemukan pada serealia (beras, gandum, jagung,
kentang dan sebagainya), serta pada biji-bijian yang tersebar luas di alam.
B. RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini permasalahan yang kami tinjau adalah :
1. Apakah pengertian karbohidrat?
2. Bagaimanakah struktur karbohidrat?
3. Bagaimana klasifikasi karbohidrat?
4. Bagaimana Langkah – langkah dalam metabolisme karbohidrat?
5. Bagaimana sifat kimia karbohidrat?
6. Bagaimana cara identifikasi karbohidrat?
7. Faktor apa saja yang mempengaruhi karbohidrat?
8. Bagaimana mekanisme kerja karbohidrat?

C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan makalah ini adalah:
1|Karbohidrat

1. Menjelaskan pengertian karbohidrat Menjelaskan tentang struktur karbohidrat Menjelaskan tentang klasifikasi metabolisme karbohidrat Menjelaskan tentang langkah-langkah metabolisme karbohidrat Menjelaskan tentang sifat kimia karbohidrat Menjelaskan tentang cara identifikasi karbohidrat Menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi karbohidrat Menjelaskan tentang mekanisme kerja karbohidrat BAB II PEMBAHASAN 2|Karbohidrat . 7. 8. 3. 2. 4. 6. 5.

dan H dengan rumus molekul Cn(H2O)n. dan pada umumnya unsur Hidrogen dan oksigen dalam komposisi menghasilkan H2O. Pada senyawa karbohidrat terdapat berbaga gugus fungsi yang diikatnya yaitu gugus fungsi keton.Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. B.Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Karbohidrat juga merupakan sumber energi yang terdiri atas unsur-unusr C. Pengertian karbohidrat Secara umum definisi karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atom Karbon. Struktur karbohidrat 3|Karbohidrat . dan gugus hidroksi.A. Hidrogen dan Oksigen. terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuhtumbuhan Karbohidrat merupakan polimer alami yang dihasilkan oleh tumbuhtumbuhan dan sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan. aldehid. O.

sedangkan Binatang tidak dapat menghasilkan karbohidrat sehingga tergantung tumbuhan. Klasifikasi Karbohidrat:  Monosakarida : terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak dapat lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. heptosa (C7). 2 atom H. sedangkan pada tumbuhan untuk sintesis CO2 + H2O yang akan menghasilkan amilum/selulosa. gandum. karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan dan binatang yang berperan struktural & metabolik. dan oksigen. Xilosa. Mannosa. hidrogen. sellulosa : (C6H10O5)n C.Karbohidrat yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon. sukrosa : C12H22O11. fruktosa  Heptosa : Sedoheptulosa  Disakarida : 4|Karbohidrat . sedangkan yang paling banyak kita kenal yaitu glukosa : C6H12O6. Ribulosa  Hexosa : Galaktosa. Banyak sekali makanan yang kita makan sehari hari adalah sumber karbohidrat seperti : nasi/beras. Dihidroksi aseton  Tetrosa : threosa. H. xylulosa  Pentosa : Lyxosa. karbohidrat merupakan sumber energi dan cadangan energi. Terdiri atas unsur C. tetrosa (C4). sagu. singkong. dll. Ribosa. dan beberapa buah-buahan lainnya. yang melalui proses metabolisme.  Triosa : Gliserosa. Arabinosa. kentang. umbi-umbian. O dengan perbandingan 1 atom C. Rumus umum karbohidrat yaitu Cn(H2O)m. heksosa (C6). melalui proses fotosintesis. berikut macam-macam monosakarida : dengan ciri utamanya memiliki jumlah atom C berbeda-beda : triosa (C3). Eritrosa. jagung. Glukosa. 1 atom O. Gliseraldehid. pentosa (C5).

molekul monosakarida yang banyak jumlahnya. Disakarida dapat dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi 2 molekul monosakarida. D. langkah-langkah dalam metabolisme karbohidrat  glikolisis yaitu: 5|Karbohidrat .  hidrolisis : terdiri dari 2 monosakarida al  sukrosa : glukosa + fruktosa (C 1-2)  maltosa : 2 glukosa (C 1-4)  trehalosa 2 glukosa (C1-1)  Laktosa : glukosa + galaktosa (C1-4)  Oligosakarida : senyawa yang terdiri dari gabungan molekul2 monosakarida yang banyak gabungan dari 3 – 6 monosakarida.senyawanya terbentuk dari 2 molekul monosakarida yg sejenis atau tidak. senyawa ini bisa dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida.misalnya maltotriosa  Polisakarida : senyawa yang terdiri dari gabungan molekul. Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang terdiri dari lebih 6 monosakarida dengan rantai lurus/cabang.

gliserol. Sifat Kimia Karbohidrat 6|Karbohidrat . asam laktat.  Glikogenolisis yaitu : proses perubahan glikogen menjadi glukosa. atau kebalikan dari GLIKOGENESIS.  Jalur pentose fosfat yaitu : hasil ribosa untuk sintesis nukleotida.)  Glukoneogenesis : senyawa non-karbohidrat (piruvat. E. asam amino glukogenik) menjadi glukosa.  Glikogenesis yaitu: proses perubahan glukosa menjadi glikogen. Di Hepar/hati berfungsi: untuk mempertahankan kadar gula darah.dimana glukosa dimetabolisme menjadi piruvat (aerob) menghasilkan energi (8 ATP)atau laktat (anerob)menghasilkan (2 ATP).  Triosa fosfat yaitu: bagian gliseol dari TAG (lemak)  Piruvat dan dan senyawa antara siklus krebs :  untuk sintesis asam amino –> Asetil-KoA –> untuk sintesis asam lemak &kolesterol –> steroid. sedangkan di Otot bertujuan: kepentingan otot sendiri dalam membutuhkan energi. asam nukleat dan equivalent pereduksi (NADPH) (biosintesis asam lemak dan lainnya.

sedangkan larutan fehling B adalah larutan garam K Natartat dan NaOH dalam air. 7|Karbohidrat . natrium karbonat dan natrium sitrat. yaitu larutan fehling A dan B. larutan fehling A adalah larutan CuSO4 dalam air.sifat ini tampak pada reaksi reduksi ion – ion logam misalnya ion Cu 2+ dan ion Ag+ yang terdapat pada pereaksi – pereaksi tertentu. terutama dalam suasana basa. Pereaksi fehling terdiri atas 2 larutan. Beberapa contoh diberikan sebagai berikut : 1. Sifat mereduksi ini disebabkan oleh adanya gugus aldehida atau keton bebas dalam molekul karbohidrat. juga dapat direduksi oleh reduktor lain. Pereaksi benedict lebih banyak digunakan pada pemeriksaan glukosa dalam urine daripada pereaksi fehling karena beberapa alas an. Pereaksi Benedict Pereaksi benedict berupa larutan yang mengandung kuprisulfat. Sifat mereduksi Monosakarida dan beberapa disakarida mempunyai sifat dapat mereduksi. (McGilvery&Goldstein. Glukosa dapat mereduksi ion Cu+ yang kemudian mengendap sebagai Cu2O. endapan yang terjadi berwarna hijau kekuningan. kuning atau merah bata. Endapan yang terbentuk dapat berwarna hijau. 1996) 2. adanya natrium karbonat dan natrium sitrat membuat pereaksi benedict bersifat basa lemah. Sifat sebagai reduktor ini dapat digunakan untuk keperluan identifikasi karbohidrat maupun analisis kuantitatif. Warna endapan ini tergantung pada konsentrasi karbohidrat yang diperiksa. pereaksi fehling menghasilkan endapan berwarna merah bata.1%. sedangkan apabila digunakan larutan yang lebih encer misalnya larutan glukosa 0. Dalam pereaksi ini ion Cu2+ direduksi menjadi ion Cu+ yang dalam suasana basa akan diendapkan sebagai Cu2O. dengan larutan glukosa 1%. Pereaksi fehling Pereaksi ini dapat direduksi selain oleh karbohidrat yang mempunyai sifat mereduksi.

seperti gugus hidroksi. ion Cu2+ direduksi menjadi ion Cu+. kedua senyawa ini dapat mereduksi pereaksi fehling. Penggunaan pereaksi benedict juga lebih mudah karena hanya terdiri atas satu macam larutan. aldehid. (McGlivery&Goldstein. reaksi. Dalam suasana basa diendapkan sebagai Cu2O. tetapi tidak dapat mereduksi pereaksi benedict.sifat kimia karbohidrat berhubungan dengan gugus fungsi yang terdapat dalam molekul. Tes fehling Pereaksi fehling terdiri atas dua macam larutan. 1996) F. yaitu larutan fehling A dan fehling B. benedict. molisch. dan keton. Beberapa sifat kimia karbohidrat dapat digunakan untuk mengidentifikasi senyawa karbohidrat.dan NaOH dalam air. kima – sifat.Apabila dalam urine terdapat asam urat atau kreatinin. Monosakarida dan beberapa disakarida memiliki sifat reduktor. Cara identifikasi karbohidrat. 8|Karbohidrat . Tes/ uji fehling. larutan fehling A adalah larutan CuSO4. sedangkan pereaksi fehling terdiri atas dua macam larutan. benedict. kima. sedangkan fehling B adalah larutan kalium-natrium-tartrat. Cara identifikasi karbohidrat. Sifat reduktor ini disebabkan oleh adanya gugus aldehid atau keton bebas dalam molekul karbohidrat. reaksi. Tes/ uji fehling. terutama dalam suasana basa. Disamping itu pereaksi benedict lebih peka daripada pereaksi fehling. molisch. Kedua macam larutan ini disimpan secara terpisah dan dicampur ketika akan digunakan Dalam identifikasi karbohidrat.

Pada batas antara kedua lapisan itu terbentuk cincin warna ungu akibat terjadi reaksi kondensasi antara a-naftol dan furfural (furfural terbentuk akibat dehidrasi glukosa oleh H2SO4) G. AMP. enzim-enzim yang dipengaruhi oleh keadaan nutrisi (dalam hal ini kadar substrat). Jika pereaksi ini ditambahkan kedalam larutan glukosa. Pada keadaan kelaparan Pada keadaan kelaparan. Faktor-faktor yang mempengaruhi metabolisme karbohidrat. 9|Karbohidrat . HMP shunt dan glikogenesis aktifitasnya menurun.6-bisfosfat. Diharapkan mahasiswa meninjau kembali jalur-jalur karbohidrat terutama enzim kunci. kemudian ditambah H2SO4 pekat maka akan terbentuk dua lapisan zat cair. Sebagai petunjuk perhatikan :  pengaruh glukosa 6-fosfat  pengaruh fruktosa 1. Secara keseluruhan akan ditinjau dengan singkat. cAMP dll )  enzim-enzim kunci pada tiap-tiap jalur  hubungan jalur satu dengan lainnya (senyawa tertentu dari satu jalur mempengaruhi jalur yang lain). Pada tiap-tiap jalur metabolisme karbohidrat.  pengaruh macam-macam kofaktor ( ATP. Perhatikan gambar-26 ! Tulislah kembali jalur demi jalur kemudian rangkaikan semuanya. Enzim-enzim utama HMP shunt adalah: Glukosa 6-fosfat dehidrogenase dan 6 fosfoglukonat dehidrogenase. terutama pengaruh keadaan kelaparan. Enzim-enzim utama glikolisis adalah : Glukokinase.Tes molisch Tes molisch terdiri atas larutan a-naftol dalam alcohol. diabetes melitus dan pada pemberian makanan yang tinggi karbohidrat. telah dibicarakan faktor-faktor yang mempe-ngaruhi kerja enzim. fosfofruktokinase (1. sebaliknya aktifitas enzim-enzim utama dari glukoneogenesis dan glikogenolisis meningkat. heksokinase.2) dan piruvat kinase. enzim-enzim utama dari glikolisis.

fruktosa 1. HMP shunt dan glikogenesis meningkat. konduksi sistem saraf dan proses lainnya. sedangkan aktifitas enzim-enzim utama glukoneogenesis dan glikogenolisis menurun. Enzim-enzim utama glukoneogenesis adalah: Piruvat karboksilase. Pada keadaan Diabetes Melitus Aktifitas enzim-enzim tersebut di atas mirip dengan keadaan kelaparan. Biasanya glukosa disimpan dalam tubuh dalam bentuk glikogen. reaksi glikolisis juga menghasilkan molekul ATP atau Adenosin Tri Phospat. Glikolisis menghasilkan 10 | K a r b o h i d r a t . zat nutrisi yang masuk ke dalam hati akan diubah menjadi glukosa atau zat gula untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Reaksi ini merupakan reaksi anaerobik.Enzim utama glikogenesis adalah: glikogen sintetase Enzim utama glikogenolisis adalah glikogen fosforilase. Proses glikolisis pada intinya mengubah molekul glukosa yang memiliki 6 rantai karbon (rantai C) menjadi 2 molekul piruvat (memiliki 3 rantai karbon). Rangkaian reaksi kimia yang mengubah glukosa menjadi energi dimulai dengan proses glikolisis. makanan yang kita makan akan dipecah dan diubah menjadi zat nutrisi untuk diserap oleh usus halus. Reaksi ini selain melibatkan glukosa sebagai bahan utama. Glukosa akan melalui serangkaian reaksi kimiawi untuk diubah menjadi energi. Selain piruvat sebagai produk akhir. namun enzim itu sendiri tidak ikut bereaksi. sebutan lainnya adalah proses fermentasi. kerja kelenjar-kelenjar hormon. Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan berbagai proses tubuh seperti kontraksi otot. reaksi yang terjadi di sitoplasma sel tanpa kehadiran oksigen. tapi lemak dan protein juga dapat diubah menjadi glukosa melalui proses glukoneogenesis. juga melibatkan enzim yang berfungsi sebagai katalisator.6 bisfosfatase dan glukosa 6 fosfatase. Zat nutrisi ini kemudian dihantarkan melalui pembuluh darah dan pembuluh limfe. Mekanisme kerja pembentukan dari karbohidrat dan glukosa Seperti yang telah kita ketahui. H. aktifitas enzim-enzim glikolisis. Glukosa paling banyak berasal dari karbohidrat. fosfoenolpiruvat karboksikinase. Pada pemberian makanan tinggi karbohidrat Pada keadaan ini terjadi yang sebaliknya.

dapat dikatakan metabolisme glukosa merupakan salah satu metabolisme penting dalam tubuh kita. Apabila ternyata sel-sel tubuh mengalami kekurangan oksigen. yang nantinya akan diproses lebih lanjut pada tahap ketiga yaitu tahap rantai transport electron. proses oksidasi Acetyl-CoA melalui siklus asam sitrat atau daur krebs dan tahap rantai transport electron. tapi juga memproses molekul lain seperti protein dan lemak. Proses ini terbagi atas tiga tahap utama yaitu produksi Acetyl-CoA. yang juga merupakan pusat metabolisme tubuh. Pada tahap ini FADH dan NADH akan bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan kembali molekul Adenosin Tri Phospat (ATP). Selain itu. Tahap pertama yaitu produksi Acetyl-CoA membutuhkan bantuan multi enzim yang disebut dengan piruvat dehidrogenase complek (PDC) melalui 5 urutan reaksi yang juga membutuhkan coenzim. akan terjadi penimbunan asam laktat dan dapat menimbulkan nyeri. yang terjadi di dalam bagian mitokondria sel tubuh. sedangkan satu molekul FADH setara dengan 2 molekul ATP.Pada reaksi aerobik (melibatkan oksigen) dapat menghasilkan 36 buah ATP. Berdasarkan penjelasan di atas. Tahap kedua yaitu proses oksidasi AcetylCoA melalui siklus asam sitrat atau daur krebs. sebagai sumber energi. Tahap siklus asam sitrat dapat dikatakan sebagai siklus yang cukup rumit dengan melibatkan sejumlah enzim dan molekul.Reaksi tahap pertama ini juga menghasilkan CO2 dan 3 buah ATP. Reaksi aerobik menghasilkan produk akhir berupa air (H2O) dan CO2. bila tidak ada oksigen dalam sel tubuh. sehingga kita mampu beraktivitas. ketersediaan oksigen dalam sel-sel tubuh kita juga merupakan hal yang sangat penting. sedangkan reaksi anaerobik (tanpa oksigen) hanya menghasilkan 8 buah ATP. hitung saja berapa ATP yang dibutuhkan. tahapan ini disebut proses respirasi seluler. Siklus asam sitrat tidak hanya memetabolisme karbohidrat atau glukosa.Selain itu. piruvat akan digunakan dalam reaksi aerobic (melibatkan oksigen). piruvat akan diubah menjadi asam laktat. setiap ATP dapat digunakan selama 45-120 detik. Satu buah molekul NADH setara dengan 3 molekul ATP. Berikut ini reaksi kimia siklus asam sitrat secara sederhana : Acetyl-CoA + oxaloacetate + 3 NAD + GDP + Pi +FAD --> oxaloacetate + 2 CO + FADH + 3 NADH + 3 H + GTP Dapat dilihat dari persamaan kimia tersebut bahwa tahap siklus asam sitrat menghasilkan FADH dan NADH. jadi bila kita akan melakukan aktivitas selama beberapa jam.Setelah piruvat terbentuk pada reaksi anaerobic. bila ini terjadi terus menerus akan menimbulkan rasa nyeri. I.sebanyak total 8 buah ATP. Fungsi Karbohidrat 11 | K a r b o h i d r a t .Glukosa tubuh dapat diubah menjadi energi dalam jumlah besar.

Selain sebagai sumber energi. BAB III PENUTUP 12 | K a r b o h i d r a t . protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun. karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan makanan. pemberi rasa manis pada makanan. Karbohidrat juga berfungsi sebagai pengatur metabolisme lemak karena karbohidrat mampu mencegah oksidasi lemak yang tidak sempurna. penghemat protein karena bila karbohidrat makanan terpenuhi. membantu pengeluaran feses dengan cara mengatur peristaltik usus.

B. hidrogen. sehingga tidak banyak terdapat pada materi dikelas. kesimpulan Karbohidrat merupakan polimer alami yang dihasilkan oleh tumbuhtumbuhan dan sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan. O dengan perbandingan 1 atom C. 1 atom O. Saran Pembahasan materi karbohidrat kami amat sempit. Hal ini menjadikan mahasiswa harus lebih aktif mencari pembahasan dari luar kelas agar mahasiswa lebih memahami materi tentang karbohidrat. O. dan H dengan rumus molekul Cn(H2O)n. Terdiri atas unsur C.A. H. Karbohidrat yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon. 13 | K a r b o h i d r a t . 2 atom H. dan oksigen. Karbohidrat juga merupakan sumber energi yang terdiri atas unsur-unusr C.

html) (http://www.com/p/faktor-faktor-yang-mempengaruhimetabo.com/sumber-energi.dpuf (http://indaharitonangfakultaspertanianunpad.html) http://wanenoor.kamusq.diwarta.html#sthash.web.VRf1uPzF990 (http://www.blogspot.com/2013/05/definisi-jenis-struktur-danfungsi.com/2012/07/21/pengertian-karbohidrat-dan-fungsikarbohidrat.WBRTRAOB.blogspot.DAFTAR PUSTAKA (http://www.htm) http://www.id/2010/03/karbohidrat.bimbie.com/2011/06/pengertian-karbohidratklasifikasi.com/2012/09/glikogen-adalah-pengertian-dandefinisi.html) 14 | K a r b o h i d r a t .html) (http://fedrildwi.jejaringkimia.blogspot.html#.

15 | K a r b o h i d r a t .